‎ ‎
personal lifestyle blogger jember

Ini yang Perlu Anda Perhatikan Saat Membeli Kursi Roda

yang perlu diperhatikan saat akan membeli kursi roda

Di awal tahun 2024 saya dihadapkan dengan ujian yang tidak pernah saya duga sebelumnya. Kaki kanan saya tiba-tiba mengalami nyeri di bagian engsel yang terasa sakit saat berjalan. Sehingga yang harusnya bisa senang-senang menyambut tahun baru, justru harus bisa istirahat lebih di rumah. Aktivitas pun juga terbatas.

Kurang lebih selama satu bulan setengah saya kesulitan berjalan seperti sebelumnya. Sudah cek ke dokter dan rontgen kaki. Terlihat saat dibaca oleh dokter ortopedi, ada bagian sendi di engsel kaki kanan yang retak. Namun, saya belum bisa mendatangi fasilitas kesehatan terdekat dikarenakan asuransi yang saya miliki belum aktif.

Terlebih dengan tambahan sakit tifus yang saya alami. Sampai akhirnya suami saya menyarankan untuk membeli kursi roda agar bisa terbantu saat beraktivitas yang sekiranya mudah dikerjakan saat di rumah maupun ketika diajak keluar rumah. Apalagi jika nanti pergi ke dokter. Dan saat membeli obat di apotek yang juga tersedia alat kesehatan, saya melihat produk yang saya butuhkan.

Ternyata jenis health equipment berupa kursi roda yang saya incar ini ada 2 tipe. Ada yang manual dan elektrik. Perbedaan keduanya adalah sebagai berikut:

Perbedaan Kursi Roda Manual dan Elektrik

perbedaan kursi roda manual dan kursi roda listrik dari sisi harga alat kesehatan


1. Kursi Roda Manual

Tipe ini bisa digunakan untuk semua usia yang penggunanya memiliki kemampuan otot tubuh yang kuat di bagian atas, seperti lengan. Karena membutuhkan kekuatan lebih saat mengayuh ban belakang kursi roda. Meski bisa didorong secara mandiri, juga bisa dibantu oleh orang lain saat mendorongnya.

Kursi roda manual memiliki kelebihan yang salah satunya dapat berbelok dengan tajam ketika berada di tempat yang sempit. Karena harganya cukup terjangkau, jadi tidak heran tipe ini dapat dilipat secara praktis, sebab kerangkanya ringan.

Tipe kursi roda manual satu ini juga merupakan alat kesehatan yang wajib ada di kantor. Seperti saat saya administrasi sering melihatnya tersedia di depan pintu masuk. Sehingga memudahkan bagi yang membutuhkan alat kesehatan satu ini.

2. Kursi Roda Elektrik

Untuk tipe ini juga dapat digunakan untuk semua usia termasuk lansia maupun yang keterbatasan pada motorik. Berbeda dengan kursi roda manual, tipe elektrik ini sangat amat nyaman digunakan tanpa harus menghabiskan energi tubuh ketika dioperasikan. Pun juga tidak perlu didorong oleh orang lain.

Walau begitu, harga alat kesehatan satu ini juga sangat bersaing dan jauh lebih mahal daripada tipe manual. Sebab diperlukan biaya perawatan, maupun komponen tertentu yang perlu diganti.

Meski fungsi keduanya sama, namun kursi roda tipe tertentu juga memiliki kelebihan pada performa saat digunakan. Terlebih jika terdapat poin tambahan yang dapat membantu kebutuhan untuk kondisi tubuh pengguna, akan sangat penting dan menjadi pertimbangan saat akan membelinya. Oleh karena itu, sebelum menentukan akan membeli health equipment berupa kursi roda, alangkah baiknya simak beberapa poin berikut. Di antaranya adalah:

Cara Memilih Kursi Roda yang Perlu Anda Pertimbangkan Sebelum Membeli 


cara memilih kursi roda sebagai alat kesehatan yang wajib ada di kantor


1. Tentukan Jenis Kursi Roda Sesuai Kebutuhan


Pilih kursi roda berdasarkan aktivitas, mobilitas, dan disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Sebab, ada beragam jenis kursi roda yang dapat menjadi pilihan jika dilihat dari 2 tipe yang telah disebutkan di atas. Di antaranya yaitu:
  • Kursi roda manual
  • Kursi roda listrik
  • Kursi roda lipat
  • Kursi roda khusus
  • Kursi roda untuk traveling

2. Cek Material Kursi Roda

Medical equipment seperti kursi roda ini memiliki kerangka yang terbuat dari berbagai bahan. Ada yang terbuat dari aluminium, baja, maupun besi. Walau demikian, Anda perlu memperhatikan kualitas bahan maupun konstruksi dari kerangka kursi roda dan memastikan memiliki daya tahan yang baik serta untuk keamanan pengguna. 

