‎ ‎

5 Cara Memilih Software HR Terbaik di Indonesia untuk Perusahaan




Apakah anda seorang HRD yang memerlukan sebuah sistem bekerja yang handal untuk mengelola bisnis perusahaan sendiri atau di tempat anda bekerja saat ini? Jika ya, pastilah pekerjaan anda sungguh tidaklah mudah. Selain bertugas mengelola karyawan, anda juga harus menyelesaikan komponen penghitungan gaji karyawan secara tepat waktu dan akurat. Melakukan segala sesuatunya secara manual akan banyak makan waktu, rumit dan terkadang bisa membuat anda menjadi sangat tidak teliti atau human error.

Saat ini developer aplikasi banyak sekali memberikan produk software HR berbayar bahkan gratis dan berbayar maupun yang terbaik sampai yang biasa saja. Jangan terlalu terburu-buru untuk membeli sebuah software HR yang terkadang tidak sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik pekerjaan anda. Bahkan, aplikasinya tidak memberikan fasilitas yang lengkap. Sebelum menentukan HR software mana yang dapat dijadikan pilihan anda, berikut referensi 5 cara memilih software HR terbaik di Indonesia untuk perusahaan anda berdasarkan fungsinya;

Kebutuhan Perusahaan

Satu hal yang paling utama memilih software HR adalah menentukan kebutuhan HR apa yang sedang dibutuhkan perusahaan anda. Software HR itu sendiri diharapkan dapat memberi solusi pada permasalahan karyawan maupun pembayaran gajih karyawan di perusahaan anda secara lengkap. Ada beberapa jenis software HR yang tersedia sesuai dengan fungsinya. Jenis tersebut yaitu Human Resources Information (HRI), Human Resources Management (HRM), Human Capital Management (HCM), Applicant Tracking Systems (ATS), atau Payroll Software. Jadi, jenis software mana yang sesuai kebutuhan anda?

Uji Coba Trial

Setelah anda menentukan tujuan utama kebutuhan software HR, saatnya anda menjelajah ke berbagai macam produk software HR terbaik di Indonesia. Software HR terbaik pastinya akan memberikan fitur lengkap dan mudah dioperasikan. Beberapa software HR akan memberikan kesempatan gratis atau free trial bagi penggunanya untuk mencoba sistem software yang ditawarkan. Manfaat masa trial ini untuk melakukan pencocokan dan perhitungan data. Anda dapat membandingkan pekerjaan manual anda dengan pekerjaan software. Selain itu, pertimbangan anda dapat diyakinkan dengan tepat atau tidaknya software tersebut dengan kebutuhan pekerjaan HR anda di perusahaan. Hal ini dilakukan selain melihat kelengkapan fitur-fitur software, anda juga akan dapat melihat keakurasian software itu sendiri. Namun, anda harus ingat bahwa software HR merupakan sebuah sistem komputer. Ini artinya, anda harus berhati-hati saat menginput data agar tidak terjadi kesalahan data di sistem.

User Friendly

Istilah user friendly artinya sistem pada siftware HR pilihan anda bersifat mudah digunakan dan dipahami oleh penggunanya. Tidak dibutuhkan terlalu lama untuk mempelajari pengoperasian software HR tersebut sehingga mempermudah pekerjaan anda. Hal ini sangat penting karena terlalu lama anda menghabiskan waktu mengoperasikan sistem software HR maka semakin rumit pekerjaan yang akan anda lakukan nantinya.



Fleksibel

Diperlukan software HR fleksibel dalam setiap pekerjaan adalah suatu kewajiban. Mengapa begitu? Ada beberapa perubahan yang tidak terduga dapat terjadi dalam perusahaan anda yang membuat anda harus memulai pekerjaan dari awal kembali. Software HR terbaik anda cukup profesional, dimana anda dapat langsung menyesuaikan perubahan tersebut tanpa makan waktu yang lama.

Integrasi Fitur-Fitur

Setelah anda sudah mendalami proses pengoperasian software HR, anda perlu memperhatikan bagaimana fitur tersebut dapat berintegrasi antar satu fitur dengan yang lain. Pastikan bahwa, steiap fitur selalu update otomatis di setiap kesempatan penginputan atau perubahan data. Pengecekan ini perlu dilakukan agar dapat mengetahui software bekerja sesuai sistem sehingga tidak penyajian akhir dapat siap pakai.

Itulah 5 cara memilih software HR terbaik di Indonesia untuk perusahaan yang dapat menjadi referensi anda saat ini. Anda harus memastikan dengan baik pilihan software HR sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau pekerjaan anda. LinovHR merupakan Rekomendasi Software HR Terbaik yang patut anda coba saat ini. Yuk Coba LinovHR

Semoga artikel ini bisa bermanfaat, dan jangan lupa, feel free to drop your comments ya .

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Chingudeul