Apa sih Bahayanya Suka Tidur Menjelang Maghrib? Baca ini yuk!

Kamis, 04 Juli 2019

Jember Regency, East Java, Indonesia

Bahayanya Suka Tidur Menjelang Maghrib

Bismillaahirrohmaanirrohim
Halo sobats FR, udah lama banget aku nggak nulis organik post, sharing sekaligus cerita di blog ini. Jadi rindu deh hhhee. Alhamdulillah ada ide yang mengusik pikiran dan jemariku untuk kembali menulis. Lebih tepatnya ketika membaca artikel di situs Hipwee, aku nemu judul yang dulu pernah aku alami saat masih kecil. Tapi nih, yang aku bagikan, selain poin-poin dari situs tersebut, aku juga akan membagikan pengalaman bahayanya tidur menjelang maghrib. Lebih detailnya, check this out ya sobats.

Pengalaman Tidur Menjelang Maghrib


Dulu, saat masa kecil aku tuh termasuk bandel banget anaknya, sekarang juga ya hehee. Selain bermain menjelang maghrib, aku kadang suka tidur menjelang maghrib. Alasan tidur menjelang maghrib tuh kalau nggak pas dimarahin emak karena kesalahanku sendiri, kadang karena kecapekan sehabis main seharin sama temen-temen. Walau udah berulang kali dibilangin jangan tidur menjelang maghrib, tetep aja ngeyel. Hahhaaa.

Hingga pada satu sore aku tidur sehabis ashar, kalau nggak salah tuh ya masih kelas 1 atau 2 ya, hhee. Di situ aku dibangunin saat maghrib. Iyalah waktunya sholat hheee. Pas maghrib pokok itu setelah adzan dengan nyamannya tidur yang nggak seperti sleeping beauty. Begitu aku buka mata, itu yang aku lihat kayak setan bergentayangan, banyak bayangan yang aku lihat, bukan lagi rumahku, tapi semacam hantu yang menyeramkan.
 
Bahayanya Suka Tidur Menjelang Maghrib


Sembari meraung-raung dan nangis nggak habis-habis, panik, karena itu bayangan terus berputar tiap kali aku melihat ke berbagai sudut. Beneran kesiksa banget saat kejadian itu. Entah kemudian setelah ditenangin sama emak dan kakak-kakakku, perlahan bayangan itu hhilang dan nggak berputar-putar lagi. Tapi dari situ ya udah kapok deh kalau mau tidur menjelang maghrib. Hhehee.

Ternyata bener kalau dulu udah diwanti-wanti untuk nggak tidur menjelang maghrib itu bahayanya semacam itu, dari segi kesehatan itu juga nggak baik. Jadi, kalau pas sepulang kerja, biasanya untuk menyempatkan diri rebahan dulu sekitar 10 menit sambil mainan hp kemudian mandi. Nggak mau lagi kalau sampai kelewat malam apalagi pas adzan maghrib tiba.

Cuman kalau diingat yang kejadian dulu saat masih kecil tuh, aku nggak sampe mikir hal-hal mistis ya. Hahaha. Salah siapa maghrib-maghrib tidur, udah terdengar adzan tetap aja menikmati dunia mimpi, hheee. Kena deh batunya.

Kira-kira dari segi kesehatan, dampak yang ditimbulkan dari tidur menjalang maghrib itu apa aja ya? Mengutip dari artikel di Hipwee, aku ingin membagikannya pula di sini yah, sobats. Supaya jadi bahan bacaan kita bersama, hehee.

Dampak bagi Kesehataan untuk yang Suka Tidur Menjelang Maghrib


Mungkin salahsatu dampaknya selain cemas karena belum mandi, belum shalat maghrib, atau penyakit hati lainnya, atau bisa jadi bangunnya malah histeris kayak aku, tidur menjelang maghrib memiliki dampak bagi kesehatan yang nggak boleh dianggap remeh. Di antara dampaknya itu berupa :

1. Memiliki Kadar Kolesterol Lebih Tinggi

Saat sore hari tubuh akan melakukan proses metabolisme. Jika pada saat itu digunakan tidur, otomatis akan mengacaukan sistem metabolisme dan hormon tidak akan seimbang. Hal itulah yang membuat kolesterol jahat meningkat yang mana bisa berpotensi terjadinya penyakit kolesterol.

2. Daya Tahan Tubuh Menurun

Kebayang nggak sih kalau daya tahan tubuh menurun. Bisa jadi nggak semangat, pikiran kacau, apalagi kalau tidur menjelang sore itu sering dilakukan, terus bikin metabolisme terganggu, dan saat ada yang sakit flu misalkan, kita jadi lebih rentan tertular karena daya tubuh kita menurun.

Bahayanya Suka Tidur Menjelang Maghrib
 
Menjelang maghrib, tubuh berada pada puncak keaktifan atau dalam keadaan bugar. Tapi, jika pada momen tersebut malah digunakan untuk tidur, otak tidak akan menggapi secara cepat instruksi ke seluruh tubuh, sehingga menimbulkan kondisi badan yang kurang fit dan nggak lagi bugar.

