Kenalin nih, P2P Lending yang Aman dan Menguntungkan!

Senin, 06 April 2020

Kabupaten Jember, Jawa Timur, Indonesia
P2P Lending di Akseleran

Bismillaahirrohmaanirrohim
Berinvestasi merupakan sebuah hal yang baru aku terapkan beberapa tahun terakhir ini. Di awal-awal sebelum investasi dengan instrumen yang telah aku terapkan ada sedikit kecemasan, dan belum berani menyimpan dana yang kumiliki pada instrumen investasi yang sangat baru buatku. Apalagi aku tidak memiliki banyak pengalaman financial untuk jenis investasi yang akan aku tuju tersebut. Namun, aku membekali diriku dengan mencari pengetahuan dari membaca buku financial, hingga menyimak sosial media yang dibagikan para financial planner yang terkenal seperti Prita H. Ghozie salah satunya.


Jujur, hingga sekarang instrumen yang baru aku coba masih berupa Reksadana. Namun aku telah menyalurkan danaku pada 3 APERD (Agen Penjual Efek Reksadana). Dan semakin ke sini, aku jadi tambah ingin berinvestasi ke berbagai instrumen, dan semoga saja ada rezeki lebih yang bisa untuk diinvestasikan juga ya, sobats. Amiinn...

Sehingga, di awal perkataan yang aku lontarkan dalam hati, seperti
“Aman nggak?”
“Investasi ini mudah dicairkan nggak?”
“Uangku bakalan kembali nggak?”
Menjadi pupus semenjak aku mengenal investasi. Sebab candu tiap kali mendapatkan rezeki ingin diinvestasikan. Sehingga bagaimana pun caranya menabung atau investasi semuanya dapat mewujudkan semua mimpi tujuan finansial penggunanya.


Nah, sekarang aku ingin memberikan informasi terkait pengalamanku dalam berinvestasi dengan jenis produk keuangan berupa Peer to Peer (P2P) Lending. Mungkin sobats juga nggak asing lagi dengan istilah ini ya kan?

Sebelum aku membahas lebih jauh apa itu P2P Lending Akseleran, terlebih dahulu aku akan membagikan informasi terkait apa sih sebenarnya P2P Lending itu? Let’s check this out!!!

Pertama kali aku tahu P2P Lending juga dari sosial media milik salah satu Certified Financial Planner (CFP). Dan Pengertian P2P Lending itu adalah sebuah platform seperti e-commerce yang dapat mempertemukan investor dengan peminjam dana.

P2P Lending di Akseleran 

Tujuan adanya P2P Lending itu salah satunya karena para peminjam (borrower) kesulitan dalam meminjam uang ke bank, ataupun pada perusahaan lainnya untuk usaha yang mereka miliki. Dilain sisi Investor atau pemberi pinjaman (lender) menginginkan untuk mendapatkan return lebih pada jenis instrumen yang dimiliki. Sehingga dengan adanya platform P2P Lending ini dapat membuat uang yang diinvestasikan investor dapat digunakan untuk kebutuhan orang lain (peminjam dana/borrower).

Istilah Pendana dan Peminjam pada P2P Lending
Dalam produk investasi P2P Lending dikenal Pendana untuk investor atau lender, sedangkan peminjam disebut juga dengan borrower. Nantinya lender dan borrower akan bertemu pada platform P2P Lending secara online untuk melakukan transaksi tersebut. Jauh lebih mudah daripada tatap muka.

Prinsip Investasi P2P Lending
Untuk jenis produk investasi, P2P Lending merupakan sebuah cara yang tepat untuk kamu yang memiliki modal dengan nominal kecil untuk dapat meminjamkan dana pada borrower. Dan menurut AFPI (Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia) P2P Lending termasuk instrumen yang memiliki imbal hasil yang sangat menggiurkan, berkisar antara 16% hingga 23% per tahunnya. Walau begitu tetap tidak akan lepas dari risikonya juga ya. Sebab produk ini juga memiliki prinsip high risk, high return.

Namun, nggak ada salahnya untuk mencoba berinvestasi di P2P Lending, kan?

Ada banyak platform P2P Lending di Indonesia, namun sebaiknya kamu memilih yang sudah berada di bawah naungan lembaga resmi pemerintah Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan jelas semua keterangan mengenai fintech tersebut pada laman OJK.

Nah, kebetulan nih, aku juga sudah memilih untuk mulai berinvestasi pendanaan pada platform P2P Lending di Akseleran. Aku sudah mempelajarinya beberapa hari dan akhirnya aku memutuskan untuk mengembangkan dana yang kumiliki pada platform ini yang ternyata bisa aku akses melalui aplikasi dengan cara download di Apple App store (iOs) dan juga Google Play Store (Android). Untuk lebih jelasnya, aku akan kenalin kamu dengan platform P2P Lending Akseleran ini, ya. check this out.

