Waspadai dan Kenali Gejala Flu Singapura

Jumat, 31 Mei 2019

Kabupaten Jember, Jawa Timur, Indonesia


Bismillaahirrohmaanirrohim
Flu Singapura - Halo sobats FR, beberapa bulan yang lalu teman kerjaku mengalami sakit dengan nama penyakit yang begitu asing sekali. Kronologinya sih dia bernama Mawar (samaran) gitu dah ya masuk kerja hanya sekian hari tapi waktu dia masuk kerja tuh kadang dalam keadaan demam, terus baikan, tapi demam lagi gitu. Hingga akhirnya dia diperiksakan pada petugas medis dan dinyatakan mengalami “Flu Singapura” karena terdapat bintik-bintik di sekitar mulut dan tubuhnya.

Sesaat aku mendengar cerita dari temanku tersebut, langsung deh cari informasi terkait “Flu Singapura” itu apa sih? Ya maklum karena beneran asing terdengar, dan nggak pernah tahu. Hahaha. Nah, daripada penasaran nih aku mau bagikan terkait Waspada dan Kenali Gejala Flu Singapura yang harus kita ketahui bersama. Supaya jika ada saudara atau teman, maupun lingkungan sekitar memiliki gejala yang sama, kita bisa tahu dan membantu untuk mengarahkan seperti apa jenis penyakit ini. Chcek this out ya ....

Apa sih Flu Singapura itu?

Flu Singapura itu biasanya dikenal dengan istilah penyakit kaki, tangan, dan mulut. Penyakit ini merupakan jenis infeksi menular yang disebabkan oleh virus yang dapat menyerang anak kecil, namun juga bisa terjadi kepada orang dewasa. Salahsatu tanda terjadinya Flu Singapura terhadap pengidap ini biasanya mengalami bintil-bintil air dan luka-luka di sekitar atau mulut, tangan dan kaki. Namun juga terkadang lukanya tersebut juga muncul di bagian tubuh lain, seperti tangan, lutut, maupun paha. Seperti ciri-ciri Flu Singapura yang dialami oleh teman kerjaku waktu itu.

Waspadai dan Kenali Gejala Flu Singapura
Sumber by Pixabay
Terus, gimana cara mengetahui gejala dari Flu singapura itu seperti apa? Ya harapannya semoga kita dijauhkan dari infeksi oleh virus seperti penyakit ini. Tapi, jika mungkin “Naudzubillah” penyakit ini menyerag, sebaiknya, pahami terlebih dahulu gejala Flu Singapura seperti berikut ini, sobats.

Apa saja Gejala Flu Singapura itu?

1. Demam tinggi
2. Sakit tenggorokan
3. Hilangnya Nafsu makan
4. Sakit perut
5. Muntah
6. Batuk
7. Ruam merah
8. Muncul luka seperti melepuh berwarna merah di lidah, gusi, dan bagian dalam pipi
9. Jika dialami oleh bayi atau balita, dia akan mudah rewel dan marah, pastinya

Nah, itu adalah daftar gejala yang dialami oleh pengidap Flu Singapura. Seperti gejala pertama yang dialami temanku, dia sempat mengalami demam, tapi tetep bekerja. Dan, setelah hari itu dia langsung nggak masuk kerja karena muncul bintil-bintil itu apalagi di sekitar mulut dia. Tapi memang sih umumya penyakit Flu Singapura itu diawali dengan munculnya demam. Setelah itu, sekitar satu atau dua hari, akan muncul luka di sekitar gusi, lidah, hingga bagian dalam pipi.

Ternyata gejala awal tersebut adalah kondisi yang dapat menimbulkan rasa sakit saat minum, atau menelan makanan yang selanjutnya terdapat gejala dengan munculnya ruam di sekitar telapak tangan dan kaki, malah kadang bisa muncul juga di area bokong hingga selakangan gitu sobats.

