Memori Terbatas dan Penuh pada Smartphone Bukan Lagi Masalah dengan USB OTG SanDisk

Sabtu, 28 September 2019

Tokyo, Japan
USB OTG SanDisk
Bismillaahirrohmaanirrohim
Halo Sobats, Pernah setelah aku membeli ponsel pintar yang kurang lebih 5 tahun belum ganti, salahsatu temanku menanyakan perihal berikut:

Jadi beli HP itu, Mbak? Spesifikasinya gimana? RAM sama internalnya berapa? Terus apa kelebihannya?”, cecar dia dengan penuh penasaran.

Lantas aku menjawab rasa ingin tahu temanku tersebut. Aku juga mengatakan kalau ponsel pintarku difokuskan untuk pecinta game, jadi spek-nya kurleb yang mendukung buat gaming, ya walau aku bukan gamers. Paling nggak baterai mumpuni, dan penyimpanan cukup lah, begitu.

Kok nggak sekalian beli yang RAM nya 6/64 Gb mbak? Nanggung banget yang 4/64 Gb?” lanjut dia lagi.
Iya juga sih awalnya aku maunya yang RAM 6 karena udah pasti lebih gesit dan bisa nyimpan banyak file, etapi dananya cukup dan pas untuk yang 4/64Gb terus gimana? Hahaa...

Dari penggalan ceritaku di atas, kira-kira apa yang pertama kali kamu pertimbangkan ketika membeli sebuah gawai?

Nah, aku rasa pilihan membeli smartphone dengan penyimpanan 4/64Gb gitu cukuplah buat install beberapa aplikasi, dan dokumentasi kayak foto, video gitu, eh ternyata diluar dugaanku, walau nggak separah sama HP lamaku dulu sih, hheee. Karena ya walau ada space memori eksternal sebesar 16Gb ternyata bisa habis dalam sekejap loh. Why?
1. Aplikasi yang berukuran besar
2. Foto dan Video HD
3. Multimedia dari aplikasi chatting
Penggunaan Media penyimpanan pada smartphone

Ya karena poin di atas, aku pernah mengalami hampir kehabisan internal saat ada event di Banyuwangi. Jadi, yang awalnya aku simpan dokumentasi di memori eksternal, terpaksa aku pindah ke internal yang ternyata aku banyak jeprat-jepret. Sehingga internalku juga ikutan berdampak.

Dikit-dikit jepret foto

Ya gimana nggak habis, lah ada event besar di kota tersebut, staycation di hotel, dan selama perjalanan, ada momen yang pas, “Cekrek”. View cakep dikit “Cekrek”. Ya begitulah, syukurlah nggak sampai lemot banget gegara internalku udah hampir sekarat.
Namanya juga smartphone yang udah jadi bagian penting dalam hidup penggunannya. Tentunya penggunaannya selain untuk media chatting dan ber-sosial media, dia juga berfungsi untuk menyimpan dan berbagi tentang kehidupan seseorang dengan mengambil foto atau video untuk berbagi kenangan.
Jadi nggak heran kalau media penyimpanan pada smartphone sering penuh.

Kenapa nggak backup data?

Waktu itu aku pikir dengan internal yang cukup luas dan eksternal yang nggak terlalu kecil dia mampu untuk menyimpan dan tetap stabil buat mobilitas apapun, jadi aku nggak ada rencana untuk back up  selain setelah acara itu berlangsung. Tapi nyatanya begitu usai acara tersebut emang smartphoneku terasa sedikit lemot, sehingga keesokan harinya saat mulai aktif bekerja, aku mem-backup ke komputer. 

Backup data di laptopku yang mayoritas dari file smartphone
Sebenarnya dokumentasi aku sudah tersambung ke Google Photos begitu terkoneksi dengan WiFi. Tapi, selagi proses unggah tersebut butuh waktu lama dan bandwith yang kencang dari internetnya. Baru deh foto/video yang aku abadikan bisa tersimpan ke Google. Setelah itu, baru bisa menghapus foto-foto yang ada di internal, supaya lebih ‘lega’. Itu adalah caraku selain memindahkan beberapa foto ke laptop atau komputer berdasarkan event tertentu.

Memori Terbatas dan Penuh pada Smartphone Bukan Lagi Masalah dengan USB OTG SanDisk
Kalau kamu termasuk yang peduli dengan backup data smartphone, nggak?


Masalahnya, aku menemukan kekurangan dan kelebihan tiap kali backup dokumentasi tersebut. Seperti rincian berikut ini:
1. Jika proses backup-nya tersambung ke Google Photos atau Google Drive/Dropbox, begitu aku butuh salahsatu gambar otomatis perlu download fotonya terlebih dahulu. 

2. Jika proses backup fotonya ke laptop atau komputer, aku perlu media untuk menjembatani foto dari smartphone ke PC. Aku biasa menggunakan software Share It for PC, Kabel Data, hingga card reader. Cara ini lebih mudah, tapi sering mengalami drama. Dan aku lebih menyukai cara ini selain backup rutin ke Google. Karena aku bebas ambil dokumentasi yang sudah tersimpan kapanpun tanpa download. Tapi perlu “bridge” sebagai penyambung antara smartphone dan PC.



Drama yang aku alami saat backup dari smartphone ke PC, di antaranya :

1. Penggunaan Aplikasi Share It for PC

Aku udah lama nggak gunain aplikasi ini di laptop. Karena ponselku jarang ke-detect sama softwarenya. Sehingga membuatku geram karena nggak berhasil sama sekali. Dulu pernah, tapi beberapa waktu yang lalu udah sulit untuk terkoneksi

2. Penggunaan Kabel Data
Kalau gunain kabel data, kadangkala aku perlu memegangi kabel dan portnya, supaya media penyimpanan pada smartphone terbaca di windows explore. Tapi, kadang aku suka sedih saat udah tertancap muncul tulisan “USB not recognize”.Jadi terlihat ribet kan hehee

Mengapa backup data smartphone itu penting?

Pernah terpikirkan begini nggak? Kalau aku pernah, Apapun yang aku abadikan belum tentu mengalami hal yang sama di kejadian berikutnya. Karenanya dengan backup data smartphone, aku tetap bisa membuka kembai kenangan tersebut kapanpun.

nggak tega kalau kehilangan hasil jepretan seperti ini gara-gara nggak backup data smartphoneku

Selain itu, tentu kita nggak mau kan kalau terjadi apa-apa sama data yang tersimpan di smartphone, entah itu perangkatnya yang hilang dan harapannya semoga nggak ya, tapi siapa yang dapat menjamin. Atau memori hingga data yang ada di perangkat mengalami corrupt atau tiba-tiba rusak?

Nah, adanya backup menjadi payung atau penyelamat data smartphone kita sebelum terjadi apa-apa. Dan ada berbagai cara untuk mencadangkan data perangkat kita ke PC atau google hingga akun cloud. Tapi masing-masing punya keunggulan dan kekurangan tersendiri, ya. Salahsatunya udah aku sebutkan di atas.

Pengalaman saat Kehilangan data dan kekhawatiran akan kerusakan data

Dulu, saat aku masih menggunakan smartphone lama yang mana memorinya terbatas, aku menggunakannya untuk menangkap momen bersama teman-teman saat liburan ke Lumajang. Perjalanan yang mana pertama kali aku berkendara sendiri sejauh itu, dan sesampainya aku selalu jeprat-jepret apa yang ingin aku tangkap.

