‎ ‎

Simak Cara Memulai Investasi Real Estate Untuk Meraih Keuntungan

 

Cara Memulai Investasi Real Estate


Tertarik untuk investasi dengan tujuan agar mendapat nilai investasi di masa depan, selain saham, obligasi, maupun reksadana? Investasi real estate bisa menjadi pilihan. Sekalipun investasi jenis ini memiliki risiko dan tantangan yang tidak semudah saat membeli saham. Namun potensi keuntungan yang besar juga bisa didapatkan apabila Anda mengetahui strategi yang tepat untuk memulai investasi real estate ini.


Jika Anda bertanya pada konsultan keuangan, maka penting untuk diversifikasi portofolio keuangan dengan mengalokasikan 13% hingga 26% pada bidang real estate atau perumahan. 


Sedangkan menurut penulis buku keuangan pribadi terlaris dengan judul “Rich Dad, Poor Dad,” yaitu Robert Kiyosaki mengatakan, “Terhitung sekitar 80% dari jenis pendapatan pasif adalah pendapatan investasi real estate,”


Mengapa Investasi real estate dapat menghasilkan keuntungan berupa pengembalian finansial yang signifikan dan bisa tumbuh dari waktu ke waktu? Hal ini dikarenakan real estate memiliki arus kas yang teratur, dan juga termasuk pendapatan investasi yang paling dapat diprediksi.


Meski demikian, Anda yang bertekad untuk investasi real estate dibutuhkan banyak persiapan, latihan, dan ketekunan agar dapat menguasai keterampilan dalam strategi berinvestasi real estate ini. Namun, sebelum mengetahui bagaimana caranya, sebaiknya Anda perlu mengenal lebih dekat apa itu real estate, dan bedanya dengan properti.


Mengenal Apa Itu Real Estate


Real estate biasa dikenal sebagai bisnis gedung, perumahan, maupun bangunan lainnya. Lebih dari itu, real estate juga bermakna lahan tanah beserta objek maupun lingkungannya, baik berupa bangunan atau lainnya yang berdiri permanen di atas lahan tersebut. 


Usaha dengan jenis real estate ini memiliki nilai potensial untuk jangka panjang. Apalagi di berbagai daerah atau kota yang belum dimanfaatkan dan dikelola dengan optimal. Tidak heran jika nantinya real estate dapat meningkatkan perekonomian karena dapat menyesuaikan dengan zaman.


Jenis Real Estate


Perlu Anda ketahui, bahwasanya real estate ini memiliki beberapa jenis yang masing-masing punya tujuan dan kegunaan yang berbeda. Di antaranya adalah:


1. Residential

Berupa bangunan yang digunakan untuk tujuan sebagai tempat tinggal. Seperti: perumahan, rumah susun, gedung, apartemen. 


2. Commercial

Bangunan yang dijalankan dengan tujuan untuk keperluan komersil atau berbisnis, agar mendapat keuntungan atau profit. Seperti: hotel, gedung perkantoran, gudang, dan lain sebagainya.


3. Industrial

Bangunan yang digunakan untuk menjalakan usaha-usaha di atas lahan real estate. Seperti: pabrik, konstruksi, transportasi, logistik, dan lainnya.


Yang Membedakan Antara Investasi Real Estate dan Properti

Beda Investasi Real Estate dan Properti

Mungkin ada yang beranggapan bahwa real estate dan properti itu adalah hal yang sama. Padahal jika ditelisik lebih dalam lagi, keduanya memiliki makna yang bebeda. Baik dari pengertian maupun lingkupnya. 


Real estate mengacu pada fisik, berupa tanah dan bangunan. Sedangkan properti adalah kepemilikan atas hak tanah dan bangunan yang melekat di atasnya. Jadi bisa dikatakan bahwa apabila ada perumahan bisa disebut sebagai properti, namun tidak bisa memandang sebuah properti sebagai real estate. Yang membedakan hanyalah fisik dan kepemilikannya saja.


Sehingga ketika Anda investasi real estate maka hanya akan fokus pada fisik bangunan saja, tanpa melibatkan kepemilikan tanah. Apabila Anda investasi properti, maka Anda akan berinvestasi pada kepemilikan beserta bangunan di atasnya. Hal ini bisa disimpulkan bahwa investasi properti lebih besar daripada investasi real estate. Namun keduanya memiliki keuntungan yang sama-sama besar.


Cara Meraih Keuntungan dengan Investasi Real Estate


Investasi real estate adalah pilihan investasi yang dapat menarik para investor yang fokus pada bisnis tersebut. Apalagi investasi real estate juga menawarkan potensi keuangan yang tinggi, diversifikasi portofolio, pendapatan pasif, kendali aset, hingga perlindungan dari inflasi. 


