9 Manfaat Menggunakan Layanan Colocation Server

Minggu, 12 April 2020

Jepang

Bismillaahirrohmaanirrohim
Halo Sobats Ambyar?. Tahukah kamu dengan istilah colocation server? Buat kamu yang belum tahu, istilah Colocation server merupakan salah satu jenis layanan yang memberikan tempat khusus untuk menitipkan atau menyimpan server berbagai data center. Di mana penyimpanan dilakukan dengan keamanan yang memadai dan insfrastruktur baik untuk faktor non fisik ataupun fisik. Hal tersebut disebabkan sejumlah insfrastruktur colocation membutuhkan tempat power generator, arus listrik stabil, flooring, akses internet stabil, keamanan, sistem CCTV, UPS, dan air temperatur control. Layanan colocation umumnya dibutuhkan di berbagai bidang pengelola programmer, website, dan instansi lainnya yang membutuhkan layanan, serta pengelolaan dalam jumlah besar.

Seluruh server perlu dirapikan sedemikian rupa dengan menggunakan rak spesial, sehingga bisa diberikan pelayanan terbaik untuk klien.

Bagi pebisnis, layanan ini bisa memberi kemudahan dalam menjalankan bisnis. Apalagi dengan adanya manfaat yang diberikan. Kira-kira apa saja sih manfaatnya? Yuk simak lebih detailnya berikut ini. check this out!!!.

1. Hemat budget
Membangun colocation membutuhkan biaya yang tidak bisa dikatakan sedikit. Begitu pula dengan biaya bulanan yang harus dibayar. Akan tetapi, jika memanfaatkan layanan colocation pada data center tidak perlu khawatir dengan biaya bulanan yang harus dibayar.

2. Terjamin aman
Pada umumnya colocation menyediakan tempat terbaik, tingkat keamanan pun terjamin mumpuni, sehingga data perusahaan akan aman kerahasiannya.

3. Efisien
Saat memilih layanan colocation, tentu semua hal berhubungan satu sama lain dengan data center seperti maintenance dan pemeliharaan tidak perlu dilakukan sendiri. Sehingga perusahaan dapat fokus mengurus hal-hal lainnya, dan lebih hemat waktu.

4. Tingkat produktivitas yang meningkat
Mempunyai remote hands untuk mengurus tentang perawatan server tentu untuk persoalan TI bukan sebuah masalah lagi.

5. Mempunyai tingkat keamanan data center yang tidak diragukan lagi
Harus sudah dipikirkan tentang keamanan lokasi atau gedung yang digunakan sebelum membangun data center. Hal tersebut adalah jaminan bahwa saat mempercayakan colocation. Semua hal sudah diperhitungkan sebelumnya, sehingga keamanan akan terjamin, mulai dari kemungkinan yang akan terjadi seperti bencana alam, listrik yang tidak stabil, dan lain-lain.

6. Mempunyai sistem dan teknologi yang terstruktur.
Teknologi yang digunakan saat memilih colocation pasti merupakan teknologi terbaru yang akan selalu diupdate, dan termasuk anti-virus. Sehingga tidak perlu khawatir lagi tentang upgrade system.

7. Tidak bergantung pada penyedia hosting
Meski mempunyai status sebagai penyewa, tidak sepenuhnya bergantung kepada pihak penyedia hosting. Akan tetapi, penyewa tetap melakukan hal-hal seperti install software yang dibutuhkan secara mandiri.

8. Tidak perlu mempunya tim TI sendiri
Perawatan, pemeliharaan, dan pengelolaan server colocation telah menjadi pihak pengelola atau tim ahli dari privider third party tersebut.

9. Layanan server selama 24/7
Tidak perlu ditunggu selama 24 jam, server akan berjalan dengan sendirinya. Akan tetapi, sistem yang ada di center akan menginformasikan bahwa ada yang tidak beres dalam sistem, sehingga kendala bisa segera diatasi. Dikarenakan perangkat terus berjalan, server yang terlalu panas bisa menyebabkan kerusakan piranti, serta juga menyebabkan server down.

Selain manfaat di atas ada beberapa hal lainnya dari penggunaan colocation server, seperti bisa lebih cepat menerima laporan atau  report kerusakan sedini mungkin. Jadi bisa segera menyiapkan rencana hardware pengganti atau cadangan untuk server yang rusak. Sehingga risikonya terhadap kemungkinan down time juga semakin kecil. Colocation server memang dibutuhkan, sehingga tidak perlu repot sendiri menyiapkan semua infrastruktur rumit yang dibutuhkan. Dalam memilih layanan ini sendiri sebagai solusi efisien, aman, dan praktis.

Di zaman modern ini tidak sedikit layanan colocation server di Indonesia yang menjanjikan kinerja optimal, salah satunya nexdatacenter.com yang menyediakan layanan penyimpanan server di colocation server atau data center.

Nah, buat kamu yang sedang membutuhkan informasih mengenai penggunaan colocation server. Semoga informasi ini dapat membantu kamu dalam mempermudah pekerjaan kamu ya.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel dari manfaat menggunakan layanan colocation server ini. Jangan lupa, feel free to drop your comments.

~Blessed
Khoirur Rohmah

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Copyright © Fastabiqul Khoirots. Blog Design by SkyandStars.co