Begitu udah masuk kerja, aku mulai mindahin foto tersebut ke komputer. Tapi, karena hardisk komputerku saat itu masih rendah, jadi aku perlu mindahin dari folder yang ada di PC ke flashdiskku.
Memori Terbatas dan Penuh pada Smartphone Bukan Lagi Masalah dengan USB OTG SanDisk
Saat melakukan perjalanan kesini dokumentasinya udah raip karena filenya rusak, jadi ini minta ke temen

Eh ternyataa... saat aku butuh dokumentasi perjalanan tersebut, aku nggak bisa membuka foto dan videoku di flashdisk karena files corrupt atau rusak, dan aku nggak ada cadangan backup lainnya dikarenakan memoriku terbatas banget. Aku hanya menggunakan spesifikasi smartphone RAM 1Gb dengan internal 8Gb. Ya walaupun aku selalu punya cara untuk membuat ponselku tetap “lega”, tapi kejadian hari itu menjadi cambukan buat diriku untuk lebih sering backup data smartphone baik ke Google maupun ke PC.

Pentingnya Media Penyimpanan pada Smartphone

Pada bulan September 2018, tingkat penetrasi smartphone di Indonesia telah mencapai 27,4% . Angka ini setara dengan kira-kira 73 juta pengguna smartphone di Indonesia. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai negara dengan jumlah pengguna smartphone terbanyak keenam di dunia. Oleh sebab itu, tren dalam aktivitas digital dan manajemen data masyarakat urban Indonesia menjadi menarik untuk ditelusuri lebih jauh.

Dari data tersebut tidak bisa dipungkiri kalau pengguna smartphone di Indonesia itu banyak, dan tiap kali mereka membeli ponsel pintar seharusnya selain “kamera” yang ditanyakan, “media penyimpanan pada smartphone” juga perlu ditanyakan dan kita juga harus tahu. Supaya apa? Ya sebelum memori penuh atau dengan spesifikasi memori terbatas, kita bisa antisipasi supaya tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Misal :

Memori Terbatas dan Penuh pada Smartphone Bukan Lagi Masalah dengan USB OTG SanDisk
Kalau kamu pakai media penyimpanan smartphone kapasitas berapa?
Dikarenakan memori terbatas sehingga media penyimpanan cepat penuh, berdampak pada:
1. Loading ponsel lama
2. Tidak bisa upgrade aplikasi
3. Tidak bisa melihat galeri foto
4. Tidak bisa ambil, unduh foto/video
5. Kehilangan/menghapus foto maupun video yang tidak seharusnya di hapus
6. Tidak dapat install app baru.

Oleh sebab itu, sebelum hal itu terjadi, alangkah lebih baiknya kita sebagai pengguna wajib dan rutin backup data smartphone secara berkala. Karena manfaatnya bagus untuk kesehatan media penyimpanan ponsel.

Manfaat adanya Backup data Smartphone
1. Smartphone bisa tetap lega
2. Install aplikasi baru tanpa hambatan
3. Fast loading
4. Ambil foto/video tanpa kendala.
5. Ketika kehilangan periperal bisa restore langsung datanya ke perangkat baru.

Tapi sayangnya, masih ada pengguna ponsel pintar yang belum sadar betapa Pentingnya backup data smartphone sekalipun dengan adanya keterbatasan memori. Hal itu sesuai dengan apa yang disampaikan oleh lembaga riset independen dari Indonesia, DEKA pada survei yang telah mereka lakukan bersama Western Digital dengan judul Indonesian Consumer Mobile Habit and Data Management Survey

 Apa aja sih hasil studi tersebut? Di antaranya :
1. 67% orang Indonesia pernah kehilangan data di smartphone
2. Lebih dari 80% responden telah menyadari pentingnya melakukan back-up data dan 1/3 dari mereka yang melakukannya seara teratur

Memori Terbatas dan Penuh pada Smartphone Bukan Lagi Masalah dengan USB OTG SanDisk
Nih ada yang punya pengalaman kehilangan data smartphone juga nggak?

Riset yang melibatkan 1.120 responden dari 6 kota besar yang ada di Indonesia tersebutseperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Yogyakarta, Medan dan Makassar ini ternyata menemukan penemuan menarik. Apa sih itu?
1. Sebanyak 97% responden mengandalkan smartphone untuk gawai utama dalam keseharian mereka untuk melakukan aktivitas digital seperti gaming, navigasi, video,streaming, atau belanja online

2. Kamu tentu tahu jika ponsel pintar bisa menggantikan kamera. Karenanya lebih dari 90% responden mengatakan lebih sering menggunakan untuk mengambil gambar. 87% untuk aktivitas menelepon atau chatting sebanyak 72%. Sehingga data yag ada di smartphone terdiri dari foto (98%) dan video (79%)

Ada objek yang memikat mata ya jepret aja
3. Penggunaan memori internal masyarakat pada umumnya antara 16-32Gb sebanyak 56%. Hal itu bisa dipastikan tidak akan cukup untuk menampung foto atau video yang kian bertambah sehingga kapasitas yang tersimpan sebanyak 1-3Gb tentu kurang dan bisa membuat pengguna kesal akibat kehabisan memori.

Kayak gini siapa yang pernah mengalami? lola ya? percis kayak hpku
4. Penyebab atau faktor pengguna gawai kehilangan data beraneka ragam, misal memori yang penuh dan akibatnya perlu menghapus data, perangkat yang rusak, terkena virus, file yang rusak, atau justru kehilangan perangkat.

5. 67% responden pernah mengalami kehilangan data dan hanya 1/3 dari mereka yang rutin melakukan backup  data sebulan sekali maupun lebih. Padahal kegiatan backup data itu penting banget ya kan? Aku juga udah menyampaikan di atas ya.

Survei tersebut valid

Karena sebagai karyawan yang bekerja di toko ATK dan jasa cetak foto, rental, aku kerap kali menangani permasalahan baik dari pelanggan maupun mereka yang ada di sekitarku.
“Ma, ini Whatsapp, Facebook ku nggak bisa dibuka karena kadaluwarsa, tapi aku nggak bisa update karena memori udah penuh,”
“Hpku kenapa lemot banget sih, padahal udah aku hapus beberapa foto dan videonya loh,”
“Mbak, aku nggak bisa lihat fotonya di galeri, jadi aku buka di file manager untuk dikirim fotonya via bluetooth ya, karena memoriku penuh, jadi ada kendala buka fotonya,”

Kalimat di atas adalah beberapa keluhan yang dialami teman hingga konsumen di toko saat akan cetak foto atau sekedar meminta tolong update aplikasi terbaru. Sebenarnya masalah mereka sering aku rasakan sendiri sih, cuman ya itu, aku punya cara tersendiri untuk membuat smartphoneku tetap lega.

Dan aku setuju jika gawai saat ini udah menjadi perangkat yang dapat menggantikan fungsi kamera digital. Alasan seperti “lebih gampang, lebih ringan, bisa edit dari berbagai aplikasi, dan jenis smartphone beragam yang menawarkan keunggulan dalam sektor kamera membuat orang-orang lebih nyaman menggunakan gawai untuk foto maupun video dan membagikannya ke sosial media.

Memori terbatas bisa jadi tidak “Penuh” apabila rutin backup data smartphone

Bukan cuma itu, di sekitarku juga banyak smartphone yang memang bagus dari salahsatu sektor namun media penyimpanan internalnya kecil. Dan begitu ada tulisan “memousb ri penuh” baru kerasa kalau “setiap kali membeli smartphone wajib tanya memorinya” sekalipun udah ditambah sama memori eksternal ya.



