Baca Yuk! 8 Kuliner yang Harus Kamu Coba saat Travelling ke Jember

Oktober 01, 2018



8 Kuliner yang Harus Kamu Coba saat Travelling ke Jember – Halo rek! Kamu yang lain main atau liburan ke Jember, udah pernah nyobain kuliner makanannya apa belum nih? Masak iya saat jalan-jalan ke Pantai Papamu, Cuma bawa oleh-oleh pasir pantainya aja. Xoxoxo. Eh buat apa tuh pasirnya yang putih? Ya kali buat kerajinan yah. Nah, ada beragam oleh-oleh khas Jember yang perlu kamu bawa setelah travelling di Jember.

Namun, kali ini saya bukan ingin membagikan artikel tentang ‘oleh-oleh khas Jember’ ya.  Melainkan Rekomendasi Kuliner yang wajib kamu coba saat travelling di Jember. Pakai di-bold biar kamu penasaran dan mencoba mencicipinya langsung ketika liburan di Jember.

So, daripada penasaran, muka pengen, atau udah ngences duluan, ehehe. Jangan dong yahh xoxoxoxo. Yang jelas, kuliner ini memiliki harga yang sungguh hemat di kantong, banget. Ekonomis, tapi makanannya jelas enak tenan rek!!!. Langsung aja nih. Berikut ini daftar 8 Kuliner yang Harus Kamu Coba saat Travelling ke Jember beserta detail lokasi dan harganya.



1. PECEL GUDEG


Kalau makanan ini di maasyarakat sekitarku mengenalnya dengan ‘jangan tewel dikasi pecel’. Istilah ‘tewel’ adalah sebutan untuk nangka yang masih muda dan dimasak lalu dicampurkan dengan kuah santan.



Sedangkan kuliner di Jember dengan sebutan Pecel Gudeng adalah sebuah kolaborasi yang tercipta dari dua masakan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Ada isian yang beragam seperti kacang kedelai, udang, daging ayam, atau pun cecek tentunya nggak lupa sama tambahan lauk macam pecek, kerupuk yang renyah. Uwahh, membayangkannya saja membuat saya menelan ludah, rek. Enak temenan iki kulinernya.

Soal harga, udah kubilang terjangkau banget. Dengan uang sebesar 18.000,- kamu dapat menikmati kuliner enak ini dengan porsi besar. Tentu akan bikin perut kamu ‘wareg’, Alhamdulillah, heeee.

Lokasi di : Jalan Kertanegara no.33, Jember.
Buka dari : 06:00-14:00 WIB

2. PECEL PINCUK

Saya ingat betul saat naik kereta api jurusan Jember – Banyuwangi waktu duduk di kelas 2 Aliyah, sampai di stasiun Garahan, Kereta Api berhenti, lalu itu para penjual yang waktu ini masih dibolehin masuk ya penjualnya. Mereka menjajakan makanan berupa pecel pincuk. Sekali dua kali lewat sih menahan untuk nggak tertarik. Begitu setelahnya melihat bule-bule dan orang yang ada di depanku sering mencicipinya, akhirnya keturutan juga beli pecel pincuknya, hehee. Namun saat ini udah nggak boleh kan para penjual menjajakan makanan di dalam kereta api. 


Tapi tenang, kamu masih dapat menikmati kuliner yang masuk keluarga ‘pecel’ khas Jember ini di Garahan loh. Nasi pecel pincuk Garahan ini disajikan secara unik dan khas  banget. Lebih menarik tentunya dengan dibungkus pakai daun pisang sebagai wadah makannya. Rasanya yang pedas  berasal dari kuah sambal kacang. Kelebihannya lagi, itu kacang sambalnya nggak ditumbuk halus, tujuannya ya supaya meninggalkan kesan khas dan beda untuk pengalaman menikmati kuliner makan bagi para wisatawan. Untuk sayurnya, ada sayur gundo rebus dan cambah krenyes krenyes yang nikmat. Uwaahh, ini kemecer rek rasanya pengin nyobain lagi Pecel Pincuknya. Untuk harganya sekitar sepuluh ribu rupiah, worth it lah. Rasa nggak akan pernah bohong, asyekkk. Hehee

Lokasi di : Stasiun Garahan, Krajan, Garahan, Silo.
Buka dari : 07:00-15:00 WIB.