3. Bisa Menghilangkan Daya Ingat dalam waktu sesaat

Kalau berkepanjangan melakukan kegiatan tidur menjelang maghrib atau saat sore hari tuh punya dampak jangka panjangnya berupa hilang ingatan. Kok bisa? Begitu bangun, tubuh nggak bisa merespon kalau hari mungkin udah pagi, tapi ternyata masih petang. Pun demikian, karena tubuh tidak bisa menyadari adanya perubahan dari terang ke gelap, sehingga bisa menimbulkan efek kebingungan serta terganggunya pada daya ingat seseorang. Ngeri ternyata yah sobats.

4. Tubuh jadi pegal dan Kaku

Kalau ini percaya deh. Aku juga udah buktiin sendiri. Bukannya tambah seger tapi malas, dan layu banget. Gontai saat bangun tidur. Karena waktu yang seharusnya baik untuk beraktifitas malah digunakan untuk tidur, sehingga perubahan yang tiba-tiba tuh membuah otot dan paru-paru lemas sehingga tubuh ketika bangun akan pegel dan nggak semangat tentunya.

5. Terserang Penyakit Diabetes

Dampak terakhir yang juga tak kalah ngerinya kalau tidur menjelang maghrib tuh rentan akan terserangnya diabetes.


Hal ini disebabkan oleh terganggunya produksi insulin pada tubuh akibat dari kondisi tubuh yang tidak banyak bergerak. Selain itu, tidur terlalu sore juga akan mengganggu siklus alami tubuh yang bisa memengaruhi produksi insulin. Ujung-ujungnya jadi diabetes, kan?1


Jadi, mau tidur menjelang maghrib? Hehhee. Iya dampak tersebut bisa terjadi jika aktifitas seperti tidur sore hari tersebut kerap kali dilakukan. Karena sesuatu yang berlebihan itu nggak baik ya kan. Dan ketentuan tidur sore hari menjelang maghrib itu sekitar jam berapa sih? Ya kalau setelah asharnya jam 3 terus bangunnya jam 4 mungkin nggak akan bermasalah, tapi kalau udah jam 4 ke atas tidur hingga menjelang maghrib, atau saat orang-orang pada melakukan kewajiban sholat lima waktu, yah mungkin tubuh bisa saja mengalami dampak kesehatan seperti di atas.

Alternatifnya kalau udah bener-bener capek tuh mandi, pasti jadi seger terus nonton drakor hehheee. Pokok menghindari supaya nggak tidur menjelang maghrib secapek apapun saat kerja hehee.

Kalau sobats FR punya pengalaman tidur menjelang sore hari apa nggak nih? Boleh deh sharing apapun di kolom komentar yah sobats. Feel free to drop your comments

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca postingan ini.
~Cheers
Rohmah



Referensi :
https://www.hipwee.com/tips/tidur-saat-magrib/

30 komentar:

  1. Ternyata selain hal mistis. Ternyata tidur menjelang magrib juga tidak baik untuk kesehatan ya

    BalasHapus
  2. Hehe saya biasanya kalau sore mau magrib gitu tidur sebentar, soalnya capek. Tapi itu memang membuat badan menjadi lebih capek

    BalasHapus
  3. Waduh saya jadi takut nih. Nggak mau tidur menjelang magrib lagi ah hehe

    BalasHapus
  4. Ternyata banyak juga ya efek sampingnya terutama kesehatan kalau sering tidur sore hari

    BalasHapus
  5. Saya baru tahu nih kalau ternyata ada efek samping bagi kesehatan yang menakutkan menurut saya. Terima kasih Mbak informasinya

    BalasHapus
  6. Ahaha memang ada penjelasan ilmiahnya ya, kalau dari agama juga memang spektrumnya lagi kuat buat berdoa juga. Aku juga kalau tidur atau ketiduran jelang magrib, bangun2 selalu pusing nggak enak badan gituh XD

    BalasHapus
  7. Iya aku juga sering diwanti2 orangtua ga boleh tidur pas maghrib, kalo alasan mereka sih "maghrib tuh solat, malah tidur" hehe. Alhasil aku ga pernah tidur maghrib2 ehtapi ternyata se-ngeri itu bahaya nya yaah. Apalagi pas baca bagian ada setan gentayangan aduuh ini aku dini hari pula bacanya :(

    BalasHapus
  8. Kadang bingung pas dibangunin malah mau sholat subuh. Padahal sholat magrib. Jadi kayak linglung gt. Ga tau karena kebetulan atau gimana. Krn kadang ya baik-baik aja ga ada efek apa2. Mgkn saking capeknya :D.

    Secara medis pun ternyata ada dampaknya ya.

