‎ ‎

Menebar Virus Fotografi



Bismilaahirrohmaanirrohim…
Lama banget saya tidak posting nih, hehehe…. Author blognya lagi kecanduan banget baca webtoon. Sesekali juga baca-bac buku, tapi tetap banyak kesita untuk mantengin webtoon juga. Ditambah lagi kewajian pekerjaan buku untuk semester dua di tempat kerja, wkwkwkwk. Senyumin aja yah gaes… hheehee


Oh iya, kemunculan saya kali ini dalam rangka ingin cerita tentang “virus” yang tak pernah saya duga sebelumnya, sehingga bisa mengenai orang terdekat di sekitar saya.

Beh… virus apaan tuh? Merugikankah? Membahayakankah? Seperti apakah itu?


Hunting foto di weekend - niat banget


Oh no!!! virus ini tak membahayakan kok gaes, hehehehe. Saya nggak hobi kalau sharing virus berbahaya pada orang sekitar. Biarkan saya saja yang menyimpannya sendiri. Tsahh…

Nah, virus ini saya namakan “Virus Fotografi”. Rada-rada mainstream nggak sih. Keknya nggak juga yah, hehehe. Virus fotografi yang saya maksud di sini lebih menjurus dan khusus spesialis di bagian “fotografi makro”. Yaps… meng-capture objek mikro dalam bingkai lensa makro, supaya objek yang kecil nampak lebih menawan, cantik, indah, garang, dan tampak mendetail dengan tampilan yang lebih besar, lebih jelas tentunya.
Sebenarnya saya nggak begitu niat untuk membagikan virus fotografi makro itu. Cuma iseng, hobi, juga kesukaan saya yang malah membuat orang lain ikut tergerak untuk melakukan hal yang sama dengan apa yang telah saya lakukan.

Chat dengan Nuril

Masih ngobrol sama Nuril

tagging by Fiqi

Begitulah tanggapan dua orang teman saya. Efek melihat foto makro amatiran saya, membuat mereka juga ikut tergugah ingin mencoba dengan suatu hal yang mungkin bisa dikatakan “baru” untuk mereka, padahal saya mah masih amatiran banget dah jepret foto makronya. Asal capture aja, dan bingung saat kasih penjelasan seperti, “Ini baiknya ambil objeknya dari sisi mana?” Soalnya pandangan mata untuk sebuah objek pada seseorang kan beda-beda persepsi. Nah ini menurut saya bagus, tapi kalau orang lain mah, kita nggak tahu kan.

Jadinya, kalau ada kesempatan saya akan mencoba membantu jepret foto makro sesuai dengan apa yang telah saya pelajari asal-asal ini gaes. Pokoknya objek utama kelihatan jelas, titik fokusnya pas, dan bagian sisi atau pinggiran objek utamanya harus dalam keadaan blur, gitu dah. Kalau soal teknik pengambilan, itu mah sesuai yang jepret, hehe…

Kaya gini nih belajar fotografi ala-ala saya yang terinspirasi dari salahsatu kakak trainer di universitas swasta di malang.

ada serangga di pagi hari sedang bertengger cantik di atas daun Katu, hee

rumput di depan mushola

Masih kurang maksimalkan gaes… yah begitulah. Maklum saya hanya mengendalikan sekaligus memanfaatkan kamera hape beresolusi 5MP ditambah dengan lensa makro mini, gaes. Etapi tak apalah, yang penting saya harus “break the limits”, iya kan gaes. Yah siapa tau aja, kapan hari bisa jepret foto makro ditambah lensa bong dengan kamera hape beresolusi lebih tinggi lagi. Iya kan gaes. Hehehe… *doakan sajaa yaahh hee Amin…


Menebar Virus Fotografi lebih aman daripada nebar virus hossip yang simpang siur tiada ujung, iya kan. Heheheh… tebarkan benih-benih kebaikan untuk sesama, siapa tahu Tuhan memberi lebih untuk kita, tanpa mengharapkan pamrih apapun dari sesama tentunya. Dibikin happy aja hehehe. Yang pasti virus tersebut bermanfaat bagi orang lain. Hehe…

Semoga bermanfaat dan feel free to drop your comments ya gaes…

Karangduren, 21 November 2016
Khoirur Rohmah



14 komentar

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^
  1. Bagus mba fotonya, sy pengen belajar nikin foto yg bagus pake hape

    BalasHapus
  2. ini virus menyenangkan kok Rohma.
    Saya dulu punya kamera, nggak doyan amat maen makro. Sekarang apa2 dimakroin. Ternyata kalau sebagian blur, sebagian jelas gitu secara keseluruhan foto jadi menawan ya. Beneran bikin candu deh saya sekarang.
    Yang bikin baper itu liat pic yang efek makronya pake lensa khusus, masyaAllah detil amat ya.. luar biasa dah

    BalasHapus
  3. Bagus Mbak foto2nya. Aku juga mulai suka fotografi, walau masih sangat amatiran :)

    BalasHapus
  4. oh jadi gitu, thanks ilmunya Mba :-D
    aku juga suka banget jeprat jepret hehehhe
    kalo dirasa ga puas, pasti deh ulang2 ampe puas

    salam

    BalasHapus
  5. dulu senang nyoba-nyoba, tapi lama-lama diikuti terus kok biayaynya banyak ya.
    akhirnya break dulu.
    thank

    BalasHapus
  6. Saya juga suka foto-foto dari ponsel mbak Rohmah, tapi hasilnya ya seadanya gitu..hehe, pokoknya amatir deh :)

    Hasil jepretan mbak Rohmah kalau buat saya sudah bagus loh, obyeknya kelihatan jelas sedangkan latar belakangnya ngeblur, emang disengaja ya mbak..

    Semoga upaya menebar virus fotografinya selalu sukses yaa :)

    BalasHapus
  7. Webtoon apa ni yang dibaca , jadi kepo

    Hmmm segitu mah uda bagus ya kannd
    La aku motret kadang blum tau tekniknya biar keliatan angle yg pas dan ena diliat hihi

    BalasHapus
  8. semenjak punya smartphone saya juga sibuk hunting dan mantengin tutorial photografi.. hasilnya lumayan berhasil.

    BalasHapus
  9. Iya betul daripada berhosip ya, mending foto-foto aja hahaha.
    Foto2 makronya baguuuus, aku juga pengin foto2 makro tapi di hp nggak bisa hiks. Jadi penasaran dengan lensa makro mini itu :)

    BalasHapus
  10. Bagus mba hasil jepretannya, jadi pensarang juga belajar foto macro #kenavirusjuga hehehe :)

    BalasHapus
  11. Walaupun ga ngeblog tp tetep produktif ya, tuh hasilnya foto2 kece :)

    BalasHapus
  12. mantapp nihhh jadi fotografer mbaa...heheheh
    sukses dehh mbaa

    salam blogger mbaa
    follback mbaa

    BalasHapus
  13. saya juga lagi pengen belajar fotografi, kebetulan banget dapet sharing ini.

    BalasHapus
  14. kalau virus ini mah aku mau ketularan. Hehe. Aku juga suka motret makro gini, walau sering gagalnya. Mbak rohma udah mantap tuh hasilnyaa, sukaaa ;))

    BalasHapus

Chingudeul