3. SOTO AYAM DAHLOK



Kalo Kuliner satu ini udah pernah nyobain juga, tapi lebih enak kalau nyobainnya di Soto Ayam Dahlok yang sudah ada sejak tahun 1958 rek. Lama banget kan ya. Nah, Asal usul nama dahlok ini diambil dari lokasinya yang berada di belakang Apotek Dahlok. Meski sekarang apoteknya sudah ditutup, namun kedai sotonya masih tetap berdiri. Iya dong, karena banyak fans Soto Dahlok yang berburu kuliner enak ini. Malah sekarang lebih banyak pengunjung yang datang loh. Ada tiga jenis menu masakan yang tersedia. Seperti: soto istimewa, jeroan, dan biasa. Soal harga? Harga menentukan rupa dan rasa ya, ekonomis namun tetap enak tenaan. Cuma sepuluh ribu rupiah aja. FIX  besok berburu Soto Dahlok yes, Oke

Lokasi di : Kepatihan, Kaliwates, Tembaan.
Buka dari : 08:00-21:00 WIB.

4. NASI LANGGI

Kalau kuliner satu ini jelas beda daripada kuliner di kota lain. Karena apa? Karena Nasi Langgi ini sudah menjadi kuliner khas Jember yang sudah terkenal di berbagai penjuru Nusantara, loh rek. Nasi yang berisikan daging sapi dengan bumbu bali, sambel goreng tempe, campur kentang, petis, dan telur asin. Tak lupa juga dengan abon sapinya yang enak, gurih dan sambalnya yang pedas. Kemudian topping yang melimpah ruah tersebut membuat Nasi Langgi banyak penggemarnya. 


Penasaran berapa harga untuk seporsi Nasi Langgi ini? Ekonomis kah? Pake banget dong. Iya, harganya Cuma Rp. 12.000 saja dengan minuman pendampingnya berupa es teh yang manis. Uwuhhh segerrrrr heheee

Lokasi di : Jalan Gatot Subroto no.8, Kepatihan, Kaliwates.
Buka dari : 08:00-21:00 WIB.

5. BAKSO KABUT

Kuliner Ini pertama kali saya tahu gara-gara dipamerin sama temen. Jadinya tahu deh lokasi Bakso Kabut ini. Namanya unik yah? Iya dong. Terus rasanya gimana? Enak tho. Beneran dan Dijamin deh, nendang abis, rek. Bakso kabut ini salahsatu kuliner Jember paling dicari loh. Bahkan saya yang pengemar bakso pun mencarinya loh. Xoxoxo. 



Nah, Bakso Kabut ini berisikan telur atau daging yang ada di dalam balutan baksonya. Jadi lebih telihat besar kan bentuknya. Makan seporsi beneran bikin kenyang setelah makan Bakso ini, rek. Kamu bisa menikmati kuliner khas Jember ini dengan harga yang cukup murah. Sekitar lima belas ribu rupiah saja kamu dapat mencicipinya.

Lokasi di : Jalan Rasamala II Arjasa.
Buka dari : 08:00-22:00 WIB.

6. MARTABAK MALABAR


Nah kalau ini adalah kuliner Jember yang sering diburu bukan hanya muda-mudi namun masyarakat juga suka. Martabak Malabar ini berisikan daging kambing dan bumbu rempah yang khas, pun kulit martabaknya dibuat cukup tipis. Makin kriuk kalau dimakan. Kemudian, kalau kamu ingin mencobanya, cukup dicocol ke dalam saus cair yang memiliki rasa pedas manis asin. Uwahhh ini rasanya bikin tenggorokan udah penuh ngebayangin enaknya, dan gurihnya Martabak Malabar ini rek. Soal harganya, sungguh ekonomis sekali gaes. Banget udah. Nggak sampai sepuluh ribu. Mesti nyobain kalau ke Jember yahh.

