‎ ‎
personal lifestyle blogger jember

Mengenal Apa Itu Undangan Pernikahan, dan Jenisnya


undangan pernikahan adalah



Bismillahirrahmanirrahim


Merencanakan sebuah pernikahan, tentu ada banyak hal-hal besar maupun kecil yang perlu diperhatikan. Apalagi jika hal itu sangatlah penting dalam bagian perayaan acara sakral tersebut. Termasuk undangan pernikahan.

Persiapan sebelum menikah saja sudah sangat menguras tenaga, hingga stres. Terlebih jika perayaan tersebut merupakan impian para mempelai.

Untuk itu, alangkah lebih baik jika undangan pernikahan juga mendapat perhatian lebih. Supaya acara yang diharapkan sekali dalam seumur hidup ini dihadiri oleh tamu undangan pilihan.

Pun mereka juga bisa dapat mengambil bagian dalam perayaan tersebut. Baik yang terlibat, maupun yang menyaksikan.

Nah, untuk kamu yang sedang mempersiapkan pernikahan. Alangkah lebih baik jika kamu mengetahui apa itu undangan pernikahan, isi di dalamnya, dan ada berapakah jenis undangan pernikahan yang bisa kamu gunakan.

Simak lebih detail lagi terkait hal tersebut dalam artikel ini.

Undangan Pernikahan dan Isinya


Undangan pernikahan merupakan sebuah surat yang meminta penerimanya untuk dapat menghadiri sebuah pesta pernikahan. Biasanya ditulis dalam bahasa yang formal, dengan kata ganti orang ketiga.

Undangan pernikahan juga bukan sekedar permintaan kehadiran, melainkan sebagai pengumuman konfirmasi dari acara yang akan datang.

Sehingga undangan pernikahan, juga bisa dikatakan sebagai gambaran tentang konsep pernikahan dari calon mempelai.

Seperti apa tema nya, bagaimana mewahnya pesta perayaan tersebut, hingga siapa yang hadir dan menjadi bagian dari acara tersebut.

Isi Pada Undangan Pernikahan


Desain undangan pernikahan sangatlah beragam. Namun pada umumnya isi di dalamnya hampir semuanya sama. Meski demikian, beda calon mempelai, tentu beda pula konsep undangan pernikahan yang diinginkan.

Ada yang memilih sederhana, minimalis, elegan, unik, hingga konsep undangan out of the box bisa sangatlah diperhatikan. Agar hal tersebut sesuai dengan ciri khas, atau diri mempelai.


Walau demikian, bagaimanapun inovatif dan kreatifnya calon mempelai mempersiapkan undangan pernikahan. Tentu di dalamnya mencakup beberapa hal-hal penting seperti berikut. Di antaranya adalah:
Isi Undangan Pernikahan

1. Tulisan Undangan Pernikahan


Untuk memberitahukan dan menandakan bahwasanya undangan tersebut merupakan surat acara pernikahan. Maka tulisan undangan pernikahan atau wedding invitation harus tertera di dalamnya.
Kolom Tamu Undangan

Hal ini sebagai penanda surat undangan pernikahan tersebut ditujukan untuk siapa. Sehingga wajib ada apalagi untuk kartu undangan. Kecuali pada undangan pernikahan digital.
Salam Pembuka

Prakata sebelum memperkenalkan siapakah calon mempelai yang akan melangsungkan pernikahan. Berisi ungkapan syukur dari penyelenggara acara karena dapat melaksanakan pesta atau perayaan pernikahan.

2. Nama Mempelai

Menyebutkan nama mempelai pria dan wanita. Baik dengan penyebutan nama lengkap saja. Maupun dilengkapi dengan gelar yang dimiliki dari masing-masing calon pengantin. Ada kalanya juga disertai dengan penyebutan nama panggilan dari keduanya.

3. Nama Orangtua Mempelai

Untuk nama dari orangtua masing-masing mempelai bisa disebutkan lengkap dengan gelar yang dimiliki maupun tidak. Disesuaikan saja dengan kesepakatan calon pengantin dan keinginan orangtua keduanya.

4. Asal Tempat Tinggal Mempelai

Poin ini bisa ditulis ataupun tidak. Namun, biasanya penulisan asal tempat tinggal dari calon pengantin selalu disertakan. Walau hanya nama kotanya saja.

5. Hari, Tanggal, dan Waktu

Bagian paling penting dari isi undangan adalah detail kapan diselenggarakan acara perayaan pernikahan tersebut. Biasanya ada dua keterangan hari, tanggal, dan waktu yang dituliskan. Hal itu dikarenakan tanggal saat akad maupun resepsi berbeda. Sehingga perlu dituliskan dan dicantumkan keduanya.

