Kenalan Yuk dengan Destinasi Wisata Impian yang ada di Papua

Senin, 23 Maret 2020

Kabupaten Jember, Jawa Timur, Indonesia


Bismillaahirrohmaahirrohim
“Indonesia itu satu, namun ada banyak kekayaan di dalamnya”
Begitulah sedikit cuplikan closing seorang presenter TV Nasional pagi tadi saat aku yang tengah berada di dapur. Dan seketika aku emang mengiyakan apa yang diucapkan sang MC. Indonesia yang terbentang luas dari Sabang sampai Merauke memiliki banyak kekayaan dan keunikan. Seperti budaya, adat istiadat, suku, panorama alam, flora, fauna, kuliner, dan masih banyak lainnya.

Nah, kali ini aku ingin memberikan informasi terkait salahsatu destinasi wisata yang ada di pulau di Indonesia, yaitu Papua. Mungkin saat menyebutkan kata tersebut kamu sudah tidak nggak asing dengan rumah tradisional Papua, Hanoi. Atau kamu justru mengingat burung Cendrawasih, wisata premiumnya di Raja Ampat, suku Asmat, hingga dimana akses transportasi yang susah?? Kira-kira mana nih yang kamu pikirkan tentang Papua?

Sebelum menjabarkan apa saja destinasi wisata impian yang ingin aku kunjungi jika suatu waktu nanti bisa terbang ke pulau bagian timur Indonesia ini. Mungkin lebih baik jika kita sama-sama mengingat terkait geografis dan sejarah Papua ini, ya. let’s check this out.

Tentang Papua
Papua adalah sebuah provinsi yang sebelumnya bernama Nugini Belanda, dan begitu bergabung dengan NKRI dikenal dengan provinsi Irian barat sejak tahun 1969 hingga 1973.  Selanjutnya di masa presiden Soeharto, saat peresmian tambang tembaga dan emas Freeport berganti nama menjadi Irian Jaya. Namun, sejak tahun 2003 sesuai UU No. 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus Papua diganti nama menjadi Papua dan terbagi menjadi dua provinsi, yaitu Provinsi Papua Barat dan Papua Timur. Papua yang memiliki luas wilayah 316.553,07 km2 ini termasuk provinsi terbesar di Indonesia.

Papua, itu Indonesia
Yah seperti orang yang baru menjejakkan kaki ke Bali, semisal ada wisatawan mancanegara menganggap kalau Bali itu adalah Indonesia. Padahal Indonesia memiliki banyak pulau salahsatunya Bali. Sama halnya dengan Papua. YA !!! Papua itu Indonesia. Papua bukan negara sendiri. Melainkan Papua ada dalam Indonesia yang mana terletak di bagian timur wilayah Indonesia.

Papua, akan Destinasi Wisata Hijaunya
Saat aku bertanya pada suami tentang apa sih kalimat yang bisa menggambarkan Papua? Sontak dia menjawab “Hutan yang hijau, adat istiadatnya yang kental,”. Uhmm... cukup menggambarkan sih tentang Papua. Pasalnya hal itu sangat berkaitan erat. Sebab, Papua memang terkenal akan keindahan alamnya yang masih hijau. Sehingga nggak heran kalau di Papua terdapat banyak Destinasi Wisata Hijau yang menarik untuk dikunjungi.

Bukan cuma itu, adanya destinasi yang menarik tersebut, warga Papua pun juga menjaga baik-baik betul alam mereka. Entah itu gunung, pantai, laut, hutan, budaya, hingga adat istiadatnya. Sehingga siapapun yang datang dan berkunjung ke Papua bakalan berdecak kagum akan Papua dan masyarakatnya. Bahkan ada destinasi yang akan membuat kita dapat merasakan keindahan alam yang dimiliki Papua saat mengunjungi wilayah di Lembah Baliem, Wamena.

Berikut ini Destinasi Wisata Impian yang akan aku kunjungi saat ke Papua. Check this out yah sobats

Destinasi Wisata Impian di Papua dan Papua Barat
1. Danau Sentani
Danau yang memiliki luas sepanjang 9.360 Hektar ini merupakan danau terbesar di Indonesia. Jadi Danau Sentani ini terletak sebelum Jayapura, kurang lebih 50 km dari pusat kota. Sehingga saat kita datang ke Papua akan disambut oleh view Danau Sentani terlebih dahulu.

