Suka Duka Menjadi Freelancer, Pembelajaran dari Drama Thailand Heart Attack

Rabu, 20 November 2019

Jember Regency, East Java, Indonesia

Suka Duka Menjadi Freelancer, Pembelajaran dari Drama Thailand Heart Attack

Bismillaahirrohmaanirrohim ....
Halo sobats, sebelumnya artikel ini bukan berisi review yah, melainkan secuil curhatan dari drama Thailand yang baru aku tonton pertama kali di tahun 2019 ini. Yah, aku belum nonton genre drama dari negara gajah putih. Terakhir kali nonton pas tahun 2013-an gitu, hahahaa.

Aku tertarik menonton drama ini, karena Mbak Jiah Java udah me-review di blognya. Hal pertama yang bikin aku jadi tambah ‘klik’ untuk nonton, itu ya karena drama ini berkisah tentang seorang freelancer desainer grafis. Dan tugasnya adalah editing foto termasuk me-retouched gambar. Yang mana, profesi sebagai freelancer full time yang benar-benar kerja dari rumah akan aku pilih setelah menikah nanti. Karena hal itulah, aku gercep untuk download dramanya, lalu menontonnya, hahaa.


Suka Duka Menjadi Freelancer, Pembelajaran dari Drama Thailand Heart Attack

Dan sepertinya, intronya terlalu panjang nih, sobats. Jadi, langsung aja berikut ini akan aku bagikan sedikit drama, suka duka menjadi freelancer, sebuah pembelajaran dari Drama Thailand Heart Attack. Daripada menunggu lama, check this out ....

Duka Freelancer dari Drama Thailand Heart Attack

Menjadi freelancer, adalah sebuah profesi yang mungkin sudah sangat familiar di telinga kita. Apalagi di zaman teknologi yang semakin hari tambah canggih aja ini. Namun, pekerja lepas yang diceritakan pada drama Heart Attack ini merupakan seorang workaholic yang bahkan bisa menghabiskan waktu 5 hari tanpa istirahat sama sekali. Seperti tidak ada kamus untuk sekadar mencari hiburan atau tidur sejenak.


Suka Duka Menjadi Freelancer, Pembelajaran dari Drama Thailand Heart Attack


Cerita ini bermula dari seorang tokoh utama bernama Yoon (Sunny Sumanmethanont) yang seorang freelancer Desainer Grafis dan memiliki seorang agensi, bisa dikatakan produser bernama Jee (Violette Wautier). Keduanya adalah seorang sahabat yang saling bekerja sama dan berkolaborasi terkait pekerjaan desain grafis.

Sangking workaholic-nya, dengan setiap job yang ditawarkan oleh Jee selalu diambil dan dipenuhi tiap deadline, hingga Yoon terjaga selama beberapa hari, atau bisa dikatakan bekerja di batas kemampuannya tanpa istirahat. Membuat tubuh Yoon berada di titik lemahnya karena paksaan bekerja.



Suka Duka Menjadi Freelancer, Pembelajaran dari Drama Thailand Heart Attack

Karena hal itulah Yoon mengalami ruam-ruam gatal di tubuhnya. Bermula dari lehernya dan menyebar ke seluruh tubuhnya, walau tidak secara penuh. Selanjutnya dia memeriksakan ke rumah sakit umum dimana biayanya lebih murah dengan dokter yang berpengalaman. Di tempat inilah Yoon dipertemukan dengan sang dokter Imm (Davika Hoorne) di mana setiap sebulan sekali dijadwalkan berobat. Dan di awal pertemuan, Dokter Imm memberikan nasihat terkait kebiasaan buruk Yoon dengan pekerjaannya. Di antaranya :

1. Habiskan semua obat
2. Berhenti makan seafood
3. Tidur sebelum jam 9
4. Olahraga 30 menit sehari

Apa 'Suka' yang bisa dipetik dari Drama Heart Attack?