Supaya keuntungan bisa didapatkan dari investasi real estate ini, maka Anda perlu memerhatikan cara yang perlu Anda lakukan berikut ini:


1. Tentukan Tujuan Investasi

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan mengetahui tujuan Anda investasi real estate itu apa. Ingin membeli bangunan yang akan disewa atau dijual, atau justru untuk kebutuhan pribadi. Dengan begitu, Anda bisa memutuskan akan mengambil properti tersebut dan bagaimana strateginya.

 

2. Lakukan Riset Pasar dan Ketahui Keperluan Pasar

Langkah penting dalam investasi real estate yaitu mengetahui pasar properti seperti apa. Meliputi tren harga, permintaan penyewa maupun pembeli. Anda juga dapat mencari informasi dengan mengunjungi situs properti, berkonsultasi dengan agen, atau pergi ke pameran properti.


3. Mencari Lokasi Yang Strategis

Anda dapat memilih lokasi yang memiliki potensi untuk dapat berkembang dan permintaan tingi. Sekalipun ada yang menawari Anda bangunan dalam bentuk rumah, pabrik, dan sebagainya. Pastikan harga sesuai dengan anggaran yang Anda punya, kondisi memadai dan juga potensi pendapatan atau keuntungan yang akan dihasilkan.


4. Menghitung Biaya dan Risiko Investasi

Dikarenakan harga yang ditawarkan dalam investasi dalam setiap waktu mengalami kenaikan maupun penurunan. Maka Anda perlu menyusun strategi kapan waktu yang tepat untuk investasi. Termasuk dengan memerhatikan dan mempelajari kurva permintaan dan juga kurva penawaran yang tengah terjadi di pasar.

Mortgage Calculator untuk Investasi Real Estate
nama alat untuk menghitung biaya dalam investasi real estate

Untuk kemudahan dalam mengalokasikan biaya tersebut, Anda bisa menggunakan bantuan alat atau tools untuk menghitung biaya yang akan dikeluarkan dalam bisnis investasi real estate. Sehingga hal ini dapat membantu Anda mengetahui berapa rincian biaya yang perlu dikeluarkan.

alat untuk menghitung biaya investasi real estate
seperti ini tampilan tools nya

Sedangkan dalam menghadapi risiko yang tidak bisa Anda tebak. Maka Anda perlu rencana cadangan serta mempertimbangkan bagaimana kemampuan Anda dalam mengelola risiko tersebut. 


5. Bersabar dan Terus Belajar

Dengan terlibat dalam bisnis berupa investasi, maka dibutuhkan waktu dengan jangka panjang. Baik dari saat penelitian, negosiasi, pembelian, manajemen, dan sebagainya. Termasuk dengan kenaikan harga yang tidak serta merta didapatkan. Perlu waktu, tenaga, dan proses panjang. Sehingga sembari menunggu profit yang diharapkan dengan sabar, Anda juga dapat terus belajar bagaimana strategi investasi real estate ini.


Memulai Terjun ke Bisnis Investasi Real Estate dengan Langkah Yang Tepat


Untuk mendukung langkah kecil Anda yang ingin bergabung dalam dunia bisnis investasi real estate. Maka Anda perlu menyusun rencana agar tidak salah langkah dalam terjun ke bidang ini. Termasuk dengan menerapkan beberapa hal berikut ini, di antaranya:


1. Mengidentifikasi Keuangan Anda

Terlebih dahulu Anda harus tahu bagaimana posisi kondisi keuangan Anda. Apakah sudah stabil atau belum. Hal ini akan mempengaruhi Anda dalam mengalokasikan dana sesuai kemampuan keuangan tanpa terbebani dengan transaksi yang akan memberatkan finansial Anda.


2. Terlibat dan Ambil Bagian Dalam Investasi 

Tidak ada salahnya dengan Anda memulain investasi real estate secara sederhana dari lingkup yang paling kecil, semisal menyewakan hunian, atau kamar.


3. Bergabung dengan Para Investor Lain

Menjalin hubungan dengan para investor lain dapat menambah koneksi Anda, sehingga hal ini memudahkan Anda dalam mengetahui apabila ada penawaran bagus, permintaan, maupun belajar bagaimana bisnis akuisisi investasi. Perlahan membuat wawasan Anda juga akan meningkat.


4. Memilih Strategi Investasi Real Estate Tertentu

1,2, dan, 3 langkah di atas merupakan salahsatu strategi sederhana yang bisa Anda lakukan sebelum melangkah untuk investasi real estate dalam cakupan yang lebih luas lagi. Hal ini bertujuan agar Anda bisa mendapatkan penghasilan, belajar, serta menghindari kerugian.