Waspadai dan Kenali Gejala Flu Singapura
Sumber by Unsplash
Namun, kebanyakan kasus dari pengidap Flu Singapura ini membuat penderitanya tidak membutuhkan bantuan medis. Tapi, memang ada benarnya juga yah sobats. Teman aku tuh sehabis dibawa ke petugas medis, dia rawat jalan. Lebih banyak di rumah untuk istirahat dan ada jadwal petugas kesehatan yang datang ke rumahnya yang bertugas meng-check sejauh mana perkembangan Flu Singapura yang dialami temanku. Bukan berarti nggak butuh bantuan medis sama sekali, namun Flu Singapura ini dengan gejalanya tersebut bisa mereda dengan sendirinya dalam waktu 1 Minggu. Tapi, kalau pengidap Flu Singapura mengalami yang namanya dehidrasi dan tidak ada perkembangan yang baik dalam waktu seminggu, sebaiknya memang segera dilakukan penanganan yang lebih serius lagi yah.

Kalau tadi aku udah sebutin apa itu Flu Singapura, terus gejalanya, selanjutnya aku ingin memberikan informasi apa sih penyebab Flu Singapura sehingga namanya unik itu bisa menyerang siapa saja. Bukan hanya anak-anak, namun juga orang dewasa bisa saja dihinggapi Flu ini. Simak terus yah sobats.

Apa sih Penyebab Flu Singapura itu?

Flu Singapura ini disebabkan oleh infeksi virus yang bernama entevirus A yang menjadi pemicu awal Flu Singapura. Virus jenis ini bisa menyebar ke jaringan mulut, amandel, hingga pada sistem pencernaan para penderitanya dan akhirnya bisa menyebar ke seluruh tubuh dengan perantara aliran darah yah sobats. Namun, sebelum virus itu bisa menyebar lebih jauh dan menyerang organ vital, sistem imunitas pada tubuh yang akan mengendalikannya terlebih dahulu.

Sumber awal pemicu Flu Singapura ini dari penyebaran virus melalui mulut dan penyebarannya itu bisa disebarkan dari satu orang ke orang lain melalui kontak langsung dengan cara seperti berikut, sobats.
1. Saat bersin dimana cairan yang keluar dari hidung maupun tenggorokan
2. Saat batuk dimana air liur atau ludah yang keluar terlempar ke udara
3. Permukaan benda yang terkontaminasi oleh kotoran penderita Flu Singapura
4. Cairan dari luka melepuh

Caranya supaya terhindar dari Flu Singapura

Supaya kita bisa terhindar dari Flu Singapura, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan seperti : mengisolasi penderita Flu Singapura, selalu membersihkan area-area yang bisa menjadi pemicu terkontaminasinya virus, membiasakan diri untuk mencuci tangan dengan bersih, menjaga kebersihan diri, serta menghindari barang-barang atau mencium penderita Flu Singapura.

Soal Penanganan untuk Penderita Flu Singapura

Penanganan Flu Singapura ini bisa dilakukan di rumah, seperti teman aku tanpa perlu ke rumah sakit. Tapi ada berbagai penanganan yang bisa dilakukan walau di rumah, seperti minum obat dengan jenis tertentu, beristirahat secukupnya dan hindari makanan atau minuman asam dan pedas. Namun, jika kamu khawatir saat menemui gejala seperti di atas, sebaiknya bicarakanlah dengan tenaga medis terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat dari Flu Singapura yang diderita, ya.

Nah, itu adalah informasi mengenai Waspada dan Kenali Gejala Flu Singapura yang harus kita ketahui bersama ya, sobats, semoga artikel ini bisa bermanfaat, dan jangan lupa tinggalkan komentar kamu ya.

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung pada artikel ini. Feel free to drop your comments.
~Blessed
Khoirur Rohmah

35 komentar:

  1. Serem banget ya, flu doang padahal..tapi efeknya hii.
    Semoga kita sehat-sehat selalu

    BalasHapus
  2. wah makasih sharingnya mbak, saya jadi tau apa itu flu singapura, berarti memang seperti flu umumnya yaitu sakit tenggorikan n demam, cuma ditambah bintil2 merah disekitar mulut dan lebih parah bisa menginveksi hungga kerongkongan dan saluran pencernaan.

    semoga terhindar dari penyakit ini, amiiin

    BalasHapus
  3. Semoga keluarga kita terhindar dari penyakit tersebut ya Mak. Makasih sharingnya Mak. Jadi bisa diwaspadai untuk itu.