6. Tempat Acara

Berlaku untuk keterangan tempat saat pelaksanaan akad, serta detail tempat acara dari perayaan pernikahan berlangsung. Serta dijelaskan tempat acara berada di rumah salah satu mempelai, atau di gedung.

7. Salam Penutup

Jika ada salam pembuka, maka harus ditutup pula undangan pernikahan tersebut dengan salam penutup. Yang tentunya tujuannya agar tamu undangan dengan senang hati dapat meluangkan waktunya untuk dapat menghadiri acara pernikahan dari calon pengantin tersebut.

8. Denah Lokasi atau Peta

Untuk memudahkan tamu undangan agar tidak kesulitan menemukan lokasi tempat acara. Alangkah lebih baik jika disertakan denah lokasi, maupun map yang berupa gambar, maupun qr code. Agar memudahkan untuk langsung tersambung pada google map.

9. Kata-Kata Mutiara

Setidaknya ada satu atau dua kata mutiara terkait pernikahan yang bisa dicantumkan. Selain sebagai pemanis undangan pernikahan. Juga bertujuan untuk harapan diselenggarakan acara pernikahan tersebut.

10. Foto Mempelai

Poin ini merupakan opsi yang ada atau tidaknya tergantung budget dari mempelai. Jika ingin disisipkan foto keduanya, maka akan berpengaruh dengan harganya. Apalagi jika menggunakan kartu undangan. Kecuali undangan digital.

11. Pakaian Khusus Tamu Undangan

Adakalanya untuk pengantin yang merayakan intimate wedding yang dihadiri beberapa orang terdekat saja. Menerapkan beberapa informasi terkait pakaian yang akan dikenakan tamu undangan. Maka, hal ini perlu dicantumkan pada isi undangan pernikahan.

12. Tuan Rumah Yang Ikut Merayakan

Hal ini untuk menunjukkan bahwasanya perayaan pernikahan yang akan digelar oleh tuan rumah, juga biasanya dicantumkan beberapa kerabat yang ikut membantu dalam terselenggaranya acara yang akan berlangsung tersebut.

Jenis Undangan Pernikahan

Di zaman seperti sekarang ini, untuk memberitahukan pengumuman acara pernikahan. Selain dengan menggunakan kartu undangan atau undangan pernikahan bentuk fisik, juga bisa dengan bentuk digital. Jangkauannya lebih luas, apalagi jika tamu undangan berada jauh dari calon mempelai.


Lalu apa yang membedakan keduanya? Berikut penjelasannya.

Jenis Undangan Pernikahan



- Undangan Pernikahan Fisik

Jenis undangan pernikahan ini memiliki beragam bahan kertas yang bisa dipilih dan digunakan. Ada banyak model, tema, yang bisa dipilih sesuai keinginan, dan berdasarkan budget yang telah ditentukan.


Isi di dalamnya mencakup beberapa hal yang telah disebutkan di atas. Biasanya ada minimum pemesanan jika menggunakan undangan pernikahan fisik. Semakin banyak jumlahnya, maka harga akan lebih sedikit ekonomis. Karena mendapat potongan harga. Pun sebaliknya. Sebab di berbagai percetakan ada minimum pemesanan. Lebih baik lebih daripada kurang.


Pembuatan undangan pernikahan fisik jauh lebih bagus jika dipesan jauh sebelum mendekati hari acara. Agar ada waktu untuk membagikan pada daftar nama dari para tamu undangan.

- Undangan Pernikahan Digital

Hadirnya undangan pernikahan digital ini amatlah sangat diterima untuk segala jenis perayaan, termasuk pernikahan. Sama halnya dengan undangan fisik yang bentuknya beragam, undangan pernikahan digital juga memiliki varian. Di antaranya:

1. Gambar

Informasi yang diberikan pada undangan pernikahan digital dalam bentuk gambar ini lebih praktis dan memuat hal-hal yang pokok saja. Tidak selengkap undangan pernikahan fisik.

Namun, bisa jadi gambar yang dibagikan merupakan bentuk digital dari undangan pernikahan fisik. Yaitu dari desainnya sama, hanya dikemas dalam bentuk digital berupa gambar. Yang mudah untuk dibagikan melalui sosial media atau kontak dari tamu undangan.

2. Website

Berupa tautan yang di dalamnya berisi informasi undangan pernikahan yang dimaksud. Isinya juga mencakup hal yang telah disebutkan di atas, namun ada poin tertentu yang dipangkas. Jenis undangan digital bentuk satu ini lebih praktis, dan terlihat lebih modern. Karena bisa request lagu tertentu jika pesan pada jasa berbayar.

Jika ingin gratis, bisa mengakses situs tertentu yang melayani pembuatan undangan digital. Meski demikian, jangan heran kalau ada hal-hal yang tidak bisa diedit atau sesuai keinginan ya.

