‎ ‎

Genshin Impact dan Obrolan Tentang Si Mungil ASUS Zenfone 9

Genshin Impact dan Obrolan tentang Zenfone 9


Beberapa waktu lalu, tagar Nahida pernah bertebaran di Twitter. Aku yang lagi asyik scroll media sosial jadi teringat dan seketika menanyakan kepada seseorang di sampingku yang tengah asyik memainkan gawainya. Aku yang semula fokus dengan gawaiku sendiri kemudian menanyakan siapakah Nahida itu kepadanya. Dia kemudian menatapku dan menjelaskan kalau Nahida itu adalah salahsatu tokoh dalam permainan Genshin Impact yang tengah dimainkannya tersebut. Dari sinilah perbincangan kami dimulai.


Aku dikasih tahu dari siapa saja tokoh-tokoh yang ada di permainan itu, kemampuannya apa saja, dan dia sudah punya yang mana saja. Aku yang tidak pernah main game seketika sedikit paham jadinya. Kemudian aku juga menanyakan, seperti apa sih gawai yang enak menurutnya untuk support game? Tentunya memori yang besar juga menjadi jawabannya.


“Ukuran layar besar atau kecil apakah mempengaruhi?” – tanyaku


Dia menggelengkan kepala. Yang pasti gawai dengan spesifikasi di atas perangkat yang digunakan saat itu. Sebab saat main game dengan gawainya, dia harus menurunkan kualitas dari yang tinggi ke paling rendah. Sehingga berpengaruh pada resolusinya yang tidak terlalu bagus tapi tetap bisa dijalankan.

Gemesh banget kan, itu ponsel di saku depan bikin bahaya saat di jalan

“Tapi kamu nyaman nggak kalau seandainya punya gawai mungil tapi compact gitu? Jadi nggak perlu khawatir kalau pas keluar rumah ditaruh saku kemeja atau celana nggak menonjol, dan bikin awas waktu di jalan,” – cecarku lagi.


Dia menjelaskan kalau tidak mempermasalahkan ukurannya. Sekalipun mungil, compact, dan yang dibutuhkan sudah ada pada gawai tersebut. Sudah pasti bakalan senang banget memiliki piranti seperti ini. 


Terlebih aku yang suka was-was ketika dia berangkat kerja, gawainya kadang dengan seenak hati ditaruhnya di saku kemeja, itupun gawainya masih melebihi ukuran saku. Sehingga aku menyuruhnya untuk ditaruh di tas atau di saku celana. 


Ketika asyik menjawab serbuan pertanyaan dariku tersebut, dia sesekali sambil memainkan game Genshin Impact tersebut. Sebelum akhirnya aku bilang kalau ada gawai yang cocok dengan kebutuhan dia, yang sederhana, praktis, enak digenggam, apalagi dimasukkan ke kantong saku, bisa juga digunakan untuk main game, menunjang kegiatan fotografi yang sesekali dilakukannya. Sekalipun pernah kurang percaya diri karena hasilnya masih belum maksimal. 


“Kayaknya kamu perlu kenalan sama ASUS Zenfone 9, deh. Karena kupikir dia cocok untuk dimilikimu,” Kataku penuh antusias yang akhirnya dia menoleh kepadaku dan menyimak beberapa hal yang sepertinya harus dia dengar soal gawai compact tapi mungil satu ini. Dari sinilah aku mulai menjelaskan seperti apa sih ASUS Zenfone 9 ini.

Desain Zenfone 9 Yang Mudh Digenggam
Hanya dalam satu genggaman yang cukup ringkas


Si Mungil Zenfone 9 dengan desain Ultra Compact dan Performa Flagship


Siapa sih yang nggak kepincut dengan gawai dengan badannya yang mungil, tapi telah disematkan berbagai fitur-fitur yang powerful. Sebab, untuk membuat ponsel yang compact, adakalanya harus berkompromi dengan  fitur dan juga performanya. Berbeda halnya dengan ASUS Zenfone 9 yang baru diluncurkan pada tanggal 17 November 2022 lalu.


