Review

Mengenal Lebih Dekat Sosok Muna Sungkar, Seorang Mom Traveler yang Ramah dan Kalem

17.56.00



Siapa sih yang tak mengenal Muna Sungkar? seorangTravel Blogger yang sudah banyak menjejakkan kakinya diberbagai sudut wilayah negeri ini dan beberapa Negara di pulau tetangga, seperta Malaysia. Tak hanya itu mama dari Nadia ini juga seorang wanita blasteran asal Aceh dan Arab. Nha, kalau di desa saya dinamakan “Iyek” iya, mereka adalah sebutan untuk orang-orang yang memiliki keturunan langsung dengan orang Arab yang memiliki hidung mancung, seperti mbak Muna Sungkar ini. Hehehe



Ketika melihat pertama kali sosok perempuan yang ternyata bernama Muna Sungkar lewat Instagram miliknya, membuat saya semakin penasaran, Mbak Muna Sungkar ini cantik banget yah. Hidungnya mancung, pembawaannya kalem, tenang, dan memang rendah hati dianya yah. Hehehe. Pantas saja mahasiswa yang diajarnya di Universites tempatnya bekerja, sangat mengidolakan dosen mereka yang satu ini. Saya pun yang juga bukan mahasiswanya turut mengidolakan mbak cantik ini, hehehe.

Kalau mungkin dari kalian belum mengenal Mbak Muna Sungkar. Kalian bisa melihat dan berkunjung ke rumah mayanya di Momtraveler Nha, di sana kalian akan mendapatkan banyak cerita perjalanan Muna Sungkar selama traveling ke berbagai tempat, dan tak lupa pula kuliner yang khas di tempat tersebut.  Selain itu, kalian juga akan mendapatkan beberapa coretan hati si Emak Muna Sungkar ini, dan masih banyak lagi. Nih, saya kasi lihat cuplikan websitenya Mbak Muna Sungkar ya… Kece badai kan, sama tema blognya, hijau dan putih, serta beberapa ornament yang kaitannya dengan Jalan-jalan. Hehehe.



Tibalah saatnya di pertengahan perbincangan kita. Kali ini, saya special akan membahas sedikit tentang sosok Muna Sungkar, seorang Mom Traveler yang mungkin dari kalian baru mendengar namanya, hehehe. Check it out, gaes…

1. Meski memiliki hobi traveling, Muna Sungkar tak segan-segan mengajak serta putri kecilnya tercinta yang juga cantik dan anggun layaknya mamanya.


Mungkin selama ini kita tahu jika orang yang memiliki hobi traveling, jarang sekali yang membawa serta buah hatinya yang memang masih kecil atau dirasa khawatir ketika mengajak putra-putrinya. Tapi dibalik itu, kita tak tahu jika anak itu pun kadangkala jauh memiliki semangat yang lebih besar untuk bisa sampai di tempat tujuan. Hal itupun berlaku untuk Nadia, putri dari Muna sungkar.

Sumber dari Momtraveler.com


Sumber dari Momtraveler.com


Gadis kecilnya bernama Nadia ini ternyata memiliki semangat yang lebih membara tanpa pernah diduga sebelumnya oleh Muna Sungkar. Bayangkan, ketika di umurnya yang 4 tahunan, Muna Sungkar membawa Nadia mendaki gunung si kunir, yang akhirnya bisa ditempuhnya hingga menuju puncak. Suhbanallah.

Pernah suatu hari, Muna Sungkar juga menuliskan kisah tentang putri kecilnya ini di blognya. Kiranya seperti ini cuplikan isi hati Mom Traveler ini.

Dari tubuh mungilnya aku belajar untuk tidak pernah menilai manusia hanya dari tampak luar. Pejuang kecilku yang bwgitu kuat bahkan semenjak jabang bayi. Ketika akku masih dipenuhi ragu akan kemampuanku menjagamu, tak pernah sedikitpun kau meragukanku. Ketika aku harus membawamu naik turun bis, masuk keluar kelas, bahkan tenggelam dalam tugas kulliah yang tak berkesudahan hingga seringkali aku melupakan hakmu, tak pernah sedikitpun engkau mengecewakanku.

Begitulah sedikit uraian isi hati Mom Traveler yang sangat menyayangi putrinya – Nadia – sang petualang kecilnya.