Suka Duka Menjadi Freelancer, Pembelajaran dari Drama Thailand Heart Attack
Kupernah mengalami seperti ni

Sepertinya nggak ada hal yang tampak menyenangkan dari drama ini, selain bisa bekerja dari rumah, tidak ada hari libur tertentu karena bisa libur kapan aja. Namun, di sini tokoh utama tetap dituntut untuk selalu memiliki profesionalisme dalam bekerja. Di drama ini, tugas sebagai freelancer desain grafis terlihat seperti kerja rodi. Karena, kalau tidak diambil, bisa jadi dia nggak dikasih proyek lagi.

Belajar dari Drama Heart Attack

Aku memilih menonton drama ini karena ada sedikit kesamaan profesi antara aku dengan pemeran utama di drama Thailand Heart Attack ini. Aku sekarang berprofesi sebagai desainer grafis di sebuah percetakan dan penerbit buku TK. Bedanya, aku lebih sering menggunakan aplikasi Coreldraw dan kombinasi Photoshop. Kemudian aku juga masih menerima pekerjaan sampingan untuk membuat desain logo, brosur, hingga pesanan artikel yang kadang aku lakukan di sela-sela jam kerja, selanjutnya akan aku selesaikan di rumah.

Nah, selama bekerja aku lebih sering duduk berlama-lama di depan komputer. Tak jarang, aku mengalami kesakitan pada tubuhku. Entah kalau 5-12 hari lebih banyak stay di depan komputer. Udah bisa bikin kepala pusing, atau justru pingsan seperti yang dialami Yoon tokoh utama Heart Attack.




Suka Duka Menjadi Freelancer, Pembelajaran dari Drama Thailand Heart Attack

Karena, saat tubuh kurang bergerak ditambah mata lelah selama bekerja di depan komputer, bisa membuat masalah pada kesehatan. Belum lagi duduk terlalu lama bisa membuat aneka penyakit menghampiri. Seperti misal : sirkulasi gula darah akan naik, menurunnya fungsi otak, mengganggu sistem kerja paru-paru, hingga bisa membuat timbunan lemak berlebih. Ngeri, kan.

Oleh karena itu, saat melakukan rutinitas bekerja sebagai karyawan swasta, maupun pekerja lepas di rumah, aku sering melakukan kegiatan ini supaya tubuh tetap sehat, dan menghindari aneka masalah kesehatan datang kepadaku, di antaranya :

1. Luangkan waktu untuk menggerakkan tubuh

Entah itu dengan menggerakkan tubuh seperti gerakan senam, jalan-jalan sebentar, atau lari-lari kecil, intinya supaya dapat merenggangkan otot dan melancarkan aliran darah. Hal ini aku lakukan dalam 2 – 3 jam sekali.

2. Mengatur tampilan layar

Tampilan layar yang terlalu terang juga nggak baik, pun sebaliknya. Maka aku akan mengatur tampilan layar komputer senyaman mungkin, supaya bisa enjoy saat melanjutkan kerja.

3. Berkedip atau menggerakkan bola mata

Langkah sederhana sekali. Tapi jika dilakukan secara konsisten dapat mengistirahatkan mata yang lelah. Seperti berkedip, memejamkan mata, atau melakukan senam mata lainnya.

4. Mengatur posisi duduk

Karena posisi duduk yang salah bisa bikin pegal juga. Sehingga, pastikan duduk dengan nyaman, dan sesekali berdiri dan menggerakkan tubuh ketika terlalu lama duduk.

5. Istirahat sejenak dengan minuman herbal

Kalau minum air putih memang sudah jadi teman setiap waktu saat di depan komputer. Tapi, minum minuman herbal adalah cara agar tubuh yang lelah, mengalami penat hingga dehidrasi selama di depan layar bisa langsung teratasi dengan minuman yang mengandung herbal, sepert jahe, kunyit asam, hingga temulawak.

Nah, saat tubuh terasa lelah, pegal, hingga nyeri, minuman herbal seperti sari jahe, mampu membuat tubuh jadi lebih aktif saat melakukan kegiatan seharian. Tubuh akan terasa sehat, fit, dan memberikan efek kehangatan pada tubuh. Dan minuman alami sari jahe yang aku konsumsi adalah Herbadrink Sari Jahe Sugar Free. Karena kalau bikin sendiri, amatlah lama dan kurang praktis apalagi kalau di tempat kerja.