Kelebihan dari kerangka kursi roda berdasarkan bahan:
  • Aluminium, memiliki kerangka yang lebih ringan dan cocok jika dipakai untuk bepergian.
  • Baja, material ini memiliki bahan yang kuat dan tahan lama namun umum digunakan pada fasilitas kesehatan.
  • Besi, kursi roda dengan bahan ini dikhawatirkan karena mudah berkarat. Tapi jika hal ini terjadi, Anda dapat membaca artikel tentang cara menghilangkan karat pada besi dengan mudah.
Selain memperhatikan pada bahan, kerangka yang perlu dicek lagi dari bagian lain pada kursi roda. Seperti tipe ban maupun peleknya. Karena hal ini akan mempengaruhi dalam performa kursi roda saat digunakan.

3. Pastikan Sesuai Ukuran Yang Dibutuhkan Pengguna

Untuk kenyamanan pengguna, pastikan kursi roda sudah sesuai dengan ukuran dan kebutuhan pengguna. Kesesuaian tersebut bisa dipilih berdasarkan ukuran tubuh, berat dan tinggi badan. Sebab hal itu berpengaruh dalam kenyamanan maupun keamanan secara maksimal pengguna saat menggunakan.

4. Perhatikan Fitur Tambahan Pada Kursi Roda

Pertimbangkan fitur atau fungsi tambahan kursi roda yang dapat disesuaikan. Seperti rem, sandaran kepala, bantalan duduk yang nyaman, maupun pegangan samping agar dapat meningkatkan kenyamanan pengguna.

kursi toilet adalah alat kesehatan penting setelah kursi roda

Fungsi tambahan yang perlu diperhatikan termasuk berupa reclining. Yaitu kursi roda bisa diubah untuk menjadi tempat rebahan. Bahkan ada juga kursi roda yang dapat digunakan sebagai walker dan juga untuk toilet.

5. Pilih Sesuai Anggaran Yang Dimiliki

Tetapkan anggaran yang sesuai, kemudian bandingkan harga berdasarkan fitur maupun fungsi dari berbagai pilihan dari kursi roda, serta kualitas terbaik sebelum memutuskan untuk membeli dengan harga alat kesehatan yang mampu atau dapat Anda bayar.

Kesimpulan

Ternyata memutuskan untuk memilih medical equipment kursi roda ini bukan hal yang mudah. Sebab pemilihan kursi roda akan sangat berpengaruh terhadap kualitas hidup pengguna. Maka dari itu, ada banyak pertimbangan yang perlu diperhatikan.

Dan yang pasti, kursi roda ini adalah alat kesehatan yang wajib ada di kantor. Sebab, di sana akan sangat dibutuhkan jika ada klien atau tamu yang datang membutuhkan medical equipment seperti ini.

Semoga dengan artikel ini, Anda dapat memutuskan akan membeli kursi roda yang tepat sesuai kebutuhan.

~blessed
Rohmah

35 komentar

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^
  1. Dulu ngasal banget belinya buat nenek, eh ternyata ada banyak yang harus dipertimbangin ya mbak, well noted..

    BalasHapus
  2. Kursi roda elektrik tuh canggih banget ya tapi harganya juga gak main-main dong ya, tapi kalau dibutuhkan pastilah diambil juga.
    Btw yang fitur tambahan ada tempat pupunya itu biasa lihat di YT gitu tapi belum pernah lihat secara langsung. Ini membantu banget sih ya pastinya apalagi bagi para lansia.

    BalasHapus
  3. Halo, kak.

    Milih kursi roda ternyata ga boleh asal beli ya. Mau yg manual atau elektrik, yg jelas harus sesuai sama penggunanya, supaya nyaman.

    BalasHapus
  4. Bpk mertuaku dulu juga pengguna kursi roda

    agak ribet emang milihnyaaa
    mana harganya juga super Wow 🤓

    BalasHapus
  5. Kursi roda ternyata banyak macamnya ya. Baru kepikiran juga ada yg materialnya dibuat lebih ringan untuk pas dibawa misal kebutuhan traing. Jadi ingat kursi biasa yang buat ngecamp/outdoor itu, ya keberadaannya sangat bermanfaat ketika outdoor, apalagi notabene kursi roda yg emang dibutuhkan untuk pengguna tertentu pas di luar ruangan.

