‎ ‎

Cara Perawatan Kaos Sablon

 

Cara perawatan kaos sablon press


Bismillaahirrohmaanirrohim

Halo sobats... Beberapa kali ketika ada acara dapat kaos yang ada tulisan sablonnya atau karena perkumpulan teman-teman dari suami yang akhirnya membuat kaos beserta tulisan yang juga disablon. Kalau dulu sebelum menikah aku tidak terlalu memusingkan cara perawatan kaos yang ada sablonannya. Namun, begitu sudah bersuami aku sedikit banyak belajar bagaimana cara merawat kaos sablon ini.


Sebenarnya ada dua cara sablon kaos yang aku ketahui. Yaitu sablon manual yang pertama kali aku ketahui saat masih kerja di percetakan di tahun 2013 an. Begitu di akhir tahun 2019 aku sudah mengenal sablon digital atau sablon press yang cara sablonnya lebih mudah. Jadi bedanya bagaimana sablon manual dan sablon press?


Beda Sablon Manual dan Sablon Press


Sablon Manual biasanya menggunakan peralatan seperti screen, tinta, rakel sablon, meja sablon, penghapus tinta sablon, minyak sablon, pengencer tinta sablon, pengering sablon. Printilannya cukup banyak ya? Betul. Aku dulu juga saat melihat teman-teman di bagian sablonan juga cukup panjang prosesnya. Design dicetak terlebih dahulu di kertas kalkir dulu, baru kemudian masuk bagian sablon dengan disatukan pada screen. Seperti apa prosesnya bisa dicari di YouTube ya sobats. Hehee


Sablon Digital atau Sablon Press adalah sablon yang cukup praktis caranya. Cukup membutuhkan mesin press untuk sekali tekan pada kaos polos. Tapi untuk proses kaos polos dengan sablon press ini belum pernah aku ketahui cara buatnya bagaimana. Karena dulu saat masih kerja, belum hits sablon jenis ini. Kalau sablon print menggunakan printer ada tuh. Tapi belum marak.


Namun akhir-akhir ini cukup banyak jasa untuk sablon press loh. Kita cukup membeli kaos polos sendiri atau bisa beli langsung di tempat sablon sesuai jumlah yang dibutuhkan. Ingin kasih tulisan apa, desainnya bagaimana, barulah diproses sablonannya.


Supaya sablonan tetap awet, mungkin sobats bisa menerapkan treatment berikut ini agar tulisan sablon press khususnya bisa tahan lama. Karena khawatir kalau salah perawatan bisa berdampak pada kaos dan juga tulisan sablonnya ya kan. Berikut ini cara perawatan kaos sablon.


Cara Perawatan Kaos Sablon Press


  1. Jangan direndam terlalu lama
  2. Jangan disikat pada bagian sablon, hindari mengucek dan memeras kaos dengan kuat
  3. Jemur dalam keadaan terbalik
  4. Jangan jemur di tempat yang terlalu terik
  5. Setrika dalam keadaan terbalik
  6. Jangan gunakan pemutih
  7. Hindari mesin cuci


Perawatan Kaos Sablon Combed 30s


Cukup singkat ya sobats... tapi jujur hal-hal di atas juga aku terapkan ketika suami dapat kaos sablon press. Sehingga begitu selesai dipakai, saat cuci aku pisahkan dengan yang lain, bukan karena takut luntur, melainkan kaos dengan bahan combed 30s ini cukup ringkih begitu. Jadi hanya sebentar kuceknya, kasih sabun cuci lalu bilas dan beri pewangi pakaian, lalu diangin-anginkan saja di tempat yang teduh.


Sebab, menaruh kaos sablon press dengan bahan combed 30s ini di tempat matahari yang terik itu bisa bikin warna kaos jadi pudar. Jadi, cukup diangin-anginkan dan tunggu kering, walau agak lama ya. 


Kemudian, kamu juga bisa tetap setrika kaos dengan sablon press ini namun dengan cara terbalik. Hal ini bisa bikin kaos dan sablonan lebih halus. Tapi kalau setrika langsung di bagian luar, akan sangat berpengaruh pada sablonan yang mengelupas. Hal ini pernah terjadi, karena aku salah treatment pada kaos suami. Hahaa..