Suka Duka Menjadi Freelancer, Pembelajaran dari Drama Thailand Heart Attack

Jahe (zingiber officinale) ini memiliki banyak manfaat. Dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Georgia di Athena yang dipimpin oleh Pattrick O’Connor ditemukan bahwa kandungan anti nyeri pada jahe tidak berkurang maupun bertambah ketika jahe diolah, dimasak, atau dipanaskan. 

Pada penelitian lain oleh University of Miami diketahui bahwa jahe serupa dengan kunyit, yang mana memiliki kandungan NSAIDs (Nonstreroidal anti-inflammatory drugs) atau sejenis obat anti-inflamasi non stroid yang mampu mengurangi efek peradangan serta memberi sifat anti-nyeri (analgesik).

Di antara manfaat jahe :
1. Menghangatkan tubuh, meredakan gejala masuk angin dan perut kembung
2. Meredakan mual yang disebabkan berbagai hal, seperti morning sickness
3. Mengatasi masalah pada pencernaan, karena kandungan phenolic pada jahe mampu meredakan gejala iritasi gastroinstestinal
4. Membantu proses detoksifikasi dan mencegah penyakit kulit
5 Anti peradangan. Dikarenakan kandungan Gingerol memiliki sifat anti-inflamatori
6. Memberikan efek relaksasi

Kalau udah sibuk banget dan dikejar deadline, aku selalu sedia dan membuat minuman herbal alami Herbadrink Sari Jahe dengan kemasan yang praktis dan modern. Dikemas secara higienis, tanpa pengawet, tinggal seduh, bersih, tanpa endapan dan tetap mempertahankan manfaat alami dari jahe itu sendiri. Kebetulan di rumah aku sedia yang varian Herbadrink Sari Jahe Sugar Free.

Suka Duka Menjadi Freelancer, Pembelajaran dari Drama Thailand Heart Attack

Varian ini menggunakan pemanis buatan sukralosa yang ada di dalamnya. Sejenis pemanis buatan tanpa kalori. Sukralosa ini diperbolehkan untuk penggunaan pada makanan dan minuman, dan telah disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Karenanya aku tetap nyaman dan merasa aman mengkonsumsi Herbadrink Sari Jahe Sugar Free, karena minuman herbal alami dengan manfaat yang tetap terjaga.

Cara mengkonsumsi Herbadrink Sari Jahe amatlah mudah. Bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Mau diseduh dengan air panas atau dingin, sesuai selera. Kalau aku lebih suka penyajiannya panas, karena lebih terasa hangat di tubuh.


Suka Duka Menjadi Freelancer, Pembelajaran dari Drama Thailand Heart Attack
Terasa hangat dan siap bekerja kembali

Syukur alhamdulillah, begitu selesai mengkonsumsi Herbadrink Sari Jahe, baik saat mengerjakan job di tempat kerja, ataupun di rumah. Rasa pegal, capek, lelah berada di depan komputer kian menghilang. Nggak lupa juga melakukan kegiatan yang udah aku sebutkan di atas juga.

Terlebih aku akan butuhin Herbadrink SariJahe ini menjelang pernikahanku bulan depan, mempersiapkan banyak hal terkait persiapan acara sakral tersebut. Pastinya Karenanya, aku selalu sedia Herbadrink terlebih varian Sari Jahe Sugar Free. Kalau aku lagi kedapatan bulanan, aku ganti minum yang varian Herbadrink Kunyit Asam, aku juga udah sedia yang varian ini, hehee.

Suka Duka Menjadi Freelancer, Pembelajaran dari Drama Thailand Heart Attack

Minuman herbal alami Herbadrink ini bisa  kamu temukan di minimarket seperti Indomaret, Alfamaret, hingga supermarket seperti Hypermart, maupun Giant. By the way varian Herbadrink itu beragam yah, selain yang Sari Jahe dan Kunyit Asam, ada juga Sari Temulawak, Beras Kencur, Lidah Buaya, Kopi Ginseng, Wedang Uwuh, dan Chrysanthemum. Buat yang memiliki riwayat penyakit diabetes, kamu dapat memiih Herbadrink yang Sugar Free ya.

