‎ ‎

7 Tips Persiapan Menghadapi Dunia Kerja dengan Kompetensi Global

 
Mempersiapkan Kompetensi Bekerja dan Kompetensi Global

Jika mengingat bagaimana perjuangan orangtua suami dalam menyekolahkannya hingga ke jenjang perguruan tinggi, sungguh perlu diapresiasi. Entah bagaimana caranya, orangtua akan mengusahakan agar anaknya bisa mendapat Pendidikan yang layak dan sebisa mungkin terbaik, agar bisa mendapatkan ilmu melalui Lembaga Pendidikan. Baik itu Pendidikan karakter, bakat atau minat, hingga bekal pengalaman yang dapat berguna setelah lulus dari jenjang Pendidikan yang ditempuhnya. Yaitu dunia kerja.


Maka tidak heran kalau biaya Pendidikan itu mahal, apalagi dengan bertambahnya jenjang, dan dari tahun ke tahun, tentu akan terlihat bedanya. Sehingga, ada kalanya orangtua menaruh harapan, saat anak-anak telah lulus dari pendidikannya, mereka dapat segera melamar pekerjaan yang mungkin selinier dengan jurusan yang diambil, atau pekerjaan yang tersedia dalam perusahaan tertentu.


Meski demikian, dibutuhkan yang namanya kemampuan daya saing tinggi untuk mendapatkan pekerjaan yang diharapkan. Terlebih mengingat adanya kompetensi global yang diperlukan dalam dunia kerja baik di masa kini, hingga di masa mendatang. Pastinya hal ini lebih baik lagi apabila dipersiapkan terlebih dahulu. 


Berbicara mengenai kompetensi global dalam dunia kerja itu apa sih?


Pentingnya Kompetensi Global dalam Dunia Kerja


Kompetensi global merupakan sebuah kemampuan individu untuk dapat berinteraksi dan bekerja dengan orang-orang dari belahan bumi manapun, dengan berbagai bahasa, budaya, hingga latar belakang. Kemampuan ini dibutuhkan keterampilan berupa komunikasi lintas budaya yang tentunya membutuhkan kemampuan berbahasa, berpikir kritis dalam memecahkan masalah.


Sehingga kompetensi global dalam dunia kerja itu pentingnya adanya. Apalagi semakin meningkat dengan seiringnya globalisasi dan berkat kemajuan teknologi. Oleh sebab itu, individu yang telah memiliki kompetensi global dalam pekerjaannya, mereka dianggap lebih berharga oleh perusahaan. Karena mereka mampu dan cepat beradaptasi, serta efektif terhadap lingkungan yang beragam. Selain itu, mereka juga dapat menjalin hubungan yang lebih baik terhadap kolega, atau klien, yang kemungkinan berasal dari berbagai negara untuk meningkatkan produktivitas dan kesuksesan bisnis,


Maka dari itu, adanya kompetensi global juga dapat membuka pintu bagi individu untuk mendapat peluang karir, atau pekerjaan yang lebih baik serta lebih luas. Terlebih apabila bekerja di perusahaan multinasional yang beroperasi di berbagai negara.


Karena itulah pentingnya kompetensi global yang dibutuhkan untuk menghadapi dunia kerja, apalagi bagi para fresh graduated. Untuk dapat mempersiapkan diri agar dapat mewujudkan harapan orangtua dengan memasuki dunia kerja. Simak 7 tips terkait persiapan untuk menghadapi dunia kerja dengan kompetensi global.


7 Tips Persiapan Menghadapi Dunia Kerja Dengan Kompetensi Global


Pendidikan Internasional

Karena dunia kerja saat ini sifatnya kompetitif, dan cepat berubah akibat pengaruh teknologi dan globalisasi. Maka diperlukan keterampilan agar sukses saat masuk ke dunia kerja. Yaitu berupa kompetensi global yang berperan terhadap kompetensi bekerja. 

