Ayo Menjadi Konsumen Cerdas dengan Cek KLIK Sebelum Belanja

Kamis, 19 September 2019

Jember Regency, East Java, Indonesia


Bismillaahirrohmaanirrohim...
Pernah nggak sobats membeli sebuah produk yang ternyata tidak terdaftar nomor registrasinya. Dan kejadian itu baru kamu ketahui setelah menggunakannya beberapa kali. Atau membeli produk makanan dan sudah di cek nomor registrasinya tapi nggak sesuai sama deskripsi produk? Kalau iya, toss dulu dong, hehhhee.

Dulu banget, aku pernah beli produk kosmetik ke teman, dan belum nggeh untuk Cek KLIK sehingga kosmetik tersebut nggak aku pakai dan kubuang. Begitu udah nggeh untuk Cek KLIK sebelum belanja produk apapun, aku selalu memanfaatkan aplikasi Cek BPOM yang ada di smartphoneku.

Salahsatu jajanan yang aku beli dan udah aku cek NIE nya

Selanjutnya, baru-baru ini saat aku membeli makanan, snack di warung dekat tempat kerja, aku buka aplikasi Cek BPOM dan Cek semua jajanan yang murce tersebut terkait Nomor Registrasinya yah. Ada 3 jenis makanan yang ternyata ada 1 di antaranya yang memang ada izin edarnya, tapi datanya yang tertera di aplikasi nggak sesuai sama produk yang kubeli. Jadi, produk yang kubeli itu chiki ayam dengan ukuran 6g, sedangkan data yang ada di aplikasi BPOM adalah produk ayam chiki bala-bala dengan ukuran 10g, 15g dsb tapi tempat produksinya sama, hanya berbeda deskripsi aja.

Begitu tahu akan apa yang aku temukan. Aku menghubungi BPOM terdekat di kotaku. Karena emang udah ada sosial media mereka untuk memberitahukan informasi terkait produk makanan tersebut, yah tinggal bilang via DM kalau produk A ini kenapa kok beda keterangannya dengan yang ada di aplikasi BPOM, dan sebagainya itu. Untuk hal ini masih ditindaklanjutin yah, sobats.

Pada saat aku beli jajan tersebut aku membeli 2 jenis jajanan yang sama tapi beda tempat produksi. Keduanya udah ada izin edarnya, tapi yang satu detail informasinya sesuai sama yang diaplikasi, sedangkan satunya terdaftar tapi beda informasinya. Nah, PR banget nih buat kita sebagai konsumen emang perlu berhati-hati tiap membeli produk makanan maupun obat di manapun.

Emang kenapa harus di Cek dulu sih? Apa nggak ribet ya, mau beli makanan instant atau produk obat, maupun kosmetik perlu di cek terlebih dahulu?
Kelihatannya memang ribet sih, tapi kalau mungkin ada bahan yang nggak seharusnya kita konsumsi dan terjadi hal-hal yang nggak diinginkan terus gimana? Walau mungkin efeknya nggak sekaligus, bisa jadi beberapa bulan atau mungkin tahun yang akan datang. Dan untuk menghindari hal tersebut selagi bisa mnecagah atau menghindari, why not kan. Terlebih mengerti apa yang seharusnya kita lakukan sebelum berbelanja apapun.


Terlebih dahulu Cek KLIK ya

Karena ini sudah terjadi dengan anggota keluarga aku sendiri keracunan obat yang sudah kadaluarsa. Dan baru tahu efeknya itu saat mengalami sakit. Oleh sebab itu yang mungkin kelihatannya sepele, “hanya ciki aja kenapa harus perlu dicek sih?”. Kan pemasaran produk ciki itu nggak mungkin di satu area. Misalksan kita menemukan produk yang belum teregistrasi, kemungkinan akan ada tindak lanjut berikutnya kan. Nah, hal tersebutlah yang perlu kita lakukan sebagai konsumen yang cerdas, Cek KLIK sebelum belanja.

Apa sih bahayanya jika kita mengkonsumsi produk yang belum teregistrasi? Dan perlukah produk yang kita konsumsi harus didaftarkan ke BPOM dulu?
Seperti yang sudah aku sebutkan sebelumnya. Kemungkinan seperti keracunan mungkin ada, serta hal-hal yang berkaitan dengan keselamatan dan kesehatan diri. Selagi kita tahu mengapa tidak menghindarinya. Sehingga, entah produk yang kita konsumsi berupa obat-obatan yang termasuk kosmetika dan makanan harus memiliki Izin Edar dan perlu didaftarkan terlebih dahulu ke BPOM untuk mendapatkan nomor registrasi tersebut.

Kita pasti tahu kalau sebuah produsen akan memproduksi sejumlah produk dengan ukuran banyak. Dan untuk menjamin supaya masyarakat sebagai konsumen mengkonsumsi produk yang aman dan bermutu, produsen diharuskan untuk mendaftarkan produk mereka melalui lembaga pengawas milik pemerintah yang bertugas untuk menjaga kemanan pangan.


