Kapan Waktu yang Tepat untuk Operasi LASIK?

Rabu, 10 Juli 2019

Jember Regency, East Java, Indonesia


lasik mata, biaya lasik mata, biaya operasi lasik, lasik, operasi lasik, lasik adalah

Semua waktu tepat, tapi ada waktu yang paling tepat untuk menjalani operasi LASIK. Demi hasil yang maksimal.

Bismillaahirohmaanirrohim
Halo Sobats FR. Apa kabar nih? By the way kamu pernah dengar nggak istilah “Operasi Lasik”? Nah, sobats FR, Operasi LASIK menawarkan solusi buat kamu yang nggak mau mengalami masalah pada mata dan mengganggu kegiatan sehari-hari. Dari urusan karier, sosial, bahkan hingga asmara bisa berantakan gara-gara masalah mata.

LASIK adalah akronim dari laser-assisted in situ keratomileusis. Sejarah LASIK bisa ditarik hingga tahun 1950-an, ketika Jose Barraquer menggunakan teknik keratomileusis untuk mengubah bentuk kornea dengan memotong lapisan tipis.

Dokter asal Spanyol yang berpraktik di Bogota, Kolombia, itu juga melakukan riset untuk mengetahui cara membuat hasil operasi tersebut tahan lebih lama. Pada 1980-an, barulah ada teknik laser yang menjadi dasar LASIK modern ini.

Ketahanan kornea hasil operasi LASIK memang menjadi perhatian baik oleh dokter maupun pasien. Pasien khususnya tentu ingin biaya LASIK mata yang dikeluarkan membuahkan hasil berupa penglihatan normal secara permanen.

Mereka enggan mengenakan kacamata atau lensa kontak lagi setelah LASIK. Itu sebabnya muncul sederet riset seperti yang dilakukan dokter Barraquer, yakni soal bagaimana mempertahankan hasil operasi LASIK.

Dan yang menjadi salah satu faktor yang berpengaruh adalah waktu ketika menjalani LASIK. Waktu yang tepat akan membuat operasi LASIK memberikan hasil maksimal. Sesuatu yang diharap-harapkan oleh para pasien LASIK mata.

Berapakah Umur yang Tepat untuk Operasi LASIK

Umur seseorang berkaitan dengan hasil operasi LASIK yang dijalani. Secara umum, usia minimal orang yang disarankan untuk dioperasi LASIK mata adalah 18 tahun. Sedangkan usia maksimal 40 tahun.

Ada alasannya. Bagi orang yang berumur 20-an tahun, kondisi kornea sudah lebih stabil. Biasanya ukuran miopia, hipermetropi, dan astigmatisme yang diderita tak banyak berubah dari tahun ke tahun.

Sedangkan mereka yang berusia 40 tahun ke atas rentan terkena presbiopi atau kondisi saat kemampuan penglihatan berkurang karena usia yang menua. Dengan demikian, operasi LASIK tak akan terlalu berpengaruh pada kehidupannya, karena pasti tetap butuh kacamata plus (rabun tua).

lasik mata, biaya lasik mata, biaya operasi lasik, lasik, operasi lasik, lasik adalah

Operasi LASIK saat Musim Hujan

Di negara yang beriklim subtropis, operasi LASIK dianjurkan dilakukan saat musim dingin. Sebab, aktivitas saat musim dingin biasanya terbatas. Orang cenderung ingin menghangatkan diri di rumah saja. Jadi risiko biaya LASIK mata sia-sia karena kornea terluka akibat berkegiatan di luar rumah bisa ditekan. Setelah operasi LASIK memang pasien diwajibkan tidak banyak melakukan aktivitas yang bisa melukai mata paling tidak selama beberapa minggu.

Beda halnya di Indonesia, yang nggak ada hujan salju kecuali di puncak-puncak gunung tinggi, musim hujan dipandang sebagai waktu yang tepat untuk operasi LASIK. Alasannya sama, yaitu risiko lebih kecil karena kegiatan outdoor terbatas.

Harap catat: semua waktu sebetulnya baik buat menjalani LASIK mata. Namun ada waktu terbaik seperti yang disebutkan sebelumnya demi hasil maksimal.

