‎ ‎

Membuat Olahan Sambal Kecombrang untuk Pertama Kali

 



Bismillaahirrohmaanirrohim

Di bulan Januari 2023 kemarin, aku berkunjung ke rumah ponakan di daerah Trenggalek. Di sana, kakakku yang merupakan ibu dari ponakanku tentunya menyajikan aneka makanan yang siap disantap ketika kami sampai di sana pagi itu. Begitu melihat meja makan, aku tertuju pada sambal dengan kombinasi cabai, tomat, dengan tumbuhan berwarna sedikit merah muda dan sedikit mengeluarkan aroma segar itu. Kata kakakku, coba saja, itu sambal cirang. Tapi orang biasa menyebut dengan sambal kecombrang.


Dengan penuh rasa penasaran, akhirnya aku coba itu sambal cirang, atau sambal kecombrang dengan sayur bening isi wortel dan buncis. Bukan sayur sop ya. Eh,, begitu dimakan, dan menyatu dengan nasi. Rasanya cocok di lidahku. Seketika nafsu makan meningkat. Ya, aku imbuh, atau nambah lagi makannya, tapi ini nggak pakai nasi. Hanya sayur bening dan sambal kecombrang saja. Hasilnya, enak banget dan benar seger jadinya. Saat tambah ke dua kalinya, aku makannya bareng kakakku lainnya. 


Nah, karena tidak hanya aku yang antusias dengan olahan sambel kecombrang tadi. Kakakku akhirnya saat kami memutuskan untuk kembali ke Jember, membawakan oleh-oleh kecombrang beberapa biji. Karena kata kakakku kecombrang bisa dibeli lagi kok. Kalau di Munjungan, Trenggalek harga kecombrang per ikat 1000 dapat 3 biji.


Kecombrang Dimasak jadi Sambal Hingga Bumbu Masakan


Senang dong, akhirnya di Jember bisa bikin olahan sambal kecombrang juga. Iya donk pastinya. Bahkan ternyata, masih kata kakakku. Kalau kecombrang bisa diolah untuk bumbu tambahan dalam masakan. Karena aromanya sangat segar dan menggugah selera. Seperti kombinasi laos, dan daun sereh. 


FYI, aku baru tahu nama kecombrang ini juga saat kemarin tersebut. Jadi kurang banyak tahu akan diolah seperti apa, selain sambal. Sehingga begitu tahu kecombrang bisa dicampur sebagai bumbu masakan, memberi kabar bahagia sih buatku. Karena aku bisa bereksperimen untuk tambahan bumbu masakan. Tapi lebih seringnya saat masak yang ditumis begitu. Namun, dalam artikel ini, aku akan menuliskan resep cara membuat sambal kecombrang untuk kamu yang juga sepertiku, yang baru pertama kali mengolahnya.


Tentunya cara membuatnya cukup sederhana seperti saat membuat sambal pada umumnya. Hanya saja perlu ditambahkan kecombrang. Lebih detailnya lagi, simak cara membuatnya berikut ini.


Cara Membuat Sambal Kecombrang atau Sambal Cirang 


Bahan-bahan:

1. Cabai 5 biji

2. Tomat 1 biji ukuran kecil

3. Bawang merah ukuran sedang 

4. Terasi 

5. Garam

6. Gula secukupnya (opsional)

7. Kecombrang 2/1 biji


Cara membuat:

1. Cuci bersih cabai, tomat, bawang merah, dan kecombrang

2. Kecombrang di iris tipis-tipis ya biar tidak alot. Cukup dipakai yang berwarna pink saja. Kalau mau dipakai yang warna hijau, sebaiknya di bagian sebelum bunganya

3. Masukkan cabai, tomat, bawang merah, dan terasi (opsional) juga ke dalam wajah yang telah berisi minyak goreng yang sudah panas

4. Goreng sampai sekiranya matang, lalu angkat dan tiriskan

5. Kemudian masukkan kecombrang yang telah diiris tipis-tipis pada wajah setelah penggunaan gorengan sebelumnya

6. Ketika sudah sedikit kecoklatan, angkat lalu tiriskan

7. Haluskan cabai, tomat, bawang merah dan terasi yang sudah digoreng pada cobek yang sudah ditambahkan sedikit garam dan gula

8. Setelah sambal halus sesuai selera, baru kemudian tambahkan kecombrang yang telah digoreng tadi

9. Kecombrang bisa langsung di mix dengan sambal terasi, atau ditaruh di pinggir saja. Saat ingin makan tinggal dicampur saja.

