Artikel

Mengasah Kemampuan Motorik Halus Anak dengan Fubby Jelly

06.27.00




Bismillaahirrohmaanirrohim…
Halo man teman… Minggu kemarin, saya memiliki kegiatan Quality Time bersama keponakan saya, Lulu. Dia yang kini masih berumur 3 tahun sangat aktif sekali dalam menirukan kegiatan orang-orang di sekitarnya. Tak hanya itu, dia cukup pandai mengasah bahasanya, apalagi dalam menirukan gaya bahasa, maupun tutur kata orang-orang terdekatnya terdekatnya. Tak hanya itu, bahkan dia tipe anak yang jarang merespon suatu hal,tapi dia bisa menangkap dengan cepat hal tersebut meski dia sering sekali menggubrisnya. Contoh kecil. Ketika dia ikut ngaji bersama kakaknya yang berusia 9 tahun, dia selalu menyimak do’a sebelum mengaji, tapi dia menyimak secara putus nyambung. Kadang dia sambil bermain atau apalah. Tapi nggak taunya, beberapa hari kemudian, dia sudah hafal doa tersebut.


Karena hal itu juga, dengan masa-masa emasnya Lulu tersebut, saya juga ingin mengembangkan kemampuan motorik halusnya  sebelum dia masuk sekolah taman kanak-kanak. Sehingga bekal yang dia miliki cukup nantinya. Hehhe…

APA ITU FUBBY JELLY?


Flubby Jelly adalah sebuah kegiatan yang dilakukan untuk merangsang motorik halus anak dalam mengenalkan berbagai macam tekstur dengan nama gayanya yang disebut sebagai Sensory Play. Selain itu Flubby Jelly juga bisa mengasah kemampuan kognitif anak dengan menyebutkan warna apa sajakah yang ada pada jelly serta menghitung jumlahnya. Jadi, dalam satu kegiatan tersebut mencakup pengembangan kemampuan anak dalam bidang motorik halus, juga kognitif anak.


Dari pengalaman bermain Flubby Jelly kemarin, awalnya Lulu juga risih dan jijik untuk menghancurkan jelly di tiap-tiap baskom kecil yang telah saya siapkan. Padahal dia sangat amat menggemari jelly, namun begitu dia saya suruh untuk menghancurkan secara lembut jellynya untuk mengawali kegiatan Flubby Jelly, dia menyuruh saya untuk melakukan dahulu. Hohoho….


Setelah saya memandunya, akhirnya dia mau juga untuk menghancurkan jelly dalam tiap wadah dengan semangat. Saya juga memberikannya aba-aba untuk seluruh jelly bisa menjadi kepingan kecil-kecil. Setelah itu, saya juga sudah siapkan beberapa cetakan yang nantinya Lulu gunakan untuk mengcampur tiap jelly yang berwarna-warni itu pada cetakan kecil dari mainan miliknya.

Akhirnya dia senang sekali dan asyik melakukan itu. Nah, sebelum terisi sepenuhnya jelly pada cetakan saya menanyai Lulu seperti ini. Ini ada warna apa aja, Lu? Jadi, ada berapa warna jellynya, Lulu? Nah, dari situ dia langsung menjawab pertanyaan saya, kalau dalam mengenalkan warnanya Lulu sangat cakap. Nama warna yang disebutkannya benar, dan untuk menjawab jumlah, yang berkaitan dengan angka, Lulu maish belum terlalu paham, kadang terlalu cepat menyebutkan, jadi, seumpama warnanya berjumlah 4, dia terburu-buru menghitung hingga dia menyebutkan ada 5 warna. Hehehe….

Flubby Jelly Milik Lulu
 
Tapi pastinya, Minggu kemarin saya cukup senang menemani keponakan saya dalam bermain kegiatan yang positif. Nah, kira-kira dati man-teman atau bapak ibu yang mungkin terdampar di sini, atau kebetulan singgah, ingin mencoba membuat Flubby Jelly ini bisa banget loh. Bahan yang dibutuhkannya pun cukup sederhana dan mudah didapatkan.

BAHAN-BAHAN YANG DIBUTUHKAN UNTUK MEMBUAT FLUBBY JELLY

- Sediakan 1 sachet jelly instan dengan warna dan merk apa saja *opsional, bisa lebih dan bisa memakai jelly merk yang biasa saja*
- Pewarna makanan dengan warna terserah yang nantinya bisa dicampur dengan jelly instan tadi, supaya terurai menjadi warna lain selain warna asli jelly instan
- 2 liter air secukupnya 





CARA MEMBUAT FLUBBY JELLY

Cara membuatnya sama halnya ketika kita ingin membuat jelly, tapi di sini bedanya Flubby Jelly tidak menggunakan gula. Dengan mendidihkan air secukupnya, lalu masukkan jelly instan. Jika memakai satu jenis warna jelly, kalian bisa membagi separuh untuk warna asli jelly, sedangkan separuhnya lagi bisa dicampur dengan warna lainnya yang lebih kuat sehingga menghasilkan warna yang berbeda. Tunggu sampai benar-benar mendidih, lalu tiriskan dalam sebuah loyang hingga dingin dan mengeras. Kalian bisa mengkombinasikan salahsatu jellynya dengan memasukkan ke dalam lemari es, supaya jelly memiliki sensasi tersendiri.  Tapi kebetulan kemarin nggak ada kulkas di rumah, jadi ya, terpaksa saya hanya mendinginkan secara manual saja jellynya. Hehehe….