Untuk itu, berikut tips yang bisa kamu persiapkan dalam rangka menghadapi dunia kerja dengan kompetensi global:


1. Penguasaan Bahasa Asing

Dengan menguasai bahasa asing, seperti Bahasa Inggris yang merupakan bahasa yang digunakan dalam dunia kerja global. Memungkinkan kamu dapat berkomunikasi di dunia kerja internasional. Tidak hanya penguasaan dalam berkomunikasi menggunakan bahasa asing saja. Melainkan juga fasih secara tulisan. 


2. Aktif  dalam Organisasi

Pengalaman dalam organisasi dapat membantu kamu untuk memasuki dunia kerja dengan kompetensi global. Karena, berorganisasi bisa memberikan kesempatan bagi individu untuk belajar dan mengembangkan keterampilan, seperti: kepemimpinan, manajemen waktu, kerjasama, serta komunikasi yang sangat diperlukan dalam dunia kerja global.


3. Melek Teknologi Informasi

Karena teknologi informasi merupakan industri yang berkembang secara pesat dan selalu up to date. Maka, kemampuan ini dapat membuat individu mampu mengelola informasi secara efektif, baik mengumpulkan, menganalisis, serta mengoranisir data. Selain itu, kemampuan ini juga dapat digunakan untuk memahami tren teknologi terbaru, seperti penggunaan aplikasi serta perangkat lunak penunjang kerja.


4. Meningkatkan Hard Skill dan Soft Skill

Keterampilan dalam hard skill ini bisa didapat melalui Pendidikan maupun pelatihan yang diikuti. Hal ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman seperti membaca, dan penggunaan software. Sedangkan soft skill bisa didapat dengan mengikuti organisasi tertentu yang mampu meningkatkan kemampuan problem solving, berpikir kreatif, hingga networking


5. Mampu Beradaptasi dengan Cepat

Hal ini memudahkan individu untuk menyesuaikan diri dengan perubahan dan tuntutan di tempat kerja.


6. Memiliki Pengalaman Magang

Dengan terjun langsung atau praktek magang di tempat kerja multinasional. Bisa menjadi nilai plus untuk menambah pengalaman sebelum resmi menjadi karyawan.


7. Mengambil Pendidikan dengan Kurikulum Internasional sesuai Minat dan Bakat

Pendidikan yang ditempuh dengan kurikulum internasional berdasarkan jurusan yang diminati dan sesuai bakat bisa membuka kesempatan untuk dapat masuk ke dunia kerja dengan kompetensi global. Salahsatu kampus terbaik dengan penggunaan Pendidikan internasional dan juga kurikulum internasional ini yaitu Sampoerna University.


Siapkan Diri Menghadapi Dunia Kerja dengan Kompetensi Global bersama Sampoerna University

Kurikulum Internasional di Sampoerna University

Sebenarnya jika ingin menempuh pendidikan di mana saja bisa. Namun, apabila ingin masuk ke dunia kerja di tingkat multinasional atau internasional agar dapat meningkatkan kompetensi bekerja. Alangkah lebih baik jika memilih pendidikan internasional yang telah mengadaptasi kurikulum internasional seperti di Amerika Serikat. 

Kebetulan, hanya ada satu perguruan tinggi di Indonesia yang telah menggunakan kurikulum ini. Yaitu Sampoerna University. Di mana kampus terbaik ini telah berkolaborasi dengan University of Arizona. Sehingga tidak heran kalau operasional, pendidikan, maupun fasilitas yang disediakan sangat menunjang proses pembelajaran. karena telah menggunakan standar kurikulum luar negeri.


Sampoerna University memiliki pilihan fakultas sesuai minat dan bakat untuk persiapan menghadapi dunia kerja nanti. Di antara fakultas tersebut antara lain seperti: Fakultas Teknik dan Teknologi, Fakultas Pendidikan, dan Fakultas Art & Science.


Jadi, sudah siapkah untuk dapat menghadapi dunia kerja dengan kompetensi global bersama Sampoerna University?


16 komentar

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^
  1. Harus bgt ya sist punya global competence

    Karena persaingan kerja pastinya makin wadidaw.
    Semogaaa anak2 Indonesia makin berjayaaa bareng Sampoerna Univ

    BalasHapus
  2. kuliah tidak hanya tentang mendapat nilai bagus, IPK tinggi.
    keterampilan lain seperti bahasa asing, utamanya English, lalu pengalaman berorganisasi, dan magang jadi nilai plus ya dalam memasuki dunia kerja.

