‎ ‎

Rangkaian Perjalanan ke Taman Botani Sukorambi Jember

Bismillaahirrohmaanirrohim
Rangkaian Perjalanan ke Taman Botani Sukorambi Jember - Momen liburan adalah angin segar yang tak boleh terlewatkan begitu saja, jika hal itu tidak berbenturan dengan kegiatan lainnya. Karena, kadang seseorang butuh berlibur bukan hanya sebagai ajang lari dari rutinitas setiap hari, mengembalikan semangat diri, mencari ide dan inspirasi, ataupun mencoba hal-hal baru, melainkan salahsatu cara untuk membuktikan bahwa diri sendiri masih cukup sehat untuk dapat menikmati momen liburan yang ada di depan mata, sekalipun masih memiliki beban atau tanggung jawab yang perlu kita lakukan.

Seperti halnya diri ini yang mana saat diajak liburan bersama anggota Blogger Jember Sueger, Kak Ros ke Taman Botani Sukorambi Jember, tak ingin melewatkan momen tersebut. Rencana berangkat pada hari Minggu, 8 April 2018 gagal, karena mbak Rosa (panggilan saya ke kak ros) masih memiliki tanggungan tugas kuliahnya yang perlu diselesaikan, sedangkan saya ada anjangsana rekan tempat kerja yang tidak bisa ditinggal. Sehingga kami mengatur ulang jadwal bertemu lagi di Minggu ketiga bulan April, tanggal 15.

Destinasi Wisata Jember yang saya tuju bersama Mbak Rosa di pagi hari menjelang siang  nan terik di Hari Minggu tersebut adalah Taman Botani Sukorambi yang merupakan kali pertama saya menjejakkan kaki di sana. Kesan pertama yang muncul di benak saya tentang Taman Botani Sukorambi  ini adalah, taman edukasi sekaligus taman rekreasi yang sungguh natural dan cocok untuk dijadikan tujuan wisata keluarga, instansi, sekolah atau untuk liburan mingguan bersama teman di Kota Jember.

Pintu Masuk

TIKET MASUK

Tiket masuk perorang di hari Minggu kemarin sejumlah Rp. 20,000, sedangkan di hari biasa dikenai tiket masuk sebesar Rp. 12.000. Kebetulan di hari itu ada lomba mewarnai untuk anak tingkat TK dan SD kelas 1,2. Jadi suasananya tambah ramai melihat adik-adik berseliweran tatkala masuk. Selain itu, ada sejumlah mahasiswa dari sebuah universitas luar kota yang baru saja datang waktu kami sampai di tempat parkiran. Hal ini membuktikan bahwa Taman Botani Sukorambi ini amat sangat terkenal dan cocok dijadikan referensi wisata bagi kamu yang akan atau sedang berkunjung ke Jember.

Karena kami sampai di Taman Botani sekitar jam 11.30, sehingga Mbak Rosa sholat dzuhur terlebih dahulu di Mushola yang letaknya tak jauh dari parkiran. Barulah kemudian, kami siap-siap menjelajah wahana yang ada di Taman Botani Sukorambi tanpa cemas, dengan berkeliling melihat pemandangan sekitar yang mayoritas berwarna hijau, tumbuh-tumbuhannya, hehehe.

SPOT FOTO PAYUNG HIAS

Melihat papan petunjuk di atas, kami segera menuju ke jalan baru yang ada payung hias. Hasrat swafoto sudah cukup menggebu diawal, karena spot fotonya cukup ciamik untuk pencitraan dan dibagikan ke sosial media. Kami melewati kandang ayam, kuda, rusa dan kijang, lalu sampailah ke payung hias. Yang ternyata sudah banyak yang punya animo tinggi untuk swafoto, atau bergaya ala model, seperti yang kami lakukan berikut ini.

Spot payung hias di manapun emang memikat ya, gaes. Hehee

Buat kamu yang berfoto di payung hias ini, mohon diperhatikan jika ada golf cart,motor, atau mobil pengangkut barang yang berseliweran di jalan tersebut, mohon diperhatikan keselamatan terlebih dahulu ya. Karena, sepanjang kami berhenti cukup lama di sana, sudah beberapa kali transportasi tersebut lewat. Sampai kami bingung, ini yang kendaraan petugas sama pengunjung yang mana. Jadi, bisa untuk masukan bagi pihak Taman Botani Sukorambi, supaya bisa diberi plat atau tulisan yang berbeda bagi kendaraan milik petugas atau milik pengunjung. Karena kesannya, seperti membingungkan mata, ini mana, ini yang mana, hehehe. Over all, kami masih tetap bisa fokus foto-fotonya kok, buktinya, masih betah berlama-lama di sana.

