Review Bali Ratih Body Scrubs – Nikmati Galeri 100% Produk Kreatif Asli Indonesia di Blibli.com

Desember 27, 2016





Bismillaahirrohmaanirrohim…

Ekonomi Kreatif adalah kegiatan ekonomi berdasarkan pada kreativitas, keterampilan, dan bakat individu untuk menciptakan daya kreasi dan daya cipta individu yang bernilai ekonomis dan berpengaruh pada kesejahteraan masyarakat (Inpres No. 6 Tahun 2009)


Pertumbuhan ekonomi nasional yang saat ini masih belum stabil dari kuartal I yang mencapai 4,92%, kuartal II mencapai 5,18%, serta kuartal III yang tumbuh sebesar 5,02% jauh lebih menurun 0,3 persen, serta di kuartal IV kali ini diharapkan bisa meningkat hingga mencapai 5%. [1]

Ada beberapa hal yang mempengaruhi adanya ketidakstabilan Pertumbuhan Ekonomi RI tersebut. Yakni faktor domestik yang berasal dari dalam negeri, juga karena faktor eksternal.  Salahsatu faktor domestik yang menyebabkan peningkatan Ekonomi per kuartal di antaranya karena adanya peningkatan jumlah wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia, serta tingkat konsumsi kebutuhan rumah tangga. Sedangkan salahsatu faktor penyebab penurunan pertumbuhan ekonomi per kuartal juga dikarenakan akan lemahnya permintaan global, sedangkan volume impor lebih tinggi daripada volume ekspornya.[2]

Berkaitan dengan realita perekonomian nasional RI tersebut, saya ingin membahas hal-hal yang berkesinambungan untuk bisa mempengaruhi serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Salahsatunya dengan adanya pengembangan ekonomi kreatif yang memiliki daya saing serta mampu mengatasi tantangan perekonomian nasional.

Dukungan dari pemerintah akan Ekonomi Kreatif pun pernah digulirkan oleh Bpk. Presiden Joko Widodo. Bahwasanya “Ekonomi Kreatif harus menjadi tulang punggung Indonesia”.[3]

Penandatanganan oleh Presiden Bpk. Joko Widodo

Hal itu berarti jika Ekonomi Kreatif amat sangat membantu meningkatkan perekonomian negara. Dan kita, sebagai warga negara Indonesia juga bisa berpartisipasi dalam menggerakkan roda perputaran perekonomian negara ini. Salahsatunya dengan menggunakan atau pun menciptakan “100% Produk Kreatif Asli Indonesia”. 

Peran Stakeholder antara satu dengan yang lainnya


Namun demikian, pergerakan Ekonomi Kreatif tersebut tidak bisa berjalan dengan baik tanpa adanya dukungan dari beberapa pihak. Di antara peran stakeholder tersebut adalah sebagai berikut:

1. Pemerintah

Seperti yang sudah saya singgung di atas, jika ekonomi kreatif tidak bisa berjalan dengan baik tanpa adanya dukungan dari tingkat tertinggi yakni pemerintah. Akan tetapi, kepala negara Indonesia sudah menyetujui dan mendukung penuh akan hal tersebut.

Tugas pemerintah di sini mencakup tentang hal-hal yang berkaitan dengan regulasi, juga insentif, dukungan, serta kemudahan. Seperti contoh, membuat pelatihan-pelatihan mengenai industri kreatif kecil ataupun sederhana.

2. Intelektual

Peran seorang Intelektual di sini adalah sebagai salahsatu pencipta atau pengembang SDM yang mampu memberikan pengetahuan, pengembang pemanfaatan serta memberi apresiasi terhadap kreatifitas dari SDM yang nantinya bisa menciptakan ide bisnis sesuai dengan arahan yang telah diberikan oleh intelektual.