Jadi, aku membenarkan dan menyetujui kebiasaan konsumen Indonesia dalam menghadapi masalah kehilangan data penting dan keterbatasan memori pada smartphone tersebut.

Terus, solusinya gimana? Kalau mau backup data smartphone ada cara yang mudah nggak?

Kabar baiknya, aku memiliki cara yang mudah, sederhana, dan nggak ribet saat akan backup data smartphone secara berkala. Backup  itu bukan hanya foto dan video dari gawai aja, melainkan pencadangan secara menyeluruh seperti multimedia yang tersimpan dari berbagai sosmed, dan masih banyak lainnya.
Solusi Keterbatasan Memori dengan membuatnya tetap Lega dengan selalu rutin backup data smartphone
USB OTG SanDisk Solusi Memori Penuh untuk backup data Smartphone
Sebuah cara praktis untuk memindahkan atau mencadangkan file besar dari smartphone atau perangkat android adalah dengan menggunakan USB Flash drive yang memiliki 2 konektor USB biasa dan micro–USB. Dan salahsatu produsen media penyimpanan yang menawarkan produk USB Drive yang yang kompatible dengan smartphone adalah SanDisk dengan produknya Ultra Dual USB Drive. Udah pada tahu kan sama produsen ini?

Yah ini dia SanDisk Ultra Dual USB Drive 3.0 milikku
Dia otomatis juga terdeteksi di File Manager Smartphone
Sandisk Ultra Dual USB Drive ini memiliki Dual Interface dengan dua konektor USB, yaitu tipe-A  yang mana biasa dipakai pada port untuk PC atau laptop. Sedangkan konektor satunya berupa “micro USB” yang umumnya ditemukan pada smartphone.

Apa itu OTG?
Ada yang tahu dengan fitur OTG ini nggak? OTG atau On-the-Go adalah sebuah fitur yang memungkinkan perangkat android bisa disambungkan dengan perangkat lain melalui konektor khusus. Sehingga smartphone kita bisa mengakses periperal lain seperti Flashdisk, Mouse, keyboard, dan sebagainya.

Ini untuk konektornya yang bisa tersambung ke PC
USB OTG SanDisk Ultra Dual Drive 3.0 Penyelamat Backup Data  Pecinta Anime
Ada banyak varian USB OTG SanDisk Ultra Dual Drive yang kompatible untuk tersambung ke smartphone dan ke PC. Namun hal itu tergantung dengan micro-USB gawai yang kita miliki, sedangkan USB OTG SanDisk yang cocok di smartphoneku adalah Ultra Dual Drive 3.0. adanya teknologi USB 3.0 membuat proses transfer data menjadi super ngebut alias cepat. 
Memori Terbatas dan Penuh pada Smartphone Bukan Lagi Masalah dengan USB OTG SanDisk
Keunggulan USB OTG SanDisk varian Ultra Dual USB Drive 3.0
SanDisk Ultra Dual Drive 3.0 ini mampu memindahkan data dengan kecepatan dari 150MB/detik. Dan ada beragam kapasitas yang tersedia untuk mencadangkan data smartphone kamu, baik foto maupun video. Dari yang kapasitas 16Gb, 32 Gb, 64Gb, 128 Gb, dan 256Gb. Hal itu tergantung kebutuhan kamu, ya.

Memori Terbatas dan Penuh pada Smartphone Bukan Lagi Masalah dengan USB OTG SanDisk
Kalau punyaku yang kapasitasnya 32Gb
Berkat USB OTG SanDisk ini, aku bisa rutin backup  anime Boruto yang tayang tiap Minggu dengan OTG SanDisk Ultra Dual USB Drive 3.0 yang berkapasitas 32GB. Oh iya, aku juga pernah menghapus koleksi Drama Korea yang tersimpan di internal gara-gara smartphoneku lemot parah. Waktu itu aku belum punya Ultra Dual USB Drive 3.0 ini, sehingga belum sempat backup udah aku hapus duluan, huhuuu. 


FYI, kalau kamu tertarik untuk membeli USB OTG SanDisk bisa langsung beli via e-commerce Shopee, ya. Harga untuk Dual Drive dengan kapasitas 16-32 GB nggak sampai 100.000 loh. Cukup untuk mencadangkan file data smartphone kamu, kan.

Siapa nih yang suka nonton Boruto?
Cara terbaik untuk mencadangkan data smartphone menggunakan USB OTG SanDisk Ultra Dual Drive 3.0 maupun varian lainnya adalah dengan mengelola data pada flashdrive tersebut dari aplikasi SanDisk Memory Zone yang bisa kamu download di playstore atau appstore. Dan aplikasi ini udah aku dapatkan manfaatnya, karena caranya mudah banget dalam proses pencadangan data gawaiku.

Tampilan Aplikasi SanDisk Memory Zone

Tinggal mau kelola apa aja nih

Izin untuk mengakses data di smartphone
Dengan SanDisk Memory Zone, kamu juga dapat melakukan banyak hal terkait backup data smartphone tersebut, seperti :
1. Kemudahan dalam pencarian konten
2. Mencadangkan foto, video, maupun musik secara manual ataupun otomatis
3. Menampilkan semua konten yang ada pada smartphone, cloud, microSD, dan flashdrive dalam satu tampilan

4. Bisa tampil otomatis ketika USB OTG SanDisk tertancap pada micro-USB Smartphone
5. Memiliki fitur kompresi atau dekompresi file dan masih banyak lagi.

Backup data bukanlagi suatu kegiatan yang rumit dan menyita waktu dengan USB OTG SanDisk Dual Drive. Yuk nikmati juga backup data tanpa kesal karena menunggu transfer data yang lama.


Kamu dapat melihat manfaat SanDisk Memory Zone dari ilustrasi berikut ini, ya

Memori Terbatas dan Penuh pada Smartphone Bukan Lagi Masalah dengan USB OTG SanDisk
Sangat memudahkan

Memori Terbatas dan Penuh pada Smartphone Bukan Lagi Masalah dengan USB OTG SanDisk
Banyak, kan manfaat yang didapat

Memori Terbatas dan Penuh pada Smartphone Bukan Lagi Masalah dengan USB OTG SanDisk
Bahkan saat ini, kalau aku banyak mengambil foto atau video untuk infografis pendukung blog hingga produk yang akan aku posting di sosial media, aku nggak lagi takut dan bukan lagi jadi masalah buatku. Karena, sebelum memori penuh, udah aku backup data smartphonenya dengan OTG SanDisk Ultra Dual USB Drive 3.0. Pun pengelolaannya lebih mudah dengan aplikasi SanDisk Memory Zone.

Mengutip hasil survei yang dilakukan lembaga riset DEKA dan didukung Western Digital, ada solusi dan tips untuk pengguna smartphone yang ada di Indonesia, caranya juga nggak jauh beda sama yang udah aku jelaskan di atas di antaranya :


1. Bebaskan Memori Penyimpanan di Smartphone
Untuk mengatasi kekurangan memori di smartphon dengan menghapus file untuk menambah kapasitas penyimpanan yang luas, solusinya dengan penggunaan Mobile Storage dari SanDisk. Yang mana kamu hanya perlu menyambungkan smartphone dengan USB OTG SanDisk Dual Drive khusus Android atau iXpand Flash Drive untuk pengguna iPhone.