Di samping jalan di payung hias tersebut, ada 3 banner besar yang mana di sana kamu dapat mengetahui wisata apa saja yang ada di Jember, banner detail informasi tentang Taman Botani Sukorambi,  dan banner pengalaman camping di Taman Botani,dari Mbak Vindy. Keren kan ya, tulisannya bisa dipampang jelas di sana. Hehehee...

ADA BANYAK GAZEBO

FYI, di Taman Botani Sukorambi ini, kamu akan sering menemukan gazebo atau pondok, yang dapat kamu gunakan untuk beristirahat sejenak di sana ya.

JEMBATAN BENDO

Kami pun melanjutkan perjalanan ke Jembatan Bendo. Di sana sudah ada berjejer mobil pengunjung yang mengular. Di dekat jembatan, terpampang tulisan Taman Botani yang foto-able  sekali. kebetulan ada petugas yang berjaga, sehingga kami pun meminta bantuannya untuk mengabadikan di tempat tersebut. Cekrekkk!!!

Menuju Jembatan Bendo

Di jalan Jembatan Bendo ini, jalannya menurun ya, gaes. Sehingga perlu hati-hati saat akan turun atau saat balik nanti. Di sebelah kiri turunan, ada tangga-tangga yang menyerupai pentas pertunjukan. Sedangkan di sebelah kanan, terlihat pamflet dengan petunjuk arah sebagai berikut.

Melihat petunjuk arah tersebut, kami memilih arah lurus, menuju kolam dewasa yang di samping kanan terdapat pondok seni dan di sebelah kanan ada berbagai alat permainan anak, seperti seluncuran, dan lain-lain.

KOLAM PELANGI 1 dan 2

Di sebelah timur kolam dewasa, ada kolam remaja, serta kolam pelangi 1 dan 2. Nah, di kolam pelangi ini, nampak terlihat sangat indah pemandangan pematang sawah yang hijau serta pepohonan yang sangat menyegarkan mata. Anak-anak juga tengah asyik bermain bersuka ria dengan ditemani keluarga mereka yang berteduh atau di bawah payung yang sudah disediakan.

Kolam Remaja

Kolam Pelangi 1 dan 2

KOLAM IKAN

Di sebelah utara kolam pelangi, ada kolam ikan dengan beragam jenis ikan serta terdapat tumbuhan melegenda seperti buah maja. Jadi ingat nama Kerajaan Majapahit, seketika saat kami membaca di papan nama tersebut.

SEPEDA AIR

Papan petunjuk dekat dengan Sepeda Air

Tak jauh dari kolam ikan, ada papan petunjuk lagi. Jika lurus kita bisa sampai ke
- Kolam pelangi 2
- Rumah Pohon 1
- Putar Balik Mobil
- Sepeda Air
- Muslimah Private Area

Sedangkan jika kita mengambil arah ke kanan, kita akan menuju ke
- Camping Ground
- Lokasi Selfie Akar pohon dan delman
- Rumah Pohon 2
- Kolam Pancing
- Pondok Baca

Nah, saya dan Mbak Rosa memilih untuk membeli makanan di stand jajanan yang ada di depan sepeda air. Mengisi tenaga dengan menikmati es, cilok, dan aneka makanan lainnya. kami pun tidak memilih untuk arah lurus, tapi kami berbelok ke camping ground dengan tujuan untuk menaiki rumah pohon 2 yang mana di sampingnya terdapat Rumah Baca, serta tempat selfie akar pohon dan delman.

RUMAH POHON 2

Di rumah pohon tersebut, saya cukup antusias untuk bisa sampai atas. Dari bawah, terlihat cukup menantang, karena mendekati bagian atas, tangganya tidak ada pegangannya. Dengan bismillah, saya pun memberanikan diri untuk mencoba menaiki tangga menuju rumah pohon tersebut. Tak lupa saya pun mengajak Mbak Rosa untuk ikut naik, tapi apadaya, saat di sepertiga anak tangga, Mbak Rosa tidak berani melanjutkan. Jadilah saya sendiri di atas pohon. Ulala... kesian sekali. Sedangkan Mbak Rosa memilih untuk beristirahat sembari menikmati makanannya di rumah pohon dekat area selfi akar pohon dan delman. Dari kejauhan, nampak sekali Mbak Rosa, hehehee....

