Rabu, 26 Januari 2022

Biaya Haji Semakin Melonjak Semenjak Pandemi, Yuk Menabung Dari Sekarang!‎

Persiapan Tabungan Ibadah Haji


Bismillaahirrohmaanirrohim

Sobats, menjadi seorang muslim tentunya salahsatu impian terbesar adalah bisa ‎menunaikan ibadah haji ke tanah suci. Apalagi haji merupakan rukun Islam ke 5, meskipun ‎tidak wajib, hanya saja pasti setiap umat muslim ingin sesekali menapaktilasi perjuangan ‎Islam di tanah suci. Hanya saja semenjak pandemi yang terjadi beberapa tahun belakangan ‎ini biaya untuk naik haji jadi makin mahal. Sehingga banyak di antaranya yang ‎mengambil pembiayaan haji syariah untuk menunjang hal tersebut.‎

‎ ‎

Guna menyiasati biaya haji yang semakin mahal ini maka salah satu kuncinya adalah ‎dengan menabung sedini mungkin. Nah, buat sobats yang ingin menabung dengan tujuan ‎dapat melaksanakan ibadah haji. Tak perlu khawatir, berikut ini aku akan membagikan ‎langkah-langkah yang bisa kamu terapkan mulai dari sekarang. Apa aja sih? Simak berikut ‎ini:‎

‎ ‎

‎1.‎ Jadikan tabungan haji sebagai salah satu tujuan keuangan kamu

Hal ini berarti kamu wajib memasukkan rencana keuangan mulai dari sekarang. ‎Sehingga mau tidak mau nantinya pasti akan kamu lakukan, supaya bisa terwujud, ‎kan?‎


‎2.‎ Buka tabungan haji

Ada banyak lembaga keuangan yang bisa kamu jadikan pilihan untuk menabung ‎guna kebutuhan haji. Termasuk di antaranya adalah Bank Syariah Bukopin, yang ‎mana produk tabungan yang ditawarkan terbilang banyak, termasuk juga ‎ada tabungan anak syariah bahkan tabungan masjid.‎


‎3.‎ Menabung dari sumber pemasukan sampingan

Jangan ragu juga untuk mencari alternatif pekerjaan atau bisnis sampingan lainnya. ‎Misalnya adalah dengan menjadi reseller, bekerja secara freelance ataupun ‎sejenisnya, lumayan bukan jika seandainya uang atau pemasukan sampingan ‎tersebut bisa dimasukkan ke dalam rekening tabungan.‎


‎4.‎ Menabung dari hasil investasi

Terakhir, jika ingin hasil yang lebih cepat maka cobalah untuk berinvestasi, bahkan ‎jika dilihat dewasa ini ada semakin banyak pilihan instrumen investasi yang bisa ‎kamu gunakan sebagai sarana untuk memutar uang, seperti berinvestasi melalui ‎reksadana, emas, saham bahkan juga properti. Nantinya keuntungan yang didapat ‎bisa dimasukkan dalam tabungan untuk haji.‎

‎ ‎

Tentunya, supaya hajat kamu untuk dapat menuju tanah suci Makkah dan Madinah bisa ‎terwujud. Tidak hanya berhenti dikeinginan saja. Maka dari itu, kamu harus lakukan ‎beberapa tips yang telah aku bagikan di atas sebisa dan sedini mungkin. Sehingga apa yang ‎menjadi harapan akan berubah jadi kenyataan. Pastinya berharap dan mau kan, bisa sampai ‎sana? Kalau aku sih, mau pake double, triple, tak ter hingga banget, banget nya untuk bisa ‎dipanggil Allah untuk melaksanakan ibadah haji.‎


Tapi, melihat masa tunggu ibadah haji yang tak menentu, bahkan butuh waktu lama dan ‎panjang, bisa sampai puluhan tahun. Maka, langkah pertama yang harus kamu lakukan, ya. ‎Mulai lakukan sekarang. Dengan begitu, saat uangnya dirasa sudah cukup, kamu tinggal ‎mempersiapkan diri supaya bisa terpilih dan segera berangkat ke tanah suci untuk ‎melakukan ibadah haji.‎


Nah, buat sobats aku nih. Apakah kamu juga tengah mempersiapkan tabungan ibadah haji ‎juga? Boleh deh sharing di kolom komentarnya, ya. Feel free to drop your comments, okay.‎


By the way, terima kasih sudah membaca dan berkunjung di artikel ini. Semoga ‎bermanfaat, dan sampai jumpa pada artikel berikutnya. ‎


‎~blessed

Khoirur Rohmah


2 komentar:

  1. Hemm, naik haji itu impian semua orang buat menunaikan rukun islam yang terakhir. Banyak juga kisah orang naik haji karena rajin menabung, kita harus mulai dari sekarang, nih.

    BalasHapus
  2. Jadi self reminder buat aku untuk segera nabung dan nabung haji nih..karena bener banget ya, tabungan haji tuh sebagai tujuan utama dari keuangan.

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...