Cara Menentukan Harga Jual Rumah Dengan Tepat

Oktober 20, 2016






Bismillaahirrohmaanirrohim…

Menentukan harga jual rumah merupakan hal penting sebelum memasarkan atau mempromosikan rumah yang akan anda jual. Harga rumah memang bervariasi karena beberapa faktor kondisi rumah bisa berpengaruh terhadap harga sebuah rumah. Saat anda akan menjual rumah, anda harus bisa menentukan harga jual yang pas atau sesuai dengan pasaran. Karena jika harga rumah terlalu murah maka akan membuat anda rugi, dan jika harga rumah terlalu mahal maka rumah anda akan sulit terjual. Untuk itu berikut informasi tentang cara menentukan harga rumah dijual di Surabaya dengan tepat.

1. Lakukan survei harga untuk perbandingan

Dalam menentukan harga jual sebuah rumah, lebih baik melakukan survei harga terlebih dahulu. Survei harga dilakukan dengan cara mencari pembanding harga rumah yang mirip dengan karakteristik rumah anda dan berada di sekitar daerah rumah anda. Dengan melakukan survei harga, akan mudah untuk membantu anda dalam menentukan harga yang pas sesuai dengan tanah dan rumah yang akan anda jual. Selain itu dengan melakukan survei perbandingan harga, akan memberikan kepercayaan diri dalam menentukan harga yang pantas, tidak terlalu tinggi maupun tidak terlalu rendah dari pasaran sehingga akan menguntungkan kedua belah pihak, baik pihak pembeli maupun penjual.

2. Kualitas rumah

Kualitas rumah juga berpengaruh terhadap harga suatu rumah. Karena apabila kondisi tanah dalam keadaan bagus dan strategis, maka harga rumah juga akan naik. Namun jika kondisinya buruk atau kurang bagus maka harga tanah dan rumah juga mudah turun. Untuk itu dalam menentukan harga jual sebuah rumah harus menggunakan perhitungan yang matang.

3. Analisa harga tanah dan harga bangunan secara terpisah

Dalam menentukan harga rumah, lebih baik menggunakan beberapa perhitungan khusus, salah satunya adalah dengan cara menganalisa harga tanah dan harga bangunan secara terpisah. Misalnya jika harga tanah anda sebesar 500 juta rupiah dan harga bangunannya sebesar 200 juta rupiah, maka lebih baik menentukan harga jual rumah dengan harga 20% di atas harga tersebut, yakni sekitar 850 juta rupiah.

Itulah beberapa cara menentukan harga rumahdijual dengan tepat. Dan semoga artikel ini bermanfaat.  

Feel free to drop your comment ya….


You Might Also Like

13 komentar

  1. Bener bgt harus ada pembanding harga kalo mw jual rumah. Biar kita jg pnya takaran untuk melepas harga ya :D

    BalasHapus
  2. Kebetulan banget, rumah gue mau dijual, siapa tau ada yang minat hehe :D

    BalasHapus
  3. aku dong, paling rajin soal survei, tapi sampai skrg belum esampaian beli.. wkwkw

    BalasHapus
  4. Eah,info menarik ini.memang sih rumah itu zeperti jodoh..gampang-gampang syusahhh

    BalasHapus
  5. Nanti kalau udah kerja paska kuliah, postingan ini akan diterapkan hihihi

    BalasHapus
  6. Setuju mbak. Buat menentukan harga rumah emang perlu survei harga perbandingan juga yaitu harga pasaran rumah dan tanah disekitar tempat dimana tanah itu berada... Sekiranya nggak butuh2 banget saran saya sih jangan di jual tuh rumah dan tanahnya soalnya buat investasi jangka panjang.. Hehe

    BalasHapus
  7. sepakat Mba Rohma, kualitas bagunan dan posisi rumah memang sangat mempengaruhi hatga jual rumah yah :)

    BalasHapus
  8. Kami sukses jual rumah pertama dg harga tinggi. Sekompleks heboh dan ikut2an naikin harga jual. Mungkin karena letak rumah yg strategis mempengaruhi harga jual juga. Dekat sekolah, pasar, dan jalan raya utk naik angkot. Tinggal jalan kaki aja sih.

    BalasHapus
  9. Aku lagi pengen punya rumah sendiri nih mbak. Doain yaaa.. Biar gak kejebak harga mahal

    BalasHapus
  10. Wah, Aku udah ngalami bingungnya nyari tanah buat rumah. Sekarang bingung ngelunasinya hahaha...

    BalasHapus
  11. Kualitas bangunan dan posisi rumah memang nentuin harga jual ya mba? Keingetan rumah nenek yg letaknya di hook, pasti mahal kalau dijual

    BalasHapus
  12. Beli rumahku aja mak lagi mikir2 pengen tak jual nih hehehhehe....

    BalasHapus
  13. Yg jelas, tanah dpn jalan raya itu lbh mahal

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Contact Me

Jika ingin mengontak saya untuk keperluan publikasi, kerjasama, ataupun pertanyaan lain tentang blog ini bisa dengan mengirim email langsung ke rurohma95@gmail.com.
Terima kasih -
Copyright by Khoirur Rohmah
Fastabiqul Khoirots

Like us on Fanpage

Kicauan Saya