Ayukkk Mbak Rosaa

Naek sendirii

FYI, di rumah pohon 2 ini saya sendiri sebenarnya juga khawatir, ini bisa sampai atas atau tidak? Nanti turunnya gimana? Duh, beraneka pikiran negatif yang bermunculan. Alhasil, saat naik dan turun dari rumah pohon, tidak nervous sama sekali. Alhamdulillah...

CAMPING GROUND, TEMPAT SELFIE AKAR POHON dan DELMAN

Saat berada di bawah, saya dan Mbak Rosa, kembali mempraktikkan cara memfoto sesuai banner yang ada di dekat akar pohon dan delman, tapi hasilnya kurang lebih seperti ini gaes. Di camping ground ini terdapat tenda yang masih berdiri karena di tempat itulah adik-adik mengikuti lomba mewarnai yang digelar pagi itu.

Spot Foto Akar Pohon
Letak Camping Ground

Di samping tempat selfie akar pohon, terdapat pondok baca, yang mana pada saat itu pintunya tertutup. Sedangkan di depannya terdapat kolam pemancingan ikan yang memang sedang sepi waktu itu.

MUSLIMAH PRIVATE AREA

Menuju lokasi paling ujung, kami cukup penasaran dengan Muslimah Private Area, dari kejauhan terlihat warna kuning soft yang membuat mata cukup menarik untuk segera dikunjungi. Kebetulan lagi, saat itu belum ada pengunjung yang datang. Sehingga kami pun segera masuk dan tak lupa memberi tahu petugas yang berjaga di samping Muslimat Private Area tersebut.

Di dalam nampak lebih luas
Oh iya, untuk kamu yang ingin berenang bersama teman muslimah lainnya, kamu cukup membayar dengan harga yang cukup ekonomis untuk jumlah rombongan dan ambil berapa jam, karena di sini sudah tersedia informasi yang cukup membantu.

Pengen nyebur...

Di Muslimah Private Area ini, kamu akan menemukan kolam renang cukup luas jika digunakan bersama teman-teman kalian, tempatnya bersih, ada beragam quote inspiratif yang terpampang di dinding dekat pintu masuk, mushola, toilet. Ada meja dan tempat duduk yang bisa digunakan untuk bersantai. Kolam renangnya pun juga telah dibagi untuk standar anak-anak, remaja, ataupun dewasa. Dijamin bakal seneng bisa berenang di Muslimat Private Area Botani Sukorambi Jember ini, gaes. Tapi sayang banget, kami nggak bawa pakaian tambahan, sehingga hanya menikmati mainan air saja serta berswafoto yang instragamable  katanya. Hehehe.

Cukup lama kami menghabiskan waktu di sana, sehingga kami pun segera berpamitan kepada petugas yang berjaga, dan melanjutkan mengeksplorasi tempat-tempat lainnya.

Kolam Pelangi

Di arah balik, kami melewati rumah pohon 1 di depan balon air, dan di samping kolam pelangi 2 yang tak kalah fresh juga, hehehe... kami pun mengambil jalan di dekat sepeda air. ada beragam spot foto yang sayang banget untuk dilewatkan pokoknya kalau di sini, hehehe. Mau naik ke rumah pohon 1 sepertinya, waktu sudah tidak memungkinkan. Ingin rasanya bermain balon air, tapi urung kami lakukan, sehingga kami melanjutkan perjalanan menuju arah balik. Melewati gazebo-gazebo, kolam ikan, tempat flying fox, kolam pelangi 1 dan 2, lalu sampailah kami di spot foto di depan pematang sawah.

SPOT FOTO SELFIE DI PEMATANG SAWAH

Sayang sekali, saat kami akan menuju arah balik, cuaca seperti tidak bersahabat. Karena waktu sudah menunjukkan pukul 2 siang, dan pertanda akan hujan, sehingga kami segera bergegas untuk balik. Tapi sebelum itu, kami puas-puaskan untuk mengambil foto di spot yang sudah disediakan.

Mendung yes

MENIKMATI SATE KELINCI DI RESTORAN

Dan saat akan menuju jalan balik, perut kami menandakan ingin segera diisi makanan siang yang belum dijamu sama sekali. Sehingga kami pun putar balik arah menuju ke restoran  di depan kolam dewasa.