    BalasHapus
  4. Flu sekarang macam2 ya. Makanya aku pasti langsung menjauh kalau ada yg bersin apalagi batuk. Sakit tu nggak enak, apalagi flu tu sakitnya sebadan.

    BalasHapus
  5. Flu ini momok banget di sekolah anakku. Sering ada yang kena. Pas Ramadan kemarin juga ada yang kena lagi. Syukur alhamdulillah anak-anak kondisi anak-anak kuat sehingga mampu menangkal penyebarannya. Tapi memang kuncinya di daya tahan tubuh kok, Mbak. Untuk penyembuhannya sendiri juga lebih cepat kalau daya tahan tubuh kuat. Hm, jaman sekarang penaykit semakin macam-macam aja. Bikin khawatir.

    BalasHapus
  6. Ksian banget kalau bayi kena flu Singapura ya, jadi susah makan gitu dari yang aku tau. ORang dewasa juga ternyata bisa kena ya, semoga kita sehat2 ya Mak :)

    BalasHapus
  7. Semoga Allah senantiasa menjaga kita dan keluarga ya Sist.
    Penyakit macam2 sekarang. Heraaann juga deh aku.
    --Bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  8. Beberapa tahun y.l. bunda sdh pernah mendengar tentang Flu Singapura ini tp bunda ignore aja karena selama kita kitaaga kebersihan, tidak menggunakan satu alat minum atau makan yg sama antar teman. Alhamdulillah kami sekekuarga baik2 aja. Semoga kita dan anak2 kita terhindar dari segala penyakit apapun. Aamiin

    BalasHapus
  9. Makasi mak sharingnya akupun jadi agak ngeri juga nie sama flu singapur ini

    BalasHapus
  10. Kemaren di salah satu grup juga ramai bahas ini krn anaknya ada yg kena gejala mirip ini. Mudah2an kita senantiasa terlindung dr penyakit ya maak.

    BalasHapus
  11. Anakku pernah kena mba, dan penularannya cepet banget. Dulu karena di PAUD ada yang kena...trus jadi semacam wabah. Paling melas pas sariawan semulut...anaknya lapar, pengen makan, tapi mulutnya sakit.

    BalasHapus
  12. Gejala flu Singapura ini mirip gejala flu biasa ya, tapi katanya lebih berbahaya kalau kondisi tubuh sedang drop

    BalasHapus
  13. Sharingnya sangat bermanfaat Mak, makasih ya. Btw aku belum pernah sih bertemu dengan penderita flu singapura, alhamdulillah ya, paling tidak setelah baca artikel ini aku jadi paham

    BalasHapus
  14. Ngeri banget flu singapura itu ya...
    Semoga kita semua terhindari dari penyakit Flu Singapura

    BalasHapus
  15. Meski sebutannya hanya Flu tapi ternyata bahayanya gak seperti flu biasa ya, tanda-tandanya aja bikin aku cemas, apalagi bagi mereka yang mengalami pasti menderita sekali. Semoga gak jadi wabah ya mengingat virus ini mudah sekali menular

    BalasHapus
  16. Duh ngeri ya mba.. harus waspada perlindungan terhadap keluarga.. kesehatan harus diupayakan

    BalasHapus
  17. anakku pernah mengalami gejala ini tapi gak parah.. dokter waktu itu menyarankan cukup minum vitamin aja sama makan bergizi dan istirahat yang cukup.. karena flu ini termasuk yang bisa sembuh sendiri. tapi kan kita kadang udah panik duluan ya.