3. Pelaku Bisnis Ekonomi Kreatif

Pelaku bisnis merupakan peran sentral yang mampu menggerakkan roda ekonomi kreatif yang mempunyai ide kreatif sesuai daya kreasi dan daya cipta personal yang dapat memberi nilai ekonomis. Karena, selaku Pelaku Bisnis, mereka dituntut untuk  bisa mengembangkan industri, melakukan penelitian dan pengembangan, menciptakan pasar, barang, ataupun jasa kreatif yang dapat memberikan peluang akan terciptanyan lowongan pekerjaan. Tak hanya itu, mereka juga bisa membentuk sebuah komunitas dan wirausaha kreatif, yang nantinya pasti amat memberikan manfaat pula bagi orang-orang di sekitarnya. Apalagi untuk kesejahteraan masyarakat.

4. Masyarakat

Salahsatu tokoh yang juga menjadi sosok sentral dalam roda perekonomian negara juga berasal dari adanya dukungan masyarakat. Kenapa demikian? Karena, seperti yang saya singgung di baris atas jika konsumsi kebutuhan rumah tangga juga mempengaruhi peningkatan ekonomi nasional RI. Seperti di Kuartal III yang mana mengalami peningkatan dalam kurun waktu bulan Juli-September dikarenakan kebutuhan konsumsi dari masyarakat yang meningkat, apalagi menjelang bulan suci Ramadhan.[4]

Selain daripada itu, peran masyarakat begitu penting dan amat mendukung untuk ekonomi kreatif di Indonesia. Salahsatunya dengan mengkonsumsi Produk Kreatif 100%Asli Indonesia.

“Cintailah produk-produk, Indonesia,”

Kalian pernah dengar, nggak, slogan iklan di tipi di atas? Nah, hal itu merupakan peran serta tugas utama sebagai warga masyarakat yang baik. Dengan mencintai, membeli, maupun menghargai setiap apa Produk Kreatif 100% Asli Indonesia yang Mendunia. Seperti halnya mengkonsumsi atau membeli produk-produk buatan dalam negeri daripada produk ekspor.

5. Wadah Penyalur Ekonomi Kreatif

Di samping 4 figur stakeholder di atas, ada 1 peran lagi yang ikut membantu terciptanya ekonomi kreatif yang berbasis pada 100% Produk Kreatif Asli Indonesia, dengan adanya Wadah Penyalur Ekonomi Kreatif. Nah, tugas mereka di sini sebagai wadah untuk berbagi pengetahuan, mengembangkan jaringan, tempat berekspresi juga termasuk wadah untu bereksplorasi.

Dan, salahsatu wadah yang merupakan pengembang ekonomi keatif di Indonesia yang kaya akan adat istiadat, budaya, maupun natural alamnya tersebut bisa ditemukan pada sebuah e-commerce atau toko online yang tentunya sudah amat sangat terkenal di telinga kalian. Sebut aja, toko online yang memiliki tagline BIG CHOICES, BIG DEALS. Dan siapa lagi kalau bukan Blibli.com

Emang siapa dia? Di sana ada apa?


Blibli.com merupakan salahsatu toko online yang hadir pada tahun 2011, anak perusahaan Djarum Group ini merupakan pionir online shopping mall di Indonesia. Hampir serupa dengan marketplace, hanya saja, penjual yang bisa berjualan di situsnya adalah beberapa merek ternama yang sudah terverifikasi secara ketat. Di Blibli.com kita bisa menemukan sensasi pengalaman berbelanja online yang fun dan simple. Tentunya, ada berbagai ragam produk yang ditawarkan, seperti: gadget, branded fashion, sports, elektronik, otomotif, dll.

Kanal terbaru di Blibli.com

Mengenai muncunya kanal terbaru di Blibli.com. Mungkin founder Blibli.com paham akan pertumbuhan ekonomi di tanah air, serta mendukung akan produk industri kreatif yang pernah dicanangkan oleh pemerintah. Sehingga, terciptalah sebuah kanal baru di laman Blibli.com berupa GALERI INDONESIA.

Apa aja sih isi-isi di dalamnya?


