‎ ‎

Cara Cerdas Nabung di Tengah Cicilan Utang

 

Cara Cerdas Nabung di Tengah Cicilan Utang

Utang dan cicilan yang menumpuk bisa menjadi masalah serius dalam sebuah rumah tangga. Bahkan tidak jarang menyebabkan keluarga tidak bisa merasakan kebahagiaan. Penyebabnya sangat beragam, mulai kebutuhan besar yang mendadak, salah mengelola keuangan, sikap impulsif, tidak membuat budgeting dan lainnya. 

Tidak punya tabungan akan menyebabkan masalah finansial yang besar di masa mendatang. Sedangkan jika sudah terlanjur punya utang dan membayar angsuran setiap bulan, apakah masih mungkin untuk menabung? Kemampuan untuk mengelola cicilan kredit pintar sangat penting agar kondisi keuangan tidak semakin parah. 

6 Cara Cerdas Menabung di Tengah Cicilan Utang

Sebagai sebuah kewajiban, cicilan harus dibayar setiap jatuh tempo. Anda perlu mempunyai budget khusus yang dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Semakin cepat mampu melunasi utang, maka akan mudah mengatur keuangan dalam jangka pendek maupun panjang. 

Dengan teknik cicilan kredit pintar, siapa saja dapat mengelola utang secara bijaksana. Keterlambatan pembayaran kewajiban ini akan berdampak pada beban denda, karena itu perlu mendapat perhatian dan segera dibayar setiap tanggal jatuh tempo. Meski demikian, rencana untuk mempunyai tabungan harus tetap berjalan. Cara cerdas yang bisa dilakukan antara lain adalah: 

1. Daftar Semua Pemasukan dan Pengeluaran

Tidak sedikit orang yang kurang mengetahui berapa jumlah pemasukan maupun pengeluaran keuangan yang dimiliki. Sedangkan data ini sangat penting sebagai bahan dalam mengelola keuangan. 

Untuk itu, jika sebelumnya tidak membuat daftar pemasukan dan pengeluaran, segera mulai membuatnya. Jangan lupa untuk memasukkan beban cicilan dalam daftar pengeluaran tersebut. 

Pengelolaan utang dengan cicilan kredit pintar akan sangat membantu untuk menyelesaikan pinjaman tepat waktu tanpa terasa berat. Kuncinya adalah niat, rencana dan pelaksanaan yang konsisten. Pada prinsipnya, berapa pun pemasukan yang diterima, jika dikelola dengan baik akan bisa membayar utang tepat waktu. 

2. Tentukan Target Jumlah Tabungan

Tabungan merupakan komponen penting dalam menciptakan kebebasan finansial. Sebaiknya membuat rencana dan target, berapa jumlah tabungan yang ingin dimiliki dan berapa lama waktu untuk mencapainya. 

Cicilan dan tabungan merupakan dua hal yang sama penting sehingga harus mendapat prioritas. Oleh karenanya, Anda harus memahami lebih dalam tentang  bagaimana mengelola cicilan kredit pintar supaya kondisi keuangan sehat. Buatlah target menabung sesuai kebutuhan dan atur tahap-tahap untuk mencapainya. 

3. List Semua Utang dan Cicilan per Bulan

Utang merupakan kewajiban yang harus segera dibayar dan tidak boleh terlewat. Karena itu, sebaiknya mempunyai daftar semua utang dan cicilan per bulan, termasuk tanggal jatuh tempo. 

Manfaatnya adalah untuk memudahkan mengelola dan membuat skala prioritas dalam pembayaran. Jika dana terbatas, prioritaskan untuk membayar utang dengan bunga paling besar. 

4. Atur Pos Pengeluaran

Dari sekian banyak kebutuhan dalam keluarga, seharusnya ada skala prioritas untuk memenuhinya. Mulai dari penting, sedang dan tidak penting. setelah pengelompokan ini, Anda akan mudah untuk mengatur pos pengeluaran dengan mengutamakan berdasarkan skala prioritas. 

