‎ ‎

Menjadi Project Manager Yang Ahli dengan Sertifikasi Project Management Ready di My Edu Solve


Project Manager adalah

Halo sobats... Tahukah kamu jika dibalik kesuksesan sebuah proyek atau acara tertentu, pasti ada individu yang bertanggung jawab penuh terkait perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, dan juga pengarahan dalam proyek tersebut. Sebab tugas mereka memastikan bahwa proyek itu bisa selesai atau terlaksana sesuai dengan tujuan, anggaran, waktu, serta kualitas yang telah ditetapkan. Individu tersebut bernama Project Manager.

Lebih detail lagi, profesi project manager itu seperti apa?

Project manager adalah individu yang istilahnya menjadi pemimpin dalam sebuah proyek penting. Mereka bertugas untuk mengoordinasi tim, sumber daya, maupun aktivitas untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. Selain itu tugas mereka juga meliputi dalam hal mengatur jadwal, mengelola risiko, komunikasi terhadap pemangku kepentingan, serta memantau perkembangan proyek secara keseluruhan. Sehingga keberhasilan, sukses tidaknya proyek juga berkat kerja keras project manager beserta tim.

Untuk lebih memahami apa saja cakupan dari tugas project manager. Berikut ini ada beberapa job description dari project manager yang perlu kamu ketahui.

Job Description Seorang Project Manager

1. Perencana Proyek

Merencanakan, mengelola, serta mengawasi jalannya proyek dari awal hingga akhir. Menentukan tujuan, lingkup, jadwal, anggaran, serta sumber daya yang diperlukan.

2. Pengorganisasi Tim

Bertugas untuk membentuk tim proyek, memberi tugas, dan memastikan bahwa telah terjadi kolaborasi yang baik dalam tim.

3. Pengendali Proyek

Memantau kemajuan proyek, mengelola risiko, serta mengatasi hambatan yang muncul.

4. Komunikator

Mampu berkomunikasi baik dengan stakeholder terkait dan juga kepada anggota tim untuk memastikan terjadinya pemahaman yang jelas dan saling terinformasi.

5. Pengambil Keputusan

Bijak dalam mengambil keputusan penting sepanjang proyek untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

6. Penyelesaian Proyek

Dengan memastikan proyek bisa selesai tepat waktu, baik dalam anggaran, dan juga telah sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Meski demikian, tugas project manager ini juga dapat bervariasi. Tergantung pada industri atau proyek apa yang tengah dikelola. Selain itu, mereka juga harus memiliki keterampilan interpersonal yang baik dan kuat selama menjalankan tugas tersebut. maupun kemampuan dalam mengelola konflik, ahli dalam kepemimpinan, dan memecahkan masalah.

Keahlian Yang Dibutuhkan Seorang Project Manager

Memilih profesi sebagai project manager sama halnya dengan kamu mengemban amanah atau tanggung jawab besar terhadap proyek yang tengah kamu kerjakan. Oleh sebab itu, kamu harus memiliki beberapa kemampuan agar dapat mengatasi hal-hal tak terduga selama menjalankan proyek tersebut. Keahlian tersebut antara lain:

1. Kepemimpinan 

Keahlian dalam memimpin, menginspirasi, dan mengarahkan tim untuk mencapai tujuan dari proyek.

2. Manajemen Waktu

Mampu mengatur jadwal proyek, mengidentifikasi prioritas, dan mengelola waktu dengan efektif.

3. Komunikasi

Mampu berkomunikasi yang baik, jelas, dan efektif baik kepada tim, maupun pemangku kepentingan lain.

4. Manajemen Risiko dan Penyelesaian Masalah

Mengidentifikasi dan mengelola risiko potensial yang dapat memengaruhi keberhasilan proyek. Serta mampu mengatasi tantangan atau masalah yang muncul dalam proyek.

5. Kemampuan Analitis

Mampu mengambil keputusan, menganalisis data, dan melakukan perbaikan berkelanjutan.

6. Pengelolaan Tim

Membentuk tim yang efektif, memotivasi, dan mengoptimalkan kinerja mereka.

7. Pemahaman Teknis

Memahami aspek teknis proyek yang dikelola untuk berkoordinasi dengan anggota tim yang terlibat. 

