Tata Cara Pernikahan Adat Palembang Yang Penuh Makna

November 10, 2018



Momen pernikahan memang sering dirayakan atau diramaikan sebagai suatu wujud rasa syukur. Masing-masing daerah memiliki tata cara adat pernikahan yang berbeda-beda. Begitu pula dengan daerah Palembang yang masih kental dengan adat kesultanan. Karena masih kental dengan adat dan budaya, tentu tata cara yang dimilikinya memiliki kesan dan makna yang kuat. Anda yang penasaran tentang tata cara pernikahan adat Palembang, simaklah artikel ini dengan seksama.

7 Tata Cara Pernikahan Adat Palembang

Berikut ini kami telah mempersiapkan beberapa informasi penting yang berkaitan dengan pernikahan adat Palembang,
                                                                                        

1. Tata Cara Madik

Tata cara pernikahan adat Palembang yang pertama adalah madik. Pada bagian ini perwakilan dari calon mempelai pria akan datang ke rumah calon mempelai perempuan. Kedatangan perwakilan dari mempelai pria ini juga mengandung beberapa tujuan. Tujuan tersebut di antaranya adalah untuk mencari tahu latar belakang atau asal-usul dari pihak mempelai wanita. Dari madik ini akan diketahui apakah mempelai wanita cocok mendampingi mempelai pria.

2. Tata Cara Menyenggung

Bagian yang selanjutnya adalah tata cara menyenggung. Pada bagian ini pihak keluarga dari mempelai pria akan kembali mengutus seorang perwakilan untuk datang ke rumah mempelai wanita. Pertemuan kali ini, masing-masing pihak akan menentukan waktu dan tanggal untuk melamar mempelai wanita. Pihak mempelai pria juga akan membawa buah tangan yang akan diberikan kepada mempelai wanita pada pertemuan ini.


3. Tata Cara Melamar

Jika sudah ditentukan waktu dan tanggal lamaran pada saat tata cara menyenggung maka selanjutnya adalah acara lamaran. Pada acara lamaran ini keluarga mempela wanita akan datang dengan berbagai barang seserahan. Berbagai barang seserahan tersebut diantaranya adalah nampan yang berisi kain terbungkus sapu tanga, lima tenong berisi gula, jadah, gandum, biah-buahan dan masih banyak lainnya. Apabila pihak mempelai wanita memutuskan akan menerima lamaran maka seserahan akan diberikan langsung.

4. Tata Cara Berasan Dan Mutus

Jika lamaran sudah diterima maka langkah yang selanjutnya adalah berasan atau mutus. Berasan atau mutus ini merupakan cara merundingkan tanggal dan waktu pernikahan. Biasanya perwakilan dari pihak pria akan datang bersama dengan sembilan gadis yang membawa tenong. Pada acara ini perwakilan keluarga pria akan menyampaikan pantun-pantun indah. Saat menjalankan acara berasan atau mutus ini, pihak pria juga akan membawakan lebih banyak buah tangan untuk pihak mempelai wanita.

5. Tata Cara Akad Nikah

Akad nikah yang ada pada pernikahan adat Palembang ini umumnya sama dengan pernikahan yang lain. Mas kawin yang diserahkan pihak pria biasanya merupakan mas kawin yang disesuaikan dengan permintaan pihak wanita.

6. Tata Cara Mengarak Pacar

Tata cara mengarak pacar pada dasarnya memiliki makna bahwa keluarga mempelai wanita telah menerima pengantin laki-laki. Pada bagian ini pengantin pria akan datang bersama dengan keluarganya. Saat telah tiba di rumah pengantin wanita, sang pria akan disambut ibu pengantin wanita. Datang juga para sesepuh dari pihak mempelai wanita yang akan menaburkan beras dan juga uang receh.

7. Tata Cara Munggah

Bisa dibilang jika tata cara munggah ini merupakan acara puncak dari rangkaian pernikahan adat Palembang. Pengantin wanita akan mengenakan gaun pengantin yang indah pada acara ini. Akan ada banyak hiburan yang dipersembahkan. Pengantin wanitapun nantinya akan memberikan persembahan berupa tarian.



Begitulah beberapa tata cara Pernikahan Adat Palembang yang bisa saya sampaikan. Semoga informasi ini dapat memberikan banyak tambahan ilmu pengetahuan anda tentang adat budaya pernikahan yang ada di Indonesia khususnya di daerah khas empek-empek ini. Bagi kamu yang juga membutuhkan informasi mengenai rekomendasi susu untuk bayi, silahkan klik link ini ya

Semoga bermanfaat, dan jangan lupa tinggalkan komentar kamu ya,


You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Contact Me

Jika ingin mengontak saya untuk keperluan publikasi, kerjasama, ataupun pertanyaan lain tentang blog ini bisa dengan mengirim email langsung ke rurohma95@gmail.com.
Terima kasih -
Copyright by Khoirur Rohmah
Fastabiqul Khoirots

Like us on Fanpage

Kicauan Saya