Seri Zenfone ini berbeda dari sebelumnya, karena pada Zenfone 9 telah diupgrade dengan signifikan dari fitur-fitur unggulan yang dimilikinya agar pengguna bisa menikmati pengalaman menggunakan gawai atau ponsel rasa flagship yang ultra compact, ultra stylish, dan juga ultra speedy. Khususnya untuk pecinta seri Zenfone di Indonesia ya.


Pada hari itu, diperkenalkan Zenfone 9 dengan berbagai terobosan terbaru yang dimilikinya. Karena saat peluncuran aku menyimak dari awal, jadi lebih baik aku akan paparkan apa yang menjadi daya tarik ASUS Zonfone 9 ini.


Anatomi ASUS Zenfone 9


DESAIN

Material pada kerangka tengah ponsel ini terbuat dari aluminium, sedangkan pada penampang belakang menggunakan material polimer yang lebih tahan goresan daripada plastik dan lebih tahan pecah dibandingkan bahan kaca. Untuk pelindungnya berupa Corning Gorilla Glass Victus, yang mana membuat tubuhnya bisa tahan air dan debu, berkat sertifikasi IP68.

Cakep nggak? Cakep banget lah desainnya


Perlindungan pada desain Zenfone 9 ini bisa memberikan kenyamanan bagi pengguna dalam menggunakan ponsel sesuai aktivitas di lingkungan apapun.


LAYAR

Ukuran 5,9 inchi dan panjang kurang dari 14,8 cm, lebar kurang dari 7 cm, dengan menggunakan Panel Super AMOLED, termasuk ukuran yang pas, bukan? Tidak terlalu besar tapi bisa muat dalam satu genggaman. Pastinya bakalan ringkas, mudah, dan muat untuk dimasukkan pada saku. 

Mungil rasa flagship ini Zenfone 9


Belum lagi layarnya juga ditopang dengan resolusi 1.080x2.400 piksel. Dengan dukungan refresh rate 120 Hz, touch sampling rate 240 Hz, pun dengan DC Dimming pada tingkat kecerahan rendah, ataupun kecerahan puncak mencapai 1.100 nits. Sehingga total Zenfone 9 memiliki cakupan layar higga 112% DCI-P3 dan 151,9 sRGB.


AUDIO

Selamat datang pada sektor audio yang telah ASUS garap dengan serius, yaitu penggabungan hardware Qualcomm dengan Dirac Tuning. Kerjasama dengan pakar Sound di Dirac research, Swedia ini telah terjalan sejak proyek ROG Phone 3 yang kemudian dilanjutkan oleh ASUS Zenfone 9 ini. 

Yang selalu butuh hiburan berupa entertainment amat sangat ditanyakan dengan sektor audio Zenfone 9 pastinya


Hal ini memberikan kualitas audio yang sangat impresif dari dua speaker linier yang telah disupport oleh smart amps dari Qualcomm AqsticTM, serta Jack Audio 3,5 mm dengan menggunakan Qualcom Aqstic DAC terbaru. Membuat doi bisa lebih enjoy ketika mendengarkan musik melalui platform streaming seperti YouTube maupun Spotify.


KAMERA

Untuk yang hobi fotografi bakalan senang banget dengan fitur kamera di ASUS Zenfone 9 ini. Sebab, kamera utamanya telah dibekali sistem kamera terbaru berupa teknologi 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilization pada kamera utamanya. Sehingga ucapkan selamat tinggal pada kecemasan bagi kamu yang khawatir tremor saat video momen tertentu menggunakan kamera utama Zenfone 9 ini.


