Curhat & Quote

Kegelapan Malam Yang Menyatukan

15.45.00

Assalamualaikum teman-teman semuanya...

Senang bisa berjumpa dengan kalian...

Kali ini saya akan sharing tentang kegelapan. Kegelapan yang dimaksud bukanlah unsur yang menyesatkan. Melainkan keadaan di mana lampu tak lagi menyala di sekitar rumah termasuk rumah kita yang kerap kali disebut-sebut sebagai pemadaman. Hehhee.


Sampai ketika nulis draft tulisan ini pun keadaan handphone sudah mencapai 24%. Lampu juga belum nyala dan saat itu jam 6:58 WIB. Padahal, tak ada angin, hujan, petir jelegar jeleger sebelumnga. Tapi apa mungkin ada warga yang belum membayar rekening listrik, jadinya desa daerah saya tinggal sempat langganan pemadaman. Wallahu a'lam. Yang saya pikirkan saat itu, bagaimana caranya supaya cepat nyala dan saya bisa ngisi batrai hape yang hanya saya buat nulia di aplikasi Office, dan kondisi data seluler pun dalam keadaan mati, serta baterai yang semakin bertambah menit kok ya tambah berkurang aja persennya, hadeuh.


Apa yang akan kalian lakukan jika pemadaman tiba? Ketika kegelapan menyergap rumah kalian? Menghentika  aktifitas kalian? Bermain menggunakan cairan lilin? Atau mungkin ada yang punya genset di rumahnya jadi tak kuatir buat pemadama? Heuheu....


Tapi kali ini, kondisi pemadaman di sekitar rumah saya murni gelap akibat pemadaman arus listrik. Hanya 1 atau 2 orang pemilik rumah yang menggunakan genset demi menghindari kegelapan itu tiba.


Namun, ada beberapa manfaat yang bisa diraih ketika kegelapan malam itu tiba. Di saat pemadaman tiba tanpa adanya aba-aba ssebelumnya. Iya pastinya kan. Kalau ada pemberitahuan sebelumnya pasti tak akan sibuk untuk membeli lilin atau minyak gas untuk menyalakan lentera. Hhee. Berikut manfaat yang bisa saya ambil ketika kegelapan itu menyapa.


Check this out ya temans...


Kegelapan malam akibat pemadaman dapat menyatukan keluarga. Kenapa demikian?


Karena, di saat nyala lampu terang benderang menyapa, seluruh anggota rumah sibuk dengan aktivitas masing-masing. Iyyalah. Bahkan, untuk saling duduk bersama di ruang keluarga kalau tidak ada pembicaraan atau topik tertentu jarang sekali bisa berkumpul bersama. Menyatukan anggota keluarga yang satu dengan yang lainnya. Meski sejujurnya saya pun hanya berdua dengan ibuk, tapi kadang saya menghabiska  dengan duduk-duduk santai sembari makan-makan di ruang tamu atau kamar. Atau nggak, ngobrol dengan kakak saya yang tinggal di belakang rumah, setelah itu kami berkumpul di ruang tamu, bercanda tawa. Yang pasti menikmati kegelapan dengan sukacita.


Mempererat kedekatan sesama keluarga.



Hal itu sudah pasti. Kalau tidak ada pemadaman nggak akan bisa ngumpul bareng. Nggak bisa sedekat ini ngobrol ngalor ngidulnya. Bisanya pasti yang satu ngobrol di sana, yang satu ngobrol di lain tempat sembari bersahut-sahutan. Hhehee. Nggak akan ada unsur buat menyendiri. Kalau sampai itu terjadi pasti bisa kena usilan salah satu anggota keluarga. Hhee. Warning buat yang penakut. Hehehee.


Menghindari gadget.



Mana ada gadget yang masih bisa bertahan lama selama pemadaman berlangsung sekian jam? Sampai di tulisan ini pun padam masih menyerang saya. Dan baterai pun sudah tinggal 22% bayangkan. Hiks... padahal tadi sore udah niat buat ngecharher hape. Ga taunya ga jadi-jadi ngelakuinnnya. Dan akhirnya baterai hape saya harus sekarat sebentar lagi. *abaikan kelebayan saya.


Di saat pemadaman, pastinya kita juga ingin tetap berbagi bersama keluarga. Bukan saatnya untuk menyendiri atau bersosial media di jagat raya sembari berkicau. Hehehe. Meski gadget super canggih dengan power bank berkapasitas beberapa watt, sayang harus melewatkan pemadaman dengan kebersamaan keluargaa hanya demi gadget. Terkadang  kebersamaan itu sulit sekali di temukan bukan? Sembari makan cemilan, dan bercanda tawa bersama, bisa melepaskan sejenak urusan gadget dengan keluarga hhee.