Sepiring berdua? nagih lagi heee

Dan ternyata setelah santapan makanan yang kami pesan sudah di meja, hujan pun turun. Setelah itu, waktu berputar cukup lama sembari menikmati makanan, saya dan Mbak Rosa berbiincang-bincang banyak hal terkait “kita”. Ah iya, kamu dan aku. Ciee... hhehee

SINGGAH DI BUNNY FRIEND VILLAGE

Saat jam menunjukkan pukul 15.30 lebih, kami segera mengakhiri perbincangan kita dan melanjutkan perjalanan balik, pulang ke tempat masing-masing. Sembari mengambil spot foto lainnya yang mungkin saat kami datang tadi belum sempat kami foto, seperti tempat-tempat berikut ini.

SEJARAH TAMAN BOTANI SUKORAMBI JEMBER

Hadirnya Taman Botani Sukorambi Jember, ini tentu memiliki catatan sejarah yang perlu diketahui oleh khalayak masyakarat. Termasuk saya sendiri khususnya, yang begitu takjub dengan foto seorang bapak yang berada di Muslimah Private Area dengan fotonya bersama keluarga besar bapak tersebut. Beliau adalah Bpk. H. Abd. Kahar Muzakir.

Fotonya terpampang di sana
Taman Botani Sukorambi Jember  yang menyajikan beragam tanaman, hewan, permainan, serta wahana yang dapat dinikmati oleh pengunjung di segala umur, merupakan ide dari Bpk. H. Abd. Kahar Muzakir yang betujuan ingin membuat rekreasi alternatif bernuansa alam untuk masyarakat Jember. Selain itu, tempat tersebut dapat menjadi sarana belajar tentang alam, serta membantu pemerintah dan lapisan masyarakat untuk sadar akan cinta lingkungan dan satwa alam. Sehingga muncullah Taman Botani Sukorambi Jember  ini.

Sebelum pulang, mampir ke Hidroponik, tapi udah tutup, hehehe

Bisa banget beli buah di sini gaes

Seharian menikmati aneka taman berlibur sekaligus taman edukasi di Taman Botani Sukorambi, Jember ini, cukup membantu meneyegarkan pikiran dan tenaga untuk memulai hari di awal pekan. Tempat berlibur ini sungguh cocok untuk beragam usia. Anak-anak dapat belajar dari temapat edukasi yang sudah disediakan, sedangkan para orangtua, dapat memantau putra-putri mereka, bermain sambil belajar. Tak hanya itu, para pelajar dari beragam tingkat pun, dapat mendapatkan ilmu tentang edukasi seperti hidroponik dan lainnya di sini. Yang pasti, Taman Botani Sukorambi, Jember  ini cukup komplit untuk tujuan wisata  selama kamu berlibur ya gaes.

Senang pastinya bisa berlibur kesini gaes, hehee

Tiket masuk yang cukup ekonomis, tapi kamu dapat mencoba beragam wahana yang sangat memuaskan hati dan pikiran kalian. Apalagi untuk adik-adik, pasti akan riang gembira saat diajak berlibur di Taman Botani Sukorambi, Jember  ini.

So, jangan lupa masukkan list  berlibur kamu bagi kamu yang berada di kota Jember, maupun yang ada di luar Jember di Taman Botani Sukorambi, Jember ini ya, gaes.

say chisss

Ngomongin soal list wisata di Kabupaten Jember, Komunitas Blogger Jember Sueger sedang mengadakan Lomba Blog “Destinasi Wisata Jember” yang bekerja sama dengan Taman Botani Sukorambi. Lomba ini masih berlangsung sampai tanggal 25 Mei 2018 loh gaes, kalau kamu pernah menjelajah beragam tempat wisata, atau ingin mengunjunginya nanti, bisalah ikutan lombanya ya gaes.

Informasi, Syarat dan Ketentuan, kalian bisa klik link di bawah ini ya gaes. Yuk ramaikan dan meriahkan Lomba Blognya, siapa tahu kalian yang beruntung dapatin hadiah utama. Hehehe

Semoga informasi artikel Perjalanan di Taman Botani Sukorambi  ini bisa bermanfaat untuk kamu yang sedang mencari Referensi Tempat Wisata dan Edukasi di Kabupaten Jember ya. Tapi jangan lupa, feel free to drop your comments ya gaes.