Hidup Mudah dengan Operasi LASIK

Nggak bisa dimungkiri, penggunaan kacamata dan lensa kontak butuh usaha dan kesabaran ekstra. Mata bisa lelah saat kacamata terus dikenakan. Sedangkan pemakai lensa kontak harus teliti betul agar mata nggak justru tambah bermasalah. Misalnya dengan memastikan higienitasnya dan tanggal kedaluwarsa.

Maka, ketika orang mantap meninggalkan kacamata dan lensa kontak, itulah waktu yang tepat untuk menjalani operasi LASIK. Demi hidup yang lebih mudah.

Operasi LASIK di Indonesia

Operasi LASIK sudah bisa dilakukan di Indonesia. Di antaranya di KMN EyeCare, yang dulu beken dengan nama Klinik Mata Nusantara. Di Jakarta sendiri ada empat cabang KMN EyeCare, yaitu di Kebon Jeruk, Kemayoran, Jakarta Selatan, dan Pantai Indah Kapuk. Adapun di luar Jakarta ada satu di Semarang, Jawa Tengah.

Dokter spesialis mata di KMN EyeCare bisa memberikan konsultasi mengenai kapan waktu yang tepat untuk menjalani operasi LASIK demi hasil yang maksimal. Bagaimanapun, kondisi masalah mata setiap orang berbeda. Diperlukan observasi oleh dokter untuk menentukan prosedur LASIK mata yang akan dijalankan. Observasi wajib dilakukan sebelum operasi LASIK.

Biaya operasi LASIK di Indonesia, termasuk di KMN EyeCare, pun lebih murah ketimbang di luar negeri. Yang jelas, pasien nggak perlu merogoh kantong untuk membayar tiket transportasi hingga akomodasi saat operasi LASIK di mancanegara.

KMN EyeCare sendiri telah malang-melintang di dunia kesehatan mata. Beberapa tokoh masyarakat, termasuk artis Ibu Kota, pernah memperbaiki korneanya di klinik KMN EyeCare. Video testimonial mereka bisa diakses di website ataupun akun YouTube KMN EyeCare. Kesaksian itu menjadi semacam jaminan bahwa operasi LASIK di sana memang tokcer.



LASIK di KMN EyeCare menggunakan peralatan laser teranyar yang membuat pasien tidak merasa sakit saat ditangani. Risiko mata refleks berkedip pun bisa diberantas.Selain itu, tak jarang ada promo biaya operasi LASIK dari KMN EyeCare. Oh iya, selain menyediakan LASIK, KMN EyeCare melayani bedah katarak hingga glaukoma.

Mau pilih operasi LASIK di klinik atau rumah sakit KMN EyeCare, pilihan ada di tangan calon pasien. Konsultasikan dulu langkah yang bakal diambil dengan dokter biar mendapatkan gambaran yang jelas mengenai LASIK dan segala hal di sekitarnya, terutama risiko yang dihadapi.

Jadi, buat kamu yang memiliki masalah pada mata dan kurang nyaman atau tidak percaya diri saat menggunakan lensa kotak maupun kacamata, tidak ada salahnya jika kamu melakukan operasi LASIK ini. Namun demikian, pilihannya pun jatuh di tangan kalian yah, sobats FR.

Semoga artikel ini bisa membantu dan juga bermanfaat untuk sobats FR semua. Dan jangan lupa untuk tinggalkan komentar kalian di kolom yang udah disediakan yah, sobats. Feel free to drop your comments

~Blessed
Khoirur Rohmah

25 komentar:

  1. Setelah lasik harus tetap jaga mata juga biar minusnya ngga kembali lho tenyata :D soalnya temen aku yg punya minus 11 di lasik, setelah beberapa tahun minusnya kembali karena ngga merawat mata & terlalu banyak terpapar radiasi komputer :D

    BalasHapus
  2. Ternyata operasi lasik itu biayanya lumayaaaan nguras dompet lho :D
    Anakku Sidqi kan matanya minus.
    Ada wacana mau operasi lasik kalo udah dewasa nanti
    https://bukanbocahbiasa(dot)com/

    BalasHapus
  3. Lasik hanya untuk yang minus ya mba? Kalau silinder agak syulit buat dikurangin ya? Duh kalo bisa akutuh mau sekali

    BalasHapus
  4. Jadi maksimum 40 thn ya. Aku baru tau ada maksimum usianya. Mata penting banget, makanya anak2 jg hrs dipantau dr skrng nih. Pr buat akuu

    BalasHapus
  5. Kalo udah minus tinggi ya katanya baru biaa dilasik, minimal minus berapa mba?