Termasuk apa aja sih fungsi dari BPOM tersebut?
BPOM atau Badan Pengawas Obat dan Makanan adalah sebuah lembaga yang ada di Indonesia dan bertugas dalam mengawasi peredaran obat-obatan dan makanan yang ada di Indonesia.

Sistem Pengawasan Obat dan Makanan (SisPOM) yang efektif dan efisien yang mampu mendeteksi, mencegah, dan mengawasi produk-produk dengan tujuan melindungi dalam hal keamanan, keselamatan, dan kesehatan konsumennya baik di dalam maupun di luar negeri.

Nah, dari sekian fungsi adanya BPOM di antaranya seperti pengaturan, regulasi, dan standarisasi serta beragam proses lainnya sebelum akhirnya produk bisa memiliki izin edar untuk siap di pasarkan kepada konsumen.

Aplikasi “Cek BPOM” Membantu Masyarakat Memilih Produk Legal dan Aman dikonsumsi
Tidak bisa dipungkiri bahwasanya peredaran produk seperti makanan, obat-obatan, dan kosmetik amat dekat dengan masyarakat. Entah aman atau tidak, bagaimana jika produk yang kita atau orang terdekat beli adalah produk ilegal yang mana bisa membahayakan kesehatan tubuh penggunanya?


Aplikasi BPOM pertama yang diluncurkan

Oleh sebab itu, sebelum membeli pastikan produk tersebut aman serta tidak berbahaya dengan menggunakan Aplikasi Cek BPOM yang lebih dahulu diluncurkan oleh lembaga BPOM bagi masyarakat untuk lebih cerdas memilih mana produk legal dan ilegal yang akan atau telah digunakan.

Fitur apa saja yang terdapat pada Aplikasi Mobile Cek BPOM?
Aplikasi pertama yang aku instal di HP untuk cek aman tidaknya produk yang akan aku beli ya dengan mengeceknya langsung via aplikasi “Cek BPOM”. Dan berikut ini di antara fitur aplikasi ini.
1. Pencarian seluruh produk yang terdaftar di BPOM
2. Pencarian bisa berdasarkan Nomor Registrasi, Nama Produk/Nama Dagang, dan Nama Produsen/Importir
3. Pengguna dapat memilih akan cek berdasarkan ketiga poin itu dan menuliskannya secara manual yang nantinya jika data yang dimasukkan benar ya akan muncul detailnya. Jika nggak, dia akan kasih tandang X gitu.

Nah, denger-denger nih, baru-baru ini BPOM telah mengeluarkan Aplikasi terbaru yang kalau kataku bisa lebih efisien sih misal mau cek produk ini aman nggak? Ataukan sudah terdaftar di BPOM atau belum, penasaran nggak sih sama aplikasi tersebut apa? Langsung aja nih, check this out

BPOM Mobile – Aplikasi terbaru yang diluncurkan oleh Badan POM
Waktu aku melihat siaran langsung via Instagram TV milik akun @bpom_ri aku sedikit menyimak Kepala Badan POM Dr. Ir. Penny K. Lukito, MCP sedang mengunjungi sebuah supermarket dan di sana di tiap baris produk makanan sudah terdapat kertas yang isinya “Cek KLIK Sebelum Belanja”. Beliau bersama beberapa orang dan ada salahsatu artis Ussy Sulistiawaty.

Sumber dari Sosial Media Instagram
Ikutan Streaming juga dong

Dan ternyata pada saat itu Badan POM mengeluarkan aplikasi untuk Cek KLIK Sebelum Belanja melalui aplikasi BPOM Mobile yang menurut aku lebih praktis dan lebih mudah, daripada yang sebelumnya. Dan berikut ini adalah beberapa fitur dari BPOM Mobile yang sudah aku gunakan saat cek Nomor Izin Edar (NIE) sebuah produk yang akan aku beli.

1. Cek Produk
Nah, di aplikasi BPOM Mobile, kita lebih mudah untuk cek NIE dengan Scan QR Code. Nanti kalau produk tersebut emang udah terdaftar ya otomatis dia akan kasih tanda centang yang selanjutnya bisa kita ketahui detail informasi mengenai produk tersebut.
2. Riwayat Scan
Di sini kita bisa melihat history produk apa aja yang udah kita Scan dan Cek NIE nya.
3. Berita
Kita bisa mengetahui berita ter-update melalui fitur Berita dari BPOM ini
4. Pengaduan
Misalkan ada produk yang kita khawatirkan ilegal, dan tidak ada NIE nya, atau belum terdaftar di BPOM, kita dapat melakukan pengaduan via fitur ini, sobats.