Mengenal Platform P2P Lending Akseleran



PT. Akseleran Keuangan Inklusif Indonesia atau biasa dikenal dengan nama Akseleran adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam Financial Technology (fintech) Peer to Peer Lending (P2P Lending) yang mana memiliki tujuan untuk business loan atau pinjaman usaha dan tentunya sudah berizin di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Akseleran menyediakan akses permodalan kepada pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dengan suku bunga yang kompetitif dan fleksibilitas dalam tenor pinjaman, model pembayaran, serta penyertaan agunan. Selain itu Akseleran juga membuka alternatif untuk peluang pengembangan aset kepada masyarakat Indonesia untuk memperoleh imbal hasil yang menarik dan sepadan dengan risiko yang ada.

Hadirnya Akseleran berkat adanya orang-orang yang telah berpengalaman secara profesional dalam dunia finansial dan teknologi. Dengan visi “Mewujudkan Inklusi Keuangan Menjadi Realitas”. Membuat Akseleran berharap dapat mendorong pengembangan UKM yang ada di Indonesia yang banyak menguntungkan bagi pelaku usaha dan kumpulan pemberi pinjaman yang mendukunya.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa aja sih Akseleran ini, kamu bisa mengakses melalui website resmi milik Akseleran di https://www.akseleran.co.id. Selain itu, jika kamu berniat untuk mengembangkan dana langsung pada platform P2P Lending Akseleran, caranya cukup mudah banget. Kamu dapat menginstall aplikasinya di di Apple App store (iOs) dan juga Google Play Store (Android). pada smartphone yang kamu miliki. Nanti aku akan buat artikel terpisah terkait tutorial lebih lengkapnya mengenai cara membuat akun dan mengembangkan dana di P2P Lending Akseleran yah, sobats.

Keuntungan untuk Pemberi Dana dan Peminjam pada P2P Lending Akseleran
- Untuk peminjam / borrower
Akseleran akan memfasilitasi pinjaman usaha kepada UKM dari kelas menengah dengan mulai dari Rp200 juta dan maksimal dana yang dipinjamkan sebesar Rp2 miliar.
- Untuk pemberi dana / lender
Buat kamu yang memiliki dana dan ingin mengembangkannya dengan mendukung pertumbuhan UKM yang sedang membutuhkan tambahan modal usaha, maka kamu dapat memberikan dana mulai dari Rp. 100.000. Dengan imbal hasil yang diperoleh 21% per tahunnya.

Keuntungan Mengembangkan Dana di P2P Lending Akseleran
1. Imbal Hasil Hingga Mencapai 21% per tahun
Dapatkan keuntungan atau imbal hasil hingga mencapai 21% per tahunnya. Sehingga jauh lebih menguntungkan daripada jenis produk finansial lainnya.

2. Proses Mudah dan Sederhana
Proses dalam pemberian pinjaman secara online lebih mudah dan sederhana. Tentunya peminjam pemula pun yang akan meminjamkan dananya akan mudah memahami prosesnya.

Salahsatu keuntungan investasi di P2P Lending Akseleran 


FYI, Akseleran ini menggunakan metode agunan/jaminan di lebih dari 98% dari nilai portofolio pinjamannya. Bahkan untuk bisa mengajukan pinjaman akan terlebih dahulu diseleksi secara ketat oleh tim profesional dan berpengalaman dari Akseleran.

4. Nominal Pemberian Pinjaman yang Terjangkau
Salah satu hal yang kusuka nih. Sebagai lender kamu dapat memberikan pinjaman dengan modal mulai dari Rp. 100.000 saja, tanpa biaya apapun. Kamu sudah dapat memberi pinjaman pada UKM yang telah kamu pilih, di manapun dan kapan pun.

Nah, setelah membaca keunggulan di atas, sudah tertarik untuk mengembangkan dana? Jangan khawatir, postingan tutorialnya akan aku tulis pada artikel terpisah ya.

Yuk Mulai mengembangkan dana di Akseleran – P2P Lending yang Aman, Mudah dan Menguntungkan
By the way aku sudah memberikan pinjaman pada salah satu borrower yang tersedia pada peluang pinjaman di aplikasi Akseleran yang sudah ku-instal bulan lalu. Aku sangat merekomendasikan kamu yang akan mengembangkan dana dengan modal sedikit di P2P Lending Akseleran saja. Sebab, Akseleran merupakan P2P Lending yang Aman, Mudah dan Menguntungkan. Jadi, tidak perlu khawatir nanti dana kamu akan kembali atau tidak. Terlebih Akseleran sudah berada di bawah naungan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) loh.

Aman, karena data kita akan terjamin kerahasiaannya, karena Akseleran sudah tersertifikasi ISO 27001 full scope.. Menguntungkan dari segi pemberi pinjaman mendapatkan imbal hasil yang sepadan  dengan pinjaman yang diberikan.

