Tetap bisa Produktif saat #WorkFromHome apalagi Menjelang Datangnya Bulan Ramadhan

Rabu, 08 April 2020

Jember Regency, East Java, Indonesia

Bismillaahirrohmaanirrohim
Halo sobats, apa kabar nih di bulan April di tengah pandemi saat ini? Semoga kamu dalam keadaan sehat di manapun kamu berada ya. Aminn. By the way kamu masih enjoy ketika di rumah aja apa nggak nih? Atau udah mulai jenuh, bosan, dengan rutinitas itu, itu, itu, mulu. Uhmmm… kayaknya kalau iya, berarti aku ada temannya nih. Hahaha. Makanya aku sempat ke rumah emakku, beberapa hari terus balik ke kota.

Meski begitu, aku tetap menjalankan hal-hal berdasarkan ketentuan dari pemerintah untuk menjaga kesehatan dan kebersihan supaya terhindar dari virus Covid-19 kok. Seperti: menggunakan masker kain, menyemprotkan hand sanitizer, cuci tangan, social distancing dan bersihin pakaian begitu sampai rumah emak. Kurang lebih seperti itu, supaya kedatanganku dari Jember ke Balung tidak membawa kuman atau virus dan merugikan orang-orang tercintaku, huhuuu.

Back to the main topic yah sobats

Tahu kan kalau di rumah aja itu pasti ada perasaan bosan. Udah jelas bakalan muncul deh. Gimana nggak bosen, rutinitas dari hari ini, besok, besoknya lagi,  begitu aja terus. SAMA. Sehingga kita perlu pintar dalam mengatur kegiatan saat di rumah apalagi #workfromhome, supaya bervariasi dan seru di tiap harinya.

Nah, agar dapat memaksimalkan waktu dalam bekerja dari rumah. Karena ya kita tahu sendiri adanya wabah virus corona, pemerintah sampai mengeluarkan kebijakan baru dengan aktivitas bekerja dari rumah. Sebab #WorkFromHome dapat menjadi solusi yang ampuh agar kita yang biasa riweuh dengan aktivitas di luar rumah dapat terhindar akan persebaran virus ini. Karena hal tersebut sangat mengurangi adanya korban akibat paparan virus tersebut.

Ya walaupun bekerja dari rumah itu tak seindah yang dibayangkan ya sobats, jadi ujung-ujungnya bikin mager. Makanya pasti bikin diri tergoda untuk males-malesan. Oleh sebab itu, aku akan membagikan trik dan tips supaya kamu bisa tetap produktif, walau #WorkFromHome. Check this out :

1. Selesaikan tugas domestik

Salahsatu hal utama sebelum melanjutkan aktivitas berikutnya dengan menyelesaikan kegiatan pokok ini. Karena, jika kegiatan domestik telah diselesaikan, kamu bebas untuk melakukan hal-hal lainnya. Termasuk menyiapkan perangkat dalam bekerja.

2. Membersihkan diri

Untuk memulai kegiatan seperti bekerja pada umumnya, alangkah lebih baik jika kamu dapat mandi terlebih dahulu. Memakai make up tipis-tipis walau di rumah aja ya, kemudian memakai pakaian yang nyaman saat digunakan bekerja dari rumah. Agar kamu bisa menikmati kegiatan kamu tersebut. Karena dari diri sendiri kunci berlangsungnya kegiatan bisa berjalan lancar dan bahagia.

 3. Cari spots yang menarik dan nyaman untuk bekerja

Begitu selesai mandi dan pakai pakaian yang rapi, selanjutnya tentukan mau bekerja di mana. Kamu dapat mencari spots di rumahmu yang sekiranya nyaman dan bikin betah untuk ruang gerak selama bekerja. Intinya *bikin nyaman kamu dulu* iya kayak dia, hahaha. 


4. Siapkan Kuota Internet dan Pastikan Sinyal Kuat

Tak bisa dipungkiri kalau kuota internet seperti sebuah kebutuhan premier yang perlu ada dan sangat dibutuhkan termasuk buat para pekerja. Jadi, daripada kamu terganggu saat berkomunikasi sama client atau rekan kerja karena kehabisan kuota. Mending cek apakah kuota internet kamu masih ada atau perlu beli lagi. Pastikan juga, apabila provider satu gangguan, kamu bisa gunakan provider lainnya, agar komunikasi tetap lancar berkat sinyal kuat dari provider yang kamu gunakan.