Kalau kata Jee agennya Yoon, “Kalau tak sanggup, jangan ambil, ingat!” Jadi, apapun profesinya, jika diri udah menunjukkan gejala nggak kuat apalagi tubuh yang butuh istirahat, maka sebaiknya jangan ambil. Nggak ada salahnya menolak, ya kan. Karenanya, untuk mencegah berbagai penyakit datang, termasuk sebagai pekerja lepas, menyediakan minuman herbal alami Herbadrink adalah sebuah cara sehat untuk tetap bisa menjalankan peran kita masing-masing

~Blessed
Khoirur Rohmah

Word : 1430

Referensi :
1. Website dan Instagram Herbadrink
2. https://nawee4.tumblr.com/post/139638767220/side-shots-of-love-discussion-boy-on-the-left
3. http://www.portalsinopsis.com/2016/02/sinopsis-film-thailand-heart-attack.html
5 https://www.imdb.com/title/tt4964598/?ref_=nv_sr_1
6 http://thaifilmjournal.blogspot.com/2015/09/review-freelance-aka-heart-attack.html
7. Freepik

25 komentar:

  1. Rasa jahe aku blm coba sih, katanya jahenya mantul. Wah, ini buat persiapan musim hujan oke ya. Sambil berdoa semua musim hujan segera tiba..

    BalasHapus
  2. Aku syukaaakkk yg sari jahe.
    Uenaaakk, apalagi diminum pas badan lagi kurang fit.
    langsung setrooonggg!

    BalasHapus
  3. aku dah nongton jugaa... jadi tahu betapa beratnya kerja sebagai pengedit foto itu sampe ga tidur2!
    herba drink sari jahe aku suka... rasanya seger bikin semangat lagi buat ngetik :)

    BalasHapus
  4. Tul, kalau gak sanggup atau capek jangan paksakan ngambil atau melanjutkan pekerjaan. Kesehatan lebih penting. Btw, mau freelance atau fulltime semuanya ada enak dan gak enaknya, tergantung kita yang ngerasain, hihihih

    BalasHapus
  5. Lah kok paaas banget, aku juga sedang gatal gatal, karena kerjaan belum kelar kelar!

    Fokus neng, fokuuus! udah! Tapi ya itu tadi, kecapekan melihat layar komputer berjam jam juga memicu yaa Rohma.

    BTW ini minuman kesukaan aku karena saat malam hari, menghangatkan badan banget. Ternyata ada kandungan di jahe yang serupa dengan kunyit, yaitu kandungan NSAIDs (Nonstreroidal anti-inflammatory drugs) atau sejenis obat anti-inflamasi non stroid yang mampu mengurangi efek peradangan serta memberi sifat anti-nyeri (analgesik). Noted makasih yaaaa

    BalasHapus
  6. Menatap yang hijau-hijau juga bagus tuh buat kesehatan mata bagi yang suka berjam-jam di depan komputer. Apalagi kalau sambil menikmati Herbadrink rasa jahe. Hmmm

    BalasHapus
  7. Namanya juga freelancer jadi kita juga harus pandai-pandai menggunakan waktu yang ada sih. Aku jadi penasaran deh pengen nonton drama Thailandnya.

    BalasHapus
  8. Iya mak, menjadi freelance itu memang berat terkadang kalau terlalu banyak pekerjaan bisa bikin jadwal dan ritme hidup jadi berantakan dan ngak sehat apalagi untuk ibu rumah tangga yang juga nyambi sebagai pekerja freelance, harus pintar-pintar mengatur waktu agar ngak keteteran dan bikin badan sakit-sakitan. Aku juga suka nih Herbadrink sari jahe, hangat dan rasanya pas bikin tubuh lebih rileks.

    BalasHapus
  9. Mbak, profesimu keren, desainer grafis. Sukses terus yaaa
    Aku minum Herbadrink Jahe suka yang hangat juga. Praktis kan ya, enggak pake ribet cari jahenya dan benikinan di dapur.
    Apalagi ada yang sugar free. Hepii!

