6 Makanan dan Minuman yang Dapat Menambah Daya Tahan Tubuh

Sabtu, 21 November 2020

Jember Regency, East Java, Indonesia


 



Bismillaaahirrohmaanirrohim

Halo Sobats, Tahukah kamu, bahwasanya daya tahan tubuh sangat diperlukan untuk menjaga tubuh kita supaya tidak terserang virus, bakteri jahat, dan berbagai penyakit lain. Untuk meningkatkannya, ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan seperti: berolahraga, minum vitamin, dan salah satu hal yang paling ampuh adalah dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan sehat untuk meningkatkan imunitas tersebut. 


Tapi, Makanan seperti apa sih yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh, dan kandungan nutrisi apa saja yang bisa menyehatkan badan kita? check thjis out !!!


6 makanan penambah daya tahan tubuh yang ampuh dan sedap
Sumber: https://res.cloudinary.com/parentstory/image/upload/v1584645129/eu30xrrkclvrvfrguxbm.jpgAdd caption


Nah, untuk menghindari infeksi virus dan bakteri berbahaya menyerang, Sobats perlu meningkatkan daya tahan tubuh dengan menerapkan hal-hal berikut. Di bawah ini adalah ragam makanan yang bergizi untuk meningkatkan kekebalan tubuh anda.  Di antaranya:

 

1. Bawang Putih

Bumbu masakan dan penyedap yang satu ini pasti lah semua orang sudah mengenalnya. Selain memiliki manfaat dalam kesehatan, bawang putih juga sangat mudah didapatkan, dan terjangkau harganya. 

Bawang Putih untuk Kesehatan Tubuh
Bawang Putih


Lalu, apa saja kandungan dan manfaat kesehatan bawang putih ini?


Bawang putih ini memiliki segudang antioksidan seperti asam amino, flavonoid dan juga oligosakarida. Antioksidan adalah zat yang mampu memperlambat dan juga mencegah proses oksidasi molekul dan sel tubuh, menangkal radikal bebas yang masuk ke tubuh dan mencegah rusaknya sel-sel tubuh. Secara singkat, antioksidan ini adalah zat yang dapat menambah kekebalan tubuh dan sangat berguna untuk menyehatkan badan.


Selain antioksidan, bawang putih juga punya sederet nutrisi lain mulai dari multi-vitamin, kalsium, selenium, dan zat lainnya yang sangat berguna untuk kesehatan. 


2. Jahe

Rempah-rempah yang satu ini sangatlah terkenal untuk kesehatan tubuh, baik berfungsi sebagai makanan antivirus, ataupun untuk penghangat badan. Jadi sudah tidak asing lagi, kalau jahe juga menjadi salah satu makanan penambah daya tahan tubuh. 


Untuk mendapatkan manfaat dari rempah jahe ini, Kamu dapat mencampurkan jahe dengan kayu manis, serai, dan sedikit gula merah. Hal ini membuat badan kamu jadi hangat, dan bukan tidak mungkin Kamu dapat meningkatkan kekebalan tubuh juga.


Kandungan nutrisi jahe ini memang sangatlah beragam. Di antaranya yaitu: sodium, serat, protein, zat besi, vitamin C serta zat-zat antioksidan yang bermanfaat seperti gingerol, beta-caroten, curcumin, dan capsaicin. Dengan segudang kandungan dan zat antioksidan di dalamnya, jahe sangatlah bernutrisi dan dianjurkan untuk siapapun dapat menkonsumsinya. Supaya sistem imun kamu tetap berfungsi dengan baik.


3. Yoghurt

Yogurt untuk Penambah Daya Tahan Tubuh
Yogurt

Yoghurt adalah produk olahan fermentasi dari susu. Yoghurt ini sangatlah kaya akan bakteri probiotik yang dapat menyehatkan pencernaan serta meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, bakteri probiotik ini juga bisa di temukan pada produk hasil fermentasi lainnya seperti tempe atau kimchi. Bakteri probiotik berfungsi sebagai pelindung tubuh yang menghalangi bakteri jahat, mencegah infeksi, lalu mencegah penyakit pencernaan seperti diare. 

4. Jeruk

Jika kita membicarakan mengenai meningkatkan daya tahan tubuh, maka hal pertama yang banyak orang pikirkan adalah menkonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin, terutama vitamin C seperti jeruk. 

Jeruk untuk meningkatkan imunitas tubuh
Jeruk sumber vitamin C


Selain vitamin C, jeruk itu sendiri juga mengandung berbagai nutrisi lainnya yang sangat membantu untuk menyehatkan tubuh seperti antioksidan dan serat. Tubuh manusia tidak dapat memproduksi vitamin C, karena itu dianjurkan untuk setiap orang menkonsumsi sumber vitamin C secara rutin, dan sumber vitamin C yang sangat baik adalah buah jeruk ini.


5. Makanan Laut

Seafood atau makanan laut, selain sedap ternyata juga mengandung banyak sekali nutrisi, vitamin dan berbagai zat yang dapat membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh menjadi kuat. Makanan laut seperti ikan, udang, kerang, kepiting, dan tiram sangatlah bernutrisi, tinggi zat protein, serta asam lemak yang dapat membantu pertumbuhan tubuh.


Makanan laut yang bernutrisi
Siapa nih yang suka sama makanan laut?

Makanan laut seperti ikan laut sangatlah kaya akan protein, lalu omega-3, lemak sehat atau lemak tak jenuh, berbagai mineral, dan multi-vitamin. Makanan laut untuk menjaga daya tahan tubuh contohnya seperti: ikan tuna, ikan makarel, kerang, tiram, dan kepiting. 

Namun, kamu juga perlu berhati-hati dalam menkonsumsi makanan laut, karena makanan laut seperti kepiting memiliki kandungan kolesterol yang dapat membahayakan tubuh jika dimakan terlalu banyak. 


Karena segala sesuatu yang terlalu berlebihan itu nggak baik ya sobats


6. Mengkonsumsi Minuman Ekstrak Sarang Burung Walet


Realfood Sarang Burung Walet
Udah pernah konsumsi yang satu ini apa belum nih sobat?

Minuman sarang burung walet dari Realfood diperkaya dengan berbagai nutrisi dan kandungan yang dapat menjaga kekebalan tubuh. Ada banyak manfaat sarang burung walet yang bisa didapatkan oleh pria dan wanita, termasuk ibu hamil dan juga anak-anak. Dengan rutin mengkonsumsinya, setiap orang telah mengkampanyekan untuk melakukan gaya hidup sehat di zaman modern seperti sekarang.

Kesehatan adalah berkah yang tak ternilai dari Yang Maha Kuasa. Oleh karena itu, untuk menjaga tubuh yang sehat, perlu dilakukan juga beberapa upaya untuk dapat mewujudkannya. Salahsatunya ya dengan menerapkan beberapa hal di atas supaya imunitas tubuh dapat terwujud dengan baik dan kuat. Jadi, yuk!! mulai jaga dan rawat kesehatan tubuh kamu serta keluarga dari sekarang.


Dari sini, sobats pernah mengkonsumsi sarang burung wallet nggak sih? Boleh deh, feel free to share your comments di kolom komentar ya. Semoha artikel ini dapat bermanfaat untuk kamu yang masih proses struggle dalam meningkatkan imunitas tubuh.


Terima kasih sudah membaca dan berkunjung di artikel ini. See you next

~Blessed

Khoirur Rohmah


Tidak ada komentar

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Copyright © Fastabiqul Khoirots. Blog Design by SkyandStars.co