‎ ‎

Lebih Baik Mana Obligasi atau Reksadana Pendapatan Tetap?

Lebih Baik Mana Obligasi atau Reksadana Pendapatan Tetap

Apakah Anda ingin memulai investasi? Jika iya, Anda pasti bingung mencari instrumen investasi yang tepat. Obligasi dan Reksadana Pendapatan Tetap (RDPT) bisa dijadikan pertimbangan karena menawarkan keuntungan yang menarik. Tak hanya itu, keduanya juga tergolong sebagai investasi dengan tingkat risiko yang rendah. 

Bingung mau pilih yang mana? Sebenarnya Obligasi dan RDPT sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk menentukan mana yang tepat Anda perlu memahami keduanya secara mendalam. Simak penjelasannya selengkapnya pada pembahasan berikut. 

Perbedaan Reksadana Pendapatan Tetap dan Obligasi

Sebagian orang ada yang menganggap bahwa Obligasi dan RDPT memiliki kelebihan dan kekurangan yang sama. Karena sebagian besar dana kelolaan RDPT diinvestasikan ke Obligasi. 

Meskipun demikian, keduanya cukup berbeda sehingga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut perbedaan RDPT dan Obligasi yang wajib dipahami. 

Tempat & Waktu Pembelian

Jika melakukan investasi di Obligasi maka Anda harus membelinya di Pasar Perdana dan Pasar Sekunder. Sebagian produk Obligasi biasanya dijual pada waktu tertentu, khususnya Obligasi yang diterbitkan oleh Pemerintah. 

Hal ini tentu menjadi salah satu kekurangannya karena Anda tidak bisa membelinya sewaktu-waktu. Lain halnya dengan RDPT yang bisa dibeli kapan saja melalui Manajer Investasi dan agen penjual efek Reksadana. 

Nilai Minimum Investasi

Produk Obligasi umumnya menerapkan nilai minimum investasi. Contohnya ORI (Obligasi Negara Ritel) yang menerapkan minimum pembelian sebesar Rp1 juta bagi investor warga negara Indonesia. Saat melakukan pembelian Obligasi Anda harus melampirkan KTP, NPWP dan rekening bank.

Sedangkan RDPT menerapkan nilai minimum investasi yang terjangkau karena bisa dibeli dengan nilai di bawah Rp1 juta. Syarat pembeliannya juga lebih mudah Anda cukup melampirkan KTP dan rekening bank.

Penerbit Investasi

Obligasi adalah surat utang yang bisa diterbitkan oleh pemerintah, BUMN (perusahaan milik negara) dan perusahaan swasta. Sedangkan Reksadana Pendapatan Tetap adalah investasi yang diterbitkan oleh Manajer Investasi (perusahaan swasta) yang di dalamnya terdiri dari beberapa efek Obligasi. 

Tingkat Risiko

Dalam menjalankan investasi Anda harus memahami prinsip high risk high return. Semakin besar keuntungan yang ditawarkan maka semakin tinggi tingkat risikonya, begitu juga sebaliknya. Obligasi Pemerintah memiliki tingkat risiko yang paling rendah karena pembayarannya sudah dijamin oleh Undang-undang. 

Namun, Anda harus hati-hati saat membeli Obligasi yang diterbitkan oleh perusahaan swasta karena risiko gagal bayarnya jauh lebih tinggi. Bila dibandingkan dengan RDPT tentu Obligasi swasta memiliki tingkat risiko yang lebih tinggi.

Ini karena RDPT terdiri dari beberapa efek Obligasi sehingga risiko gagal bayarnya bisa diminimalisir. Bisa dibilang RDPT memiliki tingkat risiko menengah sehingga cukup aman untuk investor baru.

Tips Memilih Investasi Yang Tepat

Tips Memilih Investasi yang Tepat

Baik Obligasi maupun RDPT, keduanya sama-sama menguntungkan jika Anda pintar menyesuaikannya. Investor yang memiliki pengetahuan tentang produk-produk Obligasi dan memiliki waktu yang cukup untuk riset pasar boleh saja memilih investasi secara langsung di Obligasi. 

Namun, jika tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan riset dan mencari informasi seputar produk Obligasi. Sebaiknya investasikan dana Anda di Reksadana Pendapatan Tetap terbaik karena Manajer Investasi akan mengoptimalkan kinerja produknya secara maksimal. 

Jadi Anda tidak perlu repot-repot memikirkan produk Obligasi mana yang memiliki prospek bagus. Cukup membeli RDPT yang memiliki portofolio dan kinerja bagus dan tunggu hasilnya. Sederhananya, RDPT sangat cocok untuk investor yang ingin mendapat keuntungan tapi tidak ingin pusing memikirkan strategi investasi. 

DBS Treasures Pilihan Tepat untuk Investasi

Apakah Anda bingung harus memulai investasi dari mana? Cobalah bergabung menjadi Nasabah Perbankan Prioritas DBS Treasures. Anda akan dibantu mengembangkan dana melalui berbagai pilihan produk investasi yang aman dan terpercaya.

Tidak hanya menyediakan produk Reksadana Pendapatan Tetap terbaik, Anda juga bisa membeli Obligasi Pemerintah dengan mudah. Ada banyak keuntungan yang akan Anda dapat jika bergabung menjadi Nasabah Perbankan Prioritas di antaranya yaitu:

Pilihan Produk Reksadana Terbaik

Tersedia beragam pilihan produk Reksadana terbaik yang dikelola oleh Manajer Investasi profesional yang telah berpengalaman di dunia investasi. Anda tidak perlu pusing memikirkan strategi investasi karena Manajer Investasi akan memaksimalkan kinerja produknya. 

Dapatkan Panduan Investasi

Tidak hanya menyediakan produk investasi terbaik, DBS Treasures juga menyediakan informasi dan wawasan seputar dunia investasi. Dapatkan hasil analisis pasar dan peluang investasi terbaru dari tim ahli finansial profesional untuk mempermudah investasi.

Kemudahan dalam Diversifikasi Dana

Agar terhindar dari risiko investasi yang fatal Anda perlu melakukan diversifikasi dana ke beberapa produk investasi. Anda tidak perlu melakukannya di platform lain karena sudah tersedia lengkap. 

Mudah dan Efisien

Anda tidak perlu meluangkan banyak waktu karena semua transaksi investasi bisa dilakukan melalui Aplikasi digibank by DBS dengan mudah dan cepat. Mulai dari registrasi SID (Single Investor Identification), melakukan transaksi jual-beli Reksadana dan switching investasi bisa dilakukan melalui smartphone. 

Setelah bergabung menjadi Nasabah Perbankan Prioritas Anda akan mendapat dukungan dalam berinvestasi. Tim ahli finansial akan memberi hasil analisis pasar dan peluang investasi terkini yang telah disesuaikan dengan profil risiko dan portofolio Anda. 

Informasi yang diberikan tentu akurat karena ditenagai dengan teknologi Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML). Tidak hanya itu, informasi yang disajikan juga sudah dilengkapi solusi yang telah disesuaikan berdasarkan investasi (Grow) dan asuransi (Protect). 

Dengan informasi-informasi yang tersedia Anda dapat yakin memilih langkah yang tepat sesuai preferensi saat melakukan investasi. Segera daftarkan diri Anda dan jadilah Nasabah Perbankan Prioritas untuk berinvestasi di Reksadana Pendapatan Tetap. 

Wujudkan tujuan finansial yang mapan untuk masa depan yang cerah bersama DBS Treasures. Klik di sini untuk informasi selengkapnya mengenai investasi Reksadana. 

 

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Chingudeul