5. Siapkan to do list selama bekerja

Supaya bisa lebih disiplin dalam bekerja, kamu perlu memange waktumu, agar nggak kebablasan hingga waktu tersita untuk sibuk mainan hp mulu dan kerjaan terbengkalai, No!!! bikin perencaan dari yang utama yang perlu diselesaikan. Dan cara ini ampuh banget saat aku terapkan selama bekerja dari rumah, sobats.

Oh iya, agar bisa lebih fleksibel, kamu dapat memberikan waktu untuk tiap to do list tersebut. Seperti menyalakan alarm. Agar kamu dapat mengingat plan berikutnya. Dan juga menentukan berapa jam kerja saat kamu bekerja dari rumah. Agar tahu porsi yang bisa kamu gunakan untuk bekerja dan rebahan.

6. Jangan lupa istirahat untuk makan siang, atau rebahan bentar

Masukkan aktivitas istirahat dan rebahan pada  jadwal perencanaan kamu. Sebab kamu juga perlu menenangkan diri dengan makan, atau untuk meluruskan tubuh, main sosmed, main game. Namun tetap dalam porsi sewajarnya ya. Karena hanya sebatas selingan aja. Kemudian lanjut bekerja kembali, supaya nggak spaneng atau stress saat di depan laptop mulu tanpa beristirahat.

7. Jaga Jam Tidur

Jangan karena bekerja dari rumah, jadi bebas mau tidur jam berapapun. Big problem tuh. Sebab kalau esok  hari bangun kesiangan dapat berakibat sama pekerjaan kita. Karena begadang, saat bekerja jadi ngantuk. Yang seharusnya jam 8 udah siap di depan laptop, masih sibuk membersihkan diri. Jadi tetap harus disiplin ya, walau berat itu pasti. Hehehe

8. Memanfaatkan waktu di luar jam #WorkFromHome dengan mengasah hobi atau aktivitas lain

Iya, kegiatan yang berulang-ulang dilakukan pasti mengakibatkan perasaan jenuh. Oleh karena itu, saat berada di luar jam kerja, kamu dapat menggunakan untuk mengasah hal-hal lain sesuai kesukaan kamu. Kalau suka menanam, ya lakukan, mau jahit pakaian, monggo, dan skill lainnya. Tapi kalau aku, memanfaatkan waktu untuk mencari resep makanan sebagai camilan di rumah. Itung-itung nambah bakat memasak sih.



"Green Joy Panna Cotta Freiss" . Nama ini berarti : Green : Karena most of temanya berwarna hijau Joy : perasaan senang, dan bahagia, setelah makan dessert ini Panna : Krim Cotta : yang dimasak Sebuah istilah yang berasal dari Italia, namun aku modifikasi sedemikian rupa Freiss : Salah satu bahan, sirup dari indofood yg jadi penyedap dessert ini . . Daripada penasaran apa aja resepnya, simak aja berikut ini, . *Green Joy Panna Cotta Freiss* . Bahan - bahan : Layer 1 *Jelly Love* 🍈1/2 bungkus agar-agar plain 🍈5 sdm gula pasir 🍈Sirup Freiss Rasa Melon 1/2 cup 🍈Susu Cair 300 ml 🍈Santan 300 ml . Layer 2 *Panna Cotta* 🍧Roti Tawar 5 lembar 🍧1 sachet SKM (susu kental manis) 🍧Santan 300 ml 🍧5 sdm Gula Pasir 🍧1/2 bungkus agar-agar plain . . Layer 3 *Green Joy Freiss* 🍨Buah melon secukupnya 🍨5 sdm gula pasir 🍨1 sachet SKM 🍨1/2 cup Freiss Rasa Melon 🍨Air dingin 300 ml . . . Cara Membuat : *Jelly Love . 🍹Campur semua bahan layer 1 dalam wadah panci, aduk terlebih dahulu hingga menyatu & tidak menggumpal 🍹Panaskan dg api sedang hingga mendidih 🍹Setelah itu tuang jelly pada tatakan rata yang setelah dingin dicetak bentuk love . . *Panna Cotta . 🍹Potong roti tawar dengan dibuang sisi pinggirnya. Ambil tengah, 🍹Lalu masukkan pada blender roti beserta semua bahan, dan blender hingga lembut 🍹Kemudian masukkan hasil blender pada panci lalu didihkan dan siap dituangkan pada gelas yang sudah ditata sebelumnya . . *Layer 3 : Green Joy Freiss . 🍹Iris kecil kecil buah melon secukupnya dan masukkan pada blender 🍹Tambahkan bahan lainnya dan blender bersama buah melon 🍹Setelah lembut, tuang di atas Panna Cotta yang sudah mengeras . Oh iya, gelas di beri buah melon di dasarnya ya, lalu ditimpa jelly love, panna Cotta, dan Green Joy nya. Bisa dikasih toping sesuai selera, kalau aku pilih coklat . 🍹Rasanya, lembut, enak, apalagi disajikan dalam keadaan dingin. 🍨Pakai FREISS rasa Melon, aneka jenis makanan bisa tercipta, karena mengandung aroma buah asli dan kebaikan madu. Manisnya pas 🤤🤤 . Ikutan Yuk @luxymahardika @noormafmz @jiahjava . #FREISSkanHarimu #YummyXFreiss @yummy.idn
A post shared by Khoirur Rohmah (@rohmahdg) on