Dan buat kamu yang masih pemula juga nggak perlu takut seperti yang aku khawatirkan sebelum mengembangkan dana. Karena, ketika aku menggunakan aplikasi Akseleran pada smartphone, aku yang awam banget soal P2P Lending jadi lebih mengetahui apa fungsi platform ini. Benar-benar bisa mempertemukan lender dan borrower.

Di Akseleran, kamu dapat memilih akan memberi pinjaman pada kategori apa saja. Ada sekitar 112 kategori UKM yang bisa kamu pilih. Dengan tipe kampanye, lama tenor, dan apakah pinjamannya bersifat agunan atau tidak beragunan. Semua lengkap.


Laman portofolio di akun Akseleran milikku


Ada kolom portofolio yang mana disitu sudah ada keterangan mengenai pinjaman yang sudah kamu lakukan dari bunga yang akan kamu terima hingga pokok nilai yang akan kamu terima. Bahkan jika kamu ingin mengetahui berapa imbal hasil yang akan kamu peroleh juga bisa dicek pada kalkulator finansial pada aplikasi Akseleran loh. Pokok mudah banget sobats.

Sejauh ini, kamu nggak ada paksaan kamu ingin memberi pinjaman sejumlah nominal tertentu di Akseleran. Mau modal besar atau kecil juga bisa, prinsipnya tetap sama ya, high risk, high return. Nantinya aku akan membuat postingan lainnya juga terkait tips dalam berinvestasi di P2P Lending yah, sobats.

Semoga apa yang aku bagikan kali ini terkait Memulai Berinvestasi di Akseleran – P2PLending yang Aman, Mudah dan Menguntungkan ini bisa bermanfaat untuk kamu yang sedang membutuhkan informasi ini. Jangan lupa feel free to drop your comments yah sobats.

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung di artikel www.rurohma.com ini. Yuk mulai mengembangkan dana atau melakukan investasi pendanaan di Akseleran!!

~Blessed
Khoirur Rohmah

31 komentar:

  1. pengin banget cobain inves yang lagi kekinian, P2P Lending, tapi tuh masih maju mundur, kalau nantinya peminjam mengalami kerugian, kita sebagai pemberi dana kan juga ikut menanggung kerugian, jadi masih belum berani nih, untuk mengira-ngira kerugiannya berapa. Tapi, karena tujuannya untuk membantu UMKM, patut dicoba

    BalasHapus
  2. Gak nyangka ya jaman sekarang mau berinvestasi cukup dengan 100 ribu rupiah udah bisa. Peer to peer lending ini bantu masyarakat juga ya apalagi dijamin oleh OJK jadi gak perlu khawatir

    BalasHapus
  3. Setuju banget Kak, akseleran aman dan udah berizin. Jadi ga perlu cemas. Aku kebetulan juga udah gabung di Akseleran. Meski baru ikut invest kecil-kecilan hehe.

    BalasHapus
  4. Baru tahu tentang p2p ini. Lengkap ya informasinya kak, semakin lengkap kita akan merasa semakin aman dan percaya. Nice informationkak, thank you

    BalasHapus
  5. Mencari investasi yg aman dan terpercaya sangat penting ya. Saat ini makin banyak fintech yg bermunculan, harus pilih yg sudah terdaftar OJK

    BalasHapus
  6. Tepercaya dan aman, itulah yang dicari banyak orang di era serbamengkhawatirkan saat ini. Kepastian uang yang dipakai mesti jelas agar benar-benar bisa bantu orang, saling menguatkan.

    BalasHapus
  7. Saya sudah coba nih investasi p2p lending di Akseleran, mudah sekali investasinya bagi orang awam seperti saya, dan Alhamdulillah bunganya juga udah dapet :D

    BalasHapus
  8. kudu banyak belajar kalau mau investasi ya kak, kita harus tahu sistemnya, harus tahu keuntungan dan uga harus tahu kerugiannya. JAdi kita merasa lebih aman dehhhh

    BalasHapus
  9. Sangat mudah berinvestasi sekarang ya mbak dengan 100.000 sudah bisa bergabung di Akseleran ini. Semoga investasi ini semakin berkembang pesat.

    BalasHapus
  10. P2P Pending pernah daku ketahui sewaktu menjadi penulis di salah satu website fintech, hanya saja belum daku pahami lebih dalam, karena waktu itu bukan bagian kanal yang daku tulis. Sepertinya harus kembali mempelajarinya 🙈

    BalasHapus
  11. Ibu rumah tangga seperti saya ini juga harus paham tentang investasi. Agar jika ada dana longgar bisa dikembangkan dan menambah income keluarga. Akseleran,,boleh juga nih dicoba...

