[Day 4] Resep Sayur Asem Sawi Hijau ala Rohmah

Mei 09, 2019

resep sayur asem sawi hijau


Bismillaahirrohmaanirrohim
Halo sobats. Gimana nih kabar puasa kamu di hari ke-4 ini? Ada yang masih semangat, atau lupa nggak sahur? Bingung mau masak menu sahur praktis? Kebetulan aku 2 hari terakhir ini nggak sahur hahaa. Jadi makan tengah malam, terus baca-baca atau olahraga sebentar terus tidur, dan bangunnya udah subuh. Hahaaa.

Terus nih, begitu masuk temahari ke-4 #30HariKebaikan BPN kan ada tuh bikin sayur asem, sayur lodeh. Nah pas habis tadarrus aku sempetin deh bikin masakan dengan sayur asem versi aku, hahaa. Yang mana pas setelah matang dan nyicipin aku ketiduran dan baru bangun udah subuh aja. Kedengaran ada suara tadarrus pagi hari di mushola. Untung aja udah sempat makan malam, hhihiii. Pengganjal untuk esok hari. Kwkwk

Nah, kali ini aku mau bagiin resep sayur asem sawi hijau ala aku. Yang mana bahannya juga udah tersedia di rumah, dan nggak ribet-ribet amat pokoknya. Hehe.

Resep Sayur Asem Sawi Hijau

Bahan-bahan

1. 1 ikat sawi hijau
2. Kacang sambal secukupnya
3. Tomat

Bumbu

1. Bawang putih
2. Bawang merah
3. Garam
4. Gula
5. Cabai
6. Lengkuas
7. Asam Jawa

resep sayur asem sawi hijau
sederhana banget ya kan

Cara Memasak :

1. Iris kecil-kecil berbentuk persegi panjang sawi hijaunya terlebih dahulu kemudian bersihkan
2. Bersihkan kacang sambal dan tomat
3. Siapkan cobek dan taruh semua bumbu untuk segera diulek hingga halus
4. Siapkan panci dengan air secukupnya
5. Masukkan kacang sambal terlebih dahulu
6. Setelah air mendidih masukkan bumbu yang sudah dihaluskan
7. Selang kemudian, masukkan juga sawi hijaunya hingga lunak,
8. Jika kurang asin, atau mani, bisa ditambahkan bumbu seperti garam atau gula sesuai selera
9. Hidangkan sayur asem dalam keadaan hangat
10. Sajikan dengan nasi dan krupuk

Uh... mantul sekali. Pantas aja, karena abis masak terus lapar, aku juga ikut incip sekaligus makan sayur asem yang abis aku buat tersebut. Rasanya enak. Biasanya sih nggak aku kasih cabai. Karena emak nggak boleh maem cabai. Jadi aku langsung campur aja sekalian cabainya saat menghaluskan semua bumbu. Ternyata enak,jauh dari dugaan.

resep sayur asem sawi hijau
siang diangkat hee

Terus lagi nih sobats. Di bumbu tersebut aku nggak sebutin ukurannya. Kamu bisa sesuaikan dengan porsi sayur asem yang akan kamu buat. Jika dalam porsi besar ya, bumbunya ditambah, gitu aja.

Untuk variasi tambahan kacang sambal itu sih aku inget aja kalau kakak pernah bikin sayur asem Jakarta dan ada kacangnya. Yaudah aku praktekin aja sekalian. Eh ternyata enak loh hehehehee. Bedanya sih, kalau di sayur asem Jakarta yang dibikin kakakku, sayurannya itu pepaya dan ada tambahan daun salam, dan pakai cabai merah. Beda sama sayur yang aku buat. Tapi, rasanya, enak kok punyaku. Apalagi ditambah lengkuas.


resep sayur asem sawi hijau
lansung dieksekusi mumpung anget

Aku kalau pengen simple, bikin sayur asem cuman pakai bawang merah, bawang putih, tomat, gula, garam aja. Tapi yang resep ini aku pengen nyoba resep beda. Jadi, bisa kamu terapkan di rumah yah, sobats.

Semoga bermanfaat, selamat mencoba, dan happy cooking yah... terima kasih sudah berkunjung, dan jangan lupa tinggalkan komentar kamu yah, sobats

~Blessed

Khoirur Rohmah


~Blessed
Khoirur Rohmah

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Contact Me

Jika ingin mengontak saya untuk keperluan publikasi, kerjasama, ataupun pertanyaan lain tentang blog ini bisa dengan mengirim email langsung ke rurohma95@gmail.com.
Terima kasih -
Copyright by Khoirur Rohmah
Fastabiqul Khoirots

Like us on Fanpage

Kicauan Saya