Dan bukan sebuah kebetulan juga, saat ada anjuran untuk #WorkFromHome aku jadi nggak kaget mau ngapain aja. Termasuk menggunakan waktuku di luar jam kerja dengan menyiapkan resep-resep sederhana yang dapat berguna nantinya.

Apalagi Menjelang Ramadhan

Yah, tepat di Minggu terakhir bulan April ini, bulan suci yang di dalamnya terdapat malam 1000 bulan ini bakalan dating menjumpai kita para umat muslim. Tentunya kita udah nggak asing sama kegiatan puasa, berbuka puasa, takbir, tadarrus, hingga sahur kan. Dan dalam waktu itu selama bulan puasa tentu akan ada banyak menu yang bakalan menghiasi di meja makan. Oleh sebab itu, aku banyak mencari resep untuk menu buka puasa hingga sahur tiba.

Nggak lupa pula, bahan seperti  kurma juga akan banyak ditemukan saat bulan puasa sekalipun kita dalam keadaan lockdown di rumah aja ya sobats. Soalnya makanan manis ini bisa menjadi pengganjal sementara saat buka puasa, lanjut sholat maghrib, dan makan. Atau bahan seperti madu juga menjadi penunjang selama bulan puasa supaya dalam menjalankan ibadah yang masuk dalam rukun islam ini bisa kuat selama seharian berpuasa.

Makanya sekalipun di rumah, selain menjalankan kegiatan domestik, bekerja dari rumah, aku tetap ingin memaksimalkan waktu untuk mempersiapkan diri dalam menyambut bulan suci ramadhan. Walau ibadah puasa tahun ini tidak bisa sebebas seperti tahun sebelumnya sebab adanya virus Covid-19 ini, sobats. Hikss…

Paling nggak, adanya kebijakan #WorkFromHome memiliki banyak hikmah, selain bisa menjadi ajang berkumpul dengan keluarga, juga menambah skill baru yang dapat dijalankan dari rumah aja. Bukan cuma itu, walau produktif dari rumah itu kadang ada banyak tantangannya daripada bekerja dari kantor langsung, setidaknya cara ini bisa membantu pemerintah untuk mengurangi korban berjatuhan sebab wabah Corona ya sobats. Hal itu juga dapat membantu para tenaga medis yang berada di garda terdepan untuk tidak banyak terjaga dalam pekerjaan mulianya tersebut.

Nah, sejauh ini apa aja sih, tantangan kamu ketika bekerja dari rumah? Tetap bisa produktif kah? Dan hal apa sajakah yang sudah kamu persiapkan menjelang bulan ramadhan, walaupun berada di rumah aja? Yuk feel free drop your comments ya sobats.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel Tetap bisa Produktif saat #WorkFromHome Apalagi Menjelang Datangnya Bulan Ramadhan ini. Semoga bermanfaat, jangan lupa tinggalkan komentar kamu, ya.

~Blessed
Khoirur Rohmah


21 komentar:

  1. Ramadan sebentar lagi. Bisa ketemu ga ya?

    Ini jujur belum ada persiapan untuk puasa. Palingan membiasakan tidur cepat, persering baca Quran sama bangun lebih pagi.

    Kemarin baca juga persiapan bikin bumbu siap saji untuk Ramadan

    Tapi belum terlaksana nih

    BalasHapus
  2. Ramadan sebentar lagi. Bisa ketemu ga ya?

    Ini jujur belum ada persiapan untuk puasa. Palingan membiasakan tidur cepat, persering baca Quran sama bangun lebih pagi.

    Kemarin baca juga persiapan bikin bumbu siap saji untuk Ramadan

    Tapi belum terlaksana nih

    BalasHapus
  3. Betapa banyak kegiatan bermanfaat yang bisa kita kerjakan selama WFH ya mbak, jadi tak perlu berkeluh kesah, semoga pandemi ini egera berakhir. amin

    BalasHapus
  4. Soal urusan rumah, kurasa sangat produktif, Mbak. Tapi, kalau urusan kantor, ehm, nggak terlalu deh. Agak malas mau pegang kerjaan kantoe malah.

