Begini Penggunaan Kata In, On, dan At yang Tepat dalam Bahasa Inggis

Rabu, 26 Februari 2020

Kabupaten Jember, Jawa Timur, Indonesia



Bismillaahirrohmaanirrohim
Halo Sobats FR. Kamu suka pelajaran bahasa Inggris nggak? Pernah tahu penggunaan tambahan in, on, at? Macam penggunaan awalan di-, ke-, akhiran –pun semacam itu jika dalam bahasa Indonesia yang mungkin udah sama-sama kita ketahui bersama ya kan?

Nah, dalam pelajaran bahasa Inggris, ada salah satu materi yang cukup membuat beberapa orang bingung, salah satunya yaitu preposisi (preposition). Preposisi sendiri merupakan kata depan yang menjadi salah satu bagian dari Part of Speech sebagai dasar dalam belajar bahasa Inggris. Preposition ini bisa diikuti oleh kata benda (Noun), kata ganti orang (Pronoun), atau gerund. Ada beberapa jenis preposition yang digunakan dalam bahasa Inggris.

Jadi, mulai membuka ingatan pelajaran grammar dalam bahasa Inggris nih ya. hehhee. Sobats, jika di dalam bahasa Indonesia, ada kata “di” yang menunjukkan kata depan untuk suatu tempat, seperti di toko, di rumah, dll, maka untuk bahasa Inggris ada tiga kata depan yang bisa digunakan, yaitu in, on, dan at. Namun tentunya penerapan ketiga kata ini harus disesuaikan dengan kaidah bahasa Inggris terlebih dahulu. Seperti cara menggunakan in (artinya di dalam) misalnya lebih digunakan untuk menunjukkan tempat yang general, luas, dan tidak begitu spesifik. Sebagai contoh dalam kalimat ‘I live in Bogor’.

Berbeda lagi dengan penggunaan On (artinya di atas), lebih digunakan untuk alamat, atau menunjukkan lokasi tempat yang sedikit lebih spesifik dari in. Seperti contoh pada kalimat ‘They lhave been living on Cempaka street’. Berbeda lagi dengan penggunaan At (artinya di suatu tempat), yang mana sering digunakan dalam konteks bahasa Inggris untuk menunjukan suatu alamat dengan lebih detail, ada nomor rumah, nama jalannya, dll. Contoh penggunaan kata preposition dari At, yaitu “Melati Buliding 23, Kota Bogor’. Selain itu At juga berfungsi untuk menunjukkan suatu titik atau poin, seperti ketika melakukan janji bertemu dengan teman. Untuk contoh penggunaannya, yaitu ‘I will meet you at the restaurant’. Hampir semua lembaga kursus pastinya juga akan membahas materi ini, seperti juga pada pembelajaran di English First, baik itu untuk program EF Adults, Business English, dll.

Bagi yang belum tahu, English First (EF) merupakan salah satu lembaga bahasa Inggris terpercaya di Indonesia. EF sudah banyak meluluskan siswanya secara gemilang lewat metode pembelajaran yang berkualitas, suasana belajar yang menyenangkan, dukungan tenaga pengajar yang professional, adanya test penempatan, dan masih banyak lagi.

Pernah tahu juga kan dengan lembaga bahasa Inggris English First (EF) di kota kalian? Nah, aku pun juga udah nggak asing dengan lembaga ini yang terpercaya akan anak didiknya yang jago soal bahasa Inggris, pun aku juga tahu di mana lembaga ini di kotaku. Kalau di kota kamu ada juga lembaga English First (EF) kah, sobats? Atau jangan-jangan kamu juga pernah belajar di sana? Boleh deh feel free to drop your comments yah, sobats.

~Blessed
Khoirur Rohmah

25 komentar:

  1. Adik saya dulu sempat kursis di EF. Udah belasan tahun yang lalu. Tetapi, memang dari dulu kualitas EF sudah bagus

    BalasHapus
  2. Ada EF di Surabaya dooong
    Laris manis tanjung kimpul lembaga EF ini
    Soale asiiik metodenya ya

    BalasHapus
  3. English first emang yang paling baik diantara yang lainnya kak. Aku dulu juga sempet cobain di english first. Seneng banget. Apalagi tutornya asli dari luar. Bikin jdi tambah ngerti speakingnya