Kegelapan memberikan inspirasi




Di mana-mana, suatu kondisi bisa memberi sebuah sumber media inspirasi untuk sebagian orang. Baik untuk merangkai kata, berimajinasi, berkreasi, menggambar, atau semacamnya. Bahkan, dengan menggunakan kedua jari kita pun bisa memberi inspirasi untuk membuat pertunjukan bagi anak-anak kecil di keluarga kita supaya bisa tertawa dan membuka imajinasi mereka atau menirukan hal-hal kecil yang kita lakukan, bukan. Tak jarang mereka juga akan tergelak sembaari mencoba variasi karya lainnya. Seperti hewan kuda, buaya, kambing, dan sebagainya.


Tanpa adanya kegelapan malam ini tiba, sirna sudah inspirasi menuliskan tulisan ini. Secepat kilat saya raih hape sembari menunggu emak di mushola sambil sesekali melihat baterai yang tambah menurun drastis dayanya. Mana lagi malam juma'at. Mitos ini itu kian mencekam di tambah lagi pemadaman. Yang penting sekarang, dalam kondisi kegelapan malam tiba, saya ingin tetap bersama keluarga, sharing cerita bersama, canda tawa bersama.


Urusan hape lowbat. Tinggal matikan, dan nyalakan lagi ketika lampu kembali terang lagi. Simple kan. Jangan dibikin rumit kalau yang sederhana saja bisa. Hhee


***


Dari kondisi di atas, bisa ditarik kesimpulan bahwa dari kegelapan malam karena pemadaman pun menyimpan hikmah untuk sebuah kebersamaan dalam keluarga. Kebersamaan yang terkadang amat sangat dirindukan oleh sebagian orang.


Sebuah kebersamaan yang teramat mahal harganya.

Selamat pagi, dan selamat beraktifitas. Happy Weekend

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Khoirur Rohmah.
Karangduren,5 Mei 2016
7.29 P.M WIB



You Might Also Like

17 komentar

  1. kemarin pas mati lampu aku malah senewen soale lagi mepet deadline tiba2 mati lampu, tak ada pemberitahuan lagi, tapi kadang seneng aja pas mati lampu jadi bisa tidur cepet

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahh kalau seperti itu kondisinya, juga bisa bikin jantungan mbak hhee

      Hapus
  2. ahaha.. betull bgt mbak, kalau udh mati lampu diwaktu malam pasti kami semuanya berkumpul di ruang tengah. kalo mati lampunya pas hujan dsruh sm orangtua baca" doa juga..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hhhee iyya mbak.. seneng bnget kalau ada kebersamaan seperti itu hee

      Hapus
  3. Iya betul mbak kalau dalam keadaan gelap suka memunculkan ide yang bagus gituh, hmm sepertinya harus diam ditempat gelap nih supaya dapat banyak ide.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wehheee.. tiap org2 juga beda mas, kadang ada yg suka tempat gelap juga terang. tpi, biasanya yang gelap tanpa settingan itu tanpa diduga bisa memunculkan ide dg sendirinya hhee

      Hapus
  4. Setuju, Kak ^^
    Kalau pemadaman paling asyik ngumpul bersama keluarga saling bercerita. Nhah kalau di kosan lain lagi cerita. Ngumpul sembari nyari cemilan buat ganjal perut, kalau gelap kan malas ke mana-mana hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hhhee apalagi kalau di kosan mbak. itu yg kesan2 kekeluargaannya semakin brtambah hhee

      Hapus
  5. Setuju banget, karena gelap jadi tidak ada kegiatan, inspirasi sering kali muncul :) salam kenal mbak + follow ... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hhee iyya mbak.e ^_^
      terima kasih bnyak ya mbak ^_^

      Hapus
  6. Di kotaku langganan 2xsetahun akan ada pemadaman bergilir selama sebulan. Utk maintenance pembangkit listrik.tp memang bnr pemadaman bs bkin keluarga makin drkat

    BalasHapus
  7. Kegelapan bikin cpt tidur, hehe

    BalasHapus
  8. Mba Rohma, kirain cuman daerahku ajah yang suka melakukan pemadaman listrik, ternyata di daerah Mba Rohma juga yah?

    tapi emang benar sih, di saat gelap, biasanya kita akan lebih tenang berpikir dan lebih banyak inspirasi yang datang :)

    BalasHapus
  9. Sepertinya kegelapan juga sangat cocok dengan saya karena dalam kondisi gelap saya selalu mendapatkan ide yang sangat bagus untuk memecahkan suatu masalah.

    BalasHapus
  10. Kadang, kangen masa-masa pemadaman :D

    BalasHapus
  11. Pemadaman=istirahat malam ekstra hahahahhaha #anakos

    BalasHapus
  12. Setuju. Kalau mati lampu suka muncul inspirasi. Tapi bete juga sih kalau pemadamannya subuh, menghalangi aktifitas. Huhu kalau malem iya, suka jadi ngumpul terus cerita-cerita. Kadang kalau ada adik sepupu yang kebetulan lagi bertamu, jadinya main bayangan pake lilin.

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...