    BalasHapus
  6. Wahh yang elektrik bagus ya mbak, aku baru tau lo. Diliat dari desain dan fiturnya aja udah kebayang harganya pasti mahal. Kalo yang manual itu kayaknya yang model lama ya, tapi masih banyak dipake di rumah sakit juga buat pasien. Aku jadi inget almarhum kakek, dulu stroke, kenapa dulu anak2nya kakek vak ada yang inisiatif belikan kursi roda yaa, huhuhu.. .

    BalasHapus
  7. Wah ternyata ada juga kursi roda versi traveling ya

    BalasHapus
  8. Aku bayangin kalau pasien pakai kursi roda yang elektrik misal tanpa pengawasan malah jatuhnya lebih bahaya ngga sih, ya?
    Btw baru tau kalo ada kursi roda versi travelling. Apakah khusus untuk disabilitas atau emang diciptakan bisa dipake orang normal juga nih kursi travelling?

    BalasHapus
  9. Ternyata kursi roda ini banyak pilihannya dan beneran bisa ngebantu banget untuk yang sedang terbatas mobilisasinya. Ma, lekas sehat yaa, tantiiikk..
    Syafakillahu.
    Semoga memilih kursi roda yang tepat bisa speed recovery juga.

    BalasHapus
  10. saya waktu membeli kursi roda untuk ibu saya, di tanya2 loh sama petugas penjualannya, buat usia berapa, berat badan, kebutuhannya apa, dll makanya kebantu banget dan ga sampe salah beli

    BalasHapus
  11. Bisa modifikasi dengan berbagai tambahan seperti toilet jadi memudahkan bagi pengguna kursi roda ya. Jadi pemilihan di awal yaitu kursi rodanya jadi kunci pertamanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. Apalagi untuk pengguna kursi roda yang mulai terbatas geraknya, modifikasi kursi roda toilet ini sangat membantu pemakai dan yang merawatnya.

      Hapus
  12. Kudu jeli dan teliti saat memutuskan untuk membeli kursi roda.
    Karena selain fungsi, juga harganya yang mashaAllaa.. Seandainya harganya bisa dijangkau, inginnya Kursi roda listrik yaa.. Jadi ada kemandirian juga buat sang penggunanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya juga ya Teh, karena memungkinkan juga penggunanya ingin lebih mandiri, sehingga bisa didukung dengan kursi roda yang tepat

      Hapus
  13. Awal tahun 2024 ibu saya sakit san butuh kursi roda. Akhirnya dibelikan yang manual saja. Harganya sekitar 1 juta. Alhamdulillah sangat membantu termasuk saat bepergiannya. Kursi roda bisa dilipat dan ditaruh belakang mobil.

    BalasHapus
  14. Aku jadi tau macam-macam kursi roda sewaktu jadi caregiver almh ibu aku. Memang yg buat travelling bahannya enteng dan gampang dilipat tp agak pendek

    BalasHapus
  15. Aku jadi tau macam-macam kursi roda sewaktu jadi caregiver almh ibu aku. Memang yg buat travelling bahannya enteng dan gampang dilipat tp agak pendek

    BalasHapus
  16. Ya Allah Rohmah, tapi sekarang udah sembuh kan?
    Btw, membeli kursi roda memang nggak bisa ngasal, dulu pernah nyari kursi roda buat alm.kakek. waktu itu belinya yang manual, ya karena cuma digunakan di rumah aja, kakek waktu itu sudah sepuh...

    BalasHapus
  17. Dulu waktu ngurus ibu aku yg stroke sampe punya dua kursi roda. Yg buat travelling ada, yg khusus buat di rumah juga ada. Kalau yg di rumah bisa buat rebahan, trus ada tatakan buat buang airnya. Keren ya inovasinya hehe

    BalasHapus
  18. Beberapa th lalu memilih kursi roda untuk almh ibu agar mempermudah aktivitas beliau waktu itu dan salah satu pertimbangan kita adalah yg relatif ringan dan ringkas shg bisa dibawa ke mana2 dg mobil kecil kami

    BalasHapus
  19. Kursi roda yang electrik membantu banget yaaa, udah canggih jugaaa, save dulu ah, terima kasih infonya, untuk sekarang belum membutuhkan tapi kayanya harus punya satu di rumah buat jaga jaga yaaa

    BalasHapus
  20. Saya pernah membeli kursi roda untuk almarhum bapak, yg dapat berfungsi untuk rebahan dan juga memudahkan untuk toilet, tapi lupa melihat fungsinya yang mudah untuk dibawa-bawa. Membeli kursi roda memnga harus memperhatikan yg diperlukan agar dapat difungsikan dengan maksimal. Makasih tipsnya Mba.

