‎ ‎

Pentingnya Back Up Camera CCTV di Bank

 

Pentingnya Back Up Camera CCTV di Bank

Sistem keamanan camera CCTV sangat penting digunakan di berbagai tempat, terutama kantor pelayanan umum seperti bank. Kehadiran CCTV yang dipasang di sejumlah titik penting di bank dapat meningkatkan keamanan seluruh aktivitas perbankan, aset berharga yang tersimpan di bank serta untuk meningkatkan pelayanan nasabah. Kamera keamanan juga digunakan sebagai barang bukti legal jika terjadi risiko kerusakan properti, kehilangan aset berharga atau perilaku tak pantas yang dilakukan oknum yang tidak bertanggung jawab. 


Sebagai perangkat hasil teknologi, kamera keamanan mampu menghasilkan rekaman video dengan kualitas yang baik. Namun begitu, ruang penyimpanan yang tersemat dalam perangkat tidak dibuat untuk menyimpan hasil rekaman dalam jangka waktu yang lama. Sistem akan menghapus hasil rekaman awal secara otomatis, jika kapasitas ruang penyimpanan telah penuh. Oleh sebab itu, dibutuhkan perangkat tambahan untuk menyimpan back up rekaman camera CCTV indoor yang terpasang di bank.


Alasan Penting Back Up Camera CCTV di Bank

Alasan Penting Back Up Camera CCTV di Bank

Camera CCTV yang beredar di pasaran, biasanya memiliki kapasitas memori mulai dari 64 GB hingga 4 TB. Jangka waktu masa penyimpanan bisa dilakukan maksimum hingga 7 hari untuk 4 channel yang terkoneksi dalam satu ruang penyimpanan. Pada unit dengan kapasitas memori kecil atau perangkat dengan fitur gambar resolusi tinggi tidak akan mampu menampung banyak hasil rekaman. 


Sebelum hasil rekaman terhapus secara otomatis maka harus dilakukan pencadangan penyimpanan, terutama mengingat pentingnya menyimpan hasil rekaman pada aktivitas yang terjadi di bank. Berikut ini alasan penting penggunaan back up rekaman CCTV di bank.


1. Mencegah kehilangan Data

Pada dasarnya, back up rekaman camera CCTV indoor yang terpasang di bank merupakan proses penggandaan data yang disimpan pada lebih dari satu perangkat atau media penyimpanan. Tujuannya adalah sebagai upaya pencegahan terjadinya kehilangan data yang mungkin terjadi karena penghapusan secara otomatis oleh sistem kamera keamanan, kerusakan akibat virus atau secara fisik serta sebab lainnya. 


Upaya ini sangat penting dilakukan di bank, mengingat bank memiliki aktivitas tinggi di bidang pelayanan nasabah dan menjaga aset berharga milik nasabah serta bank itu sendiri. Back up rekaman CCTV bisa dilakukan secara maksimal dengan dukungan beberapa komponen terkait seperti software, server dan media penyimpanan.


Pihak bank juga bisa memilih jenis back up data yang sesuai dengan kebutuhan penyimpanan hasil rekaman camera CCTV. Proses pencadangan atau penggandaan data tersebut bisa diatur secara otomatis menurut rentang waktu tertentu, misalnya harian, mingguan hingga bulanan. Pengaturan back up juga bisa dilakukan berdasarkan skala prioritas kepentingan rekaman video yang dihasilkan di titik-titik tertentu. Hasil rekaman yang tidak penting bisa dihapus agar menyisakan ruang lebih banyak untuk menyimpan rekaman yang baru. Dengan begitu, pihak bank tidak perlu khawatir jika lupa atau hasil rekaman terhapus dalam perangkat utama.


2. Menjaga Keamanan Hasil Rekaman

Fungsi lain dilakukan back up hasil rekaman camera CCTV indoor adalah untuk membantu menjaga keamanan data yang tersimpan dalam perangkat utama. Ruang penyimpanan yang tersemat dalam kamera keamanan umumnya terintegrasi dengan media penyimpanan cadangan seperti cloud yang dilengkapi dengan sistem enkripsi, firewall, end-to-end dan sebagainya. 

Sistem tersebut merupakan pengamanan ganda terhadap data yang tersimpan dari serangan yang dilakukan oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab. Mengingat bank menyimpan banyak aset penting nasabah, termasuk database berisi informasi privasi yang bisa dicuri, maka back up rekaman camera CCTV wajib dilakukan untuk menghindari serangan siber, seperti malware, virus dan lainnya. Proses back up rekaman harus dilakukan secara rutin, terkait aktivitas tinggi yang dilakukan bank setiap hari akan menghasilkan banyak rekaman video penting.


3. Mempercepat Restorasi Data

Jika terjadi kerusakan fisik atau kegagalan fungsi sistem pada perangkat camera CCTV indoor, maka data hasil rekaman yang tersimpan di dalamnya juga ikut mengalami gangguan. Namun, jika telah dilakukan back up data sebelumnya, maka media penyimpanan bisa lebih cepat dipulihkan atau direstorasi. Apabila data dalam perangkat CCTV tidak pernah dicadangkan sebelumnya, maka proses restorasi tidak bisa bekerja maksimal dan hanya bisa menyelamatkan sebagian data saja, atau bahkan tidak bisa dikembalikan sama sekali. 


Proses pencadangan data hasil rekaman camera CCTV bisa dilakukan dengan optimal menggunakan perangkat khusus. Pastikan perangkat tersebut memiliki ruang penyimpanan besar untuk jangka waktu penyimpanan lebih lama. Hal ini sangat penting dilakukan terkait aktivitas tinggi di bank pasti menghasilkan rekaman video yang sangat banyak dengan resolusi gambar besar, sehingga membutuhkan ruang penyimpanan yang juga besar. Anda bisa memilih ruang penyimpanan cadangan seperti external hard drive, cloud storage, Network Attached Storage (NAS) atau bank membangun data center sendiri.


CCTV Terbaik Solusi Cerdas untuk Sistem Keamanan di Bank

Untuk perlindungan seluruh area di bank dengan lebih efektif dan efisien, dibutuhkan camera CCTV indoor yang mampu bekerja secara optimal dan akurat. Rekomendasi produk terbaik yang bisa diandalkan adalah Hikvision AcuSense dengan banyak keunggulan dari fitur-fitur canggih yang tersemat di dalamnya. 


Dengan menggunakan camera CCTV Hikvision AcuSense, proses perekaman setiap aktivitas di bank dilakukan secara real time untuk mendapatkan hasil rekaman yang akurat. Back up data hasil rekaman bisa dilakukan dengan mudah dan efisien menggunakan sistem kategori hasil rekaman pada ruang penyimpanan yang tersemat dalam perangkat. Sistem kategori tersebut juga memudahkan pencarian hasil rekaman ketika dibutuhkan.


Kamera keamanan dari Hikvision AcuSense merupakan solusi tepat untuk meningkatkan keamanan dan penjagaan aset berharga di bank. Gunakan Hikvision AcuSense sebagai camera CCTV terbaik yang mampu mengakomodir kebutuhan sistem keamanan di bank. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai produk Hikvision AcuSense, bisa Anda lihat di sini.

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Chingudeul