    BalasHapus
  9. Sereeemm. Tapi emang katanya gak boleh bobo sore yaaa. Tapi anakku kdng kecapekan jd aku suka biarin tapi suka dijagain gtu bobonya (kata ortu).
    Tapi beneran bobo sore tu gk enak, pas bangun kyk gk inget itu sore, gtu makanya aku menghindari banget

    BalasHapus
  10. Tidur sore itu emang bikin ngehang. Aku pernah, tapi ya kalau memang bener-bener capek seharian gak tidur. Kalau hari biasa ya dihindari

    BalasHapus
  11. Ternyata banyak juga efek negatifnya ya mbak, memang yang paling sering didengar sih bisa bikin daya tahan tubuh menurun drastis, ternyata ada yang lain juga. Nice inpoh mbak.

    BalasHapus
  12. Pantesan ibuku suka marah kalau tidur mau deket magrib ternyata banyak masalah yang timbul rupanya. Duhhhh aku ngga bakalan tidur magrib dah. Takut!

    BalasHapus
  13. Nenekku dulu suka marah kalau aku tidur pas magrib. Alasannya ya mistis sih. Aku malah baru tau kalau tidur saat magrib berkaitan dengan kessehatan. Anak² sekarang juga aku larang tidur pas magrib

    BalasHapus
  14. Dulu, saya juga di larang untuk tidur menjelang maghrib. Pamali kalau kata orang Sunda mah.
    Tapi memang benar juga, tidue menjelang maghrib, bisa mengganggu kesehatan.

    BalasHapus
  15. memang harus hati-hati tidur menjelang magrib, aku juga baru kalau salah satu efek buruknya yaitu menimbulkan diabetes.

    BalasHapus
  16. Aku beberapa kali tertidur saat habis sholat ashar.
    Sangat ngantuk apalagi pas dipake ngaji.
    Huhuu~
    Keknya aku mesti di rukyah yaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ngantuk saat jam ba'da Ashar ini...baiknya lekas wudhu yaa...
      Soalnya kalau diturutin, pasti bleg seg deeh...dan bangunnya bener, cape badan.

      Hapus
  17. akk ngeri ya.. kadang emg kalo capek itu terkantuk-kantuk di jam jelang magrib.
    anak gw pun kl mau magrib kadang mau tidur gw ajak ngobrol ato main biar melek sebisa mungkin engga. baru tau kalo efeknya buruk banget :|

    BalasHapus
  18. Serem banget ya kalau tidur menjelang maghrib. Aku pernah tuh mengalami kejadian mistis saat tidur-tiduran maghrib.

    BalasHapus
  19. Kalau aku dulu biasanya tidurnya sig dari siang Mak, lepas zuhur gitu. Tàpi ya ampek jelabg maghrib. Susah dibangunin. Tiap bangun tidur maalh lemes plus linglung jadinya.

    BalasHapus
  20. Bener banget ini bisa menghilangkan daya ingat hehe, lupa hari, lupa jam dan kadang lupa angkat cucian haha

    BalasHapus
  21. Aih baru tau kalau efeknya segini juga, ya. Ngeri. Tapi, so far nggak pernah tidur menjelang magrib sih :D

    BalasHapus
  22. Serem juga ya ternyata kalau tidur di waktu magrib.. Baik makasi kak infonyaa...

    BalasHapus
  23. Dalam Islam juga dilarang tidur di waktu sore Ashar to Maghrib ya mba, dan ternyata secara science juga terbukti ga boleh

    BalasHapus
  24. Suami pernah mbak tidur sehabis ashar. Bangun tidur langsung sambar handuk dan mandi. Habis mandi ganti pakaian kerja, terus makan. Habis makan heran lihat saya "masih" pakai daster. "Nggak siap-siap berangkat kerja?" gitu katanya.
    Langsung deh saya dan anak-anak ketawa. Jadi menurut suami, dia itu udah tidur semalaman dan merasa saat bangun udah keesokan harinya. Padahal baru juga menjelang maghrib

    BalasHapus
  25. Oh, ternyata secara kesehatan juga ada pengaruh buruknya ya. AKu tahunya sih soal adab aja. Kalau Mbahku dulu memang keras urusan kayak gini. Menjelang magrib itu harus hening, diam menunggu adzan. TV mati, radio mati. Kalau enggak nantinya pasti diceramahi berjam-jam. Hm, nice info banget.

    BalasHapus
  26. paling enak tidur setelah shalat dzuhur trus bangun menjelang ashar mba... nikmat banget. Baru hari Minggu kemarin aku begitu hahaha

    BalasHapus
  27. Masya Allah.. jadi bener sekali yaa sunnah rosul bahwa jangan tidur di waktu asar menjelang magrib

    BalasHapus
  28. Kalau di kampungku memang pamali tidur jelang Magrib
    Alasan logisnya karena memang bukan waktunya tidur tetapi siap siap ibadah solat Magrib

    BalasHapus
  29. Aku cukup sering tertidur menjelang magrib. Wah harus hati-hati nih ternyata banyak sekali bahayanya

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Copyright © Fastabiqul Khoirots. Blog Design by SkyandStars.co