Artikel

Inilah Kisah Aku dan Buku, sang Sahabat Setia Yang Tak Lekang Waktu – Baca Buku Biar Keren

02.45.00



“Buku adalah sahabat paling setia, rela mendampingi sepanjang waktu di manapun aku berada tanpa pernah memikirkan dirinya” – Abdurrahman Faiz

Pada Tanggal 23 April telah dipertingati sebagai hari Buku Sedunia. Bicara tentang buku, hal itu pastinya tidaklah lepas dengan kegiatan/budaya membaca. Dengan membaca buku, kita akan mendapatkan ilmu. Bahkan di dalam agama islam, Allah telah menurunkan wahyu pertama kepada Rasul-Nya dalam hal membaca/belajar. Sesuai dnegan firman-Nya dalam surat Al-Alaq ayat 1 – 5 yang berbunyi sebagai berikut ini :


Tulis Baca adalah kunci Ilmu pengetahuan.
1. Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan
2. Dia telah menciptakan anusia dari segumpal darah
3. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah
4. Yang mengajar (manusia) dengan perantara kalam
5. Dia mengajarkan manusia apa yang tidak diketahuinya.

Allah menganjurkan manusia untuk belajar baik itu membaca dan menulis, dikarenakan Dia adalah pengajar (‘Allamahul Bayan) bagi umat islam seperti yang tertulis dalam Surat Ar-Rahman, pada ayat suci Al-Qur’an

Sedangkan dalam sebuah hadis, seorang penyair mengatakan, bahwa kekuatan besar suatu bangsa berada pada ilmu. Karena saat ini, kekuatan itu tidaklah bertumpu pada harta dan kekuatan fisik, tetapi dalam hal ilmu pengetahuan. Karena sesungguhnya, orang yang tinggi dihadapan Alalh swt adalah mereka yang berilmu.

KISAH KASIH AKU DAN BUKU


“Buku dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah beberapa helai kertas terjilid berisi tulisan untuk dibaca atau yang kosong untuk ditulis”

Mengetahui anjuran dalam membaca atau menulis buku, saya kembali mengingat masa-masa indah dalam menggemari kegiatan tersebut. Sebuah buku sudah menemani saya ketika saya belajar di sebuah pendidikan taman kanak-kanak.

Lantas, beranjak memasuki sekolah dasar, kecintaan saya terhadap buku hanya sebatas kewajiban untuk belajar karena pekerjaan rumah (PR) ataupun sedang ada ujian sekolah. Selain itu, saya pun tak pernah menyentuh buku sama sekali. Namun, ada satu kebiasaan membaca buku yang membuat saya nyaman, yakni ketika teman sekelas membawa majalah bobo bekas yang didapakan dari tokonya. Saya ikut larut untuk membacanya. Melihat ilustrasi dengan warna kertas yang berwarna-warni membuat saya senang sekali membacanya. Namun, kebiasaan itu hanya bertahan sampai beberapa waktu, hingga saya beranjak memasuki Aliyah. Kecintaan saya kepada buku semakin bertambah.

“Buku dalam Kamus Oxford [book]n – [c] : number of printed sheets of paper fastened together in a cover.”

Terbiasa menghabiskan waktu istirahat di perpustakaan, membuat saya menjadi ketagihan untuk membaca buku-buku yang ada di sana. Tak jarang pula, saya mencoba menulis sebuah cerita. Menikmati suasana perpustakaan dengan tumpukan buku mampu menghipnotis saya untuk tinggal beberapa lama di sana. Buku apapun di sana, dari berbagai genre, akan saya baca. Kalau tidak kelar, akan saya lanjutkan keesokan harinya. Hingga meminjam buku tersebut, selain buku pelajaran pokok.

Dan ketika akhirnya saya dinyatakan lulus sekolah, saya menepis lagi dengan kecintaan terhadap buku. Karena sekali lagi, saya tak bisa menghabiskan waktu ke perpustakaan sekolah. Toko buku pun jauh dari tempat tinggal, aku pun juga harus bekerja.