    BalasHapus
  18. jika gak salah, beberapa waktu (tahun) lalu sempat menjadi hot isu flu singapura ini ya. Semoga mbak Mawar lekas sembuh, sehat seterusnya dan flu singapura nya tidak menyebar kemana-kemana.

    BalasHapus
  19. Flu singapura ini udah termasuk KLB ya ... Sebenarnya mirip flu biasa, tapi karena baru, jadinya kita harus aware

    BalasHapus
  20. Suamiku pernah kena Flu Singapura ini mbak...dan memang awalnya agak bingung diagnosanya. Setelah ada luka melepuh seperti sariawan di mulut dan gusi baru dibilang Flu Singapura.
    Terima kasih infonya

    BalasHapus
  21. Hmm, flu Singapura ya. Cukup sering mendengar orang2 sakit ini. Dari gejalanya terlihat sepele. Tapi bahaya juga kalau dibiarkan terus menerus. Intinya penyembuhannya harus banyak istirahat ya.

    BalasHapus
  22. Ngeri juga mbak, semoga ga nyebar lagi. Kasihan kalau ada yang kena lagi. Apalagi anak kecil

    BalasHapus
  23. Ngomong-ngomong ada nggak sih vaksin khusus flu singapura. Kalau vaksin influenza biasa kan ada tuh

    BalasHapus
  24. Pastinya tetap jaga kesehatan ya, makan cukup, istirahat cukup, serta selalu happy. Kalau sampai kena flu singapura bisa gawat juga euy.

    BalasHapus
  25. Aku sering banget kena flu, tapi semoga ya jauh2 dari Flu Singapura ini. Swrem euy

    BalasHapus
  26. Wah tenyata kalo ada luka seperti melepuh diarea itu gejala flu Singapura yah, soalnya Eny awam banget pasti dikira sariawan.

    BalasHapus
  27. Makasih sudah berbagi ya mba. Berarti gejala yang khas dari penyakit ini adalah muncul ruam dan bintil air di area mulut, tangan, dan kaki ya .

    Sering menyerang anak-anak, duh kebayang deh gimana rewelnya anak kalau kena virus itu. Semoga anak-anak kita selalu diberi kesehatan deh. Aamiin

    BalasHapus
  28. Pernah dengar teman yang sharing anaknya kena flu Singapura. Gak bisa makan, minum jadinya opname. Duh, kasihan kan karena seperti sariawan semulut. Nah kalau rawat jalan gimana makannya?

    BalasHapus
  29. Ooh gitu ya
    Aku baru tau kalo ada flu singapura.
    Semoga kita terhindarkan dari hal2 tersebut ya
    Semoga kita selalu baik2 saja

    BalasHapus
  30. Penyakit flu memang semakin banyak macamnya ya mba, dan makin lama makin ganas aja. Semoga kita terhindar dari penyakit-pengajit ini yaa

    BalasHapus
  31. Penyakit sekarang sudah macem macem. Virus sudahberegenerasi dan berkembang, Kitanya harus waspada sekarang. Penanganan juga harus cepat supaya bisa tahu apa yang terjadi. Dh,,, mutasi genetik virus dan bakteri sangat menakutkan \. semoga kita bisa menjaga kesehatan badan

    BalasHapus
  32. Suka bacanya, detail infonya dan mencerahkan, jadi paham harus bagaimana kalau terkena penyakit ini. Antisipasi sih yang penting ya.

    BalasHapus
  33. Wah, mayan serem ya jenis flu ini. Jangan sampai ya kita kena. Apalagi anak-anak. Yuk ah kita jaga selalu kesehatan kita.

    BalasHapus
  34. Wah makasih byk ya infonya.
    Ternyata serem juga ya tanda2nya. Lebih serem drpd flu biasa ya.

    BalasHapus
  35. Ya Allah...
    zaman sekarang ini virus memang sudah benar-benar berevolusi menjadi lebih kuat yaa...
    Flu singapura ini terlihat remeh, tapi menyakitkan...
    Waspada lebih untuk yang memiliki anak kecil.

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Copyright © Fastabiqul Khoirots. Blog Design by SkyandStars.co