Godaan saat Sholat Shubuh Berjamaah

Februari 25, 2019


Bismillaahirrohmaanirrohim
Halo gaes... postingan kali ini sedikit random dari cerita harianku atau Cathar tentang keseharianku khususnya saat sholat shubuh di rumah. Kemungkinan kamu yang muslim memiliki pengalaman seperti aku saat sholat shubuh berjamaah, bisa banget nanti ikutan sharing di kolom komentar. Oke ...

Aku pernah dengar ada hadis yang mengatakan jikalau sholat shubuh dalam keadaan berjamaah itu memiliki keutamaannya sendiri. Apalagi kalau bisa tepat waktu. Ya mungkin kamu tahu sendiri, karena aku juga pernah mengalami kalau mau bangun pagi tuh kadang semangat, kadang ya angot-angotan, atau malah ngentengin. Atau mungkin cuma aku sendiri di sini haaa...




“Dirikanlah sholat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam (dirikanlah pula sholat) shubuh. Sesungguhnya sholat shubuh itu disaksikan (oleh malaikat)

- QS. Al Isra’ ayat 78



Kalau inget-inget darimana itu keutamaan yang aku peroleh tentang sholat shubuh, aku sedikit lupa hheeee. Namun, setelah baca di internet sih aku jadi dapat pencerahan lagi. Hitung-hitung buat bahan bacaan dilain waktu saat aku sedang ingin membaca tulisan lawas di blog aku ini.

Godaan saat Sholat Shubuh Berjamaah


Berikut ini keutamaan dari Sholat Shubuh [1]


1. Salahsatu penyebab masuk surga dan penghalang masuk neraka
2. Berada dalam Lindungan Allah
3. Dihitung sebagai sholat semalam penuh


Kalau nggak salah waktu itu sih yang aku baca juga yang hikmah ini, gaes. Dalam sebuh hadist yang diriwayatkan oleh perawi HR. Muslim No. 656 dikatakan bahwa ,”Barangsiapa yang sholat isya’ berjamaah maka seolah-olah dia telah sholat malam selama separuh malam. Dan barangsiapa yang sholat shubuh berjaamaan maka seolah-olah dia telah sholat seluruh malamnya,”

4. Disaksikan oleh para malaikat


Kalau yang ini sih menurut aku ya, setelah sepertiga malam malaikat mencatat siapa dari Hamba-Nya yang bangun dari tidurnya untuk meminta kepada Allah kemudian menjelang fajar, malaikat masih standby  menanti hamba-Nya yang juga bangun untuk sholat fajar dilanjutkan dengan sholat shubuh, karenanya sebelum malaikat yang bagian bertugas di sepertiga malam hingga fajar dan subuh tiba, mereka dengan setia akan menyaksikan setiap hamba-Nya yang datang kepada-Nya lalu mencatatnya.


Karena itu kayak sholat shubuh apalagi berjamaah pas tepat waktu, ibadah kita juga akan disaksikan oleh para malaikat yang bertugas pada pagi hari itu. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh perawi Muslim mengatakan, “Dan para malaikat malam dan malaikat siang berkumpul pada sholat fajar (subuh),”


Godaan saat Sholat Shubuh Berjamaah


Nah itu adalah keutamaan yang bisa aku sampaikan terkait sholat shubuh berjamaah. Tapi nih ya, ada beragam godaan yang melenakan saat mau sholat subuh atau sedang melaksanakannya.

Contoh nih, pas di sepertiga malam udah sholat malam niatnya mau rehat dulu lah sembari menanti sholat subuh. Namun, begitu udah bangun, kadang udah selesai adzan shubuhnya dan jamaahnya udah pada balik, hhaaaaa. Kebablas begitulah karena itu nikmat banget apalagi kalau nggak ada yang bangunin dehh. Untung emak di rumah semangat kalau bangunin aku untuk sholat shubuh hehee.

Terus nih, kalau udah sholat shubuh apalagi pas jamaaah, bawaan ngantuk itu mesti ada. Aku udah nandain saat tidur di mushola bareng temen-temen atau pas di rumah terus jamaah di mushola depan rumah. Kayak setan itu pinter banget kalau diminta godain orang lagi sholat. Nguap berkali-kali udah jadi selingan saat sholat, atau sesudahnya.

Mungkin kamu pernah nemuin orang pas sholat shubuh jamaah ada ma’mumnya yang terhuyung-huyung tapi tetep ikutan wiridan, hheheeee. Aku pun juga sering kayak gitu, karenanya salahsatu tantangan sholat shubuh berjamaah itu ya setannya pinter-pinter terus manusianya kudu lebih pinter lagi supaya nggak kena sihir setan heheee.... PR buatku juga sih ini, heheee

Godaan saat Sholat Shubuh Berjamaah
ngeri banget

Oleh karena itu, nggak heran kalau orang yang sholat shubuh berjamaah itu sama halnya dengan sholat semalam penuh. Iya karena godaan sholat shubuh itu ya yang sebagian aku tulis di atas. Jadi sepadan lah dengan pahala yang akan diterima bagi siapapun yang melaksanakan sholat shubuh berjamaah.

Dan... kalau mungkin aku atau kita bangunnya kesiangan dalam batas wajar karena emang kelelahan atau nggak ada yang bangunin sama sekali. Setelah bangun tidur kita tetap harus melaksanakan sholat shubuh. Jadi misal bangun jam 7, ya harus sholat shubuh dulu, Nabi Muhammad menganjurkan demikian. Tapi yaa jangan kebangetan kalau bangunnya udah jam 10 lah ya hhaaaa.

Nahh... itu saja sedikit cuap-cuap aku tentang Godaan saat Sholat Shubuh Berjamaah  semoga bisa bermanfaat untuk kita semua, Aminnn.

Akhirul kalam, jangan lupa tinggalkan komentar kamu, ya.

~Blessed
Khoirur Rohmah

Referensi :
[1] Website Muslim.or.id
 

You Might Also Like

1 komentar

  1. Sy slalu nhidupin weker mba.. Tp jrg bwrjamaah soalnya suami sm anak dimasjid...sy dirumah 😁

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Contact Me

Jika ingin mengontak saya untuk keperluan publikasi, kerjasama, ataupun pertanyaan lain tentang blog ini bisa dengan mengirim email langsung ke rurohma95@gmail.com.
Terima kasih -
Copyright by Khoirur Rohmah
Fastabiqul Khoirots

Like us on Fanpage

Kicauan Saya