‎ ‎
personal lifestyle blogger jember

11 Model Undangan Pernikahan Terlaris Yang Bisa Kamu Pilih



Merencanakan acara pernikahan impian adalah suatu hal yang didambakan para pasangan. Karena setiap hal akan sangat diperhatikan. Bahkan dari printilan kecil sekalipun. Termasuk undangan pernikahan. Wajib hukumnya sesuai kepribadian dan juga sudah disepakati dengan pasangan.

Biasanya undangan pernikahan ini ada yang sudah terkoneksi dengan vendor acara. Namun ada juga calon pengantin yang membuat undangan custom, sehingga desainnya lebih terlihat berbeda daripada di pasaran. Pun bisa memilih bahan yang digunakan.

Walau demikian, ada aneka model undangan pernikahan yang bisa kamu pilih. Berdasarkan estetika dari desainnya, atau karena pertimbangan lainnya.

Berikut ini saya akan membagikan daftar desain undangan pernikahan yang banyak diminati di berbagai kalangan, dan terlaris di Indonesia. Yang bisa jadi referensi, atau justru sudah kamu incar sebelumnya.

Desain Undangan Pernikahan Favorit di Indonesia

Tren desain undangan pernikahan dari tahun ke tahun semakin unik. Jika dulu saat saya membuat desain undangan pernikahan di tempat kerja. Setiap kali ada calon pengantin yang ingin menikah, bisa melihat katalog dari produsen undangan yang kami sediakan.

Adakalanya memang cocok dengan modelnya, tapi tidak dengan budgetnya. Kemudian diberi pilihan dengan model undangan pernikahan dari produsen lainnya. Selagi ada contoh atau katalog. Akan sangat memudahkan para calon pengantin.

Meski demikian, rata-rata calon pengantin memilih beberapa dari model undangan pernikahan yang saya rangkum berikut ini. Di antara desain undangan pernikahan terlaris di Indonesia versi www.rurohma.com seperti berikut ini:

1. Undangan Pernikahan Blangko Cetak

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata blang.ko dengan kata tidak baku berupa belangko, atau blanko. Memiliki arti kosong (belum diisi). Merupakan kata sifat atau adjektiva.

Undangan pernikahan blangko cetak ini bisa dengan cara menggunakan alat sablon, printer, hingga mesin cetak ukuran besar. Model undangan pernikahan blangko juga memiliki banyak varian, dari desain, tebal tipis, warna, hingga temanya.

Apabila pesan undangan pernikahan blangko di jasa percetakan, akan sangat ekonomis jika order dengan jumlah banyak. Biasanya ada ketentuan batas minimal pembelian jika ingin mendapatkan harga murah. Seperti misal, pesan 200 pcs, maka harga yang ditetapkan menjadi Rp. 1.000 per satuan undangannya.

Meski demikian, undangan pernikahan blangko dengan model yang berbeda, tentu memiliki selisih harga yang diberikan. Tergantung berapa harga per pack dari produsennya. Nanti jasa percetakan yang akan menentukan berapa harga per satuannya dengan minimal pemesanan.

Salahsatu produsen undangan pernikahan blangko yang biasa ada di pasaran. Seperti: BC TIK, Kangen, Erba, Kasih, Sayang, dan masih banyak lagi.

2. Undangan Pernikahan Blangko Tulis

Ada beragam desain dari model undangan pernikahan blangko tulis ini. Namun yang menjadi kesamaan adalah, data acara ditulis secara manual. Maksudnya, untuk informasi mengenai nama pengantin, tanggal akad pernikahan, resepsi pernikahan, hingga nama orangtua, ditulis secara langsung.

Data terkait acara pernikahan bisa dicetak dengan printer. Asal ada tambahan harga yang diberikan. Untuk memasukkan data yang dibutuhkan, dan mencocokkan letak tulisan kosong dengan ketikan yang sesuai. Agar tidak lebih, dan tidak kurang, supaya terlihat lebih rapi.

Jika ingin lebih ekonomis, dan prosesnya cepat dan tanpa ada minimal pembelian. Kamu bisa memilih undangan pernikahan blangko model ini. Walau perlu tulis tangan. Kalau tidak mau menulis, coba bawa ke tempat percetakan untuk diisi data-data yang diperlukan.

Selagi model undangannya bisa masuk ke printer, dan tidak ada desain yang rumit, yang dapat membuat kertas terpotong, atau rusak. Adakalanya mereka mau menerima. Walau dengan catatan ada biaya tambahan yang perlu kamu keluarkan.

3. Undangan Pernikahan Rustic

Pecinta segala hal berbau estetik, namun terlihat simple dan elegan. Bisa memilih model undangan pernikahan rustic ini. Karena desainnya sangatlah bervariasi. Ada yang benar-benar sederhana, namun ada juga yang tampilannya terlihat unik saat diterima oleh tamu undangan.

Undangan pernikahan rustic ini ada yang dibentuk seperti pengumuman sayembara, mainan jaman dulu, dirakit dengan daun kering, maupun menggunakan ranting. Tergantung model yang dimiliki jasa percetakan tersebut.

