Minggu, 06 November 2022

Review Buku “Dongeng Indah Untuk Anak”

Review Buku Dongeng Indah Untuk Anak


Bismillaahirrohmaanirrohim

Halo sobats,,,

Setuju nggak, kalau mengenalkan anak membaca perlu dilakukan sejak dini? Kalau aku sih setuju banget. Sekalipun belum bisa dipraktekkan secara langsung karena masih menjadi pejuang garis dua merah. Meski begitu, tidak ada salahnya juga untuk memperbanyak ilmu pengetahuan dalam mempersiapkan diri menjadi orangtua nantinya. 


Mengenalkan berbeda dengan mengajarkan, bukan?. Jika mengenalkan, anak dikasih tahu lebih dahulu suatu barang tertentu secara berkesinambungan agar mendapat manfaat secara tidak langsung. Sedangkan mengajarkan, sama halnya membantu anak untuk dapat mengenal suatu barang tertentu. Kira-kira seperti itu.


Nah, jika orangtua ingin anak menjadi dekat dengan buku, maka hal yang perlu dilakukan dengan mengenalkannya terlebih dahulu kepada mereka sejak dini dengan melibatkan buku dalam setiap aktivitas. Bukan hanya mengenalkan, namun juga memberikan contoh bahwa orangtua juga peduli terhadap buku. Dengan begitu, mudah untuknya dapat dengan dekat mencintai kegiatan membaca buku. 


Karena, manfaat membaca buku itu banyak sekali, seperti: melatih konsentrasi anak, mampu meningkatkan kemampuan berpikir anak, menambah keterampilan berbahasa, mengenal dan belajar nilai-nilai social, hingga mampu membantu meraih kesuksesan akademik anak. 


Namun, apabila anak masih kecil tidak ada salahnya dengan mengenalkan mereka dengan kegiatan membaca buku, salah satunya dengan membacakan sebuah buku dongeng. Karena, memperdengarkan bacaan berupa dongeng kepada anak juga memiliki banyak manfaat yang tidak kalah menarik lagi loh, sobats. Seperti :


1. Memperbanyak kosa kata anak

2. Membiasakan budaya membaca pada anak

3. Meningkatkan kecerdasan anak

4. Membantu mengolah emosi

5. Mengemangkan kemampuan visualisasi anak

6. Membantu proses berbicara anak

7. Mengetahui dan melatih etika dan empati

dan masih banyak lagi


Dengan pembiasaan kegiatan positif yang berulang, tanpa paksaan anak bisa mencintai kegiatan membaca buku dan suka dengan buku yang akan sangat berguna untuk bekal masa depan mereka. 


Untuk membiasakan atau mengenalkan anak lebih dekat dengan buku dan kegiatan membaca, berikut ini aku juga ingin mengulas sebuah buku dongeng anak-anak yang tentunya di dalamnya memiliki cerita dengan pesan dan pembelajarannya masing-masing. Buku ini aku dapatkan dari penulis, sekaligus blogger nasional Bernama Pak Ali Muakhir. Judul bukunya adalah “Dongeng Indah Untuk Anak”. Seperti apa ya isi buku di dalamnya? Simak ulasan berikut ini ya, sobats.


Review Buku Dongeng Indah Untuk Anak oleh Eka Wardana dan Tim


Halaman Depan Buku Dongeng Indah Untuk Anak

 

Judul : Dongeng Indah Untuk Anak

Penulis : Eka Wardana dan Tim

Penerbit : Fathan Perima Media

Cetakan : Pertama, Juli 2013

Ukuran : 20,5 x 28,6 cm

Tebal : iv + 108 halaman

ISBN : 978-979-055-432-2

Harga : -




Dalam buku Dongeng Indah Untuk Anak ini, penulis menyajikan 6 judul cerita yang dapat menjadi sarana orangtua bercerita kepada anak. 


Pada cerita pertama dengan judul Kisah Dua Pohon Mangga ini dikisahkan tentang dua pohon mangga yang saling memperebutkan untuk menjadi pohon mangga yang terhebat. Perseteruan ini terjadi antara Pohon Mangga Cengkir yang buahnya besar-besar dan memiliki batang yang tinggi besar, namun masam [Hal 5], dan Pohon Mangga Gedong yang memiliki buah yang manis [Hal. 6].


Namun, perseteruan mereka dilerai oleh seekor burung pipit kecil yang menjelaskan bahwa tidak ada gunanya mereka bertengkar karena ingin mendapatkan julukan sebagai pohon mangga yang hebat [Hal. 13]. Sebab, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan, sehingga tidak ada yang lebih hebat di antara mereka. Hingga akhirnya kedua pohon tersebut paham, dan menemukan solusi yang tepat mengenai pohon mangga yang hebat seperti apa [Hal. 17]


“Waduh, padahal menyombongkan diri itu kan, tidak baik. Jangan ditiru, ya!” – Halaman 6


Sehelai Daun Bintang adalah cerita kedua yang mana di dalamnya terdapat kisah seorang anak laki-laki, bernama Rafi yang bertemu seorang Peter Pan dalam mimpinya [Hal. 34]. Dalam mimpinya, Rafi berada di sebuah tempat dengan warna yang tidak biasa, seperti pohon-pohon berdaun biru dan ungu, tanah berwarna jingga [Hal. 21].


Ketika Rafi sangat ketakutan, dia bertemu dengan Peter Pan dan menanyakan apakah Rafi tersesat? Rafi yang mendapati sosok di depannya bernama Peter Pan tersebut merasa tidak asing dengan nama itu. Karena dia menyampaikan selamat datang di pulau mimpi [Hal. 22]


Setelah bercerita banyak hal, kemudian Peter Pan menanyakan tentang seseorang yang hebat karena orang-orang tidak bosan menyebut namanya dengan sebutan Allah. Tanyanya pada Rafi [Hal. 25]. Mendengar hal itu, Rafi menjelaskan bahwa Allah adalah yang menciptakan semuanya. Semua makhluk yang ada di langit dan di bumi [Hal. 26].


“….. Allah itu satu. Hanya satu, Peter. Allah tidak kejam. Allah sangat penyayang, baik, dan kepada-Nya kita meminta tolong,” – Halaman 28


Hingga akhirnya Rafi terbangun dari tidurnya karena deringan di dekat telingannya. Ketika dia bangun, dia pun berdoa sembari memanjatkan salahsatu pertanyaan yang Peter Pan ajukan ketika bertemu Allah nanti. Apa ya kira-kira pertanyaan Peter Pan tersebut?

Masih ada 4 cerita seru lagi yang bisa menjadi sarana bercerita kepada anak dengan judul seperti: Nyanyian Indah untuk Putriku, Pangeran Kecil Bunda, Ratu Penyayang, dan Saat Bunga Menolong Embun.

 

Semoga sedikit ulasan yang aku bagikan kali ini bermanfaat ya, sobats. Terima kasih sudah membaca dan berkunjung di artikel ini. Sampai jumpa pada artikel berikutnya. Jangan lupa tinggalkan komentar kamu, feel free to drop your comments oke.

 

~blessed

Khoirur Rohmah


2 komentar:

  1. save ah, salah satu buku bacaan yang akan ane bacakan jika tuhan memberikan kami anak yang soleh and soleha

    BalasHapus
  2. Dongeng, kebiasaan zaman dulu yang sekarang ditinggalkan padahal banyak banget manfaat membaca dongeng untuk anak. Bisa membantu mereka mengembangkan kemampuan berbicara selain membantu mereka untuk tidur. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...