Tetapi, selagi masih ada buku-buku koleksi kakak saya ada, akan saya membaca salahsatunya. Buku yang telah membuat saya termotivasi setelah membacanya adalah buku karangan Dale Carnegie yang berjudul “How to Win Friends and Influence People”

Sudah sobek, hehe


Selain itu, ada juga beberapa buku yang saya dapatkan ketika mengunjungi rumah teman kakak. Yaitu koleksi majalah Annida.

Ini Berjumlah 4 Buku


Buku-buku di atas adalah koleksi buku yang dari lembaran halamannya tersebut, saya bisa mengenal nama-nama penulis ternama seperti Helvy Tiana Rosa, dan Asma Nadi, serta yang lainnya. Selain itu, ada juga beberapa tips dan trik yang bisa saya praktikkan dan manfaatkan dalam kehidupan saya.

Hingga suatu hari ketika saya bekerja, saya dikenalkan oleh seorang sahabat dengan teman kuliahnya. Ternyata, dia yang kini menjadi rival saya, memiliki hobi menulis dan membaca buku. Malahan, dia seorang penulis yang tulisannya pernah meraih juara lomba kepenulisan di sekolahnya. Serta pernah dimuat di beberapa media lokal. Dia juga sudah lama sekali menekuni hobi membaca hingga koleksi bukunya banyak. Daripada aku yang belum punya buku hasil jerih apayah sendiri atau dibelikan orang-orang terdekatku.

Setelah berkenalan lama saya pun banyak belajar menulis cerita dengannya. Dengan mengikuti berbagai even , dan berburu buku di media sosial seperti halnya kuis buku.

Saya masih ingat, buku yang saya dapatkan dari penerbit yang sedang merayakan ulang tahun. Dan alhamdulillah saya bisa mendapatkan 2 buku pilihan saya sendiri secara gratis. Buku itulah yang menjadi muara perjalanan cerita saya tentang “Aku dan Buku” semakin erat hingga saat ini.

Sejak saat itu saya lumayan banyak rajin  berburu buku. Meski beberapa buku yang saya dapatkan, saya tetap membaca dan mengkoleksinya.

Selain itu, saya juga mulai berani membeli buku di toko buku di kotaku. Tak jarang pula saya membelinya via online.

Sebuah kepuasan tersendiri melihat tumpukan buku di atas rak buku. Berjejer dengan indah dan rapi, serta disalmpul plastik. Yang membuat buku pun nampak lebih cantik dan terawat.

ALASAN AKU GILA BUKU


Buku adalah sebuah komponen yang teramat penting. Bahkan pada saat abad ke-9, Ke-12, dan Ke-13 Masehi. Dalam rangka perang salib dan penyerangan bangsa Mongol Tar-Tar, yang pertama kali dihancurkan sebelum menghancurkan yang lain adalah perpustakaan. Buku-buku tersebut dibuang ke sungai Dajlah hingga memenuhinya. Sampai-sampai ada seorang penunggang kuda yang bisa melintas di atasnya hingga tepi sungai., membuat air sungai berbulan-bulan menjadi hitam pekat lantaran bercampur dengan tinta buku.

Astaghfirullah, , karena itulah, mengapa buku sangatlah penting. Dan karena itu pula saya tergila-gila dengan buku. Saya tak ingin lepas dari kemanfaatan buku. Dan berikut alasan saya kenapa gila untuk membaca buku.

1. Buku membuat kita “Pintar”


Mengingat ungkapan buku adalah jendela dunia. Kira-kira, seberapa lebarkah “jendela” tersebut terbuka untuk menambah pengetahuan ?
Hal itulah yang membuat minat saya untuk membaca buku semakin bertambah.