Nah... jika tak kenal, maka tak paham akan apa yang ada di dalamnya, bukan? Oleh sebab itu, saya akan coba jabarkan rangkaian produk apa saja yang ada pada kanal Galeri Indonesia  yang berisikan 100% Produk Kreatif Asli Indonesia sebagai berikut:

Galeri Indonesia

1. Galeri Batik Indonesia [Berisikan 1314 produk]*

Salahsatu produk di Galeri Batik

Pada galeri Batik Indonesia yang merupakan Produk Kreatif 100% Indonesia Yang Mendunia, sampai-sampai figur selebiri mancanegara juga ikut mengenakannya tersebut pada Blibli.com memiliki beragam pilihan. Seperti: Galeri aksesoris batik [78], galeri batik wanita [487], galeri batik pria [776] dengan berbagai keluaran dari brand ternama seperti Aitana, Alleira, Anakara, Arthesian Batik, dan masih banyak lagi.

2. Galeri Buku dan Musik  Indonesia [Berisikan 504 produk]

 
Produk Musik di Galeri Buku dan Musik Indonesia

Pada galeri ini, kamu yang pecinta literasi dan musik bisa menemukan produk kesukaan yang mungkin saja amat kamu butuhkan ataupun cari. Pilihan yang ada galeri ini berisikan Galeri Musik Indonesia [231], Galeri Mudik Indonesia [273] yang berasal dari beberapa brand ternama seperti: Cawang Art Radio, Guepedia, Kompas, juga Smesco.

3. Galeri Kriya Indonesia [Berisikan 1257 Produk]

Salahsatu Produk Galeri Kriya


Pada galeri ini, kita bisa menemukan aneka hasil kerajinan tangan seperti anyaman dan masih banyak lagi. Pilihan pada galeri ini di antaranya: Galeri Kriya ruang Kerja [717], Galeri Kriya Dapur dan Ruang Makan [304], Galeri Kriya Dekorasi Rumah [922]. Pada Galeri Kriya ini beberapa produk berasal dari brand seperti Asta Kriya, Bantal-bantal, Batik, geek, dan lain-lain.

4. Galeri Kuliner Lokal Indonesia [Berisikan 1703 Produk]

 
Produk kuliner di Galeri Kuliner Lokal Indonesia oleh Smesco

Karena Indonesia merupakan negara kepulauan, pastinya ada berbagai macam kuliner makanan yang tersebar di tiap-tiap daerah. Di galeri Indonesia Blibli.com ini, kita bisa menjumpai jenis kuliner makanan yang mungkin bisa membuat kalian tidak perlu repot lagi bingung mencarinya. Galeri Kuliner Lokal ini memiliki beberapa pilihan produk seperti halnya: Galeri minuman lokal Indonesia [992], Galeri makanan lokal Indonesia [302], Galeri cemilan lokal Indonesia [526], Galeri bumbu lokal Indonesia [314]. Beberapa brand yang mendukung di dalamnya seperti: Abc, AIM, Aneka Kripik, Arum Sari, dan tentunya masih banyak lagi.

5. Galeri Local Brands Indonesia [Berisikan 1029 Produk]

Salahsatu produk galeri lokal Indonesia

Pada galeri ini, kita bisa menjumpai aneka kebutuhan sandang sehari-hari, seperti pakaian. Pilihan produk pada galeri brand lokal ini terbagi menjadi beberap bagian,di antaranya. Galeri aksesoris local brands [644], Galeri pakaian local brands [158], Galeri pakaian local brands pri [226]. Produk-produk tersebut berasal dari beberapa brand, salahsatunya Akrilik AC, DAMN, Monstore, Smesco Trade, dan lain-lain.

6. Galeri Pakaian Muslim Indonesia [Berisikan 315 Produk]

Produk galeri pakaian muslim Indonesia oleh Jenahara

Kita tahu, di Indonesia ada banyak desainer muslim yang menelurkan karyanya dalam membuat pakaian. Di Galeri Indonesia Blibli.com ini, kita bisa menjumpai aneka pakaian muslim hasil rancangan mereka. Pilihan produk pada galeri ini di antaranya: Galeri pakaian muslim wanita [296], Galeri pakaian muslim pria [19]. Beberapa desainer yang memeriahkan galeri ini salahsatunya dari Zoya, Ria Miranda, Restu anggraini, KIA by Zaskia, Jenahara, dan masih banyak lagi loh.

