Ternyata Ini Manfaat Sayur Pare Sebagai Makanan Ampuh Penurun Gula Darah

Kamis, 17 Oktober 2019

Yogyakarta, Yogyakarta City, Special Region of Yogyakarta, Indonesia


Bismillaahirrohmaanirrohim
Memiliki cita rasa yang kurang menggugah selera, pastinya membuat sebagian orang terutama anak remaja jarang mengonsumsi sayur pare. Padahal ada banyak khasiat yang ditawarkan oleh sayur yang bernama latin Momordica charantia ini, salah satunya sebagai makanan ampuh penurun gula darah untuk penderita diabetes.

Seseorang yang menderita diabetes biasanya dianjurkan untuk mampu mengelola kadar gula darah agar tetap stabil. Penyakit ini terbilang sangat berbahaya karena bisa menyebabkan timbulnya berbagai jenis penyakit lain sebagai bagian dari komplikasi yang dialami penderita.

Untuk menjaga kestabilan gula darah, biasanya dokter atau ahli gizi menganjurkan penderita diabetes maupun mereka yang berisiko terkena diabetes agar mengonsumsi makanan ampuh penurun gula darah, salah satunya adalah sayur pare.

Manfaat Pare untuk Diabetes

Secara umum, diabetes terbagi menjadi dua jenis, yakni diabetes tipe 1 dan tipe 2. Penderita yang terkena diabetes tipe 1 biasanya diakibatkan karena sistem kekebalan tubuh menyerang dan menghancurkan sel-sel pankreas yang menjadi tempat di produksinya insulin.

Sedangkan diabetes tipe 2 adalah penyakit yang diderita lantaran sel-sel tubuh menjadi kurang sensitif terhadap insulin. Insulin tersebut berperan sangat penting untuk mengubah gula darah menjadi energi dan menjaga jumlah glukosa yang didapat dari sel-sel tubuh agar tetap stabil.

Sayuran Pare

Dilansir dari Asian Pasific Journal of Tropical Disease yang ditulis oleh peneliti asal India, menyebutkan bahwa pare memiliki sifat antidiabetes yang baik untuk menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes tipe 2.

Penelitian ini menemukan bahwa terdapat 2 cara untuk mengatur gula darah yang dilakukan oleh sayur pare. Pertama, sayur pare mampu mengatur seberapa banyak glukosa yang diserap oleh usus ke dalam darah lewat kombinasi senyawa zat kimia dalam pare. Kedua, seluruh senyawa kimia yang terdapat dalam pare bekerja penuh untuk merangsang sinyal di sel otot ketika mengambil glokasi dari darah dan mengubahnya menjadi glikogen.

Zat charantin yang ada dalam pare disebut ampuh dalam merangsang pertumbuhan sel beta di pankreas yang memproduksi insulin. Tidak hanya itu saja, ada pula zat aktif seperti alkaloid, vicine, dan peptide yang dapat memicu terjadinya pelepasan insulin dan melawan masalah resistensi insulin.

Lebih lanjut penelitian yang telah dipublikasikan di Jorunal of Etnopharmacology ini menyebutkan bila pasien yang terserang penyakit diabetes tipe 2 mengonsumsi pare sebanyak 2000 mg dosis untuk jangka waktu empat minggu dapat menurunkan gula darah hingga ke batas normal. 

Cara Mengolah dan Mengonsumsi Pare

Sebagai makanan ampuh penurun gula darah, pare bisa diolah dengan mudah di rumah menggunakan beberapa bahan tambahan lainnya. Adapun cara mengolah dan mengonsumsi pare yang dikutip dari berbagai sumber ialah sebagai berikut:


  • Jus Pare
Untuk mengolah pare menjadi jus yang nikmat, kamu bisa mencampurkan perasan jeruk nipis untuk meminimalisir rasa pahit dari pare. Pertama, kupas terlebih dahulu pare sembari dilumuri kunyit dan garam. Setelah itu peras seluruh cairan pahit dari pare dan masukan buah pare tersebut ke dalam blender hingga teksturnya halus. Kemudian tambahkan perasan jeruk nipis dan jus pare siap dikonsumsi.

  • Sayur Pare
Jika kamu lebih menyenangi mengonsumsi pare dalam keadaan pahit, kamu bisa mengolahnya menjadi sayuran yang biasa dikenal tumis pare. Selain itu, kamu pun bisa mengonsumsi pare dalam keadaan mentah yang mana mengonsumsinya sebagai lalapan.





Nah seperti itulah serba-serbi pare sebagai makanan ampuh penurun gula darah. Jadi jangan sepelekan lagi makanan yang satu ini. Bila kamu tidak menyukai rasa pahit dari pare, tenang saja. Kamu juga bisa mengonsumsi makanan penurun gula darah lainnya dengan membaca informasi lengkap melalui laman https://www.cekaja.com/info/hari-diabetes-ini-5-makanan-penurun-gula-darah/.


Kalau aku sejauh ini lebih suka mengkonsumsi sayuran pare untuk dikukus lalu dimakan dan dicocol sama sambal tomat. Uhm.. kadang, cuman di kukus aja aku camilin juga suka, walau rasa naturalnya tetap terasa yah. Kamu suka konsumsi sayur pare juga nggak? Boleh deh share di kolom komentarnya yah, sobats... feel free to drop your comments.

~See you soon
Blessed
Khoirur Rohmah

1 komentar:

  1. Sukanya dimakan sama somay. 😀
    Parenya ngurangi somainya nambahi
    ah balik modal

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca dan berkunjung kemari.
Salam kenal, jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya, supaya bisa berkunjung balik. Hhee. ^_^

Copyright © Fastabiqul Khoirots. Blog Design by SkyandStars.co