    BalasHapus
  21. Emang gak boleh sembarangan ya saat (ingin) membeli alat bantu kesehatan. Apalagi jika hal ini menyangkut tentang mobilitas dan keamanan orang yang akan menggunakan. Dulu almh ibuku gak mau dibelikan kursi roda karena bikin jadi malas berjalan katanya. Jadi meski tertatih-tatih almh ibu tetap mengajak kakinya untuk bergerak. Padahal kita, anak-anaknya, suka kesian liat beliau berjalan sangat pelan.

    BalasHapus
  22. Terima kasih sudah berbagi tips sebelum membeli kursi roda. Kalau saya tuh sering lihat kursi roda manual di PUSKESMAS dan kursi roda listrik di rumah sakit.

    BalasHapus
  23. Wah seneng ya sekarang semakin banyak alternatif kursi roda
    karena dulu, pernah beli kursi roda untuk ayah mertua yang ribet dan gak nyaman
    Sekarang bisa memilih kursi roda yang praktis dan mendukung kebutuhan pemakainya

    BalasHapus
  24. Wah baru tahu kalau kursi roda juga ada yang bisa ada toiletnya gitu ya, mantap multifungsi memudahkan penggunanya dalam keseharian.

    BalasHapus
  25. Memilih ukuran kursi roda yang seusia adalah poin yang sering terlewat atau tidak begitu diperhatikan. Apalagi jiak membeli melalui online. Karena tergiur fitur dan harga, sampai lupa dengan ukurannya.

    BalasHapus
  26. Waktu saya kerja di Taiwan, kursi roda perlengkapan yang harus saya kuasai karena pasien yang saya jaga emang lumpuh dan menggunakan kursi roda kemanapun pergi.
    Meski di Taiwan yg udah modern tapi saat itu masih pakai kursi roda manual. Andai udah pakai yang elektrik, makin mudah dan gak berat ya

    BalasHapus
  27. banyak pilihan yang ada ya mba sekarang. Memang baiknya kita tau persis apa yang dibutuhkan dan juga sesuaikan dengan budget yang ada

    BalasHapus
  28. Aku belum pernah membeli kursi roda, tapi dari tulisan ini aku jadi banyak belajar bagaimana memilih kursi roda yang tepat. Semoga tulisan ini semakin banyak yang membaca ya.. agar orang orang tidak salah pilih saat membeli kursi roda

    BalasHapus
  29. ternyata banyak juga jenis kursi roda ya. Jadi nambah pengetahuan nih ttg kursi roda. dulu pernah mau beli buat alm. papa

    BalasHapus
  30. Pinginnya punya kursi roda yang kuat, tahan lama namun tetap ringan untuk penggunanya. Alhamdulillah, peruntukannya macam-macam, sehingga bisa menuesuaikan kebutuhan.

    BalasHapus
  31. Waduh, ayo BPJS-nya segera diurus dan diaktifkan mbak, biar kalau berobat bisa gratis apalagi saat kondisi darurat.
    Untuk kursi roda listrik, ada risiko tertentu saat digunakan nggak? Kayak error atau korsleting.

    Btw, nggak mau spill kisaran biaya masing-masing tipe kursi rodanya nih? Hehe

    BalasHapus
  32. Membaca ini saya jadi ingat dengan kalimat "Sehat itu mahal". Karena ternyata bahkan kursi roda pun jenisnya banyak sekali dan tak terkecuali harganya juga mahal. Semoga kita semua senantiasa dilimpahkan kesehatan ya, Mbak.

    BalasHapus
  33. Wah iya ya saat membeli kursi roda mesti ada banyak pertimbangan juga, karena kursi roda tipe tertentu memiliki kelebihan pada performa saat digunakan. Saya belum lama membelikan jenis manual untuk Bapak saya sesuai kebutuhannya

    BalasHapus

Chingudeul