‎ ‎

Tips Atur Keuangan bagi Sandwich Generation Biar Bisa Nabung

 

Tips Atur Keuangan bagi Sandwich Generation Biar Bisa Nabung


Mengatur keuangan menjadi tantangan tersendiri bagi para sandwich generation. Lantaran berada dalam himpitan tanggung jawab finansial, generasi sandwich biasanya kesulitan untuk menabung. Selain mencukupi kebutuhan pribadi, mereka harus menanggung biaya hidup orang tua sekaligus adik-adiknya. 


Ada banyaknya tanggungan keuangan membuat para sandwich generation kewalahan dari segi finansial. Apalagi jika Anda sudah memiliki keluarga sendiri atau berumah tangga. Kerap kali uang penghasilan tidak cukup untuk alokasi tabungan. Untuk bisa menabung dan memutus rantai sandwich generation, Anda harus mengatur keuangan secara bijak dan cerdas. 


Sandwich generation harus pintar mengelola keuangannya supaya bisa menabung. Salah satu langkah yang perlu dilakukan adalah membuka rekening khusus untuk tabungan. Saat ini syarat buka rekening cukup sederhana dan pendaftaran bisa dilakukan secara online. Selain itu, ada beberapa tips cerdas mengatur keuangan bagi sandwich generation yang perlu Anda terapkan. 


Tips Cerdas Mengatur Keuangan bagi Sandwich Generation

Semakin rutin menabung, seorang sandwich generation bisa lebih cepat terbebas dari himpitan finansial dan lebih mudah meraih financial goal. Mengatur keuangan secara bijak adalah kunci supaya alokasi tabungan berjalan lancar dan dana cepat terkumpul. Berikut ini tips mengatur keuangan bagi sandwich generation yang bisa Anda aplikasikan. 


1. Berbagi Tanggung Jawab Finansial

Seorang sandwich generation memiliki tanggung jawab finansial yang lebih berat. Ibarat roti sandwich, mereka berada di posisi tengah dan tergencet oleh lapisan atas dan bawahnya. Bayangkan, pendapatan yang mereka miliki harus dibagi untuk memenuhi tiga kebutuhan, yaitu biaya hidup pribadi atau keluarga sendiri, generasi di atasnya (orang tua), dan generasi di bawahnya (adiknya). 


Mungkin penghasilan yang didapat oleh seorang sandwich generation mampu untuk membiayai berbagai tanggungan tersebut. Namun hanya sebatas cukup, kalaupun ada sisa pasti tidaklah banyak. Kondisi tersebut membuat seorang generasi sandwich kesulitan menabung dan tidak bisa mengejar target keuangannya. 


Untuk meringankan beban keuangan, sebaiknya seorang sandwich generation berbagi tanggung jawab finansial. Anda bisa minta tolong kepada saudara atau keluarga besar untuk membagi tugas merawat orang tua, baik dalam bentuk waktu, tenaga, dan uang. Diskusikan dengan keluarga Anda untuk bisa berbagi tanggung jawab secara adil. Dengan begitu tanggungan Anda akan berkurang dan Anda punya lebih banyak kesempatan untuk menabung. 


2. Membuat Anggaran Keuangan

Menyusun anggaran keuangan bermanfaat untuk mengetahui kondisi keuangan dan mengalokasikan dana secara bijak. Anda perlu mencatat pemasukan dan pengeluaran Anda setiap bulannya. Saat mendapatkan gaji di awal bulan, Anda harus langsung membuat anggaran keuangan. 


Dalam menyusun anggaran keuangan, urutkan kebutuhan mulai dari yang terpenting seperti biaya makan, tagihan listrik, dana pendidikan anak, bayar internet, uang transportasi, cicilan rumah dan lainnya. 


Sebagai sandwich generation, biaya hidup orang tua dan adik juga masuk kebutuhan pokok yang tidak bisa ditinggal. Pastikan Anda tidak melakukan pengeluaran untuk hal-hal yang tidak penting. Dengan adanya anggaran keuangan, pemakaian uang Anda akan lebih terarah dan Anda bisa mengupayakan untuk menabung. 