    BalasHapus
  3. Semuanya udah disebutin nih untuk menghadapi tantangan, persaingan semakin ketat ya mba. Aku penasaran fakultas art n sciencenya Sampoerna deh mba, apa anak aku bisa ya masuk ke sana hihii. Smoga dimampukan

    BalasHapus
  4. Kampus2 swasta sekarang gak kalah dari universitas negeri yaa. Apalagi udah makin banyak yang memakai kurikulum internasional krn dianggap lebih memberikan kesempatan untuk meraih kompetensi global.
    Emang makin ketat nih persaingan dunia kerja, kudu punya keunikan sendiri, sekadar pintar aja gak menjamin yaa. TFS.

    BalasHapus
  5. Sekarang tuh penting banget bahasa Inggris, karena kalau ku lihat nyaris rata-rata bahasa Inggris. Waktu jaman ku masih kerja kemarin pun aku sudah menggunakan bahasa Inggris untuk meeting dan presentasi ke klien.

    BalasHapus
  6. Bener banget sist makin banyak manusia, kita mesti makin improve dan berkualitas biar bisa bersaing. Apalagi requirement bekerja juga udah makin tinggi.

    BalasHapus
  7. Penguasaan bahasa asing tentu aja sangat penting yah kalau mau bersaing di kancah internasional. Apalagi dengan menggunakan kurikulum internasional seperti di Sampoerna University yang katanya bisa cepet dapet kerja juga ya mba..

    BalasHapus
  8. luar biasa ya persaingan di era globalisasi. generasi sekarang harus mempersiapkan diri. semoga dengan belajar di sampoerna univ mereka bisa maju bersama membangun bangsa

    BalasHapus
  9. Waktu kuliah saya sempat bergabung dengan organisasi mahasiswa dan memang benar loh manfaatnya terasa banget pas mulai bekerja, ilmu-ilmu yang mengasah softskill terpakai semua. Anak zaman now jangan sampai nggak aktif dalam organisasi, nih. Pasti berguna untuk meningkatkan kompetensi global.

    BalasHapus
  10. Setuju dengan pengalaman dalam berorganisasi - memang membantu untuk memasuki dunia kerja dengan kompetensi global.

    Organisasi sejak sekolah dan kuliah, memang bisa memberikan kesempatan bagi individu terutama kepemimpinan, manajemen waktu, kerjasama, serta komunikasi yang sangat diperlukan dalam dunia kerja global!

    BalasHapus
  11. Persiapan memasuki dunia kerja itu bukan hanya nilai akademiknya yang oke, tapi juga harus didukung keahlian lainnya.

    BalasHapus
  12. Sampoerna University ini menggunakan kurikulum internasional ya mbak
    Sangat cocok untuk mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja global

    BalasHapus
  13. Jadi ingat saat pertama kali wacana bahwa Indonesia di tahun 2000 (era globalisasi) maka persaingan di dunia kerja semakin ketat. Dan kini, 2023 saatnya terus mengembangkan kemampuan dan skills terbaik selama bersekolah di universitas. Salah satunya, memilih universitas yang memiliki kurikulum internasional. Sehingga harapan besarnya adalah bisa mudah memasuki dunia kerja dengan kompetensi global.

    BalasHapus
  14. Kurikulum internasional memang bisa memberikan pengalaman yang lebih banyak pada masa kuliah ya, sehingga mahasiswanya tidak hanya mengejar akademik, tapi juga keahlian penting lainnya supaya bisa bersaing dan memiliki kompetensi global.

    BalasHapus
  15. Menguasai bahasa asing terutama bahasa Inggris penting banget ya sama melek teknologi karena sekarang apa-apa terhubung dengan teknologi.

    BalasHapus
  16. Makasih sharingnya, teknologi dan bahasa asing perlu ini

    BalasHapus

Chingudeul