Di Danau Sentani dikelilingi perbukitan yang menyerupai sepeti yang ada di New Zealand. Yang pasti jika aku berkunjung ke Danau Sentani, aku akan melakukan berbagai hal seperti menikmati sajian kuliner khasnya, memancing, mengelilingi danau Sentani dengan mengendarai perahu, yang jelas bukan berenang. Karena keahlian berenangku ala gaya batu sobats, huhuhu.

2. Keeksotisan Raja Ampat
Siapa sih yang tidak terpesona untuk mengunjungi kepulauan Raja Ampat ini? bahkan untuk sekedar bercita-cita kan tidak apa-apa. Sebab Raja Ampat menawarka view seperti berada di luar negeri, padahal ini ada di Indonesia. Yah. Sebegitu menariknya Raja Ampat sampai menarik wisatawan mancanegara datang ke Raja Ampat yang terkenal dengan spot diving terbaik di dunia dan juga homestay nya.

3. Kota Agats
Tertarik untuk ke kota Agats, sebab wilayah ini terkenal akan daerahnya yang bebas polusi. Lah mengapa demikian? Sebab Agats merupakan kota yang mengapung di atas papan. Maksudnya? Ya, daerah ini terdapat hunian yang berdiri di atas hamparan lumpur dan rawa-rawa. Bahkan jalan yang terhubung antar rumah dengan yang lainnya juga dengan menggunakan papan kayu loh. Jadi bisa dibayangkan jika di sini nggak ada transportasi berupa mobil ya.

Mengapa tertarik kesini? Ya udah pasti karena pengen jalan-jalan mengelilingi tiap pojok Kota Agats yang bisa dijangkau dengan menikmati alamnya dan melewati jalanan papan kayunya. Walau begitu di kota Agats sudah tersedia berbagai fasilitas umum kok. Seperti sekolah, rumah sakit, hingga kantor bupati ada.

4. Merasakan Keindahan Alam di Lembah Baliem
Mengapa memasukkan Lembah Baliem sebagai salahsatu Destinasi Wisata Impian di Papua? Sebab, di Lembah Baliem yang mana dihuni oleh suku Dani, Yali, dan Lani ini terletak di pegunungan Jayawijaya yang mana di sana ada banyak hal yang pasti aku dapatkan. Bukan hanya pengalaman, namun cuan juga yang perlu dikeluarkan untuk bisa sampai kesana tentunya, hehehee.

Lembah Baliem yang terletak di Wamena ini memiliki panorama alam yang asri. Bahkan kita bisa setiap waktu bertemu dengan pria-pria yang berkoteka, kok. Walau sudah ada yang memakai pakaian juga ya. Dan di wilayah Lembah Baliem ini, aku juga bisa mengunjungi aneka wisata alam yang disuguhkan di kota Wamena.

Hal itu bisa dibuktikan dengan berkunjung ke Mumi Wim Motok Mabel di Kurulu, ke kampung tradisional milik Suku Dani, mengunjungi pasir putih di Aikima yang berada di ketinggian 2000 meter yang memiliki pasir seperti di pantai, kemudian menjelajah Danau Habema yang menjadi danau tertinggi dan terindah di Indonesia. Sehingga, akan banyak hal di dapat saat berkunjung ke Lembah Baliem, tapi ya gitu, sangunya juga padat. Hehehe

5. Ke luar negeri tanpa paspor di Border Post RI SKOUW
Mengapa kesini? Ya ingin tahu sih bagaimana sensasi bisa mengunjungi perbatasan Papua menuju Papua Nugini. Sebab ada teman kerja aku yang tahun kemarin mengunjungi putrinya di Jayapura dan dia mampir ke PLBN (Pos Lintas Batas Negara) Skouw ini. Dan membagikannya di sosial media miliknya. Kan aku juga pengen tahu sih, hehehee.

PLBN Skouw ini berlokasi di Distrik Muaratami, Jayapura. Denger-denger akses akomodasinya sangat lancar, trus lagi banyak dikunjungi wisatawan loh. Dan fasilitasnya juga lengkap sih untuk PLBN Skouw nya. Jadi, nggak ada salahnya memasukkan wishlist kunjungan ke Border Post RI SKOUW saat ke Papua, kan?

Nah, di atas itu adalah 5 destinas wisata impian versiku di Papua. Ya walau no.5 paling unik sih. Hehehe. Di antara list di atas mana yang paling ingin kamu kunjungi, sobats? Tulis di kolom komentar yah.