2. Plug and Play yang Praktis
Masih banyak pengguna smartphone yang tidak melakukan backup secara teratur, padahal jika pencadangan dilakukan pun bukanlah suatu hal yang rumit dan menghabiskan banyak waktu. Dengan aplikasi mobile SanDisk Memory Zone dan iXpand kamu dapat mencadangkan file dengan cepat ke komputer atau transfer ke smartphone lain.

Mudah banget pemasangannya
3. Lakukan Back-up untuk Konten Media Sosial
Kegunaan aplikasi SanDisk Memory Zone dan iXpand Drive app juga dapat menyimpan dan mencadangkan berbagai konten dari media sosial seperti foto atau video ke USB OTG SanDisk Dual Drive maupun iXpand Flash Drive.



4. Upgrade Smartphone untuk Menambah Kapasitas
Dari survei yang dilakukan Western Digital, ditemukan bahwa pengguna smartphone menggunakan gawainya untuk berbagai hal, seperti: mengambil foto, video, atau gaming. Nah, untuk bisa menikmati kegiatan tersebut juga harus diikuti dengan melakukan upgrade kapabilitas penyimpanan di smartphone. Kartu memori SanDisk Extreme® microSD™ dengan spesifikasi A23 akan memberikan kenyamanan dan kemulusan bagi pengguna saat bermain mobile game dengan kapasitas penyimpanan lebih besar serta proses pemuatan aplikasi yang lebih cepat.

Dari tadi ngomongin soal SanDisk dan Western Digital yah, pada tahu nggak siapa sih sebenernya mereka? Berikut informasinya ya.

dan SanDisk adalah brand yang ada di dalam naungan Western Digital
Jadi, jika smartphone kamu memiliki storage yang terbatas, khawatir tiba-tiba memori penuh, dan terjadi hal-hal yang tak diinginkan, sebaiknya kamu perlu membiasakan diri untuk membackup data smartphone kamu secara berkala, ya...dan gunakan produk USB OTG SanDisk Dual Drive sesuai micro-USB smartphone kamu, okay!!!

By the way... kamu termasuk konsumen yang suka backup data smartphone atau nggak nih?
Trus, punya pengalaman kehilangan data smartphone 
karena apa nih? Share di kolom komentar yah.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel aku tentang memori terbatas dan penuh pada smartphone bukan lagi masalah dengan USB OTG SanDisk kali ini. semoga bermanfaat, dan feel free to drop your comments, okay....

~Blessed
Khoirur Rohmah



Referensi :
  1. Press Release Western Digital 
  2. https://www.tabloidpulsa.co.id/news/38684-pentingnya-back-up-data 
  3. https://www.tribunnews.com/iptek/2014/02/20/sandisk-ultra-dual-usb-drive-bisa-dicolok-di-smartphon 
  4. https://www.sandisk.com/home/mobile-device-storage/ultra-dual-usb-drive-3 
  5. https://swa.co.id/swa/trends/business-research/dua-dekade-deka-eksis-di-bisnis-riset-indonesia
  6. https://www.medcom.id/teknologi/news-teknologi/9K5rRXRN-pengguna-smartphone-di-indonesia-sering-kehilangan-data-kenapa


#DibuangSayang
#SanDiskAPAC

Tulisan ini diikutsertakan dalam :
SanDisk BLOGGING COMPETITION
“Pentingnya Melakukan Backup Data Smartphone”

199 komentar:

  1. samrtphoneku banyak banget fotonya, kadang kalau mau pindahin pakai kabel data ke laptop suka lupa atau malas. Nah solusinya pakai usb otg dari sandisk nih bisa lebih cepat transfer datanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali mbak, solusi yg praktis untuk mindahin file dari smartphone ke laptop ehheee

      Hapus
  2. nah mungkin ini penyebab hapeku nge hang mba. Mau foto eh bermasalah dan lama. Aku udah butuh nih USB ini biar bisa pindahin memori hapeku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kuy beli di Shopee mbak, harganya dibawah 100ribu untuk yg kapasitas 16-32GB belum ongkir juga hehehe

      Hapus
  3. Zaman sekarang semua serba praktis ya mba.
    Kl dulu harus punya flash disk buat external memory.
    Ribet krn harus bertemu pc/laptop dulu. Kalo otg SanDisk keren. Gak harus begitu, back up data aman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha iya ya zaman dulu kayaknya flasdisk tu barang wajib. Tapi rempong,transfer dulu pakai blutut atau kabel data, trus nambahin memori leptop. Kalau pakai sandisk ini kyknya lbh enak nyimpennya ya

      Hapus
    2. Iya mbak aku juga ngalami kerempongan itu,
      Sejak ada USB OTG SanDisk, transfer data dari HP ke Laptop mah gampang dan cepet hehee

      Hapus
  4. Beli yang banyak.mbak, ntar habis itu terus adain giveaway hahaga biar aju ikutan

    BalasHapus
  5. Aku pun butuh USB OTG nih.. memori hp ku sering full.. butuh memindahkan file tanpa ribet dengan device lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beli di Shopee aja yuk mbak
      Kapasitasnya bisa disesuaikan dg kebutuhan mbaknya

      Hapus
  6. Back up data tuh emang penting karena sewaktu-waktu kadang gak tau ya kalau file atau hpnya kenapa-kenapa. Untung sekarang ada USB OTG SanDisk. Pakainya mudah. Jadi penyimpanan bisa aman jaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Jiah. nggak bisa ditebak
      Setuju mbak, kumerasakan manfaan dari USB OTG SanDisk ini

      Hapus
  7. Desain grafisnya apiiik bangeett sist
    Iya nih, semua orang pastinya butuh USB OTG
    Buat nyimpen aneka file yaaa
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mbak Nurul, masih belajaran mbak hheee
      Iya mbak, supaya ga lemot HP nya hehee

      Hapus
  8. Kalau saya biasanya salah hapus foto gara-gara memori kepenuhan, jadi foto yang kualitas buruk saya hapus, eh gataunya yang bagus pun ikutan terhapus, ngenes banget rasanya.
    Kudu punya usb otg sandisk nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. I feel you mbak,
      Hayuk mbak beli USB OTG SanDisknya di Shopee ^_^

      Hapus
  9. Bener banget aku jadi pengen punya USB ini bisa dimasukkan ke hp apalagi jaman now ya hp isinya foto semua bikin penuh memori

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaaa iya mbak, HPnya banyakan foto2 hehee
      bisa konek smartphone dan juga support ke Laptop USB nya ^_^

      Hapus
  10. aku juga pake sandisk mbak. transfernya cepet soalnya. 150 mbps loooh
    yo tak gae terus ae lah.
    btw, aku punyanya yg sandisk m3.0, yang transparan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu yg apikk mbak -_-
      tapi nggak paapa, sama fungsinya hehee
      Iya cepet mbak transfer datanya hehee

      Hapus
  11. Saya sudah beberapa kali baca ulasan sandisk OTG ini, dan semakin dibaca saya semakin tertarik.
    Memang sih saya blom pernah ngalamin memori yg kepenuhin gegara video or photo kebanyakan.
    Cuma ya pengen aja donlot drakor or film di situ, jadi bisa onton oas bepergian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget mbak, kebiasaan aku nih kalau mau nonton drakor tinggal tancapin aja USB OTG SanDisk, disana udah aku simpen anek drakornya hehee

      Hapus
  12. Postingannya informatif mbak Rohmah, penting sih mencanangkan data, soalnya aku juga ngalamin hal ga enak jadi mulai sekarang belajar membiasakan back up

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih dek
      Iya dek, mengantisipasi hal2 yg terjadi di depan, kali aja ngehang hpnya hehee

      Hapus
  13. Pernah punya pengalaman kehilangan data krn sotoy utak-atik digicam sendiri waktu zaman old. Akhirnya foto² akad nikahnya adik sepupu hilang smua, huhuu... Aq disalahin banyak org. Padahal bermaksud baik pingin bersih² dr foto² yg blur atau jelek. Cb dulu udah ada USB OTG SanDisk yahh..tfs mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh mbak, pasti itu rasanya nyesek banget dehh...
      Kenangannya dari poto terhapus gitu aja -_-
      Tapi skrg udah pakai USB OTG SanDisk kah mba?

