‎ ‎

Lagi Diet? Konsumsi Tepung Jagung Yang Bebas Gluten

Tepung Jagung


Bismillaahirrohmaanirrohim

Halo sobats... Walau semenjak sakit selama hampir sebulan di tahun 2024 ini, saya jarang banget memegang kendali dapur, karena setelah kaki nyeri, timbul gejala tipes, lanjut asam lambung. Meski demikian, stok untuk pertepungan di wadah penyimpanan harus selalu tersedia beberapa tepung ini. Seperti misal: tepung terigu, tepung tapioka, dan tepung maizena.

Kalau dulu saat masih semangat bebikinan kue, aku selalu mengandalkan pertepungan yang ada untuk membuat seperti kue donat, bakpau, hingga gabin. Untuk menu lain saya belum explore lebih. 

Tapi, semenjak saya dan suami memutuskan untuk diet, karena sadar usia hampir memasuki gerbang angka cantik, maka kami sedikit demi sedikit mengurangi pertepungan tersebut. Dan aku baru tahu kalau ternyata masih ada tepung yang tetap bisa dikonsumsi bagi seseorang yang lagi diet. Apalagi memiliki kandungan bebas gluten. Sebuah kabar yang baik. Jenis tepung tersebut adalah tepung jagung. 

Supaya sama-sama tahu seperti apakah tepung jagung itu, sebaiknya simak terus hingga akhir ya...

Mengenal Tepung Jagung

Tepung jagung berasal dari jagung utuh yang sudah kering, lalu dipipil, kemudian, digiling, atau bisa juga ditumbuk yang kemudian menjadi tepung jagung yang berupa butiran halus layaknya seperti pasir. Tepung jagung juga memiliki tekstur yang sedikit lebih kasar dan tentunya warnanya kuning. Kaya akan serat, vitamin, pati, hingga mineral yang tentunya sama seperti pada kandungan jagung utuh.

Ragam Jenis Tepung Jangung

Kalau yang saya ketahui di pasaran, memang tepung jagung serba berwarna kuning. Tapi tahukah kamu, kalau ternyata jenis tepung jagung itu bisa dilihat dari jenis warna jagung yang digunakan. Seperti: putih, kuning, atau biru.

- Untuk tepung jagung biru ini dia punya keunggulan berupa protein yang lebih tinggi dan cocok digunakan untuk kue seperti: roti jagung, muffin, maupun pancake sebab rasanya seperti permen. Meski demikian, jenis tepung jagung biru ini sangatlah sulit jika ditemukan di pasar.

- Tepung jagung kuning metalik merupakan jenis tepung jagung yang mudah ditemukan di pasaran. Dipercaya memiliki kandungan gizi yang jauh lebih tinggi daripada tepung jagung putih.

Perbedaan antara Tepung Jagung dan Tepung Maizena

Perbedaan Tepung Jagung dan Tepung Maizena

Loh jadi tepung jagung  dan tepung maizena itu beda ya? Betul. Sebab sepemahamanku mereka itu sama. Tapi ternyata, beda. Pun bedanya juga bisa dilihat dari berbagai hal. Seperti berikut ini:

Proses Pembuatan

Hal pertama yang membedakannya adalah dari proses pembuatan. Tepung jagung dibuat dari berupa biji jagung utuh yang mana hal ini membuat kandungan gizinya sama dengan kandungan jagung utuh.

Untuk tepung maizena terbuat dari endosperma biji jagung yang digiling hingga berwarna putih, yang kemudian disebut pati.

Perbedaan Warna

Tepung jagung sudah pasti memiliki warna yang cenderung sama dengan jagung utuh yang digiling. Sehingga hasil akhirnya menyesuaikan jagung yang digunakan, bisa berwarna putih, kuning, dan biru.

Karena pada tepung maizena yang diolah adalah jaringan penyimpan cadangan makanan (endosperm) maka tentu tidak heran jika warna dari tepung maizena cenderung putih seperti kapur.

Dari Segi Tekstur

Tepung Jagung memiliki tekstur sedikit lebih kasar sedangkan Tepung Maizena yang memiliki tekstur sangatlah lembut.

Dari Rasa

Tepung jagung tentu memiliki rasa yang khas dengan jagung manis, sehingga bisa untuk langsung dikonsumsi atau dijadikan penambah rasa.

Tepung maizena memiliki rasa tawar atau tidak berasa. Pun memang dari penggunaannya juga beda. Karena tepung maizena berfungsi untuk menambah tekstur makanan.

Dari Cara Penggunaan

Tepung jagung kerap kali digunakan untuk bahan tambahan ataupun sebagai pengganti tepung terigu pada beberapa makanan seperti: wafel, pancake, maupun roti.