    Makanya, ini aku lagi ngencengin to do list per hari. Biar bermakna banget bekerja di rumahku.

    BalasHapus
  5. Saya tidak bekerja. Jadi ya setiap hari di rumah saja dengan urusan rumah tangga. Saat orang pada wfh, alhamdulillah saya justru kebagian beberapa job yang hasilnya sangat lumayan. Duh bersyukur banget...
    Semoga covid-19 ini segera berakhir ya

    BalasHapus
  6. Seger banget minumannya mbak apalagi saat bulan puasa waduh seger sampai ke tenggorokan.

    BalasHapus
  7. Sejauh ini belum banyak persiapan sih menjelang bulan ramadhan, cuman beli beberapa bumbu siap pakai dari teman yang pintar masak hehe, harapannya semoga wabah covid-19 ini segera berlalu aja biar bisa beribadah dengan tenang di mesjid seperti tahun2 sebelumnya

    BalasHapus
  8. WFH memang menciptakan banyak cerita ya mba.. suka duka yg kadang berbeda utk tiap kelg. Namun, kita harus tetap semangat, bukan?

    BalasHapus
  9. Rohmaaahhh, tetep semangaaatt yha ber-Working From Home dan Di rumah aja.
    Daku udah mati gayaaaa
    Sekarang binge watching Drakor aja siik :)

    BalasHapus
  10. Nah selama dirumah aja penggunaan kuotaku membengkak vanget kak. eh buman hanya kuota internetku yang membengkak taoi aku juga soalmya makan tidur makan tidur

    BalasHapus
  11. Sedih juga ya kalau ingat suasana Ramadan akan seperti ini. Tetapi, ya harus dihadapi dengan sikap yang positif. Memang bagusnya tetap produktif biar gak sedih terus

    BalasHapus
  12. Work from home ini godaannya luar boasa bangeet memang mba.. aku merasa disiplin harus tinggi saat working at home

    BalasHapus
  13. Sedih banget ingat Ramadhan sampai nggak persiapan apa2, cuma bahan makanan pokok saja. Nggak bisa nengok ortu, nggak bisa bukber dengan keluarga besar, nggak bisa tarawih di mesjid, nggak dapat jadwal masak takjil buat mesjid dll. Duuuh sedihlah. Semoga wabah corona cepat berlalu. Aamiin.

    BalasHapus
  14. Iya nih, gara-gara covid19, aku jadi bikin kue lagi buat cemilan setelah sekian tahun libur. Oven pun keluar dari rumahnya, hahaha
    SEhat sehat ya Rohmah dan suami, selamat menjemput Ramadhan berdua

    BalasHapus
  15. sekarang saya lagi banyak nyari resep cemilan mbak, karena untuk masakan utama bisa diakalin dari pagi masak, yang repot kalau siang atau sore bahkan malam anak minta camilan karena bosen di rumah aja

    BalasHapus
  16. Wah produktif sekali walau di rumah ya mbak, aktivitasnya padat btw aku salfok ini sama minumannya seger banget dinikmati siang hari pasti makin nyess..

    BalasHapus
  17. aku udah mulai berantakan nih waktu di rumah karena agak susah ngatur jam kerja, jadi ngebut disubuh biasanya supaya siang bisa main sama anak sepuasnya hehe

    BalasHapus
  18. Huwooo makasih banget mba Ruro udah diingatkan
    banyak banget hal positif ya, aku juga kadang kebabalasan kalo jadwalnya ga dicatet dengan baik.

    BalasHapus
  19. Bismillah,
    Semoga bisa dipertemukan dengan Ramadan tahun ini dengan segala keistimewaannya.
    MashaAllah~

    Bener yaah...harus sudah siap-siap niih...
    Apalagi semuanya di rumah aja, hehehe...makin kompak bersama.

    BalasHapus
  20. Maa Syaa Allah, emang gak berasa banget ya, bund. 10 hari lagi Ramadan. Selama stay at home aku keseringan movie marathon. Kayaknya harus bergeser ke tilawah quran biar terbiasa. Makasih remindernya ya, bund

    BalasHapus
  21. Itu tampilan green joy pannacottanya aduuuhh sungguh menggugah selera. Jadi pengin buka puasa hahaha... Duh halu, masuk bulan puasa aja belum gini yaa...

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Copyright © Fastabiqul Khoirots. Blog Design by SkyandStars.co