Semoga artikel seputar investasi real estate, bagaimana cara memulai, dan langkah apa saja yang perlu dilakukan di atas bermanfaat. Jangan lupa untuk tinggalkan komentar Anda di kolom yang telah disediakan.


Sampai jumpa pada artikel berikutnya

With Love 💗

Rohma





17 komentar

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^
  1. Investasi memang salah satu pilihan bisnis yang tepat untuk meraih keuntungan, tapi baru dengar kalau real estate. Kalau yang keuntungannya besar begini biasanya risiko dan tantangannya juga lebih besar, lumayan juga sih. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus
  2. Investasi memang hal perlu dipikirkan di umur 30 ke atas buat pegangan masa tua juga. Karena bangunan semakin lama semakin naik harganya jadi double untung.

    BalasHapus
  3. Real estate ini buat dijadikan investasi peluangnya besar ya kak, tapi memang kudu diperhatikan juga kondisi keuangan kitanya, karena memungkinkan modalnya tuh lumayan besar

    BalasHapus
  4. Investasi di bidang properti ini bisa dibilang investasi tertua secara sejak jaman nenek moyang, bisnis jual beli tanah itu udah terjadi sejak lama dan memang menguntungkan. Apalagi kalau lokasi strategis, wah cepat lakunya ya

    BalasHapus
  5. saya ingat ketika beli rumah yang sekarang ditempati 22 tahun lalu harganya 26 juta. Andai saja saat itu punya uang lebih beli 2 sekarang harganya sudah sekitar 500 jutaan. Betapa tingginya nilai sebuah investasi properti ya

    BalasHapus
  6. Salah seorang teman serius berbisnis real estate ini, khususnya dalam kepemilikan tanah. Rajin banget blusukan mencari dan membeli tanah di berbagai sudut daerah. Tentu saja dengan perhitungan bahwa tanah tersebut bakal memiliki prospek yang bagus untuk dibeli, dijadikan lahan perumahan atau industri. Sampai sekarang masih berjalan dan itu sangat menghasilkan dari segi finansial.

    BalasHapus
  7. Saya pikir selama ini real estate dan properti itu sama ternyata beda, informatif banget sih ini. Dan, benar kita harus mengidentifikasi keuangan kita karena pasti investasi di bidang ini juga butuh modal besar..

    BalasHapus
  8. Penting banget Mortgage calculator ini ya?
    Karena investasi properti kan jangka panjang
    Jika tidak hati2 bukannya untung malah buntung

    BalasHapus
  9. Pengen sebenernya bisnis real estate. Tapi belum ada wujudnya hehe. Kan seru ya kayak di drakor My Princess, doi nyewain kamar yang nggak kepakai aja bisa cuan.

    BalasHapus
  10. Kalau punya properti lain kyknya mau kubikin kontrakan atau kos hehe. Memang properti ini salah satu investasi yang disarankan oleh org tua2 zaman dulu ya dna masih relevan hingga sekarang, walau sekarang agak susah kalau mau menjual kembali. Namun, terghantung kalau lokasinya cakep harga berdsaing tentu org ngantre mau beli :D

    BalasHapus
  11. Ada banyak banget pilihan investasi. Salah satunya real estate. Harus dipikirkan dan dipertimbangkan semuanya sebelum memutuskan produk investasi

    BalasHapus
  12. Investasi sepanjang masa nih. Keuntungannya juga besar. Atau sering besar karena ada kalanya turun juga. Yang penting pinter2 cari tempat invest yang paling tepat. Kalau ada kalkulatornya gini jadi lebih mudah.

    BalasHapus
  13. kalau mau investasi di bidang properti itu harus direncanakan dengan matang ya agar dapat mendapat keuntungan besar. kalau salah perhitungan bisa-bisa jadi rugi.

    BalasHapus
  14. aku dulu mikirnya real estate dan properti adalah sama. Ternyata berbeda ya.
    Investasi di bidang real estate dan properti memang terlihat untung besar, tapi kudu pinter juga teknik marketingnya ya

    BalasHapus
  15. Moga-moga suatu hari nanti bisa investasi real estate karena untungnya menjanjikan banget

    BalasHapus
  16. teringat kembali beberapa waktu lalu ibu mertua sempat menasehati saya untuk nabung, nabung dan nabung, kalau ada duit lebih investasinya ke properti aja biar bisa dipakai di masa depan, menurut aku nasehat tersebut bener banget sih, karena investasi properti memang untuk jangka panjang, nah dari artikel ini saya juga belajar tips-tips nya dulu nih sebelum melakukan investasi properti, thanks

    BalasHapus
  17. Baca tulisan ini jadi ingat adikku yg bisnis kost-kostan. Tapi dia lebih ke properti jatuhnya ya, bukan real estate. Jadi tahu nih gambaran keduanya. Terima kasih.

    BalasHapus

Chingudeul