3. Menyiapkan Dana Darurat

Seorang sandwich generation juga wajib menyiapkan dana darurat untuk menjamin keamanan finansialnya. Anda harus memiliki alokasi keuangan untuk dana darurat. Dana darurat berfungsi sebagai backup keuangan untuk mengantisipasi risiko di kemudian hari, seperti jatuh sakit, terkena PHK, mengalami bencana, dan lainnya. 


Memang sebagai sandwich generation cukup sulit untuk memikirkan banyak alokasi keuangan. Namun dana darurat wajib Anda siapkan untuk menghadapi hari esok yang tidak tertebak akan seperti apa. Cara mengumpulkan dana darurat bagi generasi sandwich adalah memulai dari jumlah kecil terlebih dahulu. 


4. Menambah Sumber Penghasilan

Prinsip utama dalam keuangan adalah jangan sampai “besar pasak daripada tiang”. Jadi pastikan bahwa penghasilan Anda jauh lebih banyak dibanding pengeluaran. Mengingat banyaknya kebutuhan yang harus ditanggung, seorang sandwich generation perlu menambah sumber penghasilan. 


Ketika pemasukan bertambah, maka Anda jadi lebih mudah memenuhi biaya hidup keluarga, orang tua, dan adik. Selain itu, Anda juga lebih leluasa mengalokasikan keuangan Anda untuk kebutuhan lain seperti dana darurat, tabungan, hingga investasi. 


5. Jangan Lupa Mengutamakan Diri Sendiri

Seorang sandwich generation seringkali mengabaikan diri sendiri lantaran dipusingkan dengan kebutuhan orang tua dan adiknya. Adanya tanggungan finansial yang berat kerap membuat sandwich generation bekerja keras tanpa mempedulikan kesehatannya dan tidak mengelola keuangannya. 


Jangan lupa untuk mengutamakan diri sendiri. Bekerja keras memang baik, namun pastikan kesehatan Anda tetap terjaga. Selain itu, Anda harus memprioritaskan keuangan untuk diri sendiri terlebih dahulu. Anda juga berhak untuk menabung, upgrade skill, berinvestasi, hingga self reward. Namun jangan melakukan self reward secara berlebihan.  


6. Menginventarisasikan Aset Orang Tua

Tips Atur Keuangan bagi Sandwich Generation

Tips lain yang berguna untuk memudahkan keuangan generasi sandwich adalah menginventarisasikan aset orang tua. Sebelum mengatur keuangan sebagai sandwich generation, Anda perlu mengetahui apa saja aset dan utang yang masih dimiliki orang tua. Jika masih ada beban utang, maka prioritaskan untuk segera melunasinya. 


Catatlah apa saja aset berharga milik orang tua dan bagaimana hak warisnya. Apabila ada kebutuhan yang mendesak, Anda bisa berdiskusi untuk menjual aset yang dimiliki. Jika ada aset yang bisa dikelola untuk menghasilkan uang, maka dapat meringankan beban keuangan keluarga. Dengan mengetahui aset dan utang orang tua, Anda jadi lebih mudah mengatur keuangan sebagai sandwich generation. 

 

Menggunakan Rekening Online untuk Memudahkan Mengatur Keuangan

Sebagai generasi sandwich bukan berarti Anda tidak bisa menyisihkan uang untuk ditabung. Terapkan tips di atas supaya Anda lebih mudah menabung untuk mengejar financial goal dan memutus rantai sandwich generation. Anda harus mulai mengelola keuangan secara bijak dan cerdas. Untuk memudahkan dalam mengatur keuangan, Anda perlu membuka rekening online. 


Dengan adanya rekening online, Anda bisa mengontrol dan memantau keuangan secara lebih mudah. Salah satu rekening online terbaik yang bisa Anda pilih adalah PermataME. PermataME adalah tabungan online yang disediakan oleh PermataBank. Syarat buka rekening online PermataME cukup sederhana. 


Informasi lebih lengkap mengenai syarat buka rekening online PermataME dan pendaftarannya bisa Anda baca di laman: https://www.permatabank.com/id/tabungan-retail/permatame


Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Chingudeul