Namun demikian, peran sebagai project manager sangatlah dinamis, karena kualifikasi dan keterampilan yang dibutuhkan bisa berbeda tergantung pada industri, ukuran proyek, serta lingkungan kerja yang spesifik.

Cara Meningkatkan Kemampuan Sebagai Project Manager

Menjadi seorang project manager dibutuhkan waktu, komitmen, serta pengalaman nyata dalam mengelolan proyek. Selain itu praktek dan belajar dari pengalaman merupakan kunci utama yang dapat berguna untuk meningkatkan kemampuan sebagai seorang project manager. Di lain sisi, kamu bisa menerapkan langkah-langkah berikut ini agar kemampuan dalam profesi yang dipilih bisa meningkat. Di antaranya adalah:

1. Pendidikan dan Pelatihan

Kamu bisa menambah skill dengan mengikuti pelatihan, kursus, atau jalur pendidikan terkait manajemen proyek untuk dapat memahami prinsip-prinsip dasar. Selain itu hal ini juga dapat membantu Kamu dalam mengembangkan keterampilan serta pengetahuan yang dibutuhkan untuk mengelola proyek dengan efektif.

2. Pengalaman

Dengan terlibat dari peran yang kecil, seperti merintis menjadi anggota tim, dan secara bertahap naik ke manajerial, bisa membuat Kamu memahami dinamika proyek. Maka dari itu dibutuhkan waktu yang cukup agar pengalaman semakin bertambah.

Tingkatkan Kemampuan Project Manager dengan Sertifikasi Project Management Ready di My Edu Solve

Memiliki kemampuan sekaligus sertifikasi keahlian akan sangat membantu dalam meningkatkan kualifikasimu sebagai project manager. Namun jika menemui kesulitan untuk mendapatkan pelatihan atau pendidikan yang selinier, cukup temukan sertifikasi dari Project Mangement Institute (PMI) yang menawarkan beragam pelatihan yang berkaitan dengan project management di mana dalam dunia industri posisi ini sangat dibutuhkan.

Project management adalah disiplin yang berkaitan dengan perencanaan, pengelolaan sumber daya, pelaksanaan, serta pengawasan proyek dari awal hingga selesai agar tercapai hasil yang efisien dan efektif sesuai dengan apa yang diiinginkan. Termasuk tata kelola risiko serta perubahan yang mungkin terjadi selama proses tersebut.

Untuk mendapatkan pelatihan sertifikasi Project Management Ready (PMR) di Project Management Institute (PMI) kamu bisa mengakses melalui situs myedusolve.com. Di sini kamu yang lulusan SMA, atau pendidikan setara lainnya bisa mengambil pelatihan untuk dapat memiliki kemampuan dalam bidang project management.

Beberapa peluang kerja yang bisa kamu dapatkan setelah mengikuti pelatihan Project Management Ready di My Edu Solve ini, di antaranya ada:

  1. Project Manager
  2. Project Management Officer
  3. Operation Supervisor
  4. Project Koordinator
  5. Program Manager
  6. Project Planner
  7. Project Scheduler
  8. Project Controller

Tantangan selama belajar dan menjadi seorang project manager mungkin berat. Meski begitu, ingatlah bahwa setiap usahamu adalah investasi di masa depanmu yang gemilang. Semangatlah dan terus belajar. Serta jadikan setiap langkahmu menuju tujuan sebagai bagian dari perjalanan menuju kesuksesan yang tidak terhingga. 

Oleh sebab itu, tentukan pilihan dan temukan waktumu untuk dapat mengasah dan meningkatkan kemampuan sebagai project manager di Myedusolve. Kalau bisa saat ini, kenapa harus menunggu nanti.

Semoga informasi yang saya bagikan ini bermanfaat. Jangan lupa tinggalkan komentar kamu di kolom yang telah disediakan. Terima kasih telah membaca dan berkunjung di artikel ini. Sampai jumpa pada tulisan berikutnya.

Blessed

Khoirur Rohmah


1 komentar

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^
  1. mempunyai jiwa seorang leader diperlukan untuk posisi ini ya. Dan memang menjadi leader nggak mudah, perlu waktu lama untuk belajar dari nol juga
    Tapi kalau udah memegang sebuah proyek, pasti ada kebanggaan tersendiri

    BalasHapus

Chingudeul