Ini  aplikasi terbaru dari BPOM

Dan beberapa waktu lalu emang aku udah gunain sih untuk Scan Kode QR pada produk tertentu, cuman sayangnya di aplikasi ini dia belum bisa support untuk Scan Barcode. Jadi, misalkan ada produk yang tertera di kemasannya hanya tertera Barcode, berarti kita perlu buka aplikasi Cek BPOM untuk memastikan apakah sudah terdaftar apa belum di BPOM nya.

Kampanye Ayo CEK KLIK, Pilih Obat dan Makanan yang Aman
Kaitannya sama Talkshow yang diselenggarakan oleh Badan POM beberapa hari yang lalu di Jakarta yang di bagian terakhir sih aku nyimaknya itu. Yang mana tujuan kampanye tersebut untuk mensosialisasikan kepada masyarakat untuk CEK KLIK dengan memilih produk obat dan makanan yang aman. Jadi nggak heran ya kalau pas melakukan kunjungan di supermarket udah ada semacam brosur dengan keterangan “Ayo CEK KLIK” gitu.


Cek KLIL jangan lupa ya

Dari tadi ngomongin CEK KLIK emang apa sih kepanjangan dari KLIK itu? Here we go, sobats. Simak yahh hehee

Apa itu CEK KLIK?
Wait, mirip sama lirik lagu milik Ussy Sulistiawaty yah hheee.
Ku memang punya trick ~ buat kau KLIK ehhh jadi nyanyi ahahaa.... Jadi, sebelum membeli usahakan untuk KLIK terlebih dahulu.

1. Cek KEMASAN
Sebelum membeli produk tertentu, cek terlebih dahulu apakah kemasan produk dalam keadaan baik atau tidak. Memiliki bentuk dan warna merata, bau yang baik juga. Dan untuk produk kosmetik dilihat dulu apakah label kosmetik luntur atau terpisah ya.


Cek kemasannya ya

2. Cek LABEL
Melihat lebih detail keterangan informasi yang ada pada kemasan produk. Seperti beberapa poin yang ada pada ilustrasi berikut ini ya.


Perhatikan Labelnya juga ya

3. CeK IZIN EDAR
Salahsatu poin yang menjadi program kampanye BPOM untuk mensosialisasikan edukasi kepada masyarakat bahwasanya setiap produk obat dan makanan perlu dan harus memiliki Nomor Izin Edar dari BPOM. Kamu bisa melihat detail NIE dari ilustrasi di bawah ini ya.

Cek Nomor Registrasi Obat-Obatan
Cek Nomor Registrasi Obat Tradisional
Notifikasi Kosmetika
Cek Nomor Registrasi Pangan



4. Cek KADALUWARSA
Perhatikan juga apakah produk memiliki tanggal kadaluarsa (expire date) atau tidak. Biasanya dicantumkan pula tanggal pembuatan (manufactured). Baik produk obat-obatan termasuk kosmetika dan juga makanan ya. Oh iya, saat kamu membeli produk kosmetik entah itu preloved atau original, kamu juga perhatikan PAO (Periode After Opening) nya ya.


Cek Kadaluwarsa

Apa itu Periode After Opening (PAO)?
Jadi, biasanya yang ada simbol kayak tabung dengan tulisan 6M (6 months) yang berarti setelah produk di buka, dia mampu bertahan hingga 6 bulan. Ya walaupun masih lama jangka tanggal kadaluarsanya ya. Meski begitu ada produk yang belum mencantumkan PAO di kemasannya sih. Hehee...

Ayo Menjadi Konsumen Cerdas dengan CEK KLIK Sebelum Belanja
Jadi, sebelum belanja cek terlebih dahulu produk yang akan dibeli ya. Kalau ingin cek produk terdaftar di BPOM atau belum bisa melihat Izin Edarnya untuk di Cek di Aplikasi Cek BPOM atau BPOM Mobile. Bisa via websitenya juga. Misal ada yang nggak beres sama produk tertentu ya adukan saja via sosial media milik BPOM yah.

Yuk, sama-sama menjadi konsumen yang cerdas dan bijak dengan #BelanjaAman dalam memilih produk yang benar-benar sudah terdaftar di BPOM dan #AyoCekKLIK demi keselaman, keamanan, dan keselamatan. Tentu nggak mau kan kalau produk yang kita konsumsi nantinya membahayakan diri sendiri....

Sekian, terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel Ayo Menjadi Konsumen Cerdas dengan Cek KLIK Sebelum Belanja ini ya. Feel free to drop your commentsi
~Blessed
Khoirur Rohmah

Sumber Referensi :
1. Website Resmi BPOM
2. Instagram BPOM_RI
3. Jagapati.com

118 komentar:

  1. Sepakat banget, kita harus jadi konsumen yang cerdas, soale kalau nggak cerdas bakal dibodohi produsen. Beruntung ada aplikasi klik neh.