      Hapus
  14. Banyak bgt ya temen2 yg review sandisk ini. Jadi mupeng mau beli hahaha dasar gampang tergodaa ๐Ÿ˜œ

    BalasHapus
  15. Aku juga dulu pernah ngalamin foto-foto hilang, karena udah lama dan lupa dibackup, syukur-syukur ada yang dicetak. Akhirnya yang dicetak di scan ulang, hahaha ribet yaa... Tapi sekarang sudah USB OTG SanDisk, tidak khawatir lagi file rusak atau hilang apalagi kehabisan memori. Thanks for sharing mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, lebih mudah backup aja ya hehee
      USB OTG SanDisk emang penolong dehh mbak sebelum kehabisan memori pada smartphone

      Hapus
  16. Wow! Tertarik banget, harganya jg terjangkau ya... Langsung cek shopee ah... Makasih infonya mak :)

    BalasHapus
  17. Produk bagus dan pas bgt utk traveller yang suka foto2 dan video

    BalasHapus
  18. Saya juga pakai USB OTG SanDisk ini, Mbak.
    bentuknya kecil, tapi manfaatnya luar biasa. Sangat membantu saya pas travelling, Mbak. Jadi acara foto-foto jalan terus hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kecil-kecil cabe rawit ya mas hehe
      Alhamdulillah ngebantu simpan foto saat jalan2 tanpa takut kehabisa memori ya mas

      Hapus
  19. Aku juga punya flasdiks USB OTG dan ini bantu back up kalau memory hape lagi full.Kesel juga sih kalau memory hape penuh jd sulit melakukan pergerakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nahh i ever feel you mas, jalannya kayak uget2 gitu lola banget

      Hapus
  20. Sebagai pedagang buku online, aku ngalamin banget inii full memori dengan foto ketika buku baru masuk atau terbit.
    Makasih ya kak Rahma pencerahannya, pengen segera beli inii, jadi gakbisa download aplikasi baru dan upgrade aplikasi lama karena internal penuh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillahh kak,
      Semoga adanya USB OTG SanDisk bisa mengatasi masalah gagal download aplikasi dan upgrade aplikasi di smartphone yahh

      Hapus
  21. Cocok banget nih! Lagi butuh yg praktis. Selama ini rajin backup ke GDrive udah mau penuh juga. Di laptop penuh juga. Maklum punya anak kecil, pengennya cepret2 terus. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, kalau ke Gdrive aku juga khawatir penuh banget gitu,
      Apalagikalau nggak kencang internetnya bisa lama tuh uploadnya hehee

      Hapus
  22. Suamiku tu paling cerewet kalau soal back up memori, baik di henpon maupun di laptop. Wah boleh juga nih produk sandisknya mbak buat back up video dan foto dr hapeku, soalnya aku suka males mindahin pdhl jg sayang menghapus hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yehehee dapatin manfaatnya juga dari USB OTG SanDisk nya yah Mbak April ^_^

      Hapus
  23. Yuk mari kita beralih ke USB OTG SanDisk buat penyimpanan data. Lumayan kan bikin smartphone kita. Jadi dipakai juga enak

    BalasHapus
  24. Solusi banget nih SanDisk, buat hp gak pake drama lagi ngehang karena kelebihan data, kecil-kecil cabe rawit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehhee iya mas, bye bye drama hp ngehang dg USB OTG SanDisk hehee

      Hapus
  25. Ini kayaknya aku juga perlu Sandisk deh hahaha. Maklum mba data di hp banyak banget apalagi foto hadew. Takut file korup juga kayak pengalaman kamu mb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hhehee iya mbak, blogger kan sering jepret2 hehee
      Jangan sampai terjadi mbak, nyesek kalau sampai file rusak -_-
      Pakai USB OTG SanDisk aja mbak untuk backup foto2 di hp heeee

      Hapus
  26. harganya ga sampe 100ribuan ya mba buat sandisk ini cus ah kepoin ke shopee :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Herva, ayukk masukin keranjang heheee

      Hapus
    2. emak-emak liat harga murce mah langsung gercep ya mba hahaha apalgi shope menawarkan ongkir gratis :D

      Hapus
    3. cuslah mumpung udah gajian kita beli sandisk hahaha harganya mursidah :p

      Hapus
  27. Aku juga sering terpaksa kehilangan data,, krn terpaksa menghapusnya agar smartphone ku bisa bekerja... ๐Ÿ˜ข

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huuhuu sedih ya mbak, yg harusnya ga perlu dihapus, terpaksa di hapus karena hp lemot

      Hapus
  28. Aku pernah pas lagi event, kan harus ambil gambar dan video tuh, eh tetiba ponselku gak bisa ambil gambar karena memori penuh. Terpaksa deh hapus beberapa video supaya bisa foto-foto lagi. hiks sedih akutu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hikkss menyediihhkan itu mbakkk,
      Pakai USB OTG SanDisk Insyaallah nggak akan drama memori penuh mbak

      Hapus
  29. Thanks ya informasinya lengkap banget aku yang gatek ini jadi ngerti gitu soal gimana bisa menyimpan data yang aman dari HP

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillahh jika artikel ini bermanfaat mbak ^_^

      Hapus
  30. Usb otg membantu banget ya untuk backup data. Jadi kalo diperjalanan memory handphone full bisa di backup dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, sebelum full bisa kita cadangkan secara rutin terlebih dahulu

      Hapus
  31. iya nih, hp aku kayaknya dah kepenuhan deh soalnya tiap hari foto dan ambil video. Dah mulai aku pindahin ke laptop, belum coba pakai usb. nanti kayaknya bisa dicoba

    BalasHapus
  32. Aku punya USB OTG SanDisk ini udah hampir setahun tapi baru tahu sebagian fitur-fitur di atas *tutup muka*.
    Makasih ya, Mba, jadinya bisa lebih memaksimalkan pemanfaatan OTG ini, nih. Memang selama ini udah merasa terbantu banget bisa mindahin file, tapi enggak tahu bisa secanggih itu, hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheheh, Alhamdulillah mbak, USB OTG SanDisk banyak membantu buat mindahin file ya kan,

      Hapus
  33. Aku tertohok baca artikel ini. Karena termasuk yang enggak peduli padaback up data. Padahal aku pernah kecopetan smartphone dan itu rasanya nyeseeek bangets.
    Dan baca ini ku harus lebih peduli dan beli Sandisk aja.
    Oh ya, artikelnya super komplit, tengkyu yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duhh mbak ngeri banget itu T_T
      Alhamdulillah semoga bermanfaat dan terima kasih kembali mbak, ^_^

      Hapus
  34. Saya sudah Sejak lama mau backup file foto terutama, takut datadata hi, hp rusak memori full, dll. Biasa Di pindah ke PC tapi memang butuh effort lebih. Ternyata Ada ya usb yg bs langsung ke smart phone Dan harganya terjangkau ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ribet kan mbak?
      Lebih mudah emang transfer data dg USB OTG sanDisk