    BalasHapus
  6. Baru tahu kalau operasi lasik ada umur maksimalnya. Sepupuku pernah operasi lasik. Emang trus bisa melihat tanpa kacamata sih, tapi ya itu mahal.

    BalasHapus
  7. Keponakanku lagi rencana mau lasik. Minusnya emang udah kebangetan. Yang satu 4 yang satunya lagi hampir 6. Tapi usianya emang udah 21 sih, jadi dokter [un setuju untuk segera dilakukan.

    BalasHapus
  8. Cara penyembuhan minus yang tepat tapi takut juga. Saya jadi takut, karena saya minus juga. Mudah-mudahan enggak sampai tebel minus saya.

    Emang bener sih, hidup tanpa kacamata itu menyenangkan. Saya pun ingin bebas tanpa kacamata lagi. Sekarang saya kalau gak pakai kacamata pandangannya kurang bening. :(

    BalasHapus
  9. kalau operasi lasik di KMN Eyecare ini biayanya sampai berapa mbak? mataku minus sih tapi gak banyak juga, cuma sejak kacamata hilang belum pakai lagi

    BalasHapus
  10. Menarik ya operasi lasik ini, tapi saya linu ngebayanginnya hehe... Makasih ya infonya, jd ada harapan untuk anak saya yg masih kecil matanya udah minus...

    BalasHapus
  11. Aku baru tau loh mba operasi Lasik ini.. dan harganya lumayan banget yaa mahal.. hehehe

    BalasHapus
  12. Wah baru tahu, LASIK ternyata gak bisa sembarangan ya. Tadinya kepengen deh bisa LASIK-in si sulung. Tapi dia belum 18 tahun.

    BalasHapus
  13. Wah saya baru tahu nih ada LASIk. Keren dah. Adik saya juga baru tahubnn

    BalasHapus
  14. Aku nih pengen banget operasi Lasik tapi masih maju mundur syantik, padahal sudah konsultasi juga dengan dokternya. Bahkan nanya teman yang habis operasi Lasik, semoga segera ada keberanian dalam diriku.

    BalasHapus
  15. Baru tahu kalau operasi lasik lebih baik dilakukan saat musim hujan. Ternyata ada triknya biar hasil operasi lebih memuaskan.

    BalasHapus
  16. Lasik ini teknologi kedokteran yang canggih yaa...
    Membuat harapan bagi para myopi untuk lepas dari kacamata tebal yang lumayan merepotkan kalau kehilangan benda yang satu ini.

    BalasHapus
  17. Saat punya uang (jawab judulnya) haha kidding :D
    Ini operasi kyknya dibutuhkan oleh mereka yang tingkat minus atau sakit matanya dah tinggi ya mbak kyknya :D

    BalasHapus
  18. Kalau sudah di atas 40 tahun nggak bisa ya Mbak. Btw, kenapa? Apa karena beresiko cacat atau gimana?

    BalasHapus
  19. Iya nih, abis operasi Lasik tuh gak boleh keluar rumah tanpa menggunakan kacamata hitam

    BalasHapus
  20. Ini termasuk cara pintas ya. tapi emang gak murah dan tetep butuh perawatan ekstra..

    BalasHapus
  21. Nah aku kepikiran buat lasik mba, karena beneran penglihatanku terganggu, kacamata semakin tebal. Jadinya pengen lasik, tapi ternyata biayanya ga murah juga ya

    BalasHapus
  22. Jadi operasi Lasik ya gak sembarang kapan mau ya Mak. Ada waktu waktu tertentu yang baik. Nice info Mak. Makasih.

    BalasHapus
  23. Aku ini termasuk yang lumayan minusnya cuma mau lasik belum mantap hikz pdhl dah males pake kacamata

    BalasHapus
  24. bener, opreasi atau perawatan papun itu kudupas senggang waktunya ya

    BalasHapus
  25. Kalo banyak promo kesehatan gitu enak ya mbak, thanks for sharing

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Copyright © Fastabiqul Khoirots. Blog Design by SkyandStars.co