Nah, buat yang punya hobi akses di media sosial dan pengen kualitas gambarnya cakep banget, harus sungkem loh sama fitur di kamera utama Zenfone 9 juga yang memiliki resolusi 50MP dengan menggunakan sensor flagship dari SONY IMX766, dengan bukaan sampai F1.9. dijamin bakalan sekece apa hasil foto kamu nantinya. Asli cakep bener dah.


Eitss… nggak cuma itu sih, dengan fitur yang dimiliki kamera utama ini, juga bisa merekam video dengan kualitas 8K dan kecepatannya 24fps, loh. Seperti yang aku sebutkan tadi, adanya teknologi 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilization memudahkanmu merekam video hanya dengan satu tangan tanpa adanya guncangan.  Sehingga dijamin tingkat stabilitasnya jauh lebih tinggi. 


Oh ya, adanya teknologi ini juga membuat kamera utama Zenfone 9 mampu merekam objek apapun tanpa distorsi optic maupun ‘ghosting’. Sebab, terdapat algoritma anti-guncangan dalam sistem Electronic Image Stabilization (EIS) yang berfungsi untuk mengeleminasi lebih banyak lagi dampak dari gerakan-gerakan yang tak diinginkan. Dengan begitu, video yang berhasil direkam akan tampak lebih smooth, bebas goncangan layaknya video milik professional begitu, sobats.


“Dengan sederet update yang signifikan, Zenfone 9 adalah smartphone yang paling powerful yang pernah diciptakan,” – Jimmy Lin, ASUS Regional Director Southeast Asia.


Oh ya, di bagian belakang Zenfone 9 ini ada dua kamera utama yang berbentuk boba. Kalau kamera pertama punya kemampuan dengan stabilitas tinggi, sedangkan kamera utama kedua di belakang ini punya lensa ultra-wide yang beresolusi 12MP dengan sensor SONY IMX363 dengan bukaan sampai F2.2, selain itu, kamera ini juga berfungsi untuk merekam video 4K pada kecepatan 60fps dengan EIS dan pengoreksian distorsian yang sangat real-time. Jadi, kalau mau merekam gambar dengan titik fokus tertentu bisa sampai jarak 4cm.


Mau swafoto? Bisa kok. Karena kamera depan Zenfone 9  juga udah pakai sensor SONY IMX663 dengan bukaan F2.45 sehingga bisa merekam video 4K dengan kecepatan 30fps atau FHD dengan kecepatan 60fps yang juga telah disertai teknologi EIS.


Jadi gimana? Udah mupeng nggak nih? Pasti ya kan? Padahal masih banyak fitur yang mau aku paparkan, loh. Tuturku pada orang yang tengah asyik menikmati cemilannya tersebut.


WARNA

Aku pasti yakin tiap orang memiliki kepribadian yang unik-unik. Pemilihan warna dalam ponsel pasti juga dibutuhkan ketika harus menentukan ingin memiliki unit Zenfone 9 mana. Beruntunglah, ada 5 pilihan warna yang bisa dipilih. Apa aja? Ada Moonlight White yang super keren. Sunset Red yang menarik perhatian. Starry Blue yang cantiknya anggun. Midnight Black yang elegan, misterius, dan berkelas. 


Jadi gimana? Udah bisa menentukan bakalan pilih yang mana? Oh ya, pilihan warna pada Zenfone 9 juga telah diberikan permukaan bertekstur yang baru dikembangkan. Sehingga dijamin akan lebih tangguh dan nyaman tapi tetap mencengkeram. Sebab adanya bahan yang ditambahkan pada bagian belakang ponsel mampu mengurangi berat penutupnya hingga 30% dibanding generasi Zenfone sebelumnya.


SPESIFIKASI ASUS ZENFONE 9


Si Compact Size Dengan Performa Yang Powerful


Percaya nggak, sekalipun kecil-kecil cabe rawit begini, Zenfone 9 sangat Compact karena punya performa jeroan yang powerful. Ya, dia termasuk ponsel dengan compact size big possibilities. Yang artinya walaupun bentuknya mungil dan terlihat ringkas, dia bisa diajak kebut-kebutan dalam mobilitas yang tinggi. 