3. Video

Jika ingin memberikan undangan pernikahan dengan memanjakan tamu undangan dengan visualisasi, maka undangan pernikahan digital dalam bentuk video bisa dipilih.


Kamu bisa memilih video dengan menggunakan foto sendiri atau hanya ilustrasi. Detail informasi juga bisa disesuaikan dengan keinginan. Jasa pembuatan video undangan pernikahan juga bervariatif. Pastikan untuk melihat portofolio ya, supaya tahu seperti apa gambaran video yang kamu harapkan.


Meski demikian, undangan pernikahan digital ini harus selalu dibagikan mendekati hari H acara. Sebab dikhawatirkan tamu undangan lupa. Apalagi jika mereka berkenan hadir.

Kapan Undangan Pernikahan Dikirimkan?

Untuk pendistribusian undangan pernikahan, biasanya dilakukan setidaknya 5 sampai 8 Minggu sebelum acara. Hal ini dilakukan agar para tamu undangan, memiliki cukup waktu untuk mengatur kehadiran mereka. Terlebih jika tamu undangan berasal dari luar kota.

Pendistribusian juga bisa dilakukan oleh calon mempelai atau calon pengantin sendiri, maupun minta perwakilan dari keluarga masing-masing, kerabat, hingga teman terdekat untuk menyampaikan atau mengirimkan undangan ke tamu yang ditujukan.

Penulisan nama tamu undangan untuk kartu undangan pernikahan bisa menggunakan tulisan tangan, maupun menggunakan stiker untuk mencetak nama-nama para tamu undangan, untuk meminimalisir kesalahan penulisan seperti gelar, dan sebagainya.

Kesimpulan

Jadi, apapun jenis undangan pernikahan yang kamu pilih, untuk memberitahukan hari bahagiamu pada orang tertentu. Pada dasarnya hanya satu. Agar mereka dapat ikut menyaksikan pesta perayaan dan acara khidmat yang diharapkan terjadi dalam sekali seumur hidup ini. 

Sebagai rekomendasi, kamu bisa baca model undangan pernikahan yang terlaris yang bisa kamu pilih, untuk bahan referensi dan bahan diskusi.

Jangan lirik kanan kiri perihal undangan pernikahan. Pastikan telah disepakati dengan kedua belah pihak. Baik tentang budget maupun keinginan dari pasangan maupun dari masing-masing keluarga. Supaya pemesanan undangan pernikahan bisa lebih mudah untuk dikoordinir.

Karena biasanya orangtua juga ingin mengirimkan undangan pernikahan kepada kolega terdekat atau sanak saudara. Sedangkan jenis undangan pernikahan antara anak dan orangtua berbeda. Maka hal ini perlu dibicarakan dengan baik ya.

Maunya pasangan, dan maunya orangtua bagaimana. Lalu tulis nama-nama yang akan diundang siapa saja.

Semoga yang tengah mempersiapkan pernikahannya, bisa berjalan dengan lancar tanpa ada halangan apapun sampai hari H, ya.

Semoga informasi yang saya bagikan ini bermanfaat. Jangan lupa untuk tinggalkan komentar kamu di kolom yang telah disediakan, ya

4 komentar

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^
  1. Bagi yang menikah di era digital sekarang cukup beruntung ya karena bisa sebar undangan via digital atau internet. Tapi tetap aja sih butuh undangan fisik atau cetak untuk yang ngga aktif di internet. Betul, informasi di undangan pernikahan ngga boleh main-main. apalagi nama mempelai dan keluarga, alamat, tanggal dan jam menikah

    BalasHapus
  2. Kalau buat orang tua biasanya mereka masih minta undangan fisik. Kalau teman-teman sebaya sih lebih enak karena bisa pakai undangan digital, seperti yang dilakukan adikku tahun lalu. Buat teman-temannya semua pakai undangan digital vie sebuah website. Sedangkan undangan untuk teman-teman ibu dan bapak masih pakai undangan fisik.

    BalasHapus
  3. undangan ini bagian paling penting sih saat rencana pernikahan, bisa bikin pening juga nih ngurusnya hihih
    sekarang udah banyak banget ya model undangan pernikahan, ada yang digital juga jadi serba praktis.
    waktu saya dulu cuma (2014) cuma ngandelin undangan fisik sih, itu juga modelannya simple hihih, padahal sebenarnya waktu itu udah mulai ada undangan digital juga sih :D

    BalasHapus
  4. Pas banget artikelnya, Ma..
    Aku kemarin juga abis punya 'gawe' yakni pernikahan masku yang ketiga.
    Alhamdulillah semuanya lancar dan undangan pernikahan masa kini keren sekali. Meski modelnya sederhana, tapi ada fitur scan barcode sehingga memudahkan yang ingin datang karena uda dipandu sama gmaps.

    BalasHapus

Chingudeul