7. Galeri Produk Kecantikan [Berisikan 1036 Produk]

Salahsatu Produk Galeri Kecantikan Indonesia

Kita sebagai perempuan Indonesia bisa memilih aneka produk kecantikan 100 Persen Produk Kreatif Asli Indonesia di sini. Seperti produk di Galeri perawatan tubuh [507], Galeri perawatan rambut [93], Galei perawatan wajah [107], Galeri make up [344]. Brand pengusung galeri ini di antaranya: Bali Ratih, Ayudya, Bali Alus, Botanica, dan lain-lain.

8. Galeri Tiket dan Travel Lokal Indonesia [ Berisikan 732 Produk]

Galeri Tiket dan Travel Indonesia

Kamu yang pecinta jalan-jalan ke berbagai penjuru dunia, kurang lengkap jika tidak menyusuri setiap keindahan negara ini. Nah, di Galeri Indonesia Blibli.com ini, kita bisa dengan mudah reservasi tiket dan travel untuk mengunjungi tiap-tiap titik wisata di Indonesia loh. Pada Galeri ini terdapat beberapa tiket untuk mengunjungi Galeri pertunjukan domestik Indonesia [21], dan Galeri wisata domestik Indonesia [689]. Perjalanan wisata tersebut mencakup wisata ke Alive Museum Ancol, Bali Bird Park, Bali Sea Walker, Arma Museum and Resort, dan tentunya masih ada banyak lagi tempat yang dikunjungi loh.

Dan pada Galeri Indonesia Blibli.com ini yang tentunya berbeda dari layanan toko online di Indonesia ini. Yaitu, adanya Galeri Workshop. Apa itu?

9. Galeri Workshop [Berisikan 21 Produk]

Galeri Workshop Indonesia

Ragam kegiatan pelatihan yang dapat kita pilih sesuai minat kita masing-masing untuk mempelajarinya. Hal itu amat sangat bermanfaat bagi kita loh gaes, karena dari adanya workshop tersebut, bisa menambah keterampilan kita nantinya, sehingga apabila ditekuni bisa membuka lapangan keja, bukan? Tak hanya itu, Galeri Workshop ini juga mampu menarik minat para wisatawan yang ingin mengenal aneka kreatifitas dari beberapa tempat yang diadakan workshop tersebut. Hehehheh.... pada Galeri Workshop Blibli.com ini masih terbatas pada dua lingkup yaitu Arma Museum and Resort [17] serta Creative [4]. Yah, semoga nantinya kian bertambah untuk workshop yang disediakan oleh Blibli.com pada Galeri Indonesia ini. Hehehe....

Banyak banget kan produk yang disediakan pada kanal Galeri Indonesia di Blibli.com nya, gaes?. Beberapa hari yang lalu saya juga telah mencoba membeli 100% Produk Kreatif Asli Indonesia dari Galeri Produk Kecantikan untuk perawatan tubuh. Yups. Apaan itu? Simak aja terus ya gaes. Hehehhee

Awalnya saya ingin membeli produk kuliner makanan berupa sambel roa dan Raozen Cakalang Rica-Rica. Karena apa, makanan tersebut amat menggugah selera saya ketika dipertontonkan di televisi, hohohoho [provokator]. Yah, mau bikin aja, emang ada tipsnya, etapi bahannya ada yang nggak ada di sini. Nggak taunya di Blibli.com ada. Gayung bersambut, bukan? Hehehhee...

Tapi, begitu saya pilih produk tertentu untuk kuliner makanannya, nggak taunya pada proses pembayarannya, biayanya bisa membengkak sampai kurang lebih 100.000 gaes. Padahal harga produknya aja kisaran 25.000 – 35.000,an aja. Huhuhu... nggak percaya? Iya, awalnya saya juga nggak percaya, terus saya perhatikan lagi detail transaksinya. Dan memang benar, Blibli.com menerapkan biaya ongkos kirim. Eits... jangan kaget terlebih dahulu sebelum kalian membaca penjelasan tersebut.