10. Sambal kecombrang siap santap


Note:

Jika tidak suka dengan terasi, bisa di skip bahan satu ini. Atau mau dikombinasikan dengan sambal hijau, atau sambal korek apapun, bisa. Asal kecombrang diiris tipis-tipis dan digoreng dengan api kecil dan dimasak hingga sedikit golden kecoklatan, bukan gosong ya. 


Ketika kamu menggoreng kecombrang, akan keluar dengan sangat kuat aroma kecombrang yang siap menggugah selera nafsu makan kamu nantinya.


Nah, itu dia sedikit ceritaku mengenal apa itu kecombrang, dan mencoba sambal kecombrang. Bahkan bunga kecombrang yang berwarna merah muda yang berupa kuncup dan ada yang sedikit mekar juga bisa diolah sebagai bahan atau bumbu masakan. Disesuaikan saja dengan selera makan kalian. 


Kalau kamu, sudah pernah mencoba makan masakan dengan tambahan kecombrang kah, sobats? Atau sudah pernah buat sambal kecombrang? Atau justru baru tahu tanaman ini seperti aku? Boleh banget bagikan di kolom komentar ya.


Terima kasih sudah membaca dan berkunjung di artikel ini, jangan lupa tinggalkan komentar kamu ya. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.


~blessed

Khoirur Rohmah


8 komentar

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^
  1. Enggak asing sama bentukannya, kalau namanya baru tahu. Waktu kecil ada tumbuhannya di depan rumah, malah dibuat mainan. Dulu seingatku kalau mekar bunganya putih cantik, ternyata bisa di masak toh. Di rumah enggak ada yang berpikiran untuk memasak inikah, baru tahu wkwk. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus
  2. Wah, keduanya aku kurang suka nih,baik sambal maupun kecombrangnya, hihi... Tapi, aku punya teman yg menyukai keduanya tuh, jadi bisa ku infokan resep ini padanya. Terima kasih sdh berbagi resep ini ya..

    BalasHapus
  3. Aku tahu kecombarang dari salah satu tontonan televisi. Kalau kata temanku yang pernah cobain, rasanya enak kok kecombarang ini. Kalau aku belum pernah cobain, next mau cobain gimana rasa kecombrang ini. Btw, makasih ya kak resep masaknya.

    BalasHapus
  4. Enak yaa rasanya kecombrang ini? Terus terang saya belum pernah mencicipinya, hehehe. Selama ini, sayur yang saya makan itu yang banyak dijual di pasar, kalo kecombrang ini di daerahku gak ada yang jual

    BalasHapus
  5. Aku udah pernah coba buat sambal kecombrang tapi belum nemu rasanya yang "paaasss" di lidah. Nah kalo sekarang anak-anak dan pak suami sedang suka sambal sere matah ala neng tanti nih mbak!

    BalasHapus
  6. Jadi penasaran kaya apa rasanya sambel kecombrang ini. Kira-kira kalau jadi temannya terong penyet gitu enak ga ya? Enak kayanya. 😬

    BalasHapus
  7. Huhu..aku belum pernah makan Kecombrang.
    Rasanya barusan googling seperti apa bentukan Kecombrang ini.
    Rasanya sering denger tapi belum pernah ngincipin.

    Enak rasanya yah..
    Apalagi dinikmati bersama nasi hangat dan segelas es teh manis.
    Yummm~

    BalasHapus
  8. saya juga belum pernah mbak makan sambal kecombrang ini. kayaknya tanamannya cuma ada di pulau jawa ya? kayaknya sih enak ya ini sambalnya

    BalasHapus

Chingudeul