Pengalaman Anyang-Anyangan dan Cara Pencegahannya

Juli 14, 2017





Bismillaahirrohmaanirrohim...

Bagaimana kabarnya nih gaes. Bagaimana kondisi suasana di tempat kalian? Apakah mengalami hal yang sama seperti di tempat tinggal saya kali ini. Yang dari menjelang malam hingga pagi menerangi bumi, dingin masih setia menamani hari-hari setelah puasa ramadhan, dan juga hari raya, kemarin.


Ngomongin soal ‘dingin’ nih ya. Saya punya kebiasaan yang tak baik gara-gara menahan kencing karena dingin itu. Air dingin, terus lagi, dikit dikit bisa bolak-balik ke kamar mandi. Kalau nggak gitu, meski minum air putihnya tetap lancar, setelah itu, mengeluarkan buang air kecil pun juga akan sering. Lah kalau nggak minum air sama sekali, kecuali bulan puasa nih ya gaes, khususnya di tempat kerja, kadang malah bikin perut saya sakit.

Untung banget punya bos yang getol banget ngawasi karyawannya untuk selalu sedia botol air minum dan isinya, apalagi yang lama duduk berjam-jam itu. Dan kalau kebelet buang air kecil, lekas di keluarkan ke kamar mandi, jangan di tunda-tunda sampai terasa sakit perut. Yah, seperti itulah kira-kira mandat ibu bos saya.

Tapi, dipikir-pikir lagi, memang benar juga, sih apa yang dikatakan ibu bos. Soalnya saya sudah beberapa kali lalai saat kebelet BAK, masih nunggu terasa sakit. Jika terus menerus nih ya, sampai-sampai bikin saya harus bolak balik ke kamar mandi. Kalau kata ibu, saya terkena anyang-anyangan.

Awalnya saya sendiri kurang paham, apa itu yang namanya anyang-anyangan? Seberapa fatalkah jika seseorang mengalami anyang-anyangan? Nah, dari sini saya banyak melek informasi terkait anyang-anyangan ini.

Anyang-anyangan, atau dalam istilah kedokteran adalah Infeksi Saluran Kemih (ISK) ini merupakan gejala akibat berbagai masalah yang terjadi karena frekuensi kencing menjadi lebih dari biasanya. Namun, volumenya sedikit-sedikit. Dan hal ini juga sesuai yang saya alami saat harus bolak balik ke kamar mandi. Volumenya dikit, tapi kalau tidak dikeluakan, perut terasa sakit.

“Gejala ini merupakan tanda telah terjadi sesuatu pada sesuatu pada saluran kencing bagian bawah khususnya masalah dalam penyimpanan air seni di kandung kencing,” – dr. I.B. Tatwa Yatindra, Sp.U salahsatu dokter ahli urologi.

Anyang-anyangan atau infeksi saluran kemih ternyata bisa terjadi kepada siapa saja lho. Baik kecil, remaja, dewasa, baik laki-laki maupun perempuan. Namun, risiko seorang wanita terkena anyang-anyangan ini bisa terjadi sepanjang hidup dengan prosentase mencapai 50 persen. Maka dari itu, kalau kebetulan ibu bolak balik ke kamar mandi, saya tak banyak bicara seperti sebelumnya, yang sering bercanda karena ibu bolak balik ke kamar mandi. Khawatirnya, ketika saya mengalami anyang-anyangan juga, tentu saya pun juga akan berbuat demikian. Hehehee. Hukum karma ternyata masih berlaku ya gaes.

Oh iya, penyebab utama masalah wanita yang mengalami anyang-anyangan ini juga disebabkan karena Kebersihan. Khususnya kebersihan organ intim perempuan. Yang namanya perempuan nggak sembarangan cuci alat kelamin saat sedang Buang Air Kecil, ada tatacaranya juga. Dan mungkin hal itu yang menjadi permulaan adanya anyang-anyangan.

Nah, untuk lebih detailnya, gejala yang bisa ditandai dengan datangnya anyang-anyangan itu seperti pada poin di bawah ini. Jika kalian mengalami hal yang demikian, sepertinya harus waspada. Karena itu adalah gejala dari anyang-anyangan.