2. Hobi Traveling karena sejak kecil terbiasa hidup dari satu tempat ke tempat yang lain.


Traveling memang menjadi sebuah kegiatan yang memang sekarang lebih banyak marak daripada sebelumnya. Mungkin juga karena sebuah tayangan televise yang mengajak seluruh orang untuk banyak mengeksplore tempat-tempat yang jarang dikunjungi dari Indonesia ini. Sehingga, banyak sekali kan anak muda mudi yang juga hobi sekali traveling.

Sumber dari Momtraveler.com


Hal itu beda lagi dengan Muna Sungkar. Sejak kecil dia memang terbiasa hidup nomaden. Jadinya berpindah-pindah tempat dikarenakan ayahnya tugas di berbagai tempat tersebut. Hal itulah yang dirasa Muna sungkar menjadi sebuah titik mula ia memiliki hobi traveling.

3. Dosen yang sangat diidolakan mahasiswanya, yang juga suka heboh sendiri ketika kurang piknik.


Siapa kira kalau Mbak Muna Sungkar ini juga bekerja sebagai dosen di sebuah Universitas di kota Semarang. Lebih tepatnya di Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA), Semarang. Mengajar di Fakultas Komunikasi dan Bahasa. Selama mengajar, dia menjadi dosen idola dari mahasiswanya. Dosen cantik ini pun tak segan-segan pula mengajak mereka untuk belajar outdoor seperti  di Museum Lawang Sewu, dengan membuat sebuah Travel Writing.

Sumber dari Momtraveler.com


Kecintaannya di dunia Traveling juga mengajarkan Muna Sungkar untuk tetap berbagi cerita setelah melakukan perjalanan kepada mahasiswanya. Dia dengan senang hati memberikan tips-tips perjalanan tersebut kepada mereka. Dan bisa dipastikan kalau Muna Sungkar sudah uring-uringan dan heboh sendiri, mahasiswanya udah peka, jika ia perlu piknik. Yah, sekali lagi saya tekankan, PIKNIK. Hehehe


Tips mengajar ala Muna Sungkar yaitu :

“Berusaha membumi. Karena anak-anak sekarang tidak bisa main  dikerasin. Seperti zaman-zaman dahulu. Harus dirangkul, didiketin. Jadi mereka merasa nyaman begitu. Kalau kelasnya ga kaku, materi kan juga tersampaikan dengan baik” Ungkapnya beberapa hari yang lalu.


Pantas saja banyak sekali mahasiswanya yang senang banget diajar Mom Traveler ini. Hehehe…

4. Seorang Travel Blogger yang sudah menerbitkan  buku beserta antologi tentang Traveling yang sangat mencintai Kopi dan Seafood.


Tahukah kalian, jika Muna sungkar ini adalah seorang Travel Blogger yang sudah menerbitkan bukunya sendiri lo gaes. Buku tersebut berjudul “Jelajah Ujung Barat Indonesia: Banda Aceh – Sabang” yang telah diterbitkannya pada akhir tahun kemarin. Sedangkan bukunya yang lain yang merupakan buku antologi yang digagas bersama dua blogger lain yaitu Mbak Fenny Ferawati dan Mbak Ika Koentjoro berjudul “3 Emak Gaul Lagi Keliling Kota”.

Sumber dari Momtraveler.com



Menurutnya, sebuah kebanggan sekali ketika menjadi Mom Traveler karena bisa menerbitkan buku yang se-passion dengan hobinya. Bayangkan jika Mbak Muna Sungkar menjadi bagian structural di kampus tempatnya mengajar. Mungkin bukunya tersebut belum terbit saat ini. Tapi Alhamdulillah, Mbak Muna Sungkar tak mau terlibat menjadi bagian struktural di kampusnya, “karena nggak bisa traveling, ga bisa seenaknya, dan tanggung jawab besar,” ujarnya.

