Perkembangan Pembangunan Infrastruktur Hasil Kerjasama Indonesia dan Jepang

Agustus 27, 2018




Infrastruktur di berbagai tempat di Indonesia tidak lepas dari keterlibatan negara yang terkenal dengan bunga sakura tumbuh tersebut, yakni Jepang. Selama kurang lebih dari 60 tahun bekerja sama dengan Indonesia, sungguh memberikan banyak manfaat dan dampak positif untuk pengembangan bagi tenaga ahli di bidang konstruksi yang ada dalam negeri.

Mengapa pembangunan Infrastruktur sangat dibutuhkan dalam pembangunan sebuah negara?

Dikarenakan Infrastuktur menjadi sebuah hal pokok, dan salahsatu aspek utama agar pembangunan infrastruktur yang ada dalam sebuah negara dapat berjalan dengan sangat efektif. Oleh karena itu, dibutuhkan adanya kerjasama dengan mitra yang ada di dalam negeri pun juga ada di luar negeri. Dan salahsatu investasi yang dilakukan oleh mitra luar negeri Indonesia, yakni Jepang tertuju untuk pembangunan infrastruktur khusus fasilitas publik. Seperti pengelolaan daerah aliran Sungai Brantas, kemudian pembangunan untuk Sabo Dam yang ada di Jawa Tengah, sektor jalan tol, dan lainnya.

infrastruktur
Pict by Pixabay

Tentunya pembangunan infrastruktur hasil kerjasama dengan perusahaan-perusahaan dari Jepang untuk perkembangan Indonesia ini memberikan banyak peluang lapangan pekerjaan bagi masyarakat Indonesia, dan juga dapat meningkatkan bagi pertumbuhan ekonomi di Tanah Air ini.

Rentang waktu yang cukup lama dalam bekerjasama ini, membuat Duta Besar Jepang di Indonesia, mengatakan akan terus memberikan komitmen bagi kerjasama yang sudah terjalin untuk berkontribusi dalam hal pembangunan serta ekonomi yang ada di Indonesia. Salahsatunya dalam bidang pembangunan MRT.

Dalam sebuah Simposium yang diadakan beberapa waktu lalu di Jakarta ini mendapatkan hasil, bahwasanya di Indonesia akan dibangun sebuah MRT yang dibuat sama seperti yang ada di Negara Sakura, Jepang. Selain itu, tenaga yang diturunkan pun tidak lain adalah sumberdaya manusia yang ada di Indonesia.

infrastruktur

Selain membahas tentang pembangunan MRT, pada simposium tersebut juga telah menjadi ajang untuk flashback kerjasama yang telah di lakukan Jepang untuk Indonesia. Baik dari sejak zaman krisis moneter, era reformasi, maupun saat terjadi bencana alam yang ada di Indonesia. Oleh karenanya, investasi yang dilakukan Jepang ini memberikan banyak sekali dampak positif terutama dalam hal peningkatan ekonomi. Bahkan melihat dari track record yang dilakukan Jepang untuk negara – negara lain selalu memberikan dampak yang besar untuk perkembangan sebuah negara tersebut. Sehingga, kerjasama yang melibatkan Jepang dan Indonesia ini akan erus dipertahankan.

Bahkan dengan adanya dampak positif untuk pembangunan infrastruktur, Jepang juga memberikan banyak dampak untuk peningkatan kapasitas bagi sumberdaya manusia yang ada di Indonesia. Hal itu dapat dilihat dari pembangunan bendungan yang ada di Indonesia pada tahun 1960 sampai tahun 1970, dimana saat itu para insinyur yang ada di dalam negeri memiliki kemampuan yang sangat meningkat secara signifikan, bahkan juga telah tercipta sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pengelolaan khusus sumber daya air.

Jika dirunut secara lebih rinci lagi, infrastruktur publik yang telah terbangun di Indonesia selain yang disebutkan di atas adalah Bendungan yang ada di Selorejo, Lahor, Wingi, juga Karangkates. Bahkan Sabo Dam yang berfungsi sebagai tempat riset juga untuk pengembangan teknologi ini telah tersebar di berbagai tempat yang ada di Indonesia.




Ada banyak manfaat juga dampak yang tercipta berkat kerjasama Jepang untuk pembangunan infrastruktur yang ada di Indonesia. Meski ada beragam pihak mengatakan, kalau adanya pembangunan infrastruktur ini tidak memiliki pertumbuhan ekonomi yang cukup untuk daerah, melainkan untuk badan BUMN saja. Namun di lain sisi, salahsatu pihak mengemukakan jika pembangunan infrastuktur memiliki dampak positif dalam memperbaiki perekonomian yang ada di dalam negeri ini.

Semoga dengan adanya kerjasama antara Jepang dan Indonesia ini memberikan dampak panjang untuk menjadikan negara Indonesia sebagai negara yang memiliki penghasilan lebih tinggi, demi kemakmuran dan kelangsungan hidup masyarakat. Bahkan warga juga dapat merasakan hasil pembangunan infrastruktur yang telah dibangun secara cepat.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Feel free to drop your comments.

You Might Also Like

10 komentar

  1. Semoga dengan adanya kerjasama dengan Jepang membuat perekonomian Indonesia menjadi lebih baik ya ...

    BalasHapus
  2. Sangat membantu sekali ya dengan adanya kerjasama seperti ini ...

    BalasHapus
  3. Dengan adanya kerjasama seperti ini mempererat hubungan antara Indonesia dengan Jepang ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyup, bisa berdampak yang positif untuk indonesia nih

      Hapus
  4. Membantu perekonomian masyarakat Indonesia juga ya dengan dibangunnya infrastruktur :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, kerjasamanya mereka kan supaya masyarakat dapat ikut merasakan manfaatnya jhheeee

      Hapus
  5. Harus dipertahankan hungan seperti ini ya ...

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Contact Me

Jika ingin mengontak saya untuk keperluan publikasi, kerjasama, ataupun pertanyaan lain tentang blog ini bisa dengan mengirim email langsung ke rurohma95@gmail.com.
Terima kasih -
Copyright by Khoirur Rohmah
Fastabiqul Khoirots

Like us on Fanpage

Kicauan Saya