Dengan membaca buku, kita bisa menjadi cerdas, tak hanya mendapatkan ilmu baru, tapi juga membuka wawasan dan menjelajahi setiap tulisan dari membaca buku itu sendiri.

2. Sesuai dengan anjuran Allah SWT.


Di awal perbincangan tadi, saya sudah menyinggung jika Allah telah menganjurkan makhluk-Nya untuk belajar dengan melalui Qalam yang bisa diartikan dalam media bentuk apapun, seperti halnya buku. Dengan adanya buku, saya bisa membaca dan menulis untuk menambah pengetahuan saya.

3. Sahabat yang tak pernah lelah menemani


Sahabat yang tak pernah ingkar adalah buku. Dengan buku, saya bisa larut di dalamnya tanpa bisa lari sedikitpun dari pandangan lembaran kertasnya. Pernah ketika saya sedih, saya berdiam diri di dalam kamar, sembari membaca buku. Dan hasilnya, saya lumayan terhibur karena bisa lupa dengan masalah saya, dan fokus dengan apa yang sedang saya baca, yakni buku. Bahkan, ketika teman-teman sedang asyik berbincang-bincang yang tak tentu arah, saya menghabiskannya dengan membaca buku, hingga mereka pun berbalik arah mengomentari saya yang diam tertunduk membaca buku. Hehhee

Buku Yang Baru Saya Beli dan Ada Yang Belum dibaca


4. Asupan Gizi yang baik untuk otak


Tak hanya tubuh yang membutuhkan banyak suplai makanan dan minuman yang menunjang aktifitas. Otak pun juga memerlukan gizi yang pas, supaya dapat mencerna berbagai suplai makanan berupa ilmu pengetahuan. Dengan melalui buku, saya banyak mendapatkan ilmu baru, pelajaran baru, dan kosakata baru. Saya tak habis pikir, apa jadinya jika otak saya tanpa gizi berupa tulisan-tulisan di dalam buku yang saya baca. Mungkinkah akan seperti benda yang kosong melompong. Naudzhubillah.

5. Baik untuk kesehatan tubuh.


Membaca buku itu memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, di antaranya adalah : dapat menurunkan rasa stress kepada pikiran kita, organ otak akan tetap aktif dan tajam, menangkal penyakit alzheimer, serta mencegah insomnia.

Makanya, buku itu salahsatu pelarian yang pas ketika sedang stress. Hehee

6. Memiliki banyak teman


Karena hobi membaca buku, saya juga mendapatkan keuntungan untuk berkenalan dengan peminat buku, di seluruh penjuru negeri. Kami pun sering sekali memberi informasi jika ada sebuah lomba ada kuis buku. Hal itu sangatlah menyenangkan.

Karena itulah, saya sangat gila terhadap buku. Apalagi ada diskon atau obral buku. Hehehehe

JENIS BUKU YANG KUSUKAI


Jujur, saya tidak pernah pilih kasih untuk membaca buku dalam bentuk apapun. Selagi ada waktu, akan saya gunakan membaca buku. Baik itu ber-genre komedi, sejarah, motivasi, horor, fiksi, dan nonfiksi, atau pun lainnya, walaupun itu berbentuk e-book, akan saya baca. Walau kadang kala harus sesuai dengan mood. Namun kemudian, buku yang telah saya baca akan saya usahakan untuk meresendi atau me-reviewnya di sini. Meski masih pemula tapi saya akan terus berusaha belajar hehehe.

Berikut saya sertakan pula koleksi buku saya.


Koleksi Buku Saya




Buku Habis Berburu Buku di Media Sosial


Buku-buku di atas menurut saya masih terlihat sedikit. Meski sebagian memang ada yang belum saya baca. Cita-cita saya bisa memiliki reading corner di rumah. Dan bisa saya jadikan sebuah surga untuk rumah saya. Hehee

“I’ve always imagine that paradise woul be some kind of library,”
– Jorge Louis Borges

Selain itu, saya juga memiliki cita-cita bisa memiliki sebuah perpustakaan untuk umum. Guna membangun dan menumbuhkan minat baca orang-orang maupun anak-anak di lingkungan sekitar.