      Hapus
  35. Aku biasa pake Share It kalo mau pindahin ke PC, tapi ya itu...kadang gak mau konek-konek, dan itu bikin sebel.
    Kayaknya hijrah pake USB OTG Sandisk aja deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku ngalamin itu tehh, keselll huuu
      Iya ayuk tehh heheee

      Hapus
  36. Sejak kehilangan file-file foto pernikahan karena kamera hilang, saya jadi rajin backup data foto dan video dari kamera maupun handphone. Kalau pakai OTG Sandisk ini, proses backup data jadi lebih cepat ya dan bisa dilakukan dimanapun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, transfernya cepet banget dan praktis hehee

      Hapus
  37. Kalo smartphone ku memory nya penuh ama drakor nih. Jadi suka ribet sendiri buat mindah2in nya. Kayaknya emang perlu beli OTG USB aja deh ya. biar simpel

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga pecinta drakor mbak hehee
      Iya mbak ayuk cuz ke Shopee hehee

      Hapus
  38. Saya gak pernah punya pengalaman kehilangan data smartphone. Bukan karena rajin back data tapi malah suka ngehapusin foto dan video lama hiks...padahal sayang sekali ya.
    Kalau ada SanDisk kayaknya gak perlu banyak ngehapusin file kenangan, deh!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, dan kenangan akan tersimpan rapi dan baik ^_^

      Hapus
    2. Saya juga mirip dengan mbak nurul.. Dihapus-hapusin karena hape suka nge-hang dan mikirnya karena udah di posting di blog dan medsos ya udah hapus aja yang ada di hape, padahal mah bisa disimpan yak

      Hapus
  39. Asliiii pengalaman banget jalan2 eh memori hape abis, gabisa ambil video lagi. Tapi yang kutakutin nanti flashdisknya ilang soalnya sering banget kehilangan flashdisk gegara lupa taruh huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduuhhh kalau sampe ilangnya falshdisk mahh,gantungin aja mbak di tas dan jangan ganti2 tempat biar hafal di satu tempat hehee

      Hapus
  40. Asyik banget ya flasdisk Sandisk ini. Semua flashdisk di rumah juga Sandisk, nah, yang model ini belum punya euy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wihh cakep Kang pakai SanDisk hehehe
      Beli di Shopee aja untuk bisa milikin USB OTG SanDisknya, Kang hhehee

      Hapus
  41. Widih bermanfaat banget ya USB OTG apalagi aku suka pusing kalo hp udah kepenuhan data. Sayang banget kalo foto2 dan video2 harus dihapus hiks..untung sekarang ada solusinya ;D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillahh mbak ya berkat USB OTG SanDisk penyelamat HP sebelum penuh data smartphonenya hehee

      Hapus
    2. Iya banget mbak daripada repot kudu pindahin data ke laptop atau komputer haha

      Hapus
  42. Iya kalau dah kehilangan data atau foto baru terasa sakitnya hehe.. Bener bgt kalau mau mindahin ke laptop tu ntah kenapa kemalasan sering melanda hahaha

    Btw Tks sharringnya. Aku aslinya garek bgt euy. Tp lumayan paham dengan penjelasan detailnya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hoooh mbak, kalau hilang datanya baru dah kapok wkwkkw
      Alhamdulilah semoga bermanfaat informasinya, mbak ^_^

      Hapus
  43. Iyes
    saya tertarik banget untuk membelinya
    karena smartphone saya isinya banyak foto dan video
    jadi perlu backup data dengan USB OTG Sandisk ini biar aman
    karena pernah hpnya rusak dan semua foto dan video hilang hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Me too mbak, punyaku juga banyakan foto sama video hhee
      Tapi udah punya USB OTG SanDisk kan mbak?

      Hapus
  44. Setuju banget kalau backup data tuh penting banget. Daku selain di laptop, juga backup pakai OTG, karena bisa dibawa ke mana pun kita pergi, dan kalau butuh tinggal transfer saja.

    BalasHapus
  45. Iya mbak, aku juga kepikiran untuk memindahkan foto foto di hape ke Sandisk , kemarin kemarin aku bingung foto banyak, sementara laptop dah penuh juga heuheu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Segera backup mbak sebelum lambat loadingnya ^_^

      Hapus
  46. saya sangat pengin punya USB OTG san disk ini
    ngincar yang 256 giga hehe
    semoga kesampaian
    karena banyak nih foto dan video yang harus diback up

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiinn semoga terwujud untuk memiliki USB OTG SanDisk kapasitas 256GB yahh mbak

      Hapus
  47. Flash disk Sandisk memang jaminan mutu sih, kalau beli biasanya merek ini biar awet dipakai..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, memang awet ini produk dari SanDisk hehee

      Hapus
  48. Belom pernah nih saya pake OTG gini Mba, sangat memudahkan n bisa meringankan beban henpon juga ya Mba. Selama ini saya biasanya sekali sebulan mindahin file ke laptop atau pas henpon nya udah sesek ama data. Rekomended bgt ini buat beli ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. banget mbak rekomended itu untuk backup data samrtphone supaya storage hp tetap lega heee

      Hapus
  49. Aku tiap beli smartphone sih selalu nanya RAM nya, tapi gimana dananya cukup nya yang di bawah 6, hahahaa. Ya udah lah beli USB OTG Sandisk aja yang muat untuk menyimpan data banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehheee iya mbak, wis 4 itu aja nggak papa.
      Nanti kalau udah hampir penuh angkut ke USB OTG SanDisk aja ya hehee

      Hapus
  50. Setia sekali ya dirimu sampe hampir 5 tahun ga ganti hp. Butuh ditemani dengan back up data yang mumpuni nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya gimana mbak,, masih sehat hpnya walau memori terbatas, dan hp idaman launching awal tahun ini hehee

      Hapus
  51. Kejadian di aku mbak hape error dan data ga ada backup itu rasanya pengen garuk tembok..
    Jadi pengen cepatan punya usb otg sandisk biar data dataku aman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan mbak kesian temboknya, #ehh hehe
      Iya mbak, beli aja USB OTG SanDisknya di Shopee hheee

      Hapus
  52. Fix aku butuh banget Sandisk ini. Dan akhirnya aku langsung order di Shopee. Wih, lumayan banget, bakalan slamet itu semua data di hp. Terutama foto narsis dan videonya, wkwkwk. Sayang kan kalau ilang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillahhh selamat menikmati backup data bebas hambatan dan bye bye memori penuh, mbak hehee

      Hapus
  53. Iiih nyesel baru baca ini, aku kemaren ganti hape gara gara memorinya full. Tau gitu make usb otg deh buat back up data hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh beli aja USB OTG SanDisk mas, sewaktu2 terjadi memory full bisa dibackup dg segera heeee

      Hapus
  54. Penting banget memang back up data soalnya di smartphone aku isinya penting" banget bisa dibilang pengganti laptop haha soalnya sering juga bikin draft dari ponsel, jadi butuh banget Sandisk ini buat back up data.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah beli kan mbak USB OTG SanDisknya
      Iya, emang enak mobilisasi dari HP ya mbak, hehe

      Hapus
  55. Sandisk OtG ini menyelesaikan masalah di saat traveling. Apalagi buat saya yang setiap saat foto-foto terus. Satu angle saja bisa beberapa kali ambil foto makanya cepat habis memory.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkkwkwk aku setuju,,, USB OTG SanDisknya pendukung banget buat travel blogger kayak Mbk Lina nih heeee

      Hapus
  56. Aku barusan beli juga sih Sandisk dan membantu banget terutama saat traveling dan aku membutuhkan back up data. Bentuknya yang simpel dan pengiriman data yang cepat bikin susah pindah kelain hati

    BalasHapus
  57. Smartphonemu mending udah 64GB, punyaku setengahnya. Makanya butuh otg sanddisk ini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. 10.10 di Shopee mbak, buat berburu USB OTG SanDisk hehee

      Hapus
  58. Wah, pas banget nih cocok buat aku. Kebetulan hp ku ga ada memori externalnya nih. Bisa ya pake otg ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa banget mbak, isnyaalllah HP nya akan tetap lega

      Hapus
  59. Infografisnya udah oke punya.