Kalau ngomongin destinasi wisata di Papua itu sepertinya nggak akan ada habisnya. Karena ada sejumlah Destinasi Wisata Hijau yang memang cocok, dan wajib dikunjungi. Jadi, nggak heran kalau Papua mendapat predikat sebagai wilayah Konservasi Dunia ya. Apalagi keberadaan hutan Papua yang di dalamnya terdapat flora dan fauna yang tidak dijumpai di daerah lain.

Adanya Destinasi Wisata Hijau membuat banyak ekowisata yang ada di Papua, dimana baik masyarakatnya bisa mendapatkan manfaat dengan tetap menjaga alamnya, pun kita juga turut berperan aktif untuk tetap menjaga dan melestarikan alam Papua.

Syukurlah ada organisasi yang peduli akan kekayaan alam yang dimiliki Indonesia baik hutan, hingga destinasi wisata di dalamnya. Mereka adalah EcoNusa Foundation atau bisa disebut dengan Yayasan Ekosistim Nusantara Berkelanjutan. Untuk bisa lebih tahu apa itu organisasi ini, aku akan sedikit jabarkan berikut ini, ya.

Mengenal EcoNusa Foundation

Yayasan Ekosistim Nusantara Berkelanjutan atau EcoNusa Foundation adalah sebuah organisasi nirlaba yang memiliki tujuan mengangkat pengelolaan sumber daya alam yang berkeadilan dan berkelanjutan yang ada di Indonesia dengan memberikan penguatan terhada inisiatif-inisiatif lokal.

Logo EcoNusa Foundation
Oleh karena itu, EcoNusa mendorong pembangunan dan pengembangan kapasitas masyarakat madani, bekerja sama dengan mereka untuk mengembangkan strategi untuk advokasi, kampanye, komunikasi, dan pelibatan pemangku kepentingan.

EcoNusa Foundation juga mempromosikam dialog antar pemangku kepentingan untuk makin mengembangkan pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan sekaligus juga untuk mengangkat keadilan, konservasi, dan transparansi. Yayasan EcoNusa ini berdiri sejak 21 Juli 2017 dan berbasis di Jakarta.

Yayasan EcoNusa juga mempromosikan nilai-nilai kedaulatan pengelolaan dan konservasi sumber daya alam kepada para pembuat kebijakan baik di tingkat daerah maupun nasional. Berikut ini nilai-nilai organisasi yang dipegang oleh EcoNusa.


Misi EcoNusa Foundation

Nilai-Nilai Organisasi EcoNusa Foundation
1. Keadilan Sosial dan Lingkungan
2. Kesetaraan
3. Transformasis
4. Akuntabilitas
5. Integritas
6. Excellence
7. Inclusiveness

So, buat sobats semua yuk berperan aktif dalam menjaga dan merawat Destinasi Wisata Hijau yang ada di Papua. Baik itu Hutan maupun Laut. Yuk berjuang sama-sama. Semoga kerjasama antar lapisan dapat menjadikan Papua sebagai Daerah Konservasi Dunia. Amiiinn Amiiinn

Semoga artikel Destinasi Wisata Impian di Papua ini bermanfaat ya. kalau kamu destinasi wisata favorit di Papua apa sih? Feel free to dop your commnets ya sobats. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini. #BeradatJagaHutan #PapuaBerdaya #PapuaDestinasiHijau #EcoNusaCBPN #BlogCompetitionSeries 


#BeradatJagaHutan #PapuaBerdaya #PapuaDestinasiHijau #EcoNusaCBPN #BlogCompetitionSeries

-Disclaimer-
Tulisan ini diikutsertakan dalam Wonderful Papua Blog Competition yang diselenggarakan oleh EcoNusa Foundation dan Blogger Perempuan Network


Referensi :
- Website www.econusa.id
- https://www.hipwee.com/travel-/kenalan-dengan-kota-agats-kota-bebas-polusi-di-papua-yang-mengapunng-di-atas-papan
- https://www.hipwee.com/travel/merasakan-langsung-nuansa-keindahan-alam-papua-di-lembah-baliem-wamenda-negeri-dongeng-di-timur-indonesia
- https://map-bmsm.wikipedia.org.wiki/papua
- https://www.azwisata.com/2015/12/tempat-wisata-di-papua-barat.html
- https://anekatempatwisata.com/10-temapat-wisata-di-papua-yang-wajib-dikunjungi

1 komentar:

  1. Pengen banget bisa napak tilas ke Papua..pasti makin maju sekarang...

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Copyright © Fastabiqul Khoirots. Blog Design by SkyandStars.co