‎ ‎

Roadmap Indonesia Emas 2045 Yang Perlu Kita Ketahui

 

Roadmap Indonesia Emas 2045



Halo sobats... Bumi Pertiwi Indonesia raya di tahun 2045 nanti akan genap berusia 100 tahun atau sama dengan satu abad Indonesia. Hal inilah yang membuat muncul istilah Indonesia Emas 2045. Sebab Indonesia akan mengalami usia emasnya di tahun 2045 tersebut. Selain itu di tahun 2045 sebesar 70 persen dari jumlah penduduk Indoesia akan berada dalam usia produktif. Yang berarti Indonesia butuh rancangan yang dijalankan oleh generasi terbaik penentu masa depan dunia. Karena hal inilah, Indonesia mulai mempersiapkan Roadmap Indonesia Emas 2045 agar dapat meraih impian besar di masa mendatang.

Sebenarnya wacana Indonesia Emas ini sudah lama digaungkan, tepatnya saat Rapimnas 2022 di awal bulan Desember 2022, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia yang juga antusias untuk mewujudkan Indonesia Emas ini, telah menyampaikan narasi tersebut kepada Presiden. Hingga akhirnya materi terkait Indonesia Emas ini diolah menjadi beberapa Townhall yang terbaru di bulan Mei 2023.

Sedangkan Townhall tersebut masih terbagi menjadi tiga pembahasan yaitu di antaranya:

  1. Finalisasi road map melalui diskusi antar klaster
  2. Diskusi nilai-nilai gotong royong dan Bhineka Tunggal Ikandalam Road Map Indonesia 2045 
  3. Tindak lanjut dan sosialisasi Road Map Indonesia Emas 2045

Adanya Townhall jadi salahsatu kegiatan yang berguna untuk memastikan semua strategi yang telah tertuang dan dirancang dalam peta jalan Indonesia Emas 2045 ini bisa sejalan dengan visi bersama.

Cita-cita Indonesia Emas 2045 Rasyid bukanlah milik Kadin Indonesia semata, namun juga menjadi cita-cita bangsa Indonesia. Selain itu tolok ukur Indonesia Emas 2045 bukan hanya fokus terhadap target GDP, melainkan juga agar Indonesia bisa keluar dari ancaman dengan sebutan Midle Income Trap.

Meski demikian, untuk mencapai target yang diinginkan maka roadmap Indonesia Emas 2045 harus dibuat dengan menyeluruh dan mencakup segala sektor. Baik sektor pendidikan, kesehatan, industri, hingga sektor yang dapat meningkatkan efisiensi bisnis salahsatunya melalui digitalisasi. 

Tidak ada yang tidak mungkin jika nantinya Indonesia bisa memiliki kemampuan untuk dapat mengalokasikan resources untuk pembangunan infrastruktur dan juga sosial, mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat hingga dapat tercipta lapangan kerja yang jumlahnya lebih banyak agar dapat tercapai pertumbuhan ekonomi yang juga lebih tinggi. Begitulah ujar Kadin Indonesia, Arsjad Rasyid.

Menilik Pembahasan Penting di Sektor Ekonomi, Industri, dan Pariwisata dalam Roadmap Indonesia Emas 2045

“Sejak Januari Lalu, Kadin Indonesia dengan bantuan Bapak/Ibu telah menghimpun masukan dan juga input dari tiap sektor, dengan melibatkan berbagai asosiasi, NGO, dan Kadin Daerah, serta serikat buruh untuk dapat bersama-sama mengembangkan roadmap ini,” Ujar Arsjad Rasyid dalam Townhall yang diadakan beberapa waktu lalu.

Menurut Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Organisasi Eka Sastra, penitikberatan Townhall tersebut ada pada satu ambisi, yakni untuk menempatkan ekonomi Indonesia agar dapat menjadi salahsatu yang terbaik di dunia.

Pada sektor ekonomi, apabila melihat proyeksi GDP di tahun 2045, agar tercapai target di atas, selain GDP maka juga harus dilihat dari income per capita, sehingga dapat tercipta ekonomi yang resilient, kemudian dengan pendapatan tinggi, pemerataan ekonomi, hingga perekonomian yang sustainable.

Pada sektor Pariwisata, diperlukan peningkatan pada daerah-daerah wisata. Mencakup kebutuhan berupa sarana transportasi massal, seperti misal MRT dan LRT, khususnya pada daerah yang banyak berdatangan wisatawan. Salahsatunya Bali.

Pada sektor manufaktur, untuk ketahanan dan keberlanjutan pangan bisa dikembangkan secara beriringan. Salahsatunya dengan penerapan industri yang sustainable yang mana memerhatikan manajemen limbah yang baik, peningkatan kualitas pada produk pertanian, serta upaya Indonesia yang semula negara komuditas bisa jadi negara industri.

Tak ketinggalan sektor UMKM dengan usulan berupa penguatan atau pendampingan pada UMKM, yang nantinya bisa tercapai program one region one product.

Roadmap Indonesia Emas 2045 dengan Menjunjung Pancasila

Analisis terhadap Roadmap Indonesia Emas 2045 juga menekankan pada penerapan nilai-nilai bangsa Indonesia dengan menjunjung Pancasila, serta sejalan dengan Bhineka Tunggal Ika yang mengedepankan semangat gotong royong. Sehingga diperlukan adanya pengawalan pada peraturan pemerintah terhadap sektor unggulan yang memiliki nilai jangka panjang. Termasuk dengan dukungan kualitas SDM atau Sumber Daya Manusia yang lebih baik.

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Chingudeul