    BalasHapus
  2. Memang harus teliti mengecek ya, soalnya berhubungan dengan halal-haram juga selain berhubungan dengan kesehatan

    BalasHapus
  3. Adanya cek KLIK ini membantu sekali dalam memilih produk. Biasanya kalau beli makanan atau minuman di swalayan, aku cek komposisi, label halal dan kadaluarsa produk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas takutnya kan barang lama atau malah melebihi tanggal kadaluarsa dsb ya

      Hapus
  4. Eh saya perlu aplikasi ini sebenarnya ya karena anak² masih senang²nya jajan.

    BalasHapus
  5. Aku nih masih suka cuek kalau belanja, pokoknya yang penting expired aman dan halal aja patokannya. Tapi ternyata kode BPOM juga penting ya mbak, nah sekarang enak nih ada aplikasinya jadi lebih mempermudah kita juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tadi kebetulan habis belanja dan aku iseng download appsnya untuk ngecek, ternyata mudah banget ya mbak.

      Hapus
    2. Iya mbak, mudah banget kok hheee

      Hapus
  6. Setuju banget euy!
    Konsumen kudu cerdas dan punya bargaining power ya sist
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  7. Iya, ppenting untuk ngecek makanan sekarang, selain ada ijin nya dan kode BPOM juga perlu dicek kehalalannya juga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, biar kita dapatin produk makanan yg bagus juga

      Hapus
  8. Aku juga kudu mulai membiasakan untuk cek KLIK
    terutama untuk barang2 diskonan yhaaaa qiqiqiqiqi
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju mbakk biar kita tetep dapat yg terbaik walau diskon kan ya heheee

      Hapus
  9. Wah senangnya ya sekarang udah ada aplikasi buat mengecek kebenaran makanan atau produk ini di bpom.. Jadi bisa tau kita..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, yg terbaru juga lebih canggih nih aplikasinya

      Hapus
  10. Info yang bermanfaat , emang kita tuh kadang tanggal buat dan waktu aman konsumsi itu terabaikan. Apalagi emak - emak biasanya cuma fokus sama harga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi kalau ada diskonan atau promo ya mbak hehee

      Hapus
  11. iya penting banget untuk menjadi konsumen cerdas. Aplikasi cek klik ini membantu banget supaya kita jadi konsumen cerdas, menurutku nggak repot kok, tinggal buka aplikasi di handphone saja. Kan kemana-mana pasti handphone nya di bawa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, udah jadi kebutuhan primer ini bawa HP heheee

      Hapus
  12. Wanita dan ibu paling butuh yang begini mba.
    Soalnya dia yang akan menyajikan apa yang ada di rumah untuk dikonsumsi.
    Tapi ada juga sebagian perempuan yang beli skincare tanpa bpom. Iming2 wajah glowing dalam sekejap. Padahal nantinya bakal break out parah, bahkan sampe rusak.. Sedih lihatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, makanya ada BPOM Mobile, cek BPOM, untuk KLIK supaya kita tetep bisa konsumsi produksi yg kualitas bagus dan udah standar BPOM juga

      Hapus
  13. Ini bagiku memudahkan dan dan jawaban sekali atas solusi permasalahan suka khawatir akan produk makanan atau minuman yang kubeli. Udah isntall jg dooong

    BalasHapus
  14. Penting banget ini, asli aku pernah beli mie instan ternyata udah expired 1 tahun yang lalu. Sangat mengejutkan.

    Kalau pake ini bisa sambil di klik langsung cekkk, apalagi untuk produk unik yang masih baru

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, kita ga bakalan ketipu karena rajin produk baru atau lama dg aplikasi CEK BPOM sama BPOM Mobile

      Hapus
  15. Wah penting banget ya mak jadi konsume cerdasm apalagi seperti saya yang punya anak-anak hobi jajan, jadi lebih mudah buat cek apakah jajanan yang dibeli anak terdaftar atau tidak di BPOM, apalagi ceknya juga mudah tinggal install aplikasi dari smartphone...mudah-mudahan makin banyak masyarakat yang sadar pentingnya cek sebelum konsumsi atau memakai suatu produk.

    BalasHapus
  16. aku orangnya kurang teliti, telitinya lemot.
    sampe rumah baru ngecek, bukannya di TKP..
    untung pak su lebih ngeh untuk soal ngecek2 ini. asyik belanja sama beliau, inget aja buat ngecek, terutama tanggal kadaluwarsanya

    BalasHapus
  17. Jadi konsumen emang harus cerdas n punya kesadaran mengetahui segala sesuatu terkait info produk yg digunakan. Untung ada Cek Link ya, apl bs didownload di play store. Tfs Mba Rahma

    BalasHapus
  18. Ternyata kita juga bisa melaporkan ke bppom setempat kalau ada ketidakcocokan keterangan, ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya lah. Penting banget tuh memastikan bahwa produk yang kita pakai memang aman ya

      Hapus
  19. Wah berita baik ini, memudahkan masyarakat mengecek sendiri produk yg di pakai, bisa terhindar dari hal2 membahayakan

    BalasHapus
  20. Iya serem juga ya pas beli barang ternyata izin edarnya palsu. Sukur ada BPOM Mobile. Jadi gampang terdeteksi.