Karena memang Blibli.com ini adalah salahsatu toko online langganan yang sering saya kunjungi, sehingga jika ada perlu apa-apa, saya segera tanyakan kepada costomer service yang berkenan melayani selama 24 jam. Yups, itulah salahsatu kehebatan Blibli.com. hohoho...


Kalian tahu, kenapa Blibli.com menerapkan ongkos kirim pada produk tersebut yang saya pilih? Karena produk tersebut bisa mendapatkan “Free Ongkir” untuk wilayan tertentu saja – Jabodutabek. Yah, dari situ saya ingat, jika akan melanjutkan ke proses pembayarannya, di laman transaksi sudah diperlihatkan jika di sana terdapat peringatan “Kalau produk tersebut bisa free ongkir untuk wilayah tertentu”. Nah... kalau nggak tanya gini, nggak akan paham juga, kan sistemnya Blibli.com gimana? Hehehee...

Pas waktu masukin keranjang belanja

Tercantum ongkos kirimnya

Pindah beli produk lain
 
Dari situ saya bisa mengambil benang merah. Kenapa Blibli.com menerapkan ongkos kirim untuk produk kuliner pada wilayah tertentu? Karena, produk yang kita pilih termasuk produk yang berupa makanan, untuk konsumsi kebutuhan perut kita, yes. Hehehe... dikhawatirkan lagi, kan kalau pas lagi pengiriman itu, ada banyak kemungkinan yang membuat produk makanan yang kita pilih tersebut mengalami kerusakan karena kena banting, mungkin, dan semacamnya. So, antisipasi lebih utama ya gaes. Daripada kita gagal nikmatin makanannya. Berharap aja supaya nantinya Blibli.com bisa ada layanan free ongkir kuliner makanan selain wilayah jangkauan mereka, yah. Hhehehe... seperti pesan dari customer servicenya. “Jangan bosan membeli produk di Blibli.com ya mbak”, kia-kira begitu pesannya sang CS. Yoyoyoyo... saya nggak kapok, kok, min. Hehehe...

Dapatnya Bali Ratih Body Scrubs ini
Sehingga, barang tersebut saya ganti, dan membeli produk kecantikan berupa Traditional Bali Ratih Scrubs Lulur Olive. Langsung aja, saya akan sampaikan review saya tersebut ya gaes. Hehhee... nggak ding, saya jelaskan lagi, jika saat membeli produk ini, saya tidak dikenai ongkos kirim sama sekali. Dan saya juga telah memperhatikan lagi laman transaksinya, sehingga yakin bisa membawa pulang produk lulur untuk perawatan tubuh Bali Ratih, yang pernah saya cari di manakah bisa membeli secara online produk ini. Dan nggak nyangka bisa nemuin produk berharga 32.500 ini di Galeri Indonesia Blibli.com. huhu.... keren bukan hehehee. Langsung aja saya eksekusi tentunya. Kan penasaran banget sama Produk Kreatif 100% Indonesia Yang Mendunia ini, xoxoxoxo.

Review Bali Ratih Body Scrubs Lulur Olive


Bali Ratih Body Scrubs Lulur Olive

Ketika saya order produk ini, tepat di tengah malam gaes. Eh, ya gitu, pas ada kendala, tim CS amat membantu saya pas lagi ada kesulitan masalah transaksi. Nggak tidur tha, mereka ya? Hehehee... saya membeli produk ini pada tanggal 13 Desember 2016, dan ternyata barang tersebut bisa sampai di tangan saya tidak kurang dari seminggu, gaes. Hohoho... Tepat pada tanggal 17 Desember, pak pos JNE datang dengan membawa produk ini.


yeay,.. paketannya datang,,,

Tanpa menunggu lama, ketika hari libur tiba, saya langsung mencoba produk Bali Ratih Body Scrubs yang dikhususkan untuk Lulur ini gaes. Dan hasilnya masih belum terlihat jelas sih. Soalnya pemakaiannya aja juga belum kontinyu, hehehe... di sini saya akan bagikan tips bagaimana cara menggunakan Produk Bali Ratih Body Scrubs  ini ya gaes...