    BalasHapus
  12. Buat berinvestasi gini bener-bener butuh ketekunan dan kecermatan nyari info ya. Jangan sampai terjebak investasi bodong.

    BalasHapus
  13. waaahh, itu kembalinya 21%? hmm, itu kenanya jadi bunga gak sih ke kita? menguntungkan banget ya kalau bisa jadi Lender gitu.

    BalasHapus
  14. Akseleran ini sedang booming yah. Udah baca beberapa tulisannya. Investasi dengan cara mudah dan modal yang gak gede bisa jadi pertimbangan.

    BalasHapus
  15. investasi lebih asik daripada menabung pastinya ya... selain bantu UMKM, dana kita juga aman dan berkembang. Tapi, saya masih belum cukup ilmu soal materi bila meminjamkan nanti ada bunganya. semoga bisa segera mapan soal ilmu investasi biar bisa pandai dalam mengelola keuangan. trimakasih ulasannya mbak... sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  16. saat ini pilihan untuk berinvestasi ada berbagai macam pilihan, dan Akseleran beneran bantu ya buat yg baru mau coba investasi selain antam emas logam

    BalasHapus
  17. Sistem P2P Lending ini membantu masyarakat yang kurang modal atau nggak ada modal sama sekali sehingga mereka bisa melakukan usahanya. Lalu keuntungannya yang dibagi dengan pemodal membuat usaha seperti ini jadi saling bantu membantu.

    BalasHapus
  18. P2p lending ini emang keren deh aku sudah coba dan bisa banget berinvestasi baik jangka pendek maupun panjang, pun sangat menjanjikan

    BalasHapus
  19. Aku sekarang juga mulai memikirkan investasi, Mbak. Agak terlambat sih, tapi gpp, belajar dari nol lebih baik drpd samsek dan menyesal ntar

    BalasHapus
  20. Akseleran ini sebuah perusahaan yang bergerak dalam Financial Technology (fintech) yang sudah diawasi OJK ya mba, jadi aman gitu ya. Soalnya kan skg ngeri banyak penipuan. Aku sih percaya kalau udah di bawah ojk. Buat yang cari-cari fintech nih bisa dicoba ya

    BalasHapus
  21. Sekarang mudah ya, kalau mau berinvestasi. Namun tetap harus hati-hati dengan mengenali badan p2pnya. Harus aman dan tentunya yang menguntungkan

    BalasHapus
  22. Wah nama kita mirip mbak, beda depannya ya? Salam kenal ya mbak. Aku dari Solo. Bay the way soal investasi perlu dipikirin masak masak supaya nanti tidak menyesal. Artikel ini membantu memahami investasi

    BalasHapus
  23. Pilihan berinvestasi dengan modal kecil memang pilihan yang baik, semoga bisa menguntungkan di masa depan ya..

    BalasHapus
  24. Aku pernah baca ini kak dibeberapa artikel dan sudah pernah juga mampir ke websitenya. Investasinya disini lumayan lebih kecil ya kak jadi patut dicoba

    BalasHapus
  25. wah ternyat p2p dari akseleran memberikan keuntungan bagi kita semua.. mau nyoab juga nih

    BalasHapus
  26. Asyik sekali ya karena dimulai dari nominal kecil bisa belajar investasi. Dari muda nih betul harus melek juga karena masa depan juga perlu direncanakam :) yg penting paham alur dan aturannya biar nggak zonk :D

    BalasHapus
  27. Saya pun sekarang mulai berinvestasi memasuki usia 30 tahun. Selama ini masih menggunakan investasi reksadana dari salah satu perusahaan asuransi. Dengan adanya p2p lending ini semakin mudah yah bertemu kedua belah pihaknya. Menarik juga nih nanti dicoba dari Perusahaan Akseleran karena belum pernah coba investasi disana.

    BalasHapus
  28. Wah P2P Lending ini boleh banget dicoba bagi para pemula yang ingin berinvestasi, karena modal yang dibutuhkan pun terbilang cukup kecil hanya Rp 100.000. Biasanya mah untuk berinvestasi itu perlu modal sampai jutaan rupiah dulu baru bisa berinvestasi. Terlebih lagi, manajemen resikonya juga sangat baik dan cukup terpercaya.

    BalasHapus
  29. lumayan ini saya juga udah coba. dan kemarin baru cek ada laporan bunga masuk ke email.

    BalasHapus
  30. Oh bisa investasi dg nominal 100ribu doank?
    Kok seruuu. Tp emang bener sih ya, sekarang berinvestasi kudu jeli bgt cari yg aman.

    BalasHapus
  31. Jadi Akseleran ini bisa minjemin dan pinjem juga ya. Pengen coba investasi raksadana tapi masih belum terlalu paham juga jadi ragu-ragu

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Copyright © Fastabiqul Khoirots. Blog Design by SkyandStars.co