    BalasHapus
  21. Zaman now sudah dipermudah nih, Mbak. Jadi pas belanja, tidak perlu lama-lama lagi ngecek dan baca panjang keterangan di label. Mana ada produk yang tanggal kedaluarsanya di tempat tersembunyi hehehe.
    Jadi dengan tinggal cek klik, kini kita merasa aman ya, Mbak. Karena tau kualitas barang yang kita konsumsi.

    BalasHapus
  22. Betul banget yaa mba Kita Sebagai konsumen kudu jeli dan cerdas memilih produk apalagi makanan/minuman. Alhamdulillah sekarang ada BPOM Mobile yang pastinya bakal ngebantu banget ngecek tanggal kadaluwarsa, izin edar, dll

    BalasHapus
  23. Penting ini ya, tiap orang punya aplikasi ini di hp nya. Biar lebih aware dan peduli juga. Tapi setiap temuan yang kita laporkan follow up nya gimana ngeceknya mbak?

    BalasHapus
  24. Ih ngeri banget ada produk yang pas dicek kok deskripsinya beda, kalo gitu bisa jadi di luaran sana ada produk yang asal-asalan pake BPOM produk lain yekan, asal comot aja gitu..
    untung sekarang udah ada BPOM Mobile juga, lebih mudah jadinya

    BalasHapus
  25. Aku biasanya hanya cek kadaluarsa. Mulai sekarang kudu cek apa ini barang terdaftar di BPOM atau gak. Soalnya pernah jajan chiki dan batuk2. Kan serem

    BalasHapus
  26. Alhamdulillah sudah ada Aplikasi Mobile Cek BPOM ini, jadi kalau mau beli makanan, minuman, kosmetik dan produk konsumsi sehari-hari bisa lebih cepat menemukan informasi keabsahan produk tersebut, aman dan tidaknya,

    BalasHapus
  27. Aku baru tau nih kalau bpom udah ada aplikasi untuk ngecek produk yg udah atau belum terdaftar. Bermanfaar banget ya mbak untuk membuat kita semakin yakin kalau produk yang kita gunakan memang aman dna sdg terdaftar

    BalasHapus
  28. Pada prakteknya memang agak ribet ya, kalau mau beli barang harus di cek satu-satu, di scan pakai aplikasi dari BPOM, tapi kalau ingat manfaatnya, lebih baik teliti sebelum membeli ya...

    BalasHapus
  29. Saya setuju agar semua orang menjadi konsumen cerdas dengan Cek KLIK sebelum belanja demi keamanan produk yang kita konsumsi.Salut untuk BPOM

    BalasHapus
  30. Seharusnya kita sering check2 gini , 2 bulan lalu mamah Eny keracunan gara2 kopi 😂😂 gara2 kurang hati2

    BalasHapus
  31. Penting banget ini, sosialisasi tentang cek klik ini. Agar setiap konsumen peduli dengan keamanan produk yang mereka konsumsi.. Tfs..

    BalasHapus
  32. aplikasi klik ini membantu banget yah, apalagi mobile ajd kita bisa lakukan cek ricek. praktis sekali, konsumen cedas dan smart ya, biar sama2 untung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget, jd bisa ngecek kapanpun kita mau... Sangat bermanfaat.

      Hapus
  33. Aju ga pernah berani belanja online untuk obat dan makanan. Udh takut sendiri

    BalasHapus
  34. Selama ini aku cuma cek tanggal kadaluarsa aja. Ternyata banyak hal selain tanggal kadaluarasa yang harus di cek ya...

    BalasHapus
  35. Sebagai muslim kita memang harus hati-hati terhadap apa yang kita makan dan kita minum. Setetes pun akan menjadi pertanggungjawaban kelak diakhirat. Jadi walaupun cuma ciki tetap harua dicek izin BPOM dan tentu saja label halalnya.

    BalasHapus
  36. Terkadang kita suka kelewat buat liat kode produksi atau izin produk di suatu kemasan. Makasih sharingnya yahh kak

    BalasHapus
  37. Asyik ya sekarang mah ada aplikasi KLIK ini. Bikin praktis cari tahu kelayakan produk yang kita pake. Aku dulu kalo ragu sama suatu barang, ngecek langsung ke website BPPOM. Sekarang mah tinggal buka aplikasi aja ya. Kudu pada install nih.

