Review

Sri Rahayu dengan Tips Memasak Yang Lezat dan Mudah

18.55.00



Assalamu’alaikum....
Kembali berjumpa dengan saya lagi. Hehehe... bagaimana keadaan puasanya? Masih ada yang bolongkah, atau masih full? Udah dapat berapa juz nih, tadarusnya? Hal menarik apakah yang kalian jumpai pada bulan ramadhan kali ini? Semoga puasanya senantiasa memberikah berkah bagi kita semuanya, ya... Amin

Oh iya, kali ini saya mau sedikit berbagi kisah inspiratif dari seorang momblogger yang bersomisili di pulau Dewata Bali yang bernama Sri Rahayu. Masih dalam ajang arisan link yang diadakan oleh grup Blogger Perempuan beberapa bulan yang lalu.


Kebetulan bulan ini mbak Sri Rahayu yang mendapatkan arisan linknya. Oleh sebab itu saya mau mengupas sedikit banyak tentangnya yang sangat menggemari kegiatan memasak ini.

Mbak Sri Rahayu

Berawal dari hobi sedari kecil bermain masak-masakan bersama teman sepermainannya, serta mempunyai darah kuliner dari keluarganya, membuat mbak Sri Rahayu yang biasa dipanggil mbak Yayuk ini mampu menekuni aktifitas memasak dengan varian bahan dan bumbu itu hingga saat ini. Lebih lagi, dia Mbak Sri Rahayu mampu berkutat selama 20 jam di dapur. Tak Jarang juga, hasil makanannya tersebut diberikan kepada tetangga dekatnya. Saya juga mauh mbak, jadi tetangganya mbak Yayuk ini, heuheu… *maunye…

Menurutnya, setiap wanita yang telah menikah, mau tidak mau harus bergelut dengan urusan SDK atau biasa dkenal sebagai Sumur, Dapur, dan Kasur yang menjadi kodrat alamiahnya. Tak sedikit pula di antara mereka yang melepas tanggung jawab tersebut dengan membayar tenaga orang lain untuk melakukannya [pembantu]

Namun, mbak Sri Rahayu ini memberikan kesempatan penuh untuk memasak dengan melakukannya sendiri. Karena menurutnya [lagi], memasak makanan dengan penuh cinta itu, bisa memberikan hasil atau rasa yang berbeda dibandingkan dengan masakan yang dimasak orang lain tanpa cinta.


“Cinta memiliki magnet yang bisa menarik siapa saja, oleh karena itu bumbu cinta adalah bumbu yang sama pentingnya dengan bumbu masakan orang lain. Artinya bumbu cinta mutlak harus ada di dalam rumah. Namun jagalah jangan sampai bumbu cinta yang terlarang masuk dalam makanan yang akan dimakan keluarga”


Begitulah kutipan kata-kata yang dituturkan mbak Sri Rahayu dalam postingannya terkait memasak.

Sedikit mau curhat nih teman, hehehe. Sebenarnya, meski saya masih belum berumah tangga pinginnya juga bisa masak, meski kadang juga belajar masak jenis ini itu tapi yang bahannya simpel dan mudah selesainya. Seperti menumis terong, kacang, atau sayur sop, yang sekiranya bahan-bahannya tidak terlalu banyak. Pasalnya saya memasak kadang kalau kebetulan di rumah nggak ada Ma’e, atau mencoba eksperimen memasak untuk sarapan. Hehehe... nah, kira-kira, sejauh mana nih antusias teman-teman dalam hal memasak?

Kembali ke topik utama tentang mbak Sri Rahayu ya, temans...

“Memasak itu sebenarnya bukanlah hal yang sulit, selagi kita mau mencoba” kata mbak Sri Rahayu. Iyah, setuju sekali mbak, memang kalau setiap hari belajar dan telur bereksperimen memasak dengan masakan dari yang simple meski hanya sekedar menjerang air, atau menggoreng telur mata sapi, pasti ada rasa senang jika mampu menyelesaikannya. Hehe...

Nih, saya mau bagi-bagi Tips Memasak dan Lezat ala Mbak Sri Rahayu. Check this out yuk, temans...

TIPS MEMASAK MUDAH DAN LEZAT


1. Hilangkan Semua Pakem Dan Aturan


Seumpama akan memasak soto, tapi tak ada ketumbarnya karena habis, sehingga kita tak jadi memasak. Tapi, kita bisa tetap memasak dengan bumbu yang lebih simple tanpa aturan atau pakem dengan mengganti bumbu lainnya. Jadi, kita bisa menikmati soto ala kita sendiri dengan bumbu yang minimalis.