Contoh undangan pernikahan rustic


Jika ingin pesan undangan pernikahan jenis ini, alangkah lebih baik ke tempat yang biasa melayani pembuatan undangan rustic. Karena biasanya harga lebih bersaing.

Daripada di tempat yang belum memiliki portofolio pembuatan undangan rustic. Karena perlu mencari desain, serta memperkirakan budget yang diperlukan.Sehingga bisa ketemu berapa harga yang akan diberikan kepada konsumen. Itu pun juga ada minimal pemesanan.

4. Undangan Pernikahan Akrilik

Dengan bahan yang digunakan berupa akrilik, akan sangat membuat undangan pernikahan jadi lebih mewah dan terkesan beda, premium.

Di dalamnya berisi tulisan yang lebih simple namun padat. Hanya menyampaikan beberapa informasi pokok saja. Kemudian tinta yang dipakai juga bervariasi. Bisa dua warna hingga lebih. Ada kalanya berisi tulisan saja, tanpa ada foto.

Pengemasannya menggunakan kertas tebal yang dibentuk menjadi amplop. Hal itu berfungsi agar akrilik bisa tetap on point dan dapat tersimpan dengan baik.

5. Undangan Pernikahan Bentuk Amplop

Salah satu primadona untuk model undangan pernikahan yang banyak diminati. Karena ada berbagai desain dan warna, pun harganya yang cukup terjangkau.

Desain undangan ini berbentuk seperti amplop pada umumnya. Yang terdapat tulisan di bagian luar, berisi informasi undangan secara garis besar meliputi tanggal acara pernikahan, tuan rumah, peta, dan kata-kata mutiara. Sedangkan di bagian dalam berisi informasi yang lebih lengkap lagi.

Jika ingin undangan pernikahan bentuk amplop bisa terkesan beda, sekalipun bahan dasarnya sama. Kamu bisa membuat kreasi dari sisi pengemasan, dengan menambahkan berbagai aksesoris, seperti pita, dan lainnya.

6. Undangan Pernikahan Bentuk Tiket dan Paspor

Primadona kedua setelah undangan pernikahan bentuk amplop, yaitu bentuk tiket maupun paspor. Bukan hanya yang hobi bepergian saja bisa menggunakan. Siapapun bisa memakainya. Karena memang seunik itu tampilan undangannya.

Desainnya sangat menyerupai tiket dan paspor. Hanya saja, bisa dikreasikan dari warna kertas yang ingin digunakan sesuai request calon pengantin.

Namun dari sisi tulisan tetap sama seperti detail informasi penting yang biasa ada pada undangan pernikahan. Hanya saja untuk pengemasan undangan pernikahan model ini bisa bervariasi. Seperti penggunaan tali rami, pita kain, kertas doule, dan lain sebagainya.

7. Undangan Pernikahan Hardcover

Salah satu keistimewaan model undangan jenis ini, dia bisa dibuat secara custom, dari desain, tema, warna, hingga bahan-bahan yang digunakan.

Ada yang dibuat seperti amplop lalu didalamnya berisi undangan hardcover. Ada juga yang disusun menjadi dua lipatan kanan dan kiri yang bisa dibuka. kemudian bagian pokok nama calon pengantin berisi di tengah-tengahnya, dengan ukuran yang lebih besar daripada kanan kiri.

Desain undangan hardcover yang paling banyak diminati seperti tema gunungan, atau pewayangan. Yang tentunya di bagian penutup juga disertai bentuk gunungan berwarna emas atau kecoklatan, untuk membukanya. Bisa juga menggunakan seal wax, supaya terlihat lebih premium.

Soal harga tentu juga sebanding dengan kualitas undangan pernikahan yang didapat. Sebab, proses pengerjaannya apalagi untuk yang custom akan lebih memakan waktu dan ketelitian. Supaya hasilnya juga lebih presisi di tiap pengemasan undangannya.

8. Undangan Pernikahan Bentuk Notebook

Merupakan desain undangan yang ingin tamunya dapat memanfaatkan kembali untuk menulis catatan. Berupa notebook. Model undangan custom yang tentunya bisa disesuaikan dengan halaman depan ingin di desain seperti apa.

Kemudian diisi berapa lembar, dengan kertas ketebalan berapa. Mau kertas bergaris atau polosan. Dijilid menggunakan lem atau dibuat seperti binder.

Kalau kamu ingin memesan undangan pernikahan model ini, usahakan untuk pesan lebih dari minimal jumlah yang ditentukan. Hal ini agar kamu juga mendapat harga yang lebih terjangkau. Selain itu, manfaat dari notebook akan bisa dipakai sewaktu-waktu selagi isi kertas masih ada.

9. Undangan Pernikahan Bentuk Kalender

Selain notebook, kamu juga bisa memilih undangan pernikahan bentuk kalender. Bukan yang acara pernikahan di akhir tahun saja yang bisa menggunakan. Karena kalender akan bermanfaat di tahun mendatang.