Nah kan, gampang banget kan cara buatnya. Nantinya kalian bisa mengeksplor Sensory Play anak dalam bermain Flubby Jelly tersebut. Selain itu, kalian juga bisa menambahkan cetak yang beragam loh untuk nantinya sebagai wadah dari remahan jelly yang sudah dihancurkan. Kita juga bisa membuatr variasi jelly yang berbeda sesuai selera kreatifitas kita nantinya dengan menyelipkan sebuah benda di dalam larutan jelly yang masih berbentuk cair. Sehingga anak bisa terangsang untuk mengambil benda tersebut atau pun hal-hal lainnya. Tapi, sebelumnya anak juga bisa dites untuk menyebutkan warna apa saja serta hitung jumlah warna dari jelly tersebut. Jadi, dalam 1 permainan dia mendapatkan dua aspek penting yaitu motorik halu dan juga kognitif.



Tertarik untuk mencoba membuat Flubby Jelly? Yuk mari share dan buatkan untuk anak, keponakan, atau adik kita. Heheh… supaya kreatifitas mereka juga ikut berkembang.

Yang masih asyik mainan Flubby Jelly dicampur air. hee

Mungkin itu aja yang bisa ku-share  kali ini Mengasah Kemampuan Motorik Halus Anak dengan Fubby Jelly, semoga bermanfaat yaa… don’t forget to drop your comment ya,  feel free ya gaes.

Khoirur Rohmah,
8 Oktober 2016


You Might Also Like

26 komentar

  1. Macam dan makin beragam aja yaa mainan anak srkarang fuby jelly slimee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hhhe.. iya mbak... Mirip sama Slime, Flubby Jellynya :D

      Hapus
  2. kreatif banget mbak, ntar aku cobain buat mainan sama ponakan :)

    BalasHapus
  3. Aku pernah liat Gempi dan Gisel main jelly-jellyan juga entah jelly yang sama atau nggak sama flubby jelly ini. Tapi yang satu ini bikinnya mudah juga ya kayaknya, aku kira rumit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak... ini hasil liat dri IG nya mb Gisel sama Gempi. Jadi lah mau dipraktekin biar tahu hasilnya. hhee Simple banget buatnya :)

      Hapus
  4. Tante yang cerdas dan baik :)

    Enaknya Lulu, tantenya peduli banget padanya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kyaa... mbak Niar :D
      Kebetulan aja waktu senggang, jadi ngajakin Lulu main edukatif dripada sibuk nyari perhatian orang2 di rumah hhe

      Hapus
  5. penasaran juga sama flubby jelly, pasti Wahyu senang banget kalo main ini :)

    btw tatto kupu-kupunya lulu, lucu banget deh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hee.. ayok ajak Wahyu main Flubby JElly ini mba :D

      Ehh... itu hadiah jajan permennya si Lulu, mbak. wkwkwkwk

      Hapus
  6. Waw seru ini pakai media jelly. Tante yg kreatif, mba :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak.. Lebih murah juga :D
      Hhhee.. masih belajar buat kreatif bikin permaianan edukatif :)

      Hapus
  7. Simpen ^^
    Mau belajar ngasuh sama mba nih. Biar bisa ngajak main yang bersifat edukatif gini :)

    BalasHapus
  8. aku pikir yang dijual kaya bulet2 dicemplungin air itu, ternyata jelly beneran ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkwkk... iya mbak, hanya Jelly :D

      Hapus
  9. Kalo adekku aku suruh beginian pasti lebih milih dimakan wkwkwk :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduuhh... umur berapa adiknya, kak? hhee
      Mungkin bisa diberi tahukalau jellynya nggak ada gulanya trus nggak bisa dimkan. hhee.. :D

      Hapus
  10. Faraz jg suka main flubby jelly, awalnya sih dia ragu, malah sampe teriak2 gak mau sentuh. eehh setelah coba main keesokannya jadi ketagihan, susah diajak berhentinya.
    Ayooo Lu, main ama adek Faraz yuks :D

    Rohma udah jago nih jagain ponakan ;)

    BalasHapus
  11. Jadi pengen nyoba buat dimas neh, TFS mba

    BalasHapus
  12. Permainan yang asyik, nih... bisa merangsang motorik anak sekaligus membantunya mengenali bentuk dan warna. Asyik banget ya

    BalasHapus
  13. aq suka bgt nih maenan beginian mba, pasti seru klo maen ramean :)

    BalasHapus
  14. Wah seru yaa.. tapi kasihan jelynya jadi mubazir. Ada bahan pengganti lainkah?

    BalasHapus
  15. Wah seru yaa.. tapi kasihan jelynya jadi mubazir. Ada bahan pengganti lainkah?

    BalasHapus
  16. Kalau dipakai gula, bisa langsung buat makan nih ya mba. hihiii

    BalasHapus
  17. Waaaahhh idenya menarik nih. Kebetulan lagi bingung mau kasi aktivitas/ mainan apa buat anak.
    Thx mbak :D

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...