Namun dalam pengaturan ini tetap jangan lupa untuk memasukkan tabungan dalam pos pengeluaran. Dengan memasukkan tabungan sebagai salah satu item pengeluaran bulanan, Anda akan merasa mempunyai kewajiban untuk memenuhinya. 

Dalam pengaturan keuangan memang perlu sedikit memaksakan diri agar tujuan yang diinginkan bisa tercapai, salah satunya dengan menabung di awal bulan. Ini akan memudahkan dalam mengelola dana yang terbatas karena yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan adalah pemasukan yang sudah dikurangi dengan cicilan dan tabungan. 

Menabung merupakan salah satu cara agar kondisi keuangan di masa mendatang bisa lebih sehat dari sekarang, karena itu perlu menjadi prioritas. 

5. Cari Penghasilan Tambahan

Berapapun penghasilan yang diperoleh akan cukup untuk memenuhi kebutuhan, termasuk membayar kewajiban dan menabung selama pandai mengelolanya. Namun jika salah pengelolaan akan terus merasa kurang. 

Sebagai langkah agar semua kewajiban dapat dipenuhi dan bisa semakin banyak menyisihkan uang untuk tabungan, salah satu caranya dengan mencari penghasilan tambahan. 

Manfaatkan semua keahlian dan waktu untuk mendapatkan pemasukan dan kelola dengan bijak sehingga bermanfaat. Penghasilan tambahan ini bisa dialokasikan untuk meningkatkan saldo tabungan. 

6. Pisahkan Antara Kebutuhan dan Keinginan

Langkah berikutnya agar bisa menabung di tengah banyaknya cicilan hutang adalah dengan memisahkan antara kebutuhan dan keinginan. Sifat konsumtif dan impulsif atau belanja tanpa terkontrol merupakan sumber masalah keuangan, karena itu harus mampu memisahkan mana yang merupakan kebutuhan dan keinginan. 

Kebutuhan merupakan sesuatu yang harus terpenuhi karena jika tidak, akan mengurangi kualitas hidup. Sedangkan keinginan lebih bersifat emosional. Tanpa terpenuhi pun tetap bisa hidup dengan layak dan nyaman. 


Tetap Bisa Menabung Meski Punya Cicilan Bersama Bank Digital

Tetap Bisa Menabung Meski Punya Cicilan Bersama Bank Digital


Saat ini banyak perusahaan keuangan yang memberikan fasilitas pinjaman secara online atau cicilan mudah dan terjangkau, salah satu di antaranya adalah bank digital dari digibank by DBS. Aplikasi perbankan satu ini dapat membantu siapa saja yang ingin memenuhi kebutuhan keuangan secara fleksibel, sekalipun mempunyai tanggungan, tetapi Anda tetap bisa menabung. Bagaimana bisa? 

Caranya mudah, yakni dengan cicilan kredit pintar lewat digibank by DBS, yang mana Anda bisa menggunakannya untuk berbagai keperluan keuangan dengan proses pengajuan yang mudah dan cepat. Karena jumlah kewajiban perbulan terjangkau, nasabah tetap bisa menyisihkan uang untuk tabungan. Menarik bukan? Keunggulan lain dari digibank by DBS yang perlu Anda cermati, adalah: 

  • Transaksi lengkap, mudah dan terjamin aman. 
  • Tersedia produk asuransi dan ada lebih dari 150 pilihan produk investasi.
  • Ada penawaran kartu kredit dan pinjaman, tenor cicilan ringan hingga 60 bulan dengan approval 60 detik.
  • Akses dan monitor 24/7 di Aplikasi digibank by DBS.
  • Gratis iuran tahun pertama.

Meski mempunyai cicilan pinjaman, sejatinya bukan alasan untuk tidak menabung. Terlebih jika Anda memanfaatkan Aplikasi digibank by DBS ini, tentunya sangat bisa melakukan keduanya secara seimbang. Anda tetap bisa menabung di tengah cicilan kredit pintar, sebab bunga yang ditawarkan oleh digibank by DBS tidaklah begitu besar. Bagaimana, cukup menarik bukan? Agar semakin yakin dengan layanan bank digital satu ini, Anda bisa mencari tahu informasinya lebih detail di sini


Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Chingudeul