    BalasHapus
  10. Jadi penasaran nonton filmnya ehehehe. Ini kerja freelance kok malah kerja rodi gitu siy yaaa.

    Btw kalau cuaca lagi dingin asyik nikmatin herbadrink rasa jahe

    BalasHapus
  11. Sepertinya nggak ada hal yang tampak menyenangkan dari drama ini, selain bisa bekerja dari rumah, tidak ada hari libur tertentu karena bisa libur kapan aja. Namun, di sini tokoh utama tetap dituntut untuk selalu memiliki profesionalisme dalam bekerja. Di drama ini, tugas sebagai freelancer desain grafis terlihat seperti kerja rodi. Karena, kalau tidak diambil, bisa jadi dia nggak dikasih proyek lagi.


    Nah benar ya, mirip kita nih.

    Saya pun begitu.

    Untungnya masih ada 3 anak yang butuh perhatian, juga suami dan oang tua. Kalo nggak, saya betah itu seharian depan laptop soalnya sangat meikmati dunia ini.

    Hm, Rohma konsumsi Herbadrink ya, bisa jadi referensi ini buatku.

    BalasHapus
  12. Aku juga minum herbadrink ini kak.. Soalnya emang enak praktis banget .. Apalagi emang jadi freelancer ini suka dukanya ada aja ya

    BalasHapus
  13. Wah ternyata jago coreldraw sama photoshop ya Rohma. Keren euy basicnya desain grafis.

    BalasHapus
  14. aku juga sebagai freelancer kayaknya butuh herbadrink nih mbak biar tetep fit selama beraktifitas di depan layar komputer. soalnya kan kesehatan perlu dijaga dong ya biar oderan lancar terus

    BalasHapus
  15. freelancer harus kuat ya kak. sebab sering begadang demi kelar sebelum DL. kalau gak bakal numpuk dan bikin makin pusing. minum yg anget2 enak banget deh

    BalasHapus
  16. Wah menarik nih ceritanya, tentang profesi desainer grafis, aku suka wedang jahe, mau coba dehh, enak dan anget di tubuh..

    BalasHapus
  17. Banyak yang bilang kerjaf reelance itu santai. Padahal nggak banget. Sama saja dengan orang kerja kantoran. Jungkir balik gak karuan. Aku belum pernah lihat drama Thailand. Pengen lihat jadinya mbak.

    BalasHapus
  18. Wah jadi penasaran sama drama ini. Memang ya yang namanya freelancer apalagi kalau workaholic, biasanya ya ngabisin waktu kerja demi pundi2 supaya bisa banyakin nabung dan inves hari tua :D
    Wah suka Herbadrink Sari Jahe juga ya, tooss aku juga nyetok di rumah mbak :D

    BalasHapus
  19. Ada Herbadrink Sari jahe sugar free ya, aku baru tahu nih. Soalnya selama ini suka yang temulawak, kasih es batu jadi seger ya.

    Sekarang banyak anak muda yang milih kerja freelance, anakku juga resign karena pengen kembali freelance

    BalasHapus
  20. Banyak anak muda sekarang yang workaholic dan lupa istirahat. Padahal istirahat itu penting banget untuk menjaga kesehatan tubuh.

    BalasHapus
  21. wowh.. minuman herbal yang aku suka banget nih... praktis dan khasiatnya luar biasaaa

    BalasHapus
  22. Saya juga suka sedia minuman jahe di rumah. Bermanfaat kalau lagi ingin menghangatkan badan saat musim hujan.

    BalasHapus
  23. Bagus ya drama ini? aku blom nonton soalnya. Btw ini drama seri atau film? Enak nih kalau sambil nonton sambil nyeruput herbadrink jahe.

    BalasHapus
  24. Beragam produk herbadrink ini bisa jadi penunjang aktivitas ya mbak, apalagi sekarang masuk musim hujan. Perlu jaga stamina tubuh

    BalasHapus
  25. Aku belum icip icip yang jahenya. Baru icipin yang temulawak. Enak, segar dicampur es.

    Dramanya keliatannya bagus kalo bac dialognya.

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Copyright © Fastabiqul Khoirots. Blog Design by SkyandStars.co