‎ ‎

6 Tips Aman Membeli Paket IP Camera CCTV untuk Pemakaian Pribadi

 
6 Tips Aman Membeli Paket IP Camera CCTV untuk Pemakaian Pribadi

IP camera merupakan singkatan dari internet protocol camera. Sebenarnya fungsi IP camera sama saja dengan CCTV, hanya saja memiliki keunggulan yang lebih banyak. IP camera adalah produk canggih yang banyak digunakan sebagai kamera pengawas, sehingga memiliki peran yang sangat penting. Oleh sebab itu Anda harus sangat berhati-hati ketika memilih paket CCTV terbaik.

Menggunakan jenis IP camera memang jauh lebih praktis, karena instalasinya tidak membutuhkan banyak kabel dan konektor. Selain itu IP camera jauh lebih terjangkau dibandingkan CCTV, namun meskipun lebih terjangkau gambar yang direkam pun berkualitas dan jelas. Lalu bagaimana tips aman saat ingin membeli IP camera CCTV untuk pribadi? Simak ulasan berikut ini:

Tips Aman Membeli IP Camera CCTV untuk Pribadi

Di pasaran banyak brand IP camera yang mengklaim memiliki kualitas terbaik. Namun Anda tetap harus berhati-hati dalam memilih paket CCTV terbaik yang akan digunakan, karena semua harus sesuai kebutuhan. Jika Anda sedang mencari yang terbaik, maka ikuti tips di bawah ini saat akan membeli IP camera CCTV untuk pribadi agar aman dan mendapatkan yang terbaik:

1. Pilih Jenis Berdasarkan Sistem Instalasinya

Sebelum memilih IP camera yang akan Anda gunakan, sebaiknya pahamilah dulu jika terdapat dua jenis cara pemasangan camera IP yaitu pemasangan di dinding dan pemasangan duduk. Anda bisa memilih satu diantara kedua jenis instalasi tersebut, tentu saja sesuaikan dengan kebutuhan pengawasan Anda di rumah.

Untuk IP camera yang dipasang di dinding (tempat yang lebih tinggi), akan memiliki daya jangkau lebih luas. Proses pemasangannya memang sedikit sulit, sehingga Anda membutuhkan bantuan profesional.

Kemudian untuk IP camera duduk, memiliki fleksibilitas tinggi, praktis dan mudah dipindahkan. Namun sayangnya daya jangkaunya kurang luas, biasanya digunakan untuk mengawasi bayi atau anak yang sedang tidur.

2. Pilih IP Camera yang Kompatibel dengan Perangkat Anda

Pastikan juga bahwa IP camera yang akan Anda gunakan kompatibel dengan perangkat gadget yang Anda gunakan. Hal ini karena rekaman IP camera bisa dilihat melalui berbagai perangkat misal seperti smartphone, tablet atau PC. Nah, ini hanya bisa dilakukan jika perangkat Anda kompatibel dan mendukung.

Oleh sebab itu periksalah dengan seksama kompatibilitas antara IP camera dan perangkat yang akan Anda gunakan untuk memantau rekaman CCTV. Jika sudah, maka Anda bisa melakukan pengawasan dari mana pun dan kapan pun melalui gadget yang Anda miliki.

3. Periksa Luas Bidang Pandangnya

Memeriksa luas bidang pandang juga penting dilakukan sebelum Anda membeli IP camera. Luas bidang pandang ini diketahui berbanding terbalik dengan diameter kamera. Semakin kecil lensanya maka sudut pandangnya melebar dan jangkauan kamera terhadap objek semakin jauh.

Selain diameter kamera, Anda juga harus mengatur angle atau sudut IP camera dengan lokasi pemasangannya, agar mendapatkan angle yang benar. Jangan lupa periksalah juga fitur yang ada di IP camera yang Anda pilih.

4. Cek Kualitas Audio dan Video pada IP Camera

Tujuan pemasangan CCTV adalah untuk melakukan pengawasan dan pencarian bukti kejahatan jika terjadi. Dari segi video jika hasil rekaman CCTV tidak bening atau tidak jelas, maka rekaman tersebut tidak dapat dipergunakan sebagai barang bukti untuk membuktikan sebuah kejahatan terjadi.

Perhatikan juga format video dan audionya apakah dapat merekam dengan suara ataukah hasil rekamannya tanpa suara. Perbedaan format video akan menyebabkan hasil rekaman yang berbeda pula. Untuk itu periksalah dengan teliti untuk mendapatkan kamera terbaik dengan audio dan video yang berkualitas.

5. Periksa Jenis Sistem Penyimpanan dan Pemasangan

Ada dua jenis penyimpanan yang ada pada IP camera, yaitu lokal storage dan cloud storage. Anda harus memeriksa dan mengetahui jenis penyimpanan apa yang digunakan pada IP camera sehingga mudah melakukan pengelolaan. Setiap jenis penyimpanan memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri.

Misalnya untuk local storage atau penyimpanan online, harganya lebih terjangkau dan mudah didapatkan namun ruang penyimpanan terbatas. Biasanya penyimpanan ini bisa Anda temukan dalam bentuk micro SD atau SD card. 

Kemudian untuk cloud storage atau penyimpanan menggunakan jaringan internet ini memiliki kapasitas yang lebih besar bahkan ada yang unlimited. Dengan penyimpanan ini memungkinkan Anda untuk melakukan pemantauan kapan saja dan dimana saja. 

6. Kenali Berbagai Fitur yang Dimiliki

Selanjutnya kenali juga semua fitur yang ditawarkan IP camera sebelum Anda menentukan pilihan. Biasanya ada beberapa fitur yang dimiliki IP camera. Fitur-fitur ini tentu saja bermanfaat untuk meningkatkan kinerjanya. Anda bisa memilih IP camera yang menawarkan fitur paling lengkap agar kinerjanya maksimal. 

Fitur yang tersedia memiliki fungsi masing-masing misalnya seperti motion detection akan membuat IP camera mampu mengawasi pergerakan yang mencurigakan dan tidak wajar. Lalu fitur two-way audio membuat komunikasi jarak jauh dapat dilakukan dengan lebih mudah. Ada juga fitur night vision yang cocok untuk pengawasan di malam hari. Juga ada fitur weatherproof, yang membuat IP camera cocok digunakan di outdoor.

Hikvision ColorVu IP Kamera Paket CCTV Terbaik untuk Pribadi

Hikvision ColorVu IP Kamera Paket CCTV Terbaik untuk Pribadi


Untuk mendapatkan paket CCTV terbaik memang harus sangat selektif dalam memilih. Setelah memahami tips membeli paket IP camera CCTV untuk pribadi agar aman dan mendapatkan produk berkualitas. Mengingat fungsi CCTV yang sangat penting, maka pilihlah produk CCTV terbaik untuk digunakan seperti Hikvision ColorVu.

Sebuah kamera CCTV berteknologi tinggi, yang mampu menangkap detail gambar meskipun dalam pencahayaan minim. ColorVu menawarkan banyak keunggulan dibandingkan kamera CCTV lainnya. Kamera ini memiliki teknologi canggih sehingga gambar yang dihasilkan jernih dan detail dengan akurasi tinggi. Tertarik menggunakan ColorVu untuk melengkapi sistem keamanan Anda? Cek informasinya di sini.


Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Chingudeul