Kalau kita terbiasa terjebak pada aturan memasak, maka kreatifitas dalam masakan tidak dapat berkembang. Kita akan tahu efek pengguna bumbu masak tertentu pada masakan bila kita tidak ragu untuk mencobanya.

2. Siapkan Bahan Masakan Sebelum Memasak


Jika kita memiliki keterbatasan waktu, kita bisa mempersiapkan bahan masakan jauh sebelum kita memasak. Terutama bumbu dan sayuran dalam kondisi bersih dan sehat.

3. Mulailah Dengan Membaca Bismillah dan Perasaan Yang Tenang


Poin yang satu ini juga perlu, karena sebelum kita melakukan sesuatu pekerjaan dibiasakan untuk membaca bismillah. Ditambah dengan perasaan senang, mampu berefek dengan masakan kita nih, teman. Oh iya, kalau Ma’e saya mengatakan, jika akan meracik bumbu untuk dimasak, lebih baik sembari membaca surat Al Kautsar.  Supaya cita rasa masakannya nanti terasa nikmat. Resep membaca surat Al Kautsar tersebut didapat dari Mertua Kakak saya yang dulu pernah memiliki warung yang laris manis karena masakannya enak. Hehehe. Catet nih, teman-teman :D

4. Hilangkan Semua Beban Dan Ketakutan Akan Tidak Enaknya Masakan


Nah, kalau lagi memasak sembari memikirkan beban perasaan atau kepikiran ntar hasil makannya tidak enak, bisa mempengaruhi rasa makanannya loh. Jadoi, bukan hanya manusia saja yang nggak mau digosipi atau di suudzon’i sama orang lain. Masakan aja juga bakalan ngambek tuh, hehehe... 


5. Masaklah Masakan Dengan Bumbu Yang Simple


Nah ini adalah tips yang terakhir dari mbak Sri Rahayu. Seperti yang di atas sebelumnya kalau ada keterbatasa waktu, cukup memasak dengan bumbu yang sederhana saja.






Oh iya, saya juga mau memberberkan kalau Ibu dari Muhammad Farhan Raditya Putra dan Favian Attar Firdaus ini telah menelurkan 23 judul buku yang berhasil dikarangnya sendiri dengan tema masakan serta berbagai buku non fiksi lainnya. Beh, keren bukan? Hehehe...


Selain menekuni kegiatan memasak untuk mengusir kesepiannya juga kegiatan menulis, mbak yang menyukai warna pink, biru, dan merah hati ini memiliki hobi yang tidak kalah seru lagi. Yaitu bermain outdoor dan traveling loh. Masih ada juga nih, kalau sebenarnya, mbak yang berbintang virgo ini juga suka untuk membuat pantun atau puisi. Tapi, dia juga bisa nyamber nih, kalau seumpama ada teman yang mengajaknya berpantun, atau saling balas membalas pantun, mbak Sri Rahayu jagonya. Hehehe... bahkan dia ingin bisa membuat puisi yang isinya tentang masakan. Weh... kayak apa itu ya mbak... :D

Mbak Sri Rahayu yang merupakan lulusan Fakultas Pertanian di Universitas Brawijaya Malang ini, menuangkan seluruh tulisannya pada blog www.istanabundavian.com . yang berisi tentang keluarganya, cerita kesehariannya, serta resep-resep makanannya. Buat mbak Sri Rahayu, saya ingin mengusulkan untuk bisa menambahkan laman “About Me” nya, supaya pembaca tidak perlu mencari pada arsip blog. Sehingga pembaca lebih bisa mengenali, oh ini author blognya, hehee...   

Mungkin itu aja sedikit banyak kisah inspiratif mbak Sri Rahayu yang telah memulai blogging di tahun 2012 ini. Semoga apa yan saya sampaikan juga bermanfaat bagi kita semua, terutama bagi saya tentunya.

Ada nih satu quote tentang kecintaan mbak Sri Rahayu tentang masakan yang bisa kita ambil.

"Bring Healthy Food to Choice"

Kalau kalian ingin lebih mengenal mbak Sri Rahayu lebih dekat lagi, bisa akses akun sosial medianya berikut ini ya, temans.

Twitter : @rahayu_sp
Facebook : Sri Rahayu
Google + : Sri Rahayu
Instagram : @sri.rahayu.sp

Jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya...

Akhirul Kalam,
Wassalamu’alaikum ^_^


You Might Also Like

3 komentar

  1. kelihatannya simpel yaa tips memasak ala mba Sri Rahahyu, intinya memasakalh dengan hati heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mba Ophi...apa kabar? Hihihi. Karena kunci setiap kelezatan makanan ada pada hati.

      Hapus
  2. Layak di coba ini, saya jarang masak nih mbak
    Suka ragu, takut ga enak takut ini itu dll hihi

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...