‎ ‎

Anak Belajar Mewarnai dengan Aplikasi Happy Color

 

Review Aplikasi Happy Color


Bismillaahirrohmaanirrohim

Halo sobats… Percaya tidak, kalau anak sekarang tuh mudah banget untuk memahami sebuah aplikasi pada gawai yang mungkin baru dikenalnya. Dengan membuka aplikasi tersebut, lalu mencoba klik klak klik di dalamnya. Kemudian, tak butuh lama mereka bisa memahami sedikit demi sedikit sebuah aplikasi itu cara kerjanya bagaimana. 


Hal yang sama juga terjadi dengan keponakanku bernama Lulu, yang saat ini masih duduk di bangku sekolah dasar kelas 4. Dia cukup dekat denganku karena sejak kecil suka aku temani main dan gendong. Sehingga, ketika ponselku tidak digunakan, dia meminjamnya lalu melihat beberapa aplikasi yang ada di dalamnya.


Ketika aku melarangnya untuk menonton YouTube atau TikTok karena sedang tidak mengisi paket internet untuk kedua aplikasi tersebut. Lulu juga mematuhinya. Sehingga, ketika tidak diperbolehkan, dia kerap kali scroll dan melihat aplikasi lain. Kebetulan waktu itu dia seketika tertuju dengan satu aplikasi yang memang aku gunakan untuk mencari hiburan dengan melihat yang warna warni. Nope!!! Bukan marketplace atau aplikasi mbanking ya. haha.


Ya!! aplikasi tersebut bernama Happy Color. Aku sudah lama menggunakan aplikasi ini setelah melihat temanku juga memakainya untuk mencari hiburan. Tidak butuh lama memang untuk menguasai bagaimana cara kerja aplikasi ini. Hanya saja, memang dibutuhkan ketelatenan. Kalau aplikasi ini bisa digunakan orang dewasa, apakah aplikasi ini juga ‘approve’ untuk anak berusia 10 tahun? Baca aja review aplikasinya di bawah ini, ya


Review Aplikasi Happy Color untuk Mewarnai


For your information, Aplikasi Happy Color ini berisi beragam layar dengan sketsa gambar yang masih polosan. Kemudian pengguna diminta untuk mewarnainya dengan sangat mudah. Karena diberikan keterangan berupa angka dan warna-warninya sesuai hasil akhirnya seperti apa. Jadi, membuat kegiatan mewarnai lebih mudah. Tapi tidak bisa dikatakan sangat cepat juga.

Logo aplikasi Happy Color
Icon Aplikasi Happy Color 


Sebab, dalam aplikasi Happy Color atau Buku Mewarnai ini, ada beragam pilihan gambar dari tingkat yang mudah, sedang, hingga yang agak rumit sekalipun. Tapi demikian, diperlukan yang namanya ketelatenan, atau teliti saat mewarnai. Karena kadang kala pengguna akan menemukan beberapa spot kecil yang harusnya diwarnai namun dilalui begitu saja. Jadi diperlukan ketelitian.


Nggak Cuma itu, kalau kamu lagi mewarnai, tapi kamu berfikir kalau sudah betul-betul diwarnai semua warna untuk bagian objeknya, namun tetap saja untuk warna tersebut masih muncul, atau tidak hilang. Berarti ada kemungkinan kamu telah melewatkan bagian terkecilnya. 


Solusinya, bisa dengan klik iklan untuk mendapatkan jawaban. Atau berpindah ke warna lain untuk diselesaikan. Baru kemudian kembali pada warna yang belum berhasil mewarnai objek secara keseluruhan itu dengan memperhatikan lebih detail bagian mana yang masih kosong. Tapi paling enak udah cari jawaban dengan melihat iklan deh.


Untuk rating aplikasi Happy color cukup baik ya, di bindang 4,6 dengan sekitar 100+ juta orang telah menggunakan aplikasi ini. Tapi untuk mendapatkannya aku tidak tahu apakah tersedia juga di iphone. Sebab aku pengguna android  dengan menginstalnya di Playstore, ya sobs.


Apakah Aplikasi Happy Color Bisa Digunakan Untuk Anak-Anak?


Jika ada pertanyaan demikian, aku bisa mengatakan bahwa aplikasi ini bisa juga digunakan untuk anak-anak dengan panduan dan bimbingan orangtua ya, sobs. Sebab ada memang pilihan gambar yang harus diwarnai tapi rumitnya minta ampun.

Mewarnai dengan aplikasi Happy Color
Hasil mewarnai yang belum selesai punya Lulu


Namun, ketika orangtua memantau dan memberitahu anak jika ingin mewarnai di aplikasi Happy Color ini perlahan dari yang mudah ke sulit, kemungkinan anak akan lebih terbiasa dalam memahami dan menggunakan aplikasi Happy Color dengan baik.


Sebab, manfaat mewarnai dengan aplikasi Happy Color ini juga memberikan manfaat tersendiri untuk anak. Termasuk belajar untuk memahami hal yang terlihat mudah tapi aslinya butuh keseriusan dalam memahaminya. Mengenalkan pewarnaaan, angka, melatih fokus anak juga. 


Termasuk untuk Lulu, karena menggunakan ponsel milikku dibatasi, jadi dia belum menyelesaikan projek mewarnai yang telah dipilihnya. Terlebih dia memilih gambar yang pewarnaannya cukup ramai atau tinggak kesulitannya tinggi ya. Jadi butuh sedikit banyak waktu untuk menyelesaikannya. Jangan tanya ke aku tapi ya, karena alhamdulillah baru 10 gambar yang selesai diwarnai, hahaaa.

Aplikasi Happy Color di Playstore 


Nah, kalau sobats atau parents nih, apakah sudah pernah tahu, atau justru telah menggunakan aplikasi Happy Color – Buku Mewarnai ini? Entah sudah, atau belum, yuk bisa banget bagikan di kolom komentar ya. feel free to drop your comments.


Anyway, terima kasih sudah membaca serta berkunjung di artikel ini. Sampai jumpa pada tulisan lain berikutnya. 

~blessed
Khoirur Rohmah

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Chingudeul