Cara Menggunakan Bali Ratih Body Scrubs

1. Siapkan terlebih dahulu air hangat
2. Kemudian, siram secara perlahan ke seluruh tubuh
3. Keringkan tubuh dengan handuk, sekiranya tidak terlalu basah sewaktu diberi lulur
4. Jadi, dalam keadaan lembab, oleskan Bali Ratih Body Scrubs ke seluruh tubuh, ratakan, sekiranya menyerap ke kulit, hingga daerah-daerah seperti ketiak, tumit sembari dipijat perlahan.
5. Tunggu hingga lulur meresap dan sampai kering
6. Gosok-gosok bekas scrubs tersebut hingga terlpas dari kulit
7. Kemudian, barulah siram lagi dengan air hangat. Jika masih licin, bisa menggunakan sabun mandi supaya lebih kesat lagi. Lakukan secara kontinyu supaya terlihat hasilnya.

Review, Packing dan Isi dari Bali Ratih Body Scrubs

Packingnya rapi dengan wadah berbentuk lingkaran yang amat ramah di tangan, mudah dibawa, dan amat mudah digenggam tentunya. Diberi keterangan terkait komposisi yang berasal dari bahan-bahan alami yang telah diolah menggunakan teknologi modern yang bersih serta higienis dimana di dalamnya terdapat aneka bahan-bahan tradisional pilihan dengan kandungan ekstrak dari sari buah dan tumbuhan. Produk ini juga telah terdaftar di Departemen Kesehatan RI & BPOM, dan saya amat yakin akan keamanan penggunaannya. Apalagi harga yang cukup terjangkau dan pas di kantong membuat saya jatuh hati dengan produk ini. heee

Bentuk fisiknya mudah digenggam

Fisik Bali ratih Body Scrubs Olive dan ada tanggal kadaluarsa

Jangan ragu dengan kualitas Produk Kreatif 100% Asli Indonesia ini

Pada wadahnya juga diberi keterangan tentang tatacara penggunaan body scrubs, layanan call center, juga ada tanggal kadaluarsanya loh gaes. Bisa ditemukan dengan mudah dibalik wadahnya yang imut tersebut.

Terkait isi dari lulur Bali Ratih ini berwarna hijau muda dengan butiran scrubsnya yang lembut, saya suka dengan aromanya yang segar, dan harum, nggak girly juga pas waktu dibuka tutup wadah dan dioleskan di area tubuh, tapi menenangkan. Yups, Bali ratih Body Scrubs yang saya beli ini memiliki aroma Olive – Zaitun. Kemasan isinya ada sekitar 100gr setara dengan 3.53 OZ). Dan saya suka dengan produk Bali Ratih ini. Rencanya kalau ini habis, akan beli lagi di Galeri Indonesia Blibli.com lagi, kan ikut membantu perekonomian negara dengan Produk Kreatif 100% Indonesia yang Mendunia. 

Isi, 100 gr

Kamu pengen juga bisa membantu perekonomian nasional negeri kita, bisa banget gaes. Cukup dengan membeli produk yang ada di Blibli.com amat sangat membantu perekonomian negara kita. Dengan mencintai dan mengkonsumsi produk-produk dalam negeri, sehingga bisa membantu para pelaku bisnis kreatif di Blibli.com untuk dapat membuka lapangan pekerjaan dari bisnisnya tersebut. Sehingga sedikit demi sedikit bisa menurunkan angka kemiskinan serta pengangggugran di Negara tercinta kita ini, gaes.

Emang apaan sih, kelebihan Blibli.com itu?


Duh... panjang amat yakk, materi saya kali ini ... tapi, daripada saya jelaskan setengah-tengah tapi masih belum nemuin semacam kesimpulannya. Jadi, saya akan tetap berkenan membeberkan segala hal yang saya ketahui dari kehebatan Blibli.com ini, sebagai salahsatu toko online langganan saya ini.
Di antara keunggulan dari Blibli.com adalah:
a. Free Ongkir Ke Seluruh Indonesia, *syarat dan ketentuan berlaku

b. Pelayanan Customer Service selama 24 Jam

c. CS yang ramah-ramah

d. Aneka metode pembayaran
Tapi, saya berharap nantinya bisa ada pelayanan metode transfer dengan berbagai alamat bank Seperti BRI, BCA, Mandiri, dsb atas nama Blibli.com. supaya lebih mudah saat transfernya. Hehee... Pasalnya saya cukup bingung tiap kali melakukan pembayarannya. Hohoho