Keunggulan desain undangan ini di tiap lembarnya bisa diisi dengan foto kamu bersama pasangan. Meski begitu, budget yang diperlukan akan cukup besar ya. Tapi kamu tidak perlu khawatir jika pesannya banyak. Karena harga lebih terjangkau.

Kamu bisa memilih kalender duduk atau kalender dinding. Namun untuk kalender dinding, semakin banyak lembarannya, harga per satuan akan lebih mahal.

Walau begitu, undangan model ini akan sangat bermanfaat untuk yang jarang beli kalender. Jangan lupa untuk kemasan, kamu bisa memilih dibungkus menggunakan plastik mika atau tali rami, tali kain juga bisa. Supaya bisa terlihat cantik.

10. Undangan Pernikahan Gunungan

Istilah undangan ini bukan hanya dibentuk seperti wayang pada umumnya. Lalu menggunakan warna kuning emas, hingga kombinasi coklat. Kemudian bisa dibuka di bagian kanan dan kiri seperti undangan hardcover.

Namun undangan pernikahan gunungan ini juga bisa disebut sebagai undangan teropan. Biasa digunakan di pedesaan oleh para orangtua untuk mengundang handai taulan. Atau anggota pada komunitas yang diikuti.

Undangan gunungan atau undangan teropan ini hanya berupa satu lembar kertas tebal bolak balik, yang depannya berisi pemilik acara beserta kolom untuk tamu undangan. Kemudian dibaliknya berisi informasi detail acara. Lengkap beserta hiburan yang biasa ada di acara tersebut.

Selain itu, undangan gunungan biasanya terdapat nama-nama dari sponsor acara. Adakalanya dicantumkan juga pada lembar depan undangan.

11. Undangan Pernikahan HVS

Biasa disebut sebagai undangan walimatul ursy. Model undangan ini biasa digunakan untuk mengundang para bapak-bapak, untuk menghadiri tasyakuran atau doa-doa saat sebelum acara akad, maupun ketika akad berlangsung.

Undangan pernikahan atau walimah hvs



Memang terkesan sederhana, namun begitulah pada umumnya jika di masyarakat. Ada yang kertasnya di foto copy, dicetak langsung tanpa ada foto, maupun diberikan sedikit ilustrasi gambar pernikahan.

Sebelum marak undangan pernikahan dengan blangko dan sejenisnya. Undangan pernikahan HVS ini pernah digunakan untuk mengundang teman-teman dari mempelai. Karena harganya cukup ekonomis.

Namun semakin bertambahnya zaman, undangan pernikahan model ini hanya diperuntukkan sebagai undangan walimahan.

Kesimpulan

Apapun model dan desain undangan yang kamu pilih, pastikan untuk dikomunikasikan bersama pasangan. Tanyakan juga kepada masing-masing orangtua, apakah memerlukan undangan pernikahan yang diperuntukkan untuk kenalan mereka. Supaya anggaran dan pemesanan bisa segera dilakukan.

Selain menggunakan undangan fisik dengan berbagai model seperti di atas, kamu tentu juga perlu tahu kalau undangan digital juga bisa menjadi pilihan. Tapi jangan lupa untuk tambahkan lagu untuk undangan pernikahan digital ya.

Untuk undangan pernikahan fisik, saat di percetakan, mohon untuk pastikan data yang kamu berikan sudah benar, untuk mengurangi bahkan diharapkan tanpa ada kesalahan penulisan.

Semoga informasi yang saya bagikan ini bermanfaat. Jika informasi ini bermanfaat, kamu bisa membagikannya melalui sosial media yang dimiliki. Atau bisa juga dengan tinggalkan komentar di kolom yang telah disediakan.

Sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

6 komentar

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^
  1. bentuk tiket atau passpor kayanya lucu juga yaaa bentuk undangannyaaa,. bisa nih aku rekomendasiin juga ke si bestie yang tahun ini mau nikah hihihi, biar undangannya unik dan beda dari yg lain

    BalasHapus
  2. Aku dulu kepikiran buat bikin undangan custom aja, ala sendiri biar gak ada yang nyamain. Terus magang di percetakan, akhirnya ngurungin niat. Ada harga ada rupa soalnya, hahaha. Lihat nanti aja sih gimananya

    BalasHapus
  3. Banyak pilihan undangan nih.
    Siil banget kak, jadi masukan buat daku. Macam² pilihan undangannya udah, tinggal Go! Hehe

    BalasHapus
  4. Banyak juga uyy macam jenis undangan nikah. Bentuk tiket tuh kayanya masih jarang yang pakai di tempatku. Selembar gitu kayanya menarik nih.

    BalasHapus
  5. Undangan zaman sekarang modelnya macam2 ya. Hehehe....senang lihatnya yg beragam itu. Kadang dapat undangan lucu2 dari kerabat dan lingkungan rumah.

    BalasHapus
  6. sekarang makin banyak ya pilihan model undangan.
    eh ya itu yang rustik, undangan waktu Rohma nikah pakai gituan ya? Unik ya, menarik gitu, beda dari yang lain pasti nih di tempatnya Rohma :)

    BalasHapus

Chingudeul