1. Hasrat berlebih untuk buang air kecil
2. Buang air kecil lebih sering, tapi dengan volume sedikit-sedikit
3. Nyeri pada panggul, apabila yang mengalami wanita
4. Timbulnya gejala nyeri pada anus, untuk pria
5. Rasa perih ketika buang air kecil
6. Urin berbaau menyengat, lebih pekat, kadang-kadang bisa disertai dengan warna darah
7. Merasa lelah dan kurang sehat
8. Demam

Pada nomor 1,2,3,5,6 memang sudah saya alami, gaes. Dan rasanya nggak enak banget kalau dilanda anyang-anyangan gitu. Seperti sulit untuk bergerak bebas. Syukurlah, hingga kini saya masih mencoba menerapkan cara pencegahan anyang-anyangan supaya tidak menghantui hari-hari saya, gaes.

Beberapa Cara Pencegahan Anyang-Anyangan (Infeksi Saluran Kemih) datang kembali, antara lain:
1. Menjaga Kebersihan
2. Membilas dengan benar (dari depan ke belakang)
3. Jangan menahan buang ai kecil
4. Hindri menggunakan celana dalam yang terlalu ketat
5. Mandi dengan air yang mengalir
6. Rajin mengkonsumsi buah / ekstrak buah Cranberry yang kaya akan proantocyanidin untuk mencegah banteri E.Coli menempel pada saluran kemih


Nah, pada nomor ke 6, sepertinya jika harus mencari buah Cranberry sendiri saya angkat tangan, dah. Tapi syukurlah, saya dan teman-teman sekalian bisa mendapatkan manfaat juga khasiat dari Buah Cranberry ini dari Prive Uri Cran.

 
Prive Uri Cran

Jadi, selain berusaha rajin konsumsi air putih setiap hai, saya juga mencoba mengkonsumsi Uri Cran  yang mengandung Buah Cranberry. Karena Prive Uri Cran ini memiliki dua kemasan, yakni dalam bentuk kapsul, dan kaplet. Alhamdulillahnya, saya masih bisa menikmatinya yang varian sachetnya. Lebih aman diseduh tanpa menelan kapsulnya, hehehe. Terus lagi rasanya enak banget.

Cranberry yang merupakan tanaman jenis berry atau semak yang tumbuh liar ini memiliki kesamaan dengan blueberry, bedanya hanya dari warna saja. Konon, buah ini sudah terlihat khasiatnya sejak zaman nenek moyang suku India Kuno untuk alat luka bakar. Namun, di tahun belakangan ini, cranberry digunakan sebagai sumber vitamin untuk meningkatkan kekebalah tubuh, emncegah sariawan, juga sebagai antioksidan.

Selain itu, kadar vitamin C yang dihasilkan dari Buah Cranberry ini cukup tinggi, kaya serat makanan, mineral, flavonoid, antisianidin, peonidi, dan quercetin, juga memiliki senyaa fitokimia. Yang merupakan salahsatu sumber anti oksidan polifenol, sehingga buat cranberry sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan dapat mencegah penyakit berbahaya seperti kanker.

Buah Cranberrynya terasa, dan rasanya enak


Buat, penyakit berbahaya saja bisa memiliki khasiat yang baik, apalagi dalam mengatasi anyang-anyangan. tentu Buah Cranberry yang telah diekstrak dalam bentuk kemasan dengan nama Prive Uri Cran ini bisa membantu teman-teman, saudaa, atau kenalan dekat kalian saat mengalami anyang-anyangan. dan saya pun telah membuktikanya. Namun, tetap perhatian cara pencegahannya juga ya gaes, supaya Anyang-anyangan enggan datang kembali. Hehee

Itulah Pengalaman Anyang-Anyangan dan Cara Pencegahannya  yang saya alami sendiri juga. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa, feel free to drop your comment, gaes.

~ Love
Erha




Sumber Referensi :
Halaman Resmi Uri Crand.id




 


















You Might Also Like

1 komentar

  1. Saya dua kali terkena anyang-anyangan karena suka nahan pipis Mbaa, dan karena itulah saat ini saya gak mau lagi melakukan hal yg sama.

    Btw atasan Mba Rohma perhatian banget yaa, salut saya *jempol*

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Contact Me

Jika ingin mengontak saya untuk keperluan publikasi, kerjasama, ataupun pertanyaan lain tentang blog ini bisa dengan mengirim email langsung ke rurohma95@gmail.com.
Terima kasih -
Copyright by Khoirur Rohmah
Fastabiqul Khoirots

Like us on Fanpage

Kicauan Saya