Oh iya, FYI meski hobi traveling ke berbagai tempat. Mbak Muna Sungkar ini pecinta kopi lho. Dia juga penggemar makanan yang jenisnya berupa seafood. Selain itu, back to topic, tujuan mulia mbak Muna Sungkar dalam traveling itu sendiri ada pesan tersendiri lho, sejenis quote, seperti inilah bunyinya :


“Kalau aku traveling itu bukan Cuma gaya-gayaan atau sekadar pengen update sosmed dengan foto-foto selfie. Tapi ambillah pelajaran dari setiap perjalanan kita. Jadikan perjalanan kita itu gudang ilmu yang makin mendekatkan kita kepada allah. Dan penting juga menghargai alam. Seneng-seneng jalan-jalan itu hak semua orang. Tapi alam juga punya hak untuk dijaga dan dilindungi. Semakin banyak kita traveling, harusnya MAKIN PEKA SAMA LINGKUNGAN,” tuturnya.


Pantas saja, melihat di kaun Instagramnya, ia tak banyak share photo-photo selfie ketika pergi ke sebuah tempat wisata. Applause berkali-kali untuk Mbak Muna Sungkar. Petuahnya nge-jleb banget. Hal ini sebuah kode keras untuk bisa memiliki buku terbitannya. Sukses terus Mbak Muna.

5. Travel Mate bersama keluarga tercinta dengan Predikat 5 In 1


Hobi travelingnya Mbak Muna Sungkar ini didukung sepenuhnya oleh sumi tercinta. Lantas, tiap kali ia berpergian baik itu sebulan sekali ke wisata yang dekat dengan rumahnya, atau wisata tahunan yang dilaksanakan di Negara tetangga, Muna Sungkar selalu bepergian bersama keluarga kecil tercintanya, yaitu Suami dan Putri cantiknya, Nadia.

Sumber dari Momtraveler.com

Selama menekuni hobinya tersebut, Muna Sungkar mengabaikan mereka yang suka nyinyir dengan aktivitasnya. Karena menurutnya, selama happy, anaknya juga happy, kenapa harus dengerin orang lain, so,  dia tetap easy going jika ada yang nyeletuk semacam nyinyir kepadanya.

Mengapa saya menyebutkan predikat 6 in 1 ?

Karena, selain menjabat sebagai seorang Ibu rumah Tangga(1), dia juga seorang dosen (2), Traveler (3), Blogger (4) dan juga Writer (5). Dan yang satunya lagi Dreamer (6). Muna Sungkar ini juga terkenal dengan sebutan pemimpi akut dengan slogannya “Dream as high as you can, and reach our dream even higher,”. Applause sekali lagi untuk mbak Muna sungkar. Hehehe

6. Hobi Keluyuran tak membuatnya lupa dengan kecintaannya kepada dunia hewan.


Mungkin dari kalian masih ada yang belum tahu, jika Mbak Muna Sungkar ini memiliki anak lanang yang bernama Moezza. Dia ganteng sekali, teman-teman. Matanya bundar, hidungnya mancung, menurut saya. Ahh dia cakep sekali. Berikut saya kasih tau si Moezza ya….


Diambil dari Blog resmi Mom Traveler

Diambil dari Blog resmi Mom Traveler
Diambil dari Blog resmi Mom Traveler


Menurutnya, seorang yang mendedikasikan diri menjadi Travel blogger kadang tak sempat jika harus mengurus seekor hewan peliharaan. Tapi, ia tetap tidak bisa menghapuskan kecintaannya kepada dunia hewan. Dan hal itu jatuh kepada seekor kucing jantan yang diberinya nama Moezza. Lantas, dia sering upload photo anak lanangnnya tersebut di social media miliknya. Dan ternyata, kecintaan kepada dunia kucing ini pun menular kepada gadis kecilnya. Nadia pun ikut senang sekali dekat dengan Moezza. Seperti inilah kedekatan mereka.

Mesra banget kan mereka hhee

7. Rahasia cantik ala Mbak Muna Sungkar Yang hemat Biaya dan Pastinya sangat terjangkau.


Tak bisa dipungkiri, sebagai seorang perempuan saya juga mengakui kecantikan yang dimiliki oleh Mbak Muna Sungkar. Wajahnya begitu tenang sekali dan tampak bersinar tiap kali di tersenyum. Teduh sekali ketika melihat poto-photonya. Subhanallah…..