    BalasHapus
  38. Wah ini membantu banget supaya kita bisa jadi konsumen yg cerdas. Kalau dulu agak sulit cek BPOM nya, sekarang super mudah ya

    BalasHapus
  39. Wah ini membantu banget supaya kita bisa jadi konsumen yg cerdas. Kalau dulu agak sulit cek BPOM nya, sekarang super mudah ya

    BalasHapus
  40. Banyaknya yang harus di cek ya! Aku pikir cuma expire date rupanya banyak hal dan itu bagus jika diterapkan tiap hari biar tahu mana yang sudah ada badan pomnya

    BalasHapus
  41. Iya nih. Apalagi jajanan anak diluaran itu. Kadang suka was was. Pas anak sampai rumah pasti deh cek tasnya. Kali ada belanjaan aneh2. Untungnya sekarang dimudahkan cek BPOM'nya ya.. He

    BalasHapus
  42. Benar juga ya... Harus cek kembali melalui KLIK ini, agar dapat kepastian produk bagus dan bisa dipertanggungjawabkan

    BalasHapus
  43. cara cek ini mmpermudah dlm hal belanja iya, jd bisa lbh was2 mana makanan yg udah disetujui oleh BPOM..

    BalasHapus
  44. cara cek ini mmpermudah dlm hal belanja iya, jd bisa lbh was2 mana makanan yg udah disetujui oleh BPOM..

    BalasHapus
  45. Mbak, aku kok kudet ya nggak tahu aplikasi ini. Kudu terapin langsung nih. Soalnya anak2 masih suka jajan. Bermanfaat sekali mbak

    BalasHapus
  46. Berguna sekali cek klik ini ya mbak. Bisa cek barang yg mau Kita beli, apakah sudah Aman dari tes BPOM dan halal/tidak. Wajib diinstall nih di hape. Makasi infonya..

    BalasHapus
  47. Bener banget harus selalu cek keterangan sebuah produk ya. Apalagi yang lagi diskon atau promo cek kadaluarasanya.

    BalasHapus
  48. Ini nih yang penting, kadang orang-orang pada males cek klik. Padahal dibikin program seperti ini ya biar gak menyakiti diri sendiri, yakan mbak?

    BalasHapus
  49. Bener banget, belum semua produk mencantumkan PAO. Ini yang kadang bikin keder apalagi buat yang punya kosmetik tapi jarang dipakai kayak aku hehehe, akhirnya cari informasi seperti lipstik itu umumnya bertahan sampai berapa bulan setelah dibuka, tapi rasanya masih kurang mantap, deh. Lebih kuat kalau memang dari produsennya yang mencantumkan, kan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau period after opening untuk produk kosmetik preloved, tergantung kejujuran penjualnya sebagai pemilih sebelumnya berarti, ya... Masih sering ragu sih beli yang preloved begitu, khawatir dalam perjalanan pengiriman pun ada perlakuan yang kurang pas (karena segel awal sudah dibuka, kemasan tidak lagi serapat produk baru) sampai jadi lebih cepat menurun kualitasnya.

      Hapus
  50. Konsumen cerdas memang perlu tahu yang kayak gini, jadi gak asal belanja aja. Soalnya kalau gak tahu hingga terlanjur pakai barang kdaluarsa kan bahaya juga, apalagi bila itu produk makanan atau kesehatan

    BalasHapus
  51. Alhamdulillah, dengan aplikasi KLIK ini kita nggak khawatir lagi dengan produk pilihan kita teruji dan lolos BPOM atau belum. Terutama produk impor ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dengan aplikasi KLIK ini kita juga belajar jadi konsumen yang cerdas. Teliti dulu produk yang mau dibeli. Jangan sudah terlanjur dibeli ternyata nggak lolos BPOM.

      Hapus
  52. Aku juga bagian dari KonCer nih dan Cek KLIK dari BPOM memang harus diamalkan sebelum kita belanja..

    Happy Shopping!!

    BalasHapus
  53. Aplikasi yang akan sangat bermanfaat, dan juga lengkap ternyata fiturnya ya? Bisa cek histori produk yang sudah pernah discan, plus bisa juga buat pengaduan, jadi kita gak bingung lagi setiap kali mau cek dan beli barang.

    BalasHapus
  54. Aku pernah cobain cek klik trus ternyata bedak itu ga terdaftar lho.. padahal menurutku itu merk cukup terkenal hiks.. aku baru tau kalo kita bisa ngaduin juga hal ini.. oke deh nanti mau ngadu ke BPOM :D

    BalasHapus
  55. Cek KLIK BPOM sungguh berfaedah.
    Konsumen kudu cerdas yhaaa
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  56. Keren banget ini aplikasinya...Belanjaan kita jadi terjamin nih kualitasnya...Membantu kita lebih teliti ya...

    BalasHapus
  57. Aplikasi ini sangat membantu para konsumen saat membeli obat/makanan/barang apapun ya. Memang harus jadi konsumen cerdas dengan Cek KLIK lebih dulu. Aku biasanya cuma cek tgl kedaluwarsa aja. Mau download dulu app BPOM ini.