Pasalnya, menurut informasi yang saya baca di sebuah majalah mengatakan jika penduduk Indonesia prosentase membacanya 1 : 1.000 . Wah, angka yang tidak seimbang bukan ?

Maka dari itu, untuk memper erat jalinan anatara saya dan buku. Saya ingin sekali mengenalkan kepada orang-orang sekitar dengan buku.

Walaupun ada ocehan dari sana-sini tentang kebiasaan saya membaca dan mengkoleksi buku. Saya akan tetap berusaha cuek dan mengabaikannya. Buku memberikan banyak pencerahan kepada mata, hati dan pikiran saya. Kalian pun juga bisa merasakan atmosfir yang sama dengan saya melalui buku.

Dengan membaca buku, saya banyak memperoleh hikmah dan manfaat di dalamnya. Hobi membaca itu mengasyikkan teman-teman. Setelah kita selesai membaca buku, kita juga bisa sharing ke media sosial kita untuk dibagikan isi dari buku tersebut. Nha, jika ada penerbit buku tersebut tahu, kita juga bisa berkesempatan untuk menerima feedback buku juga lho. Apalagi teman-teman yang juga membaca review kita juga ikutan beli buku tersebut. Menyenangkan, bukan ? hehehe

Makanya, kalau ingin keren, yuk baca buku, teman-teman. Semakin banyak buku yang dibaca, kita juga akan terdorong untuk menulis buku.

So that way,  saya akan tetap menekuni hobi membaca ini. Biarkan orang-orang di sekitar bilang apa. Yang penting saya bahagin dan enjoy bersama buku.  Hehehe

Referensi :

[1] Majalah Al-Falah
[2] Goodreads
[3] Literasi.net
[4] Al-qur’an dan terjemahannya
[5] Kamus Besar Bahasa Indonesia
[6] Kamus Oxford


Lomba “Aku dan Buku”
Oleh Penerbit Exchange


You Might Also Like

38 komentar

  1. Komplit bin lengkap... aku sama sekali belum ngedraf... semalam tepar seharian ngurus rumah.. heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, makasih banyak mbak Witri…
      Smangat buat mbaknya ^_^

      Hapus
  2. Sebagai sesama pembaca buku, saya senang kalau bertemu dengan orang2 yang suka baca buku :) semoga menang lombanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hhee… Salam kenal ya mbak.e
      Amin ya robbal alamin…
      Makasih ya mbak ^_^

      Hapus
  3. Wah keren, lengkap dan detail (Y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hhee… Terima kasih mbak Ratna…
      punyae smean juga lengkap pake banget mbak Ratna.. hhee ^_^

      Hapus
  4. Balasan
    1. Alhamdulillah…
      Terima kasih banyak ya mbak Windah… ^_^

      Hapus
  5. Balasan
    1. Amin Ya Robbal Alamin…
      Terima kasih bnyak ya mbak Diah. Hhee ^_^

      Hapus
  6. Bikin postingan juga dong tempat beli buku online yg bagus mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Weh… itu bisa jadi ide bagus buat postingan blog mbak.
      insyaAllah mbak. Tapi itu sepertinya masuk listku hhee
      makasih bnyak udh berkunjung ya mbak ^_^

      Hapus
  7. Buku memang sahabat setia, ya. Kemana-mana pasti dibawa serta. Goodluck lombanya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehee… iya mbak, sahabat setiaku.
      Seneng banget punya sahabat bernama buku ^_^
      Amin YRA. Terima kasih banyak ya mbak ^_^