Apakah kalian tahu, jika jurus jitu yang menyebabkan Mbak Muna Sungkar yang masih memiliki hubungan darah dekat dengan Rifat Sungkar ini untuk kecantikannya adalah dengan melaksanakan Shalat Dhuha. Yah iya shalat Dhuha. Subhanallah… mungkinkah dengan siraman air wudhu dan melaksanakan sholat Dhuha itulah yang membuat wajah mbak Muna Sungkar tampak awet muda, berseri-seri, dan juga rezeki pun lancar. Karena faidah ydari sholat dhuha yaitu dapat memperlancar pintu rezeki. Hehehe. Perlu ditiru ini, teman-teman. Hehehe…

Sumber dari Momtraveler.com


Mungkin hanya sebatas itu dulu artikel saya tentang Mbak Muna Sungkar. Kiranya ada yang mau nambahin di kolom komentar. Saran saya terima dan tampung.

Semoga, apapun tentang diri Mbak Muna sungkar ini bisa kita ambil pelajaran dan juga semangat kita untuk terus belajar dan belajar. Dan juga berani bermimpi, selagi kita bisa memandang, pandangilah. Dan selagi kita bisa melihat, amatilah. “Dream as high as you can, even higher”

Salam sukses selalu untuk Mbak Muna sungkar ^_^

Mbak Muna Sungkar bisa dihubungi via Twitter : @Mom_Traveler 
Facebook : Muna Sungkar
Instagram : @Momtraveler


Jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya gaes….

You Might Also Like

19 komentar

  1. hai salam kenal dr sesama arisan link kelmpk 3 :))
    Iya, mba Muna kereeen, aku yg jg bukan mahasiswany pngn pnya dosen ky mba Muna hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga mbak Muthi. .. ^_^
      Kalau nggak ada arisan link BP ini, ga bia kenalan sama mbak Muna, nih hhee

      Hapus
  2. Wah iya sudah baca bukunya Mbak Muna bareng dua temannya "3 Emak Gaul Keliling 3 Kota" mengingakan bahwa museum itu bukanlah tempat yang membosankan tapi sangat asyik buat dikunjungi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kyaa…. Aku belum baca bukunya mbak Muna sama sekali…
      Mewek Bombay :3

      Hapus
  3. Alhamdulilah udah pernah ketemu sama Mba Muna.
    Beliau pintar, terlihatdari caranya berbicara di depan forum.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kyahh… mbak.e seneng banget udah pernah ketemu mbak Muna..
      Akunya kapan :3
      Salut juga sama mbak Muna, aku, mbak :D

      Hapus
  4. Alhamdhulilah ada yg ngebahas anak lanangku..seneng bgt deh liat foto2 muezza. Makasih ya mbak..reviewnya super duper kereenn...
    Doakan selalu istiqamah shalat dhuha trs dan malin sering jalan2 n semangat nulis :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hhhee iya mbak, aku tertarik banget sama Muezza, gemes lho liatnya, apa lagi kalau diberi kesempatan ketemu, hhaa
      Sama-sama mbak Muna :D
      Amin Ya Rabbal Alamiin… ^_^

      Hapus
  5. Reviewnya super duper lengkapp pake banget...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheee, makasih banyak mbak Witrii… :D

      Hapus
  6. Lengkap banget tulisanmu...hebat. aku jadi tau bahwa muna seorang penyayang kucing

    BalasHapus
  7. Wah mbak muna banyak fansnya ya, diriku mulai ngefans juga nih hehe

    BalasHapus
  8. kucing... nadiah bobonya gemesin

    BalasHapus
  9. Iri banget deh .... Pingin juga jadi momtraveler. Rahasianya keren .... Sholat Dhuha. :D

    BalasHapus
  10. Aku sengaja nggak mau lihat foto kucing, malah dipamerin sama Rohma, aaaakkkkkk

    Iyaaa, Muna emang keren sangat, dosen idola dan gaul ya :D

    BalasHapus
  11. Wah ... rahasia cantiknya shalat Dhuha. Keren.

    BalasHapus
  12. Lengkap mbak,
    oiy . ssalam kenal yaa mbak

    BalasHapus
  13. Bkn gaya2 an tp kudu ambil pelajaran ttg alam

    BalasHapus
  14. mba MUna pasti sudah banyak belajar dari alam ya
    ilmu yang ga bakal ada habisnya (rindu suasan alam yang indah)
    nie tulisannya

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...