Tepung maizena digunakan sebagai penambah tekstur renyah pada gorengan, pengental makanan, hingga mencegah gumpalan.

Rekomendasi Resep Olahan Tepung Jagung

Berikut ini beberapa resep olahan tepung jagung rumahan yang mungkin bisa saya atau kamu praktekan di rumah. Tentunya pilih bahan yang mudah didapat di pasaran, seperti tepung jagung kuning. Bisa dipastikan tata cara dan resep serta bahan yang digunakan mudah didapatkan. Di antara resep olahan tepung jagung antara lain:

Nasi Jagung dari Tepung Jagung

Salahsatu makanan yang bikin kenyang banget, ketika memasak beras lalu dicampur dengan nasi putih, kemudian ditambahkan dengan sambal tomat, sayuran yang dikukus, tambah lauk tahu atau tempe, sudah sangat bikin perut  jadi terisi.

Bakwan Tepung Jagung

Bahan-bahannya yang cukup praktis tidak perlu jagung utuh namun gunakan tepung jagung lalu bumbui dengan bawang putih dan tambahkan daun bawang, lalu goreng tipis-tipis. Wahhh mantappp

Uthri Tepung Jagung

Olahan Tepung Jagung


Salahsatu olahan tepung terigu yang biasa emak buat di rumah berupa uthri tepung jagung. Bahan dan cara membuatnya praktis. Cukup tepung jagung, kelapa parut irisan, garam, gula, daun pisang, dan air. Kemudian kukus. Jika makan ini seketika saya seperti diajak ke masalalu, sobats.

Produk Maizenaku by Ega Food

Produk Maizenaku by ega food

Maizenaku paling tidak harus ada di persediaan dapur kami. Sebab Maizenaku merupakan tepung dengan pilihan terbaik yang saat membutuhkan bahan pangan bermutu. Produk Maizenaku merupakan satu-satunya produk yang beredar di Indonesia dan telah mendapatkan sertifikat halal dan MUI serta mendapatkan juga sertifikasi TOP Brand

Produk Maizenaku terbagi menjadi dua jenis kemasan

- Untuk kemasan kotak terdiri dari 100 gram, 150 gram, 300 gram, 750 gram

- Untuk kemasan plastik 100 gram, 250 gram, 500 gram, 1kg, dan 10kg.

Kelebihan lain yang diberi produk Maizenaku sebagai pelapis makanan, teksturnya crispy, permukaannya halus, warna lebih cerah, dan lebih kental.

Overall, dengan mengkonsumsi produk Maizenaku, maka kami bisa mendapatkan  proses, rasa, tekstur, kualitas, dan warna yang sangat bagus.

Kesimpulan

Nah, akhirnya jadi tahu kan apa itu tepung jagung dan tepung maizena. Yang ternyata keduanya berbeda yang bisa dilihat dari perbedaaan yang telah dipaparkan.

Nah, untuk sobats yang ingin mendapatkan tepung jagung dan membuat aneka olahan tepung jagung, untuk hasil terbaik sebaiknya gunakan tepung jagung yang berasal dari jagung yang berkualitas. Pilih produk tepung jagung yang tidak menggunakan pengawet dan sudah pasti kehalalannya.

Tepung jagung dan tepung maizena juga memiliki kandungan bebas gluten. Aman buat yang sedang diet seperti saya untuk konsumsi. Pun hasil olahan tepung jagung juga memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga hal ini baik untuk mereka yang bunya diabetes.

Semoga dengan informasi mengeni tepung jagung, jenis tepung jagung, contoh resep olahan tepung jagung, maupun perbedaan tepung jagung dan tepung maizena, bermanfaat. Jangan lupa untuk meninggalkan jejak kalian di kolom yang telah disediakan, ya..

Terima kasih telah membaca dan berkunjung ke artikel ini sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Blessed

~Khoirur Rohmah


Lebih lamaTerbaru

19 komentar

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^
  1. Setelah baca ini jadi tahu bedanya tepung jagung dan tepung maizena..kebetulan di rumah selalu ada produk Maizenaku untuk masak dan bikin cemilan anak - anak :)

    BalasHapus
  2. Aku biasanya juga menggunakan maizena ini untuk beberapa masakan rumahan dan membuat kue. Berarti kita sama dong mak, harus ada tepung Maizenaku di rumah.

    BalasHapus
  3. Oh ini perbedaan antara tepung jagung dan tepung maizena yaa..
    Jadi keingetan kalau dulu bikin buburnya anak-anak pas MPASI juga pakai Meizenaku. Rasanya pastinya gurih dan nikmat.

