‎ ‎

Cara Mengatasi Tantangan Kebersihan di Restoran Yang Perlu Anda Ketahui

 alasan orang-orang datang lagi ke restoran

Menemukan restoran favorit yang selalu menjadi tujuan tatkala ingin mengisi asupan perut adalah sebuah hal yang memudahkan apalagi ketika dihadapkan dengan variabel bernama kelaparan. Namun, sebelum menemukan tempat tersebut bisa jadi perlu berbagai informasi yang dirangkum dan dievaluasi hingga akhirnya menjadi tempat favorit, kan? Entah dari pelayanan, menu, rasa, dan sebagainya. 

Lalu, apa saja yang biasanya menjadi alasan orang-orang datang lagi ke restoran? Simak berikut ini:

1. Rekomendasi dan Ulasan positif

Hal ini bisa terjadi karena rekomendasi sekaligus ulasan positif dari orang terdekat, atau istilahnya dari mulut ke mulut, sehingga tergerak untuk datang ke tempat yang dimaksud. Maupun dari review positid restoran yang terdapat pada internet hingga sosial media yang dimiliki.

2. Lokasi strategis

Senang pasti saat pertama kali datang sudah mendapatkan pengalaman berupa kenyamanan lokasi restoran yang mudah dijangkau dan aksesnya mudah. Jadi tidak akan ragu lagi jika harus datang kembali lagi nanti.

3. Pelayanan yang baik

Kesan pertama saat datang ke restoran lalu disambut dengan pelayanan yang responsif, ramah, dan ditanggapi dengan cepat, akan terus melekat diingatan pelanggan.

4. Makanan dan hidangan yang berkualitas

Apa yang dicari atau diincar dari pelanggan saat datang ke restoran? Ya, menu favorit yang akan atau pernah dipesan sebelumnya. Jika makanan atau hidangan yang tersedia disajikan berkualitas. Pun pelanggan juga menyukai menu tersebut karena cita rasa maupun variasi menu yang disediakan, bukan tidak mungkin mereka akan kembali datang setelahnya.

5. Suasana dan tata letak

Alasan ke sekian saat datang ke restoran adalah suasana hingga dekorasi atau tata letak tempat yang memberikan kesan menyenangkan, yang bisa menciptakan pengalaman yang berkesan bagi pelanggan.

6. Promo dan diskon

Salahsatu bonus menjadi restoran tujuan saat lapar adalah karena tersedianya penawaran khusus yang diberikan baik berupa promo, diskon, hingga paket promosi lainnya.

7. Pengalaman makan sebelumnya

Bukan tidak mungkin jika pengalaman makan sebelumnya berkesan, akan bisa membuat pelanggan datang, dan kembali datang lagi ke tempat tersebut lagi.

8. Kebersihan restoran

Salahsatu pertimbangan bagi pelanggan yang selalu diperhatikan terkait kebersihan restoran. Baik dari tempat, penyajian, fasilitas, hingga hidangan.

Bukan tanpa alasan saya menaruh kebersihan restoran ini di bagian akhir. Sebab, restoran yang menerapkan kebersihan dari segala hal, baik dengan memastikan kualitas makanan, kesehatan pelanggan, hingga reputasi bisnis. Maka secara tidak langsung mereka akan berusaha untuk menjaga kebersihan restoran dengan baik. Hal tersebut dilakukan untuk memberikan komitmen berupa pelayanan terbaik pada pelanggan.

Namun, bagi Anda yang memiliki usaha tempat makan atau restoran dan ingin mengetahui bagaimana cara mengatasi tantangan kebersihan di restoran, bsia simak beberapa tips berikut ini, di antaranya adalah:

Cara Mengatasi Tantangan Kebersihan di Restoran


Mengatasi Tantangan Kebersihan di Restoran

1. Pelatihan karyawan atau staff tentang kebersihan

Memberikan pelatihan kebersihan kepada karyawan atau staff yang akan bertugas meliputi tata cara mencuci tangan, menyiapkan makanan dengan benar, dan membersihkan area kerja. Termasuk menjaga kebersihan pribadi dengan mengenakan pakaian yang bersih dan menjaga kesehatan.

2. Jadwalkan pembersihan secara rutin

Tetapkan jadwal pembersihan secara rutin mencakup harian, mingguan, dan bulanan untuk berbagai area di restoran. Termasuk dapur, ruang makan, kamar mandi, dan fasilitas lain di restoran.

3. Lakukan pemantauan kebersihan berkala

Tunjuk pengawas, atau manager yang bertanggung jawab untuk memantau pelaksanaan kebersihan secara rutin agar bisa diikuti dengan benar. Baik mengawasi kebersihan makanan, peralatan, dan lingkungan. Segera tindak lanjuti apabila ada masalah yang ditemukan.

4. Menggunakan bahan pembersih yang tepat


Pastikan semua peralatan yang digunakan dalam persiapan makanan bersih dan higienis. Selalu cuci dan desinfeksi peralatan setelah digunakan. Gunakan bahan pembersih yang efektif dan aman untuk membersihkan permukaan dapur, meja makan, dan peralatan lainnya. 

Anda juga bisa menggunakan peralatan pembersihan seperti karbol jerigen yang membuat area restoran bersih kinclong, lebih banyak, dan lebih hemat. Dengan menggunakan produk ini juga bisa dapat mempermudah proses kebersihan pada setiap sudut restoran.

5. Perhatikan sanitasi makanan dan air

Pastikan makanan diolah dan disajikan dengan standar kebersihan agar terhindar dari kontaminasi. Pun gunakan air yang bersih dan aman untuk mencuci perlatan maupun bahan makanan.

6. Tersedia area khusus makanan sisa dan kelola sampah

Pisahkan area untuk makanan sisa dari persiapan makanan untuk menghindari kontaminasi siang, serta atur sistem pengelolaan sampah agar mencegah penumpukan dan masalah kebersihan.

7. Edukasi dan tanggapi umpan balik pelanggan

Dengan memasang poster atau tanda pengingat di tempat strategis di area restoran merupakan langkah edukasi pelanggan. Selanjutnya apabila ada umpan balik segera ditanggapi apalagi berkaitan dengan kebersihan. 

Dengan menerapkan beberapa langkah di atas, maka Anda bisa dipastikan dapat meningkatkan standar kebersihan yang ada di restoran. Pun dapat menciptakan lingkungan yang bersih, serta aman baik bagi karyawan, maupun pelanggan.

Semoga informasi yang saya bagikan kali ini bermanfaat. Jangan lupa untuk tinggalkan komentar Anda di kolom yang telah disediakan. Terima kasih telah membaca dan berkunjung di artikel ini. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Blessed

Khoirur Rohmah

#HappyBlogging



Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Chingudeul