    BalasHapus
  58. Asik nih ya, sekarang jadi gampang buat ngecek-ngecek. Tinggal keluarin handphone dan pakai apps aja. Aku nih kadang suka males ngecek-ngecek produk kalau lagi belanja. Hehehe.

    BalasHapus
  59. Alhamdulillah ya mbak, ada aplikasi cekklik ini jadi menghemat waktu untuk melihat lihat dulu barang yang mau dibeli.

    BalasHapus
  60. Konsumen masa kini memang harus cerdas y mba dan bersyukur bgt sdh ad fitur sperti ini

    BalasHapus
  61. Mba tulisan dan desainnya keren banget. Ternyata desain grafis hehe. Btw Aplikasi BPOM ini emang pas banget dengan kondisi banyaknya barang ilegal saat ini

    BalasHapus
  62. waah, tamparan keras nih buat aku mbak. Karena kau tipe orang yang suka bodoamat sama hal yang seperti itu. yang dilihat hanya tanggal expired atau sebatas manfaat menggunakan produk jika itu bentuk produk

    BalasHapus
  63. Baca ini jadi inget kemarin ada yang ngehsare, beberapa anak meninggal akibat konsumsi jajanan.

    BalasHapus
  64. Kita harus bisa pintar ya dalam memilih produk yang aman dan tepat untuk dikonsumsi atau digunakan ya

    BalasHapus
  65. kadang yang namanya buibu ya demennya kan diskonan tuh, jadi suka beli produk-produk tanpa ngecek dulu aman apa enggak produk tersebut.

    BalasHapus
  66. pokoknya jaman now tuh harus jadi konsumen cerdas ya.. dengan lakukan cek klik dulu sebelum belanja.. agar kita dan keluarga terhindar dari pangan dan obat yang tidak aman ya mbak

    BalasHapus
  67. Sebagai konsumen memang harus teliti banget, ya. Jangan mudah tergiur sama penawaran ini itu. Senangnya lagis ekarang ada aplikasi ini. Memudahkan untuk mengecek suatu produk

    BalasHapus
  68. oiya paksu kan ngajak diriku shopping hari ini wkwkwkw (auto ingat)
    dan kami berdua anaknya rajin ngecekin produk ber-bpom apa nggak sebelum belanja terutama dia sih rajin banget, dibaca ampe tuntas. Nah, kudu nih kami pakai cekKLIK sebelum belanja

    BalasHapus
  69. kalo ragu pas mau beli produk makanan or minuman, tinggal cek klik dulu sebelum masuk keranjang belanja. jadi tenang deh

    BalasHapus
  70. Ini nih yang penting, kadang orang-orang pada males cek klik. Padahal dibikin program seperti ini ya biar gak merugikan diri sendiri, yakan mbak?

    BalasHapus
  71. Selama ini yang aku lakukan masih cek kadaluarsa secara manual.

    ... jadi bolehlah nih, Cek Klik sebagai referensi

    BalasHapus
  72. Wah aku udah cobain Cek Klik ini. Bener2 banyak manfaatnya. Jadi ga asal masukin ke keranjang deh kalo belanja di supermarket. Aku scan dulu barcode kalo udah resmi terdaftar baru deh dibeli hehe

    BalasHapus
  73. Alhamdulilah yah ada aplikasi CEK KLIK mba, akupun kadang suka lupa bahkan malah lupa beneran cek-cek kemasan produk padahal sering pake tapi ya gitu deh adanya ini jadi makin aware nih

    BalasHapus
  74. Adanya cek klik ini semakin bantu kita untuk jadi konsumen cerdas. Jadi udah gak ada alasan ya gak tahu itu barang sudah terdaftar apa belum

    BalasHapus
  75. Inovasi bpom keren banget ya. Aku mau cek klik juga kalau ada makanan atau produk kosmetik yang aku ragukan

    BalasHapus
  76. Sayangnya produk BPOM ini ngga mengcover PIRT juga ya. Kan seru tuh kalo bisa sekaligus cek no PIRT, jadi bisa lebih bermanfaat

    BalasHapus
  77. Nah kan. Simple aja ternyata cek bpom itu. Kadang suka ragu gitu mau beli atau enggak. Padahal semudah ini ngecek nya ya mba. Tfs ya

    BalasHapus
  78. Kalo pasang aplikasi CekBPOM gini kita diuntungkan sebagai konsumen ya. Bisa ngecek apakah barang yang dibeli udah teregistrasi

    BalasHapus
  79. Makin hari konsumen makin cerdas. Sadar akan kesehatan dan faktor pengganggunya yang bisa disebabkan dari makanan. Maka itu konsumen cerdas selalu faham dengan BPOM.