    Tapi, tulisannya penuh banget alias kepanjangan.
    Kalo bisa dibuat maksimal 1.500 kata aja kak biar pembaca bisa puas baca dari atas sampai bawah*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehhee,,, terima kasih banyak kakak untuk masukannya hehee

      Hapus
  60. lengkap dan detail sekali artikelnya Kak Rohmah hihi. Jadi sekarang no longer worry ya mau backup data dari smartphone, anti ribet deh! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mbak Marfa
      Iya mbak, bye-bye ribet transfer data hehee

      Hapus
  61. Aku punya nih USB OTG Sandisk ini tapi kenapa gak bisa terkoneksi ke handphone aku ya. Apa harus ada pengaturan kah mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kira2 itu micro USB nya kompatible sama smartphone mbak tika nggak?

      Hapus
  62. Punya USB OTG Sandisk bikin memudahkan saya nih mba
    aku punya 3 wkwkwk isinya full semua, rencana mau beli lagi
    soalnya aku berburu konten tuh seneng apalagi usaha souvenirku banyak foto juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wihhh,,, bermanfaat banget yah mbak buat simpen data2 untuk content creator seperti Mbak Nyi heee

      Hapus
  63. USB OTG ini superhero bgt buat para content creator yak.
    Sukaaa pol!!

    BalasHapus
  64. Nyesek ya saat tahu banyak file data terutama foto hilang saat dibutuhkan, soalnya sudah 99% orang ga pernah cetak foto. Sekalinya foto hilang dari hape, habis sudah kenangan yang ada....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hooh mbak, nggak akan bisa diputar lagi kenangannya

      Hapus
  65. Duhh aku pun sering bermasalah dengan file di hp.. gara2 memori terbatas. Butuh USB OTG bangeettt

    BalasHapus
  66. Betul. Walau otomatis terkoneksi dengan google photos, tetap butuh usb otg sandisk ini. Jaga2 kalau inet ngadat ya

    BalasHapus
  67. Waah kayaknya aku butuh usb otg sandisk ini deeh. Udah hampir full memorinya dan malas mindah ke laptop krn pasti lamaa hahaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkkw beli aja di Shopee mbak USB OTG SanDisknya

      Hapus
  68. Mbak, hpku 256gb kapasitas memory-nya tapi tetep aja masih ngerasa kurang karena tiap simpen foto atau video selalu barbar. Gayanya satu gambarnya banyak wkwk. Emang aku perlu juga nih punya otg sandisk biar nggak lemot hpku hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wihhh cakepp mbak 256 GB
      hayukk beli aja mbak USB OTG SanDisk ini heee

      Hapus
  69. Saya kehilangan foto-foto anak bungsu saya saat dia masih bayi gara-gara ganti hp dan lupa backup foto-fotonya huhuhu. Kayanya memang sudah waktunya beli USB OTG ini untuk menyimpan foto-foto dari hp nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau beli USB OTG SanDisk di Shopee yah mbak hhheee

      Hapus
  70. Lengkap banget infonya mbak. Sekarang jadi tau deh gimana pentingnya backup data smartphone. Duh, Memori hp gak masalah asal ada sandisk ini ya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mbakk Elok
      Iya mbak, ngebantu banget nih USB OTG SanDisknya

      Hapus
  71. Waaah mba, pas banget aku lagi mengalami krisis storage hp yang cepet banget penuhnya karena memang kerjaannya banyak di bidang foto dan video yang butuh kapasitas besarr.. jadi pengen punya si otg sandisk ini deh utk backup

    BalasHapus
  72. USB OTG SanDisk bisa jadi andalan kalo lagi pergi kmn2
    lagi foto2 memori abis kan ga banget mbak hehehe
    Aku juga pake yg 32Gb dual drive :D

    BalasHapus
  73. Saya perlu beli SanDIsk OTG ini juga deh, sering kewalahan dengan backup data.

    BalasHapus
  74. Aku pernah ngalamin foto-foto di hape ilang tak berbekas makanya aku sedih banget/ PAdahal itu foto-foto penting loh. Makasih mba sudah mengingatkan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, tsadist banget kan,, ehh macam lagunya afgan aja hhee

      Hapus
  75. Pengen beli ixpand. Kalau buat android sudah ada, klo ios ribet bgt pindah filemya. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eciee yg hape sultann ini emang cocok yg ixpand mas heee

      Hapus
  76. Wah lengkap banget penjelasannya, makin ngerti tentang USB OTG ini. Sayang belum support di iOS ya :( padahal bagus banget ini bisa untuk ponsel ke pc. Foto-foto saya kebanyakan, kadang ribet mau pindahin dengan nyolokin kabel data :(
    Btw, penggemar Naruto yak mak hihhi samaa.

    BalasHapus
  77. Duh pernah banget nih data dan foto yang ada di smartphone ilang, mana fotonya yang bagus-bagus pula, sedih deh hiks... aku harus punya USB OTG Sandisk ini juga nih biar pengalaman nggak enak dimasa lalu nggak terulang lagi..

    BalasHapus
  78. Tuh kan jadi mupeng akunya..sama Sandisk. Tiap Mbak Rohma ngreview selalu keren euy. Kompliy..plit! Memang perlu punya nih usb otg sandisk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Mbak Dian,
      Beli yuk mbak hehee

      Hapus
  79. Lengkap banget mbak.ulasannya, bener banget, kalau file file bisa dipindahkan dari hape , ruangan hape pun lebih luas ya mbak, bisa donlot file baru lagi tampa mati gaya hehe

    BalasHapus
  80. Dulu hanya tahu dan gak terlalu ngeh dengan usb otg ini sebatas colokan buat konversi port . Ternyata sekarang sudah ada yang include ruang penyimpanan kayak usb otg sandisk ini ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hooh kak, 2 konektor sekaligus dan kapasitas penyimpanannya bervariasi

      Hapus
  81. Kadang-kadnag suka lupa perhatiin memory hp. Begitu penuh, mau sortir foto udah males duluan. Memang enaknya pakai USB OTG buat mengosongkan memory

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju Chi,, pakai USB OTG SanDisk ini aja chi lebih mudah heee

      Hapus
  82. Aku dan suami termasuk sering backup data. Bener banget kalau dulu oake share it sekarang udah gak lagi karena gak ke-detect. Selain kabel data suami biasanya makai OTG atau backup cloud. Manjur emang buat menyelamatkan memori hp, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak ada drama lagi deh mbak ya berkat USB OTG SanDisk heee

      Hapus
  83. Sepertinya aku juga perlu usb ini nih. Utk menyelamatkan file-file yg sdh menumpuk di smartphone

    BalasHapus
  84. Waaah lengkap banget ulasannya Mbak. Aku juga pakai OTG sandisk ini mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mbak.
      Toss dong kalau gitu hee

      Hapus
  85. Paling kzl kalo lagi traveling, pas mau cekrek atau vidio, eh...memori tiris. Aduhhh.... buyar langsung moodnya. Patut dicoba nih

    BalasHapus
  86. aku juga pake sandisk otg nih untuk jaga data2 berharga di hp yang gampang banget kepenuhan

    BalasHapus
  87. Iya bener mbak. Klo ilang data baru kapok hahaha. Akhirnya aku menyadari perlu USB ini huhuhu. Tks sekali lagi ya

    BalasHapus
  88. Kebanyakan foto biasanya memori aku penuh, maklum suka males mindahinnya. Kalau punya usb otg jadi praktis ya mindahin foto-foto dari smartphone

    BalasHapus
  89. Kejadian nih sama saya, whatsapp erroe minta diupdate. Gikiran mau update gak bisa karena memory penuh. Duh sebel banget. Mau ngehapusin foto juga malah sayang.