Lokasi di : Jalan Trunojoyo, Kepatihan.
Buka dari : 18:00-22:00 WIB.

 

7. PROL TAPE


Kalau tadi makanan yang enak dan mengenyangkan, sekarang giliran makanan camilan namun tetap bikin kenyang, rek. Hehee. Kuliner Prol Tape ini aku kenali saat duduk di bangku MTs. Kuliner ini menjadi kuliner yang manis dan bisa dibawah pulang loh. Komposisinya terbuat dari tepung terigu, tape singkong, susu, margarin, dan aneka topping mulai dari keju dan kismis. Jadi kamu dapat memilih varian topping sesuai selera loh. Untuk harganya per kotak biasanya dijual dengan harga, enam puluh ribu rupiah saja. Worth it banget, karena emang kolerasi rasa dan harga nggak pernah bohong. Enak bangettt.

Lokasi di : Jalan Trunojoyo no.91, Kauman, Kepatihan.
Buka dari : 07:00-00:00 WIB.

 

8. SUWAR SUWIR


Kalau jenis kuliner ini salahsatu camilan kesukaanku juga. Dan ada saat hari raya idul fitri. Iya, hanya saat momen lebaran saja rek. Suwar-Suwir ini terbuat dari tape yang sudah diolah sehingga bentuknya lebih keras seperti permen. Rasanya pun juga manis. Biasanya, ada rasa kacang, strawberry, nangka, melon, cokelat, dan pandan. Jika di desa saya dibungkus dengan kertas layangan. Nah, untuk Kuliner Jember satu ini sudah dibungkus dengan model kekinian loh, dengan kemasan mirip permen dengan pembungkus alumunium foil. Biasnya dijual dengan kisaran harga, Rp. 15.000,- saja.

Lokasi di : Jalan Trunojoyo no.91, Kauman, Kepatihan.
Buka dari : 07:00-00:00 WIB.

Tentunya, ke 8 Kuliner Jember tersebut Harus Kamu Coba saat Travelling ke Jember ya, rek. Pun tempatnya mudah ditemukan, apalagi jika dengan panduan Google Maps, tentu lebih mudah untuk diakses. Yang pasti lagi, kuliner Jember ini memiliki rasa yang unik dengan mamadukan kuliner dari daerah lain yang main memperkaya citarasa dan isian masakan. Dan lagi, bakalan bikin kamu teringan dengan Jember.

So, sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat, dan jangan lupa. Feel free to drop your comments, oke!!!

~blessed
Rohmah

You Might Also Like

8 komentar

  1. Hanya soto yang menjadi makanan favorituku, harganya juga tergolong murah meriah pula.

    BalasHapus
  2. huuuuuu.. mantap tuh, jangan sampai kelewat..

    BalasHapus
  3. Wisata kuliner ke Jember memang tidak akan rugi ya mbak hihi.

    BalasHapus
  4. Wih, setelah melihat gambar yang ada di blog ini, saya adi ngiler pemgen langsung ke Jember nih mbak, hayo tanggung jawab hehe :D

    BalasHapus
  5. Kalau ke Jember, di jamin gak akan bisa diet nih.

    BalasHapus
  6. Aku suka banget Prol Tape nih, enak banget lumer di mulut.

    BalasHapus
  7. Bakso Kabut??? Namanya unik banget sih, dan dari gambar yang di atas kayaknya enak banget ya mbak, bikin ngiler aja nih.

    BalasHapus
  8. Waaaah... enak-enak banget sih kayaknya kuliner jember nih, jadi langsung pengen hirah ke jember nih mbak wkwkwk :D

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Contact Me

Jika ingin mengontak saya untuk keperluan publikasi, kerjasama, ataupun pertanyaan lain tentang blog ini bisa dengan mengirim email langsung ke rurohma95@gmail.com.
Terima kasih -
Copyright by Khoirur Rohmah
Fastabiqul Khoirots

Like us on Fanpage

Kicauan Saya