Karena sejauh pakai kaos sablon manual jarang ada drama sih. Jadi saat dihadapkan dengan kaos combed 30s dengan tulisan sablon press itu bikin aku tambah wawasan bagaimana perawatan kaos jenis ini. Untuk itulah tulisan ini tayang. Supaya mungkin bisa berbagi dengan teman-teman yang membutuhkan informasi yang sama.


Nah kira-kira dari cara perawatan kaos di atas, apakah kamu juga menerapkan hal yang sama? Atau ada hal yang baru kamu ketahui? Boleh banget loh ya untuk berbagi di kolom komentar ya, sobats. 


Terima kasih sudah membaca dan berkunjung di artikel ini. Sampai jumpa pada tulisan berikutnya. Feel free to drop your comments ya....


With Love 💗

Rohmah 


9 komentar

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^
  1. Wah jadi nostalgia nih. Dulu aku pernah kerja di distributor printer, tapi lebih ke printer industrial gitu yang ukurannya segede-gede gaban. Lebar printernya aja bisa sekitar 1 sampai 2 meteran. Nah, rata-rata customernya memang para pengusaha jersey gitu, jadi tinggal di-print terus abis itu dipress sambil dipanasin biar tintanya tuh pindah ke kain.

    Sekarang mah udah lumayan rame ya yang jualan sablon press gini. Biasanya buat jersey sepeda, futsal atau badminton.

    Tapi cotton combed 30s tetap favoritku sih. Soalnya kalo jersey gitu ga enak dipake harian, ga nyerep keringat dan bisa bikin bau badan saya makin menjadi-jadi. Alamak bisa kena semprot keluarga, hahaha

    BalasHapus
  2. Walah... Kaos sablonan e adikku tuh kalau kusetrika nggak kubalik dulu.. Okelah. Informasi ini penting banget. Seenggaknya kaos-kaos sablonan adikku biar lebih awet. Nggak cepet ilang sablonannya. Hehehe...
    Kalau urusan nyucinya sih udah bener. Nggak disikat, merendamnya juga nggak lama-lama banget. Jemurnya juga nggak di tempat yang terlalu terik. Cuma urusan setrikanya ini sing rodho keliru. hehehe

    BalasHapus
  3. ngomongin sablon, beberapa waktu yang lalu saya sempet lihat iklan di IG layanan jasa sablon kilat di kaos gitu. ternyata itu namanya sablon press ya? thanks for share ya mba, saya jadi tahu nih gimana cara merawat baju dengan sablon press kalo nti saya jadi pesan kaos itu hehe

    BalasHapus
  4. Wah ilmu penting nih selama ni nyuci dan nyetrika kaos sablon mgasal aja pantesan kaoa anak2 banyak yg rusak. Makaaoh tipsnya mbak aku terapkan insyaallah

    BalasHapus
  5. Oh jadi begitu perawatan kaos sablon. Gak bisa dicuci sembarangan, takut sablonannya luntur wkwk.. eh tapi gak bisa dicuci di mesin cuci juga dong. Agak ribet ya untuk yg masih single. Mau yg serba praktis aja. 😅😅

    BalasHapus
  6. huaaa yang poin hindari cuci kaos sablon dengan mesin cuci nih yang membuatku menyerah, pengennya langsung beres aja cemplung mesin cuci biar bisa ngerjain tugas negara lainnya hihih.

    BalasHapus
  7. Nah iyaa ternyata kalau mau setrika kaos sablon kudu dibalik dulu ya. Biar tetap rapi dan ga kena bagian sablonnya.

    Kalo ga dibalik lalu setrika kena bagian gambar sablon malah jadinya lengket dan bikin kaosnya rusak, huhuuu.

    BalasHapus
  8. Wah, jadi tau, ternyata kebiasaan kecil membalik pakaian saat dijemur, termasuk cara menjaga kaos sablon lebih awet ya. Pantes saja, banyak sesama kawan komunitas yang punya kaos sama, suka heran dengan kaos saya yg awet warna dan sablonnya.

    BalasHapus
  9. Treatment perawatan kaos sablon memang agak tricky ya. Saya juga punya kaos seperti itu, pasti dicuci terpisah dengan pakaian lain. Terus juga dikucek dengan tenaga sedang-sedang saja. Tapi kalau persoalan setrika belum pernah disetrika di baliknya. Selalu di depan, tapi bagian sablonnya dihindari.

    BalasHapus

Chingudeul