    BalasHapus
  90. Jadi ingat kalau sahabatku kemarin tanya, beli Sandisk dimana?
    Soalnya daripada upgrade HP yang masih bagus hanya masalah memori yang uda gak mumpuni kan yaa...

    BalasHapus
  91. sedikit-sedikit cekrek, sedikit-sedikit cekrek, cekrek kok sedikit-sedikit. Tahu-tahu tanda merah di memori hihihi, kudu banget emang di backup

    BalasHapus
  92. Duh aku butuh ini, secara memori hape dah mulai melambat. Tpi ga mau delet foto heheh

    BalasHapus
  93. Solusi yang paling oke nih bawa USB OTG kemanapun bagi pengguna smartphone. Setiap kali memori di smartphone mulai menipis, tinggal ditransfer aja datanya secara cepat ke situ. Aman deh, bisa terus beraktivitas tanpa hambatan.

    BalasHapus
  94. Setelah membaca dengan detail sepertinya memang sudah saatnya mmbeli USB OTG ini. Demi terselamatkannya file-file di handphone . Tks sekali lagi sharringnya

    BalasHapus
  95. Sepertinya ini cocok banget buat aku. Aku sering banget ngilangin data di HPku๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ. Mungkin ini bisa jadi penyelamat data-dataku๐Ÿ˜‚. Aku kok tertarik ya

    BalasHapus
  96. Penting banget emang punya ini. Apalagi kalo lagi traveling, penting banget bawa ini

    BalasHapus
  97. Memang praktis kalau USB Sandisk ini karena sudah ada OTG nya jadi tinggal colok di Hape kalau mau pindahkan data ya..pakai share it sering gagal..

    BalasHapus
  98. Aku juga dah mulai nih smpen data handphone terutama foto2 di USB.. baru kmrin beli sayang bngt yak klo memory hilang

    BalasHapus
  99. Sejak ada USB OTG aku udah pakai, karena memang lebih praktis mengosongkan memori handphone, dan kalau sewaktu2 memerlukan data bisa langsung dipakai lagi ISB tersebut

    BalasHapus
  100. ulasannya lengkap banget, jadi paham deh cara pakai USB OTG Sandisk. Berarti gampang buat pindahin file dari HP ke laptop.

    BalasHapus
  101. Aku suka banget sama OTG, kalau ada file baru aku langsung backup ke otg, karena takutnya ilang atau kehapus filenya. Otg tuh bahkan selalu aku bawa kemana mana

    BalasHapus
  102. Aku suka banget pake otg, selalu aku bawa kemana mana karena takut file file aku ilanh soalnya pernah ilang. Setiap ada file baru aku langsung pindahin ke otg.

    BalasHapus
  103. Mataku langsung tertambat ke kucing cantik mba...gemessss...! Iya sih, untuk transfer2 memang agak repot klo de ponsel ke laptop..enak pke flashdisk, ringkes...proses transfernya pun cepet

    BalasHapus
  104. Nah, kalau ditanya pertimbangan sebelum membeli gadget sekarang soal memori kan udah terbantu sama OTG ya, jadi enggak terlalu mikirin harus punya memori internal yang gede banget gitu.

    BalasHapus
  105. Dan aku setelah baca ini berasa kudu banget punya deh, mau cek ke market place ah. Sekalian juga emang ada yang sedang dicari.

    BalasHapus
  106. Wah aku harus beli juga nih SanDisk OTG supaya bisa menyimpan banyak memori di hape. Memori hapeku juga cepat penuh.

    BalasHapus
  107. Tantangan sejuta umat ini ya mba, soal transfer data. Sampai saat ini akupun masih transfer by laptop sehingga mengalami sedikit problem saat membutuhkan photo tertentu. Nampaknya segera bisa dicoba ni pakai OTG Sandisc. Trims infonya mba

    BalasHapus
  108. Alhamdulillah ya Mba, jadi tahu kemana harus menyelamatkan data daripada dibuang sayang hehehe, otgku ada 3 FD dari sandiskku banyak soalnya udah nyaman sama brand ini

    BalasHapus
  109. Bener2 Solusi untuk backup data smartphone yg terpercaya nih kak USB OTG SanDisk ya

    BalasHapus
  110. JAdi makin Yakin mau beli OTG SanDisk setelah baca banyak review ya ternyata positif hehe. Ada rekomendasi tempat beli terpercaya mba?

    BalasHapus
  111. Baru kemarin aku bete bgt sama memori hp yg kyknya udh gak support kerjaan, trus baca info ini donk alhamdulillah bisa jadi solusi bgt nih

    BalasHapus
  112. Kebiasaan lama aku nih suka kelupaan untuk backup data, pas udah kehilangan baru jadi repot sendiri. Tapi sekarang aku udah tenang karena ada teman baru si imut USB OTG Sandisk

    BalasHapus
  113. Lengkap sekali ulasannya mbak... saya juga pake Sandisk nih. Bermanfaat sekali pakai OTG buat back up dan mindah-mindahin data.

    BalasHapus
  114. Aku pernah kehilangan data karena HP harus reset ulang dengan setelan pabrik sementara data belum dibackup, habis itu nggak mau lagi kejadian yang sama, pakai OTG SanDisk buatbackup data smartphone

    BalasHapus
  115. Kehilangan HP mungkin gak lama ya move on nya. Tapi kalo kehilangan datanya, ya nyesek banget. sanDisk emang sangat dibutuhkan buat orang kayak saya yang teledor. Alhamdulillah sampe skrg belum pernah kehilangan HP, tapi kalo jam tangan udah sering. Haha. Cuma ya mesti jaga2 lah ya meskipun tidak ada org yang mau kehilangan barang yang susah belinya lagi. hahaha.

    BalasHapus
  116. USB OTG SanDisk ini membantu banget memang, apalagi pas traveling, pastinya kita sibuk foto-foto dan video, jadi butuh banyak space kosong ya kan. Karena itu harus sering-sering back up dengan USB OTG SanDisk.

    BalasHapus
  117. USB OTG SanDisk ini membantu banget memang, apalagi pas traveling, pastinya kita sibuk foto-foto dan video, jadi butuh banyak space kosong ya kan. Karena itu penting banget back up data dengan USB OTG SanDisk ini.

    BalasHapus
  118. Kebutuhan ini mah !
    Beliik ah buat mbak ku yang selalu ngeluh hp nya ngelag kebanyakan data wkwk

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Copyright © Fastabiqul Khoirots. Blog Design by SkyandStars.co