    BalasHapus
  80. cek label sekarang tinggal klik aja ya mba, gampang dan dimudahkan, jadi bisa tau produk yang layak pakai ataupun konsumsi deh

    BalasHapus
  81. Mulai liatin satu-satu aah...PAO nya skinker aku kapan niih...
    Soalnya ada beberapa yang dikasih, jadi gak ketauan yaa...kapan doi bukanya.

    BalasHapus
  82. Aku pernah beli kosmetik yg nggak ada nomor iZin edarnya mbak. Setelah beberapa hari ada info, bahwa produk tersebut ditarik dari peredaran. Duhh... selamet belum tak pake kosmetiknya. Kalau ternyata bikin alergi, kan bahaya 🙈

    BalasHapus
  83. Urutannya ternyata harus saya pelajari lagi nih. Gak segampang yang saya kira setelah baca step demi step nya hehehe....kirain tinggal klik, jadi, hahhaa harus jnstal dulu ya, terus ikuti seperti arahan di atas

    BalasHapus
  84. betuuul mbak, penting banget untuk CEK KLIK. Dengan apps dari BPOM makin mudah belanja. Bahkan saat belanja online pun aku suka nanya tanggal kedaluwarsanya kapan.

    BalasHapus
  85. Aku juga selalu cek BPOM sebelum beli produk, apalagi kalau produknya baru dan belum ada iklan di televisinya. Hihihi.

    Sekarang udah ada apps-nya jadi mempermudah konsumen untuk cek status perijinan-nya ya..

    Selain BPOM, aku juga suka cek Sertifikasi Halalnya, terutama untuk produk makanan & minuman dari luar Indo yang belakangan ini lagi menjamur di pasar Indo.

    BalasHapus
  86. Setuju, penting banget buat cek dulu produk yang ingin kita beli itu legal atau nggak. Aplikasi ini memudahkan banget ya buat masyarakat lebih aware lagi dengan produk yang akan dikonsumsi. Semoga ga ada lagi korban dari produk abal2 ya..

    BalasHapus
  87. Terkadang kalau lagi buru-buru pas belanja suka gak ngecek barang, main ambil aja lalu masukin ke keranjang. Sekarang harus lebih berhati-hati lagi, jadi konsumen cerdas .

    BalasHapus
  88. Alhamdulillah sekarang sudah ada aplikasi mobile dari BPOM untuk mendapatkan informasi yang cepat dan akurat mengenai data keamanan produk makanan, minuman, obat dan produk lainnya terkait izin edar, expired date, kandungannya, dll.

    jadi bisa lebih tahu produk yang akan kita beli tersebut memiliki jaminan keamanan yang bisa dipertanggungjawabkan

    BalasHapus
  89. Makin praktis aja mau cek kelayakan produk. Tinggal scan di aplikasi bpomnya. Wah mudahnya...

    BalasHapus
  90. jadi konsumen harus cerdas apalagi seperti saya yang punya anak-anak hobi jajan, jadi lebih mudah buat cek apakah jajanan yang dibeli anak terdaftar atau tidak di BPOM, alhamdulillah udah mudah ada aplikasinya

    BalasHapus
  91. Nah iya ini nih poin-poin yang harus diperhatikan kalau lagi belanja. Kadang suka luput buat ngecek... Makasih ya mbak sharing artikelnya

    BalasHapus
  92. Duh aku ini ntermasuk konsumen yang malas cek ricek produk sebelum dikonsumsi. Paling cuma kadaluarsanya saja. Apalagi kalau belanja sambil buru-buru. Ternyata gampang banget cek produk di CEKPOM. Harus lebih displin diri nih buat cek POM.

    BalasHapus
  93. Semakin sadar kalau belanja itu jangan asal belanja. Penting untuk tahu seluk-beluk produk. Bukan asal harga murah

    BalasHapus
  94. Kewajiban konsumen ya ini wajib cek KLIK sebelum belanja agar belanja lebih aman apalagi untuk makanan dan obat huhu.. harus banget cek sebelum belanja

    BalasHapus
  95. Noted nih, secara biasanya klo belanja cuma cek expired date ama Halal nya aja. Cuss ahh download aplikasinya juga.

    BalasHapus
  96. Praktis banget pake aplikasi Cek Klik BPOM ini yah. Insya Allah jadi lebih aman belanjanya.

    BalasHapus
  97. Wahh semaikin mudah saja ya belanja dengan smart pakai cek klik ini.. aku belum coba nih tp tertarik nanti mau coba ah

    BalasHapus
  98. Walopun ada diskon, ak skrg pastikan dengan cek KLIK dulu nih mba

    BalasHapus
  99. Jadi konsumen jugaa mesti cerdas ya mbak, bukan hanya sekadar belanja dan konsumsi aja tanpa cek dan ricek lebih dahulu, biar bagaimanapun, diri sendiri dan keluarga yang akan kena imbasnya di kemudian Hari.

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Copyright © Fastabiqul Khoirots. Blog Design by SkyandStars.co