      Hapus
  8. buku tu teman sekaligus guru yang paling setia dan sabar ya mbak. kita ga mudeng, di baca berulang-ulang juga gak bakalan marah dia. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xixixixixi iya pake banget baiknya mbak, buku itu
      Ngerti ga ngerti, kita bakalan dapet ilmu dari membacanya hhhee
      Terima kasih udh berkunjung ya mbak :D

      Hapus
  9. Dl aku nyebut buku itu pacar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ehhheee.. pacar yang sangat setia dan tak akan menikung ya mbak. hhee

      Hapus
  10. Buku oh buku, kangen ama buku :( Yuk banyak2 membaca sebelum datang masanya sibuk dan susah membaca buku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hhee.. bener banget mbak. Memanfaatkan waktu yang ada untuk membaca buku
      Terima kasih udah berkunjung ya mbak ^_^

      Hapus
  11. Waah..koleksi bukunyabanyak ya mbak. Tapi memang bener kok, kalo dengan membaca buku, wawasan kita akan bertambah luas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehee… iya mbak, secara tidak langsung, kita dapet manfaat dari membaaca buku tsb hhee
      Bukunya masih kurang itu mbak :3
      Makasih bnyak ya mbak, udah berkunjung hhee ^_^

      Hapus
  12. Asyiik kita sama-sama suka baca buku ya, mba. Salam kenal; )
    Sukses lombanya ya, mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah iya mbak..
      salam kenal juga
      terima kasih banyak ya mbak ^_^

      Hapus
  13. Menarik banget tulisannya mbak. Harus dibudayakan untuk selalu membaca buku nih. Soalnya buku itu selalu kaya dengan wawasan dan pengetahuan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih bnyak ya mbak Widya ^_^
      he.eh mbak, budidaya untuk senantiasa membaca ^_^
      setuju skli mbak widya ^_^

      Hapus
  14. Waah.... benar2 suka dengan buku ya. Semoga berhasil mendapatkan paket buku yang diharapkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehee banget, mbak ^_^
      Amin ya robbal alamin..
      mkasih bnyak ya mbak ^_^

      Hapus
  15. Rejeki dan eksistensi blogger desa tak kalah dengan blogger kota. AKu merasakannya sendiri. Semangat ya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehee insyaallah iya...
      terima kasih banyak ya kak admin ^_^

      Hapus
  16. Uhm..rivalnya siapa yaa ? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. eng ing eng....
      siapa yaaa... heee
      trimkasih udh berkunjung ya mbak :D

      Hapus
  17. Di dalam buku tentu terkandung banyak ilmu yang bermanfaat mbak. Sangat setuju dengan semua alasannya.

    Ulasannya sangat menarik. Senang sekali dapat berkunjung ke laman web yang satu ini. Ayo kita upgrade ilmu internet marketing, SEO dan berbagai macam optimasi sosial media pelejit omset. Langsung saja kunjungi laman web kami ya. Ada kelas online nya juga lho. Terimakasih ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak.. setuju bnget. banyak hal yang bisa didapat dari sbuah buku

      terima kasih banyak, kak..
      insyaallah.. saya akan berkunjung balik untuk juga bisa belajar SEO pastinya
      terimkasih juga untuk info serta kunjungannya ^_^

      Hapus
  18. Buku itu memang seperti sahabat ya, ketika memiliki masalah, dengan menenggelamkan diri baca buku, membuat masalah terlupakan sejenak :)

    BalasHapus
  19. Saya juga booklovers Mbak. Entah kenapa kalau udah sama buku suka asyik sendiri :)

    BalasHapus
  20. "Walaupun ada ocehan dari sana-sini tentang kebiasaan saya membaca dan mengkoleksi buku. Saya akan tetap berusaha cuek dan mengabaikannya."

    ---> Iyaa cuekin aja. Mendingan ngoleksi buku dong daripada ngoleksi utang :D

    BalasHapus
  21. Membaca itu memang asyik. gak tahu jadi tahu. dan yg tahu jadi makin taahuu :D
    Sukses lombanya ya say :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...