    BalasHapus
  4. Kata in, on, dan at ini emang kadang membingungkan ya mba? Tapi sekarang aku ikut seneng udah dibukanya banyak tempat belajar bahsa inggris yang akan membantu siapa aja yang ingin belajar. Salahnya EF ini ya 🙂

    BalasHapus
  5. Dulu saya tahu penempatan "on, in & at" saat masih SMP itu pun setelah bertanya ke guru baru bisa paham :)

    BalasHapus
  6. Nah, aku kayaknya harus banyak belajar bahasa inggris untuk penggunaan kata ini mba. Makasih ya sudah membantu informasin :)

    BalasHapus
  7. Iya memang bikin kebalik-balik kadang penempatannya, EF tuh brandnya kuat ya untuk belajar bahasa Inggris..

    BalasHapus
  8. Ya ampun! Aku udah beberapa bulan ini cuti gak belajar Bahasa Inggris. Bulan depan mau mulai lagi deh. Catering juga penggunakan in, on, dan at ini

    BalasHapus
  9. EF yang legendaris nih. AKu pengin sebenernya memperbaiki englishku. Krn speakingku grotal gratul. Kemarin pas conference di Malaysia jadi gabisa improvisasi saat present

    BalasHapus
  10. Nah, yang begini nih yang perlu dijabarkan. Biasanya suka ngasal saja saya kalau nulis dalam bahasa Inggris. Padahal penulis "in, on, dan at" itu diikuti kata yg menunjukan tempat dari yang general ke lebih spesifik.

    BalasHapus
  11. Aku suka kebalik2 nih paduan kata dr at, in, on :) kalo mau nulis atau ngomong msh kudu lihat kamus dulu takut salah :)

    BalasHapus
  12. Wah ini nih, kayak yang sepele, aku sering ketuker-tuker. Tiap mau nulis jadinya suka nanya dulu sama suami. Takut salah :D

    BalasHapus
  13. English First ini emang bagus yah, mahal sih tapi worth it banget. Pengen deh belajar english disana buat anak.

    BalasHapus
  14. Aku sering salah-salah pas penggunaan kata Pn untuk hari. Harusnya On Monday, On Saturday gitu. Dulu pernah pakai At gitu.

    BalasHapus
  15. Wah baru tahu. Tapi aku di, ke aja masih suka salah mak. Apalagi bahasa inggris. Emang kudu les kayak e

    BalasHapus
  16. Bagi yang ingin memperlancar Bahasa Inggris bisa bergabung di English First nih.
    Kayaknya bisa pada betah belajar dengan suasana belajar yang menyenangkan, dukungan tenaga pengajar yang professional, adanya test penempatan, dan masih banyak lagi.

    BalasHapus
  17. Simpen ah informasi ini. Aku suka baca tips gramar kayak gini. Bisa langsung Dipraktekin

    BalasHapus
  18. Baru ngeh bedanya penggunaan in, on, at. Selama ini kalau ngomong yang berdasarkan feeling aja sih. Hahaha. Untung yang diajak ngomong ngerti.

    BalasHapus
  19. Ini dia bagian yang sulit yaa... berhubung bukan bahasa ibu, kadang penggunaan in on dan at ini kebolak-balik melulu hehehe... Oke deh, untuk perbaikan ke depan nih, kucatat ketentuan ini.

    BalasHapus
  20. Ada sih EF di sini . Bagus bangeet . Sayangnya harganya tidak ramah di kantongku. Hihihi...

    BalasHapus
  21. Jadi pengin belajar bahasa Inggris lagi nih, dari tahun kapan pengin bikin postingan in English, tapi belum kesampaian.

    BalasHapus
  22. Sepertinya mudah, tapi kalau ga hati-hati penggunaan in, on, dan at ini bisa sering salah ya mb..btw sama di Jogja EF juga jadi tempat belajar bahasa Inggris terkemuka juga

    BalasHapus
  23. Nhaaaa ini Mak, aku masih sering kebalik balik pakenyaaa. Thank you Mak buat postingan pengingatnya :D

    BalasHapus
  24. Makasih sharingnya mbak, aku beneran lemah banget di bahasa inggris sampai pas lihat hasil rapotku dulu termasuk nilai tersendah setelah matematika hahaha

    BalasHapus
  25. See you at Kopi Baik! Bener ndak? Hahaha. Bertahun-tahun belajar bahasa Inggris masih sering salah gunain in at sm on. 😆

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Copyright © Fastabiqul Khoirots. Blog Design by SkyandStars.co