Kurang 3rebu buat nuekrin poin

e. Poin Reward
jika sudah mencapai batas maksimal pendapatan reward, poin tersebut bisa diklaim
f. Harga terjangkau

g. Pelayanan dan Konfirmasi Cepat
Apabila ada stok produk yang kita pilih kosong, tapi sebelumnya masih ada ketika melakukan pembelian dan transaksi. Pihak Blibli.com akan segera menkonfirmasi langsung melalui email kita.

Semoga postingan Review Bali Ratih Body Scrubs – Nikmati Galeri 100% Produk Kreatif Asli Indonesia di Blibli.com ini memberikan manfaat bagi kita semua ya gaes. Dengan membeli produk-produk dalam negeri, produk karya, kreatifitas anak negeri, mampu membantu roda perekonomian nasional negara kita. Dan semoga saja, laju Pertumbuhan ekonomi Nasional di Kuartal III ini, bisa meningkat hingga 5% ya gaes.syukur-syukur lebih pun juga tak apa.hehehe....

"Konsumen dalam negeri juga perlu memberikan dukungan dengan kecintaannya terhadap produk dalam negeri. Ini akan menyokong kemampuan pelaku industri kreatif menjadi tuan di negeri sendiri," ujar Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian Euis Saedah

Feel free to drop your comments

Karangduren, 27 Desember 2016
Khoirur Rohmah


Sumber Referensi:
[1] www.bisniskeuangan.kompas.com
[2] CNN Indonesia
[3] www.ekbis.sindonews.com
[4] www.kemenperingo.id
[5] www.blibli.com
*Per 25 Desember 2016

You Might Also Like

11 komentar

  1. Aku jadi mau luluran bair makin kinclong :p

    BalasHapus
  2. Soal harganya gimana mbak ? Mahal gak ? Bisa dibilang saya jarang luluran xixixi

    BalasHapus
  3. saya suka belanja di Blibli terutama karena free ongkir, mayan bok ke tempatku bisa 40ribuan per kg (emak irit). sudah beberapa kali belanja dan selalu puas hehe

    BalasHapus
  4. makasih sharingnya, info yang menarik

    BalasHapus
  5. Waktu buka galerinya saya terkesan ada Galeri Tiket dan Travelnya lho.. Keren! ^^

    BalasHapus
  6. Bali ratih ini aku pernah coba, enak sih rasanya...cuman pas agak lama berasa ada bau2 kayak jamu gitu. Tapi tetep sedep sih ya, bau jamu aku mikirnya berarti emang ramuan tradisional. Sayangnya pas abis hamil melahirkan malah lupa jarang luluran -_-

    BalasHapus
  7. Ekraft memang harus banget jadi fokus utama sekarang ini. Soalnya zaman semakin maju dan kita gak boleh kalah sama negara lain.

    Ohya, saya suka banget luluran. Seminggu sekali kalau lagi libur, mau nyoba ah kapan-kapan. :D

    BalasHapus
  8. lengkap banget yah mba reviewnya... artikelnya informatif banget :)

    BalasHapus
  9. Pingin banget luluran, apalagi produk Indonesia :)

    BalasHapus
  10. Aku pernah pake produk lotion Bali ratih yang varian cokelat. Baunya enak! Beli di Online shop punya temenku sih.

    BalasHapus
  11. Saya juga sering belanja di BliBli karena free ongkirnya, wkwkwkw emak irit bgt ya, plus diskonnya juga gede2, dan mudah jg belanjanya gak repot

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Contact Me

Jika ingin mengontak saya untuk keperluan publikasi, kerjasama, ataupun pertanyaan lain tentang blog ini bisa dengan mengirim email langsung ke rurohma95@gmail.com.
Terima kasih -
Copyright by Khoirur Rohmah
Fastabiqul Khoirots

Like us on Fanpage

Kicauan Saya