[Day 14] Belajar Financial Planning dari Uang THR

Minggu, 19 Mei 2019

Kabupaten Jember, Jawa Timur, Indonesia

Bismillahirrahmanirrahim
Halo Sobats FR, Bagaimana nih kabar puasa kalian di hari ke-14 nih? Udah ada yang bolong atau masih utuh? Bagaimana dengan rutinitas tadarusnya? Ahhh banyak juga ya PR di pertengahan bulan Ramadan ini. Hehhee.


Kira-kira di hari ke-14 ini apakah kamu udah dapat THR baik dari instansi atau mungkin suami tercinta hehhehee. Kalau aku sih sih belum. Masih di akhir bulan Mei ini. Tapi nggak papa. Seenggaknya punya bayangan mau dianggarkan kemana nanti saat sudah menerima uang THR.

Aku jarang banget sharing  soal Financial Planning di blog ini. Walau aku rutin sekali belajar dan memantau story Mbak Prita Ghozie aku masih belum terlalu paham tentang mengalokasikan keuangan pribadi dan keluarga. Walau demikian, aku selalu berusaha untuk bisa lebih baik apalagi dalam urusan mengelola keuangan yang nantinya juga berfungsi untuk kedepannya nanti.

Berikut ini aku ingin membagikan informasi terkait apa itu THR dan sejauh mana anggaran yang harus dikeluarkan untuk pengeluaran apa dari uang THR tersebut. Langsung aja check this out  ya sob.

Tentang Uang THR
Yang aku ketahui nih, THR itu adalah Tunjangan Hari Raya yang dikeluarkan dari instansi atau perusahan kepada karyawannya. Dan biasanya THR ini nilainya 2 kali lipat dari gaji biasanya.

Faktanya, untuk diri sendiri

THR yang biasa aku terima dari sejak bekerja itu memang kurang dari gaji yang kuterima. Tapi nggak papa soalnya aku dulu cuek juga sih hheee. Penting seneng. Begitu udah kesini semakin ngerti kalau nggak sembarangan gunain THR itu. Perlu dialokasikan.

Di tahun kerja ke 5 tahun ini aku memiliki perencanaan keuangan dari THR yang aku terima nantinya. Simak terus yah Sobats.

THR itu adalah penghasilan yang paling ditunggu di Bulan Ramadan dan alokasi dana ini bisa digunakan untuk kebutuhan penunjang Hari Raya maupun untuk investasi. Karena gaji bulanan yang didapat di bulan ini akan dikhususkan untuk pembiayaan sehari-hari.

Jadi bisa dibedakan misal udah dapat uang THR pengalokasiannya untuk apa saja. Yang pasti benar-benar butuh, seperti :
1. Zakat : Baik Zakat Fitrah, Zakat Pekerjaan, maupun Zakat Maal.
2. Dana Darurat
3. THR untuk Investasi
4. THR untuk asisten jika punya
5. THR untuk kebutuhan hari Raya seperti Angpau, Kue lebaran, hantaran, hingga sedekah.

Kalau mudik gimana? Tergantung masing-masing kebutuhan tiap personal yah Sobats. Hehehee. Baju baru gimana? Iya sama hehhehee.

Alhamdulillah uang yang nantinya aku dapatkan sudah aku pikirkan mau dibuat apa aja. Karena aku nggak beli baju baru, jadi aku fokus untuk pengeluaran lainnya seperti zakat, kebutuhan lebaran, kue, hingga angpau.

Nah, mungkin itu aja yang bisa aku bagi ke teman-teman soal Financial Planning uang THR semoga bisa bermanfaat untuk kamu yang bingung gimana mau mengganggarkan dana THR yang diterima.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini. Jangan lupa feel free to drop your comments ya

~Blessed
Khoirur Rohmah

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Copyright © Fastabiqul Khoirots. Blog Design by SkyandStars.co