Karena Zenfone 9 sudah dibekali performa yang galak berkat processor flagship terbaru Snapdragon 8+ Gen 1 Mobile Platform yang lebih powerful dan dapat menghadirkan performa yang lebih smooth dan responsif. Adanya chip anyar ini juga mampu membuat CPU clock speed sampai 3,2 GHz. Dengan begitu bisa menghasilkan performa CPU dan GPU 10% lebih tinggi namun dengan efisiensi CPU 30% dibandingkan generasi sebelumnya. 


Kabar baiknya, untuk meminimalisir terjadinya bottleneck, Zenfone 9 telah dilengkapi LPDDR5 dengan RAM sampai 16GB dan UFS3.1 storage. Dengan begitu, kamu yang punya mobilitas tinggi bida ditunjang dengan ponsel Compact Size Big Possibilities ini ya sobs.


Ponsel dengan Cooling System


Buang opini bahwa ponsel ASUS panas, ya. Terakhir kali menggunakan ponsel ASUS dingin-dingin aja. Dan Zenfone 9 ini hadir sebagai ponsel ASUS anti panas karena dibekali Cooling System yang juga telah diperbarui dengan Vapor Champer berteknologi tinggi sebagai pengganti heat pipes dan fitur penyebaran panas. Sehingga kemampuan ini memungkinkannya menghasilkan performa tinggi tanpa ada kenaikan suhu ponsel yang berlebihan.


Konektivitas dan Baterai


ASUS Zenfone 9 ini telah mendukung konektifitas Wi-Fi dengan kualitas yang paling ngebut berkat Wi-Fi 6E dan mampu menghasilkan konektivitas yang lebih stabil, lebih cepat, bahkan pada kondisi yang crowded. 


Sedangkan untuk baterai, Zenfone 9 menggunakan baterai berkapasitas 4300mAh, yang lebih besar dibandingkan pada generasi Zenfone sebelumnya. Jadi, pengunaan selama seharian bisa dipastikan aman. Karena Zenfone 9 telah meminjam teknologi STP (Specific Tab Process) dari ROG Phone 6 untuk pengisian baterai yang lebih adem dan cepat. Dengan begitu, ponsel ini bisa menggunakan adaptop HyperCharger 30W untuk pengisian ulang yang lebih cepat. 


Sat Set Sat Set dengan Ponsel Mungil ASUS Zenfone 9


Rasa-rasanya, dia di sampingku sangat tertarik dengan penjelasan dari Zenfone 9 ini. Apalagi saat aku menyebutkan terkait baterainya dan performanya yang powerful. Sehingga bisa membantunya bisa sat-set untuk mobilitas sebagai guru, hingga pemain game Genshin Impact. 


“Jadi, mau beli nggak? Kan enak tuh, bisa buat senjata untuk mendokumentasikan perjalanan studi wisata bareng anak-anak di Jogja. Biar kualitas gambar ataupun videomu jadi tambah maksimal,” tanyaku pada dia, suamiku yang amat antusias dengan tawaranku lalu menganggukkan kepalanya.


Setelah itu, aku diberi tahu lebih banyak soal tokoh-tokoh yang berperan dari game yang dimainkannya tersebut. Salahsatu tokoh yang aku ingat ada Zhongli, namanya.


Dapatkan ASUS Zenfone 9 Sesuai Pribadimu


Kalau kamu tertarik untuk memiliki Zenfone 9 ini, caranya sangat mudah loh. Kamu bisa mendapatkan ponsel mungil dengan performa yang powerful ini melalui partnet channel pembelian resmi produk ASUS di Erafone, Tokopedia, ASUS Exclusive Store, hingga ASUS Online Store, ya"


Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS Zenfone 9 Blog Writing Competition 

di Blog Widyanti Yuliandari


Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Chingudeul