    BalasHapus
  4. Aku dirumah stock tepung maizena untuk memasak. Ternyata ada juga Tepung Jagungya ya. Penasaran mau coba untuk masak nasi siapa tahu dietku berhasil. Thanks mak infonya

    BalasHapus
  5. Tepung jagung jg lebih mahal dari tepung terigu biasa ya mba. Aku sering bikin ayam krispi dengan lapisan tepung ini jg asal jgn kebanyakan khawatir terlalu keras. Enak deh buat tahu krispi gitu jg..semakin tambah usia, setuju penerapan pola hidup sehat ya mba

    BalasHapus
  6. Sangat berharap ada lebih banyak produsen yang bikin produk-produk rendah gluten atau bahkan free yang ramah di kantong. Maizenaku bisa jadi opsi andalan untuk saat ini. Semoga semakin banyak produk sehat lain dari Maizenaku :D

    BalasHapus
  7. Hoalaahh.. Jadi gituu toh bedanya tepung maizena dan tepung jagung. Walaupun sama-sama dari jagung, beda asalnya, beda karakter tepung yang dihasilkan juga jadinya ya

    BalasHapus
  8. Aku di rumah juga pake maizenaku sih, kaya gak ada merk lain yg pernah kubeli sih selalu ini. Wkwkwk kalo tepung jagung aku belum pernah coba, soalnya jarang pake terigu juga di rumah

    BalasHapus
  9. Baru tahu kalau beda kak,, biasanya aku selali pakai dan stock maizenaku . Jadi mau coba deh tepung jagung.. untungnya ya Tepung jagung dan tepung maizena juga memiliki kandungan bebas gluten

    BalasHapus
  10. Sebagai orang yang agak kurang cekatan dan cakap di dapur, aku tahunya cuma tepung maizena yang digunakan untuk mengentalkan saat masak capcay.

    Nah sempat juga pakai tepung maizena waktu coba coba buat kue mochi.

    BalasHapus
  11. Aku gak hobi bikin kue, tapi sedia beberapa tepung di rumah buat masak, bikin gorengan. Kemarin mau beli Maizenaku kok lupa terus. Biasanya sedia ini juga meski masaknya kadang-kadang aja, hehehe

    BalasHapus
  12. Lho yaa aku kira tepung jagung dan maizena sama aja selama ini haha. Tapi sama2 bebas gluten yaa? Trus kalau Maizenaku termasuk tepung apa? Jagung ya kalau dilihat dari gambar kemasannya?
    Aku gak pernah merhatiin juga haha. Tapi Tepung itu selalu ada di rumah biasanya aku pakai buat bikin cap cay biar kentel kuahnya :D

    BalasHapus
  13. Eh, saya juga mengira kalau tepung jagung dan tepung maizena itu sama. Ternyata beda, ya.
    Oh iya, salah satu olahan tepung terigu yang biasa dibuat di rumah yaitu uthri, bapak yang rajin buatnya.

    BalasHapus
  14. Waah tepung jagung ternyata nggak cuma bisa dibuat nasi jagung aja yaa..Ah jadi pengen coba bikin utri tepung jagung. Aku baru pindah ke Kediri, dan di pasar dekat tempat tinggalku tuh ada kios yang jualan tepung jagung. Tadinya kupikir tepung panir/roti (karena ini jenis tp jagung yg kuning), eh ternyata tepung jagung. Btw, kalau maizenaku, aku juga sering pakai buat pengental masakan.

    BalasHapus
  15. Aku pun sudah harus lebih merhatiin lagi nih soal pertepungan. Usia sudah tidak muda lagi, tapi masih senang sama gorengan yang dilapisi tepung. Huhu. Jadi tepung jagung kandungannya banyak serat dan vitamin, ya. Dulu kipikir tepung jagung adalah tepung maizena. Oh, baru kutahu perbedaan keduanya dari tulisan ini. Terima kasih infonya, Mbak.

    BalasHapus
  16. Alhamdulillah...bagi para penyandang gangguan lambung, tepung ini bisa menjadi alternatif tatkala hendak bikin2 makanan.

    BalasHapus
  17. Wah iya kami harus mengurangi tepung terigu nih, kalau diganti tepung jagung lebih sehat ya. Aku baru tahun ho tentang tepung jagung dari artikel ini makasih banyak yaa pengen beli ah bisa untuk masakan macam-macam

    BalasHapus
  18. beda ya ternyata tepung jagung sama tepung maizena. kalau tepung maizena biasanya jadi pengental masakan sih ya atau bisa juga dicampur buat bikin kue

    BalasHapus
  19. Baru tahu kalo tepung dari jagung juga ada, kirain cuma tepung terigu dari